10 Wisata Kuliner di Subulussalam yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Subulussalam yang Murah & Enak

Kota Subulussalam memiliki beragam kuliner khas yang terkenal enak dan menarik untuk dicoba. Inilah daftar wisata kuliner di Subulussalam yang bisa Anda pilih saat berkunjung.

Pilihan tempat berlibur sangatlah beragam. Mulai dari pulau Sumatera hingga Papua, menyimpan sejuta pesona pemandangan yang begitu indah. Anda dapat merefresh pikiran dan jiwa Anda dengan mengunjungi berbagai tempat menarik di Indonesia. Keindahan tempat wisata tersebut tidak hanya menarik minat wisatawan domestik, melainkan juga dari mancanegara banyak yang tertarik datang di sini.

Setiap daerah selalu memiliki pesonanya masing-masing. Seperti Kota Subulussalam yang juga memiliki beragam pesona wisata, termasuk wisata kuliner. Terdapat berbagai macam variasi menu yang bisa Anda coba di sini yang pastinya memiliki cita rasa khas nusantara yang begitu kental. Rasa yang khas ini disebabkan karena bumbu rempah yang digunakan dan cara pengolahannya yang unik.

Anda dapat mencicipi berbagai sajian kuliner nusantara ketika Anda pergi berlibur di suatu daerah. Karena rasanya kurang lengkap jika Anda tidak melakukan wisata kuliner ketika Anda pergi berlibur. Di Kota Subulussalam sendiri terdapat berbagai macam menu yang bisa Anda pilih. Kulinernya juga terbilang lengkap, sebab kuliner khas di Subulussalam tidak hanya makanan pokok, melainkan termasuk minuman. Berikut daftar menu kuliner yang bisa dijadikan referensi untuk menikmati sajian lezat.

1. Nasi Goreng Mesir

Image Credit: Cookpad.com

Anda bisa menjumpai sajian nasi goreng mesir ini di daerah pusat kota, tepatnya di Kafe Publik. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menghindari monosodium glutamate (MSG), sebab semua menu yang disajikan di kafe ini tidak menggunakan MSG. Anda cukup mudah untuk mencari kafe tersebut, karena letaknya berseberangan dengan Kantor Partai Aceh.

Walaupun menu yang tersaji tidak menggunakan MSG, rasa dari semua masakan tak kalah lezat, sebab juru masak yang mengolah makanan telah memiliki strategi tersendiri, sehingga dapat membuat pelanggan merasa puas dengan makanan yang kafe ini sajikan. Nasi goreng mesir ini menjadi menu unggulan di sini. Kafe Publik buka mulai jam 16.00 dan tutup jam 23.30 WIB.

Lokasi: Kec. Subulussalam Selatan, Kota Subulussalam.

2. Nditak

Nditak
Image Credit: Kumparan.com

Nditak merupakan satu di antara kuliner warisan dari leluhur yang masih ada hingga sekarang. Sajian ini juga menjadi makanan khas dari Suku Singkil. Makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar berupa beras. Beras tersebut ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan gula, garam, dan kelapa parut. Dengan adanya kelapa menjadikan nditak terasa gurih.

Sajian ini dapat dimakan ketika mentah maupun matang. Namun tidak semua kalangan menyukai olahan makanan yang belum dimasak. Jika ingin menikmatinya dalam kondisi matang, maka dapat dimasak dengan cara dikukus. Biasanya menu ini disajikan bersama ayam bakar yang telah dicincang, yang dalam daerah setempat disebut dengan istilah delabakh manuk.

Lokasi: Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

3. Espresso Gula Nira

Espresso Gula Nira
Image Credit: Detik.com

Kopi menjadi minuman favorit bagi kalangan tertentu. Warnanya yang dan rasanya yang pahit menjadikan minuman ini memiliki aroma yang begitu khas. Di Kota Subulussalam sendiri, terdapat minuman kopi yang khas dengan nama espresso gula nira. Seperti dengan namanya, pemanis yang digunakan dalam minuman kopi ini menggunakan gula nira, bukan gula pasir.

Anda bisa mencobanya di Kafe Sesuki Kupi yang letaknya di dekat KPP Subulussalam, yakni hanya berjarak sekitar 100 m. Kafe ini dibuka setiap hari pada jam 10.00 sampai 24.00 waktu setempat. Pada hari tertentu seperti malam Minggu, Anda juga dapat menikmati konser live music di kafe ini. Sehingga Anda bisa sembari bersantai dan beristirahat di sini.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

4. Kopi Khop Aceh Khas Abu Kupie

Kopi Khop Aceh Khas Abu Kupie
Image Credit: Wikipedia.org

Sebelumnya kopi lebih dikenal sebagai minuman yang dapat membantu mengatasi rasa kantuk. Kini kopi tidak hanya memiliki manfaat tersebut, melainkan sebagai gaya hidup baru khususnya untuk anak-anak muda zaman sekarang. Subulussalam merupakan daerah dimana terdapat banyak kedai kopi dengan berbagai desain dan ukuran, mulai yang sederhana hingga kompleks.

Kopi Khop Aceh Khas Abu Kupie ini merupakan salah satu kopi favorit di Subulussalam. Kopi ini diseduh bersama dengan susu dan dihidangkan dalam gelas dengan sensasi terbalik. Anda dapat menjumpai kopi ini di dekat Kantor Pegadaian Syariah Subulussalam, kurang lebih berjarak 10 meter. Harganya pun cukup murah yaitu berkisar antara Rp 6.000-Rp 10.000.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No. 91, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

5. Pisang Goreng Bedarai

Pisang Goreng Bedarai
Image Credit: Indozone.id

Pisang goreng yang satu ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan pisang goreng yang dibuat di daerah yang lain. Anda bisa mencicipinya di Warung Alamin yang letaknya berseberangan dengan Loket Angkutan nomor L300 Himpak. Di warung tersebut, pisang goreng yang disajikan merupakan olahan pisang yang bervariasi, tidak hanya digoreng biasa.

