10 Wisata Kuliner di Tanggamus yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Tanggamus yang Murah & Enak

Menikmati sajian kuliner di Tanggamus menjadi hal wajib ketika melancong ke daerah ini. Inilah daftar tempat kuliner menggugah selera yang patut Anda coba saat berkunjung ke Tanggamus.

Di Lampung terdapat salah satu wilayah kabupaten yang memiliki beragam kuliner yang enak dan menarik. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Tanggamus yang memiliki ibu kota pusat di Kota Agung Tanggamus. Selain rasanya yang enak, cita rasa dari masakan disana tidak akan Anda temukan di kota lain.

Melakukan wisata kuliner bisa menjadi alternatif pilihan jika Anda berkunjung kesana. Setelah puas memutari Lampung untuk berwisata, Anda bisa mampir ke wilayah Tanggamus untuk menyantap makanan dan mengembalikan tenaga. Jenis makanan yang tersedia juga bervariasi, dari makanan lokal hingga makanan nasional dan nusantara.

Terkait dengan harga, jangan khawatir, harga makanan di Tanggamus cukup terjangkau dengan tarif rata-rata standar. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi dompet, sebab tidak akan menguras banyak budget Anda. Jika Anda tertarik mengunjungi Tanggamus untuk melakukan wisata kuliner, berikut merupakan rekomendasi tempat yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Saung Kuring

Saung Kuring
Image Credit: Google Maps (Riskon Patria)

Berada di pusat kota membuat Saung Kuring banyak direkomendasikan untuk menjadi tempat wisata kuliner yang murah dan enak. Makanan yang disajikan juga beragam, ada makanan Sunda, Lampung, dan makanan Nusantara. Harganya juga standar, namun cita rasanya tidak perlu lagi Anda pertanyakan.

Suasana di sekitar Saung Kuring nyaman dan tidak sesak, sehingga membuat Anda yang lelah melakukan wisata bisa beristirahat sejenak dengan nyaman. Jika Anda mengunjungi Saung Kuring di malam hari, Anda akan merasakan suasana yang berbeda karena banyak hiasan lampu yang menarik.

Di akhir pekan atau hari libur nasional, Saung Kuring menyediakan live music sebagai hiburan untuk pengunjung. Rumah makan ini letaknya berada di dekat jalur utama transportasi daerah, sehingga banyak dikunjungi oleh pengendara maupun pemudik untuk beristirahat dan bersantap siang.

Lokasi: Jl. Kota Agung – Balimbing No.8, Banjarmanis, Kec. Gisting, Kab.Tanggamus.

2. Rumah Makan Pondok Bambu

Rumah Makan Pondok Bambu
Image Credit: Google Maps (EB Sulistio)

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Tanggamus selanjutnya adalah Rumah Makan Pondok Bambu. Berlokasi di Kota Agung, Anda bisa mengunjungi rumah makan ini dengan mudah karena tempatnya yang strategis, bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Rumah makan ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi sampai jam 5 pagi keesokan harinya. Jadi Anda yang baru sampai di Tanggamus tengah malam dan ingin makan untuk mengembalikan tenaga, tempat makan ini direkomendasikan oleh banyak orang.

Harga dan jenis makanan yang disediakan juga bermacam-macam, Anda bisa memesan takoyaki jika menyukai makanan Jepang, ada juga beberapa makanan lain seperti sop bali yang berasal dari regional lain. Namun makanan yang direkomendasikan adalah sup ikan marlin yang terkenal dan menjadi makanan khas Lampung.

Lokasi: Kuripan, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

3. Rumah Makan Doni Gendut

Rumah Makan Doni Gendut
Image Credit: Google Maps (Rakhman Hakim)

Nama tempat makan ini memang unik, namun rasa dan masakannya otentik dan enak. Banyak yang merekomendasikan tempat makan ini sebagai wisata kuliner karena jenis makanan yang disediakan variatif, dari masakan nusantara hingga masakan nasional.

Harganya juga cukup terjangkau untuk jenis restoran yang ada di Lampung, jadi jangan khawatir untuk makan di tempat ini. Menu yang sebaiknya Anda coba ketika mengunjungi rumah makan ini adalah ayam bakar, namun Anda juga bisa mencoba variasi menu lain yang tak kalah enaknya.

Buka selama 24 jam penuh, Anda tidak perlu khawatir kapan sebaiknya datang ke tempat makan ini. Tapi Anda sebaiknya menghindari jam makan siang dan sarapan jika tidak ingin terlalu lama menanti pesanan. Rumah Makan Doni Gendut cukup ramai pengunjung, jadi Anda harus sabar menanti pesanan Anda datang.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus.

4. Rumah Makan Ervi Jaya

Rumah Makan Ervi Jaya
Image Credit: Facebook.com @anterindunk

Jika Anda mencari rumah makan padang di daerah Tenggamus, maka Rumah Makan Ervi Jaya bisa Anda kunjungi. Berlokasi di pusat Kota Agung, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum karena lokasinya yang strategis.

Rumah makan ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi dan tutup pukul 10 malam. Anda bisa makan disini dengan harga yang cukup terjangkau, dengan kualitas makanan yang tidak perlu di ragukan lagi. Selain masakan padang, Anda juga bisa memesan jenis masakan lain yang lebih umum.