Pisang yang digunakan untuk membuat pisang goreng bedarai adalah pisang kepok kuning. Rasa pisang yang manis dan dipadukan dengan adonan tepung renyah menjadikan menu ini sangat pas menemani wisata Anda di daerah ini. cara memasaknya pun unik dan masih tradisional, yaitu dengan menyayat pisangnya menjadi 4 bagian baru dicelup dalam tepung.

Lokasi: Kec. Subulussalam Selatan, Kota Subulussalam.

6. Sate Goyang Lidah

Sate Goyang Lidah
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Sate goyang lidah juga merupakan salah satu makanan khas dari daerah Subulussalam. Sesuai dengan namanya, ketika Anda menyantap sate, maka lidah Anda akan bergoyang menikmati sensasi lezat dari sajian ini. Menu sate ini sangat cocok disantap bersama dengan lontong maupun nasi. Rasa daging yang telah menyatu padu dengan bumbu membuat rasanya lezat.

Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati sate, karena rasanya khas dan memiliki cita rasa yang unik. Harga yang dipatok untuk satu porsi sate juga cukup terjangkau, sehingga menu ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Menu ini sangat cocok dipilih oleh wisatawan yang berlibur di Subulussalam, sebab Anda pasti akan puas dengan rasa menu ini.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

7. Martabak Kubang

Martabak Kubang
Image Credit: Openrice.com

Makanan ini sudah bukan makanan yang asing lagi. Sejatinya makanan ini hampir sama dengan martabak telur pada umumnya. Akan tetapi, terdapat sedikit perbedaan, yaitu pada cara membuatnya dan cita rasanya. Sehingga Anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini saat Anda berkunjung di Subulussalam. Jika Anda mau, Anda juga bisa menjadikannya oleh-oleh.

Martabak kubang dapat dijumpai di daerah Malikussaleh, tepatnya di Kafe Kubang. Cita rasa dan kekhasan dari makanan ini, menjadikannya digemari oleh banyak orang. Tidak hanya warga setempat, melainkan juga wisatawan yang berkunjung, baik mereka yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara. Sebab kelezatan dari martabak ini tidak ada duanya.

Lokasi: Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

8. Nasi Uduk Bakar Bang Siam

Nasi Uduk Bakar Bang Siam
Image Credit: Google Maps (Muhammad Siam)

Ketika Anda sedang berada di Kota Subulussalam dan ingin menikmati hidangan yang hangat, Anda bisa mencoba nasi uduk bakar Bang Siam. Nasi uduk yang dijual di sini cukup unik jika dibandingkan dengan nasi uduk pada umumnya. Nasi uduk ini dibungkus daun pisang, kemudian dibakar dengan diberi bumbu berupa rempah-rempah, sehingga rasanya begitu nikmat.

Biasanya nasi uduk bakar dihidangkan bersama dengan ayam goreng, lalapan, dan sambal. Hidangan tersebut merupakan perpaduan yang sangat pas. Anda sudah bisa mencicipi nasi uduk bakar ini hanya dengan mengeluarkan sejumlah Rp 12.000. Kafe Bang Siam ini buka sejak pukul 07.00 pagi hingga pukul 21.30 malam WIB. Anda bisa lebih leluasa datang dengan wakti tersebut.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

9. Ndelabakh

Ndelabakh
Image Credit: Steemit.com

Ndelabakh merupakan sajian khas dari Kota Subulussalam yang bersejarah dan membudaya dalam masyarakat daerah setempat. Makanan ini biasa disajikan dalam acara pesta ataupun ketika bulan Ramadhan telah tiba. Bahan utama yang digunakan biasanya berupa kacang, pakis, kerang, pangkat, dan jantung pisang.

Kekhasan dari makanan ini terletak pada bumbu yang digunakan, yaitu kelapa ginseng, jeruk nipis, asam, cabai, dan bawang yang diolah secara khas. Beberapa orang menikmati sajian ini bersama nasi hangat, onde-onde, ataupun dimakan begitu saja. Anda dapat mencobanya di sekitar depan Hotel Winda dengan harga berkisar Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

Lokasi: Subulussalam, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

10. Bakso Lava

Bakso Lava
Image Credit: Facebook.com @marslina.marslina

Bagi Anda yang menyukai sajian bakso, Anda bisa mencoba menu bakso yang menjadi salah satu makanan khas di Kota Subulussalam, yaitu Bakso Lava. Bumbu yang diaplikasi dalam bakso ini menciptakan aroma yang begitu sedap. Bakso ini cocok bagi Anda yang memang menyukai pedas, sebab di dalam bakso terdapat sambal dengan cabai utuh yang sangat pedas.

Harga yang dipatok untuk satu porsi bakso lava beraneka ragam, tergantung pada topping maupun jumlah bakso yang dipesan, yaitu berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 30.000. Bakso ini sangat nikmat disantap ketika masih panas, baik saat cuaca panas maupun dingin. Ukurannya yang cukup besar menciptakan sensai makan tersendiri dan membuat Anda terkesima.

Lokasi: Makmur Jaya, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Berbagai sajian menu kuliner khas di Kota Subulussalam tersebut dapat menjadi referensi sebelum Anda pergi berlibur ke tempat tersebut. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera dan budget yang Anda miliki. Namun, jika Anda penasaran bagaimana rasa dari setiap sajian menu di atas, Anda dapat turut serta mengajak teman Anda, supaya bisa saling mencoba menu berbeda dengan lebih murah.