Lokasi: Jl. Raya Kota Agung, RT 02 RW 04 No. 2, Pekon Way Tugu, Kuripan, Kota Agung, Kab. Tanggamus.

5. Sego Lestari Pantai Terbaya

Sego Lestari Pantai Terbaya
Image Credit: Google Maps (ozy qirbhy)

Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat makan yang tidak terlalu ramai, Sego Lestari Pantai Terbaya merupakan rumah makan yang bisa Anda pertimbangkan. Selain harganya yang cukup terjangkau, jenis makanan yang disediakan juga beragam. Sehingga bisa memenuhi selera pelanggan yang datang berkunjung.

Makanan yang direkomendasikan adalah olahan ikan yang enak dan lezat, salah satunya adalah sup ikan marlin yang menjadi makanan khas daerah Lampung dan Tanggamus. Restoran ini sudah banyak direkomendasikan dan mendapatkan banyak ulasan positif dari pelanggannya.

Hal yang paling menonjol dari tempat makan ini adalah rasa makanannya yang enak dan lezat, serta di dukung dengan pelayanan yang ramah. Lokasinya juga cukup strategis dan nyaman, sehingga cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas.

Lokasi: Jl. Ir. Haji Juanda No.pantai, Terbaya, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

6. Dewi Seafood

Dewi Seafood
Image Credit: Google Maps (Nisha Harmono)

Tanggamus ternyata juga memiliki tempat makan khusus seafood yang cukup terkenal, yakni Dewi Seafood. Disana ada beraneka olahan laut yang enak dan memiliki harga cukup terjangkau. Berlokasi di daerah Gisting Atas, rumah makan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Agung.

Selain makan di tempat dan di bungkus, tempat makan ini juga menyediakan layanan pengantaran untuk pelanggan yang tidak bisa datang kesana. Buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 10 malam, Anda bisa memesan kapan saja setiap hari sesuai jam operasional.

Lokasi: Jl. Raya Gisting Atas, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

7. Rumah Makan Kedai Hijau

Rumah Makan Kedai Hijau
Image Credit: Google Maps (Timresub.lpg_)

Rumah makan ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun rasa masakannya cukup enak dan tidak perlu Anda pertanyakan. Lokasinya berada di wilayah Tela Gening, sebelah barat Kota Agung Tanggamus. Anda bisa menjangkau rumah makan ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jenis makanan yang disediakan adalah makanan padang, namun Anda juga bisa mencoba jenis makanan lain, khususnya makanan nusantara dan nasional. Rumah makan ini juga buka selama 24 jam penuh, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan jam tutupnya.

Rumah makan ini cukup sejuk dan asri, serta cocok untuk tempat makan Anda bersama dengan keluarga yang mampir di daerah Tanggamus. Harganya standar, jadi Anda tidak perlu khawatir jika menghabiskan budget wisata kuliner yang sudah Anda persiapkan.

Lokasi: Tela Gening, Kec. Kota Agung Barat, Kab. Tanggamus.

8. Lesehan Pak Cik

Lesehan Pak Cik
Image Credit: Google Maps (Rian Car Wash)

Berlokasi di Madang, Lesehan Pak Cik direkomendasikan untuk Anda yang ingin makan dengan suasana yang non-formal, yakni dengan cara lesehan. Walaupun begitu, tersedia meja dan kursi untuk Anda yang kurang nyaman dengan duduk lesehan.

Restoran menyediakan berbagai jenis makanan, dari olahan ikan, daging, hingga sayuran. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga cocok untuk kantong wisatawan ataupun masyarakat lokal. Anda bisa mengunjungi restoran ini dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam setiap harinya.

Makanan yang disajikan merupakan makanan segar yang diolah secara langsung, jadi rasa makanan otentik dan lezat. Olahan ikan merupakan jenis makanan yang sering direkomendasikan oleh pengunjung. Layanan yang diberikan juga ramah, Anda bisa makan di tempat ataupun dibungkus untuk dibawa pulang.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Ps. Madang, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

9. Rumah Makan Iwan Galau

Rumah Makan Iwan Galau
Image Credit: Google Maps (Adelaide S.Pd.)

Jika Anda mencari tempat untuk makan bakso yang enak di Tanggamus, Iwan Galau merupakan tempat makan yang tepat. Harga bakso yang ditawarkan cukup terjangkau, rasanya enak dan porsinya juga cukup besar. Berlokasi di Baros, dekat dengan pusat kota Agung, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi atau umum.

Jenis bakso yang ditawarkan juga bervariasi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Tempat makan ini cukup ramai, jadi Anda harus sabar menunggu pesanan untuk sampai. Iwan Galau juga tempat yang cukup terkenal untuk masyarakat lokal, jadi jangan bingung ketika mengetahui banyaknya pelanggan di tempat ini.

Apabila Anda datang ketika jam makan siang dan pulang sekolah, tempat ini cukup ramai. Untuk Anda yang beragama Islam, jangan khawatir, sebab bakso yang disediakan merupakan bakso yang halal. Tersedia tiga layanan pemesanan yang bisa Anda pilih, yakni makan di tempat, di bungkus, serta delivery.

Lokasi: Baros, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

10. Rumah Makan Wong Solo

Rumah Makan Wong Solo
Image Credit: Google Maps (Rizz Fozz)

Walaupun namanya Solo, namun lokasi restoran ini berada di Pulau Panggung, dekat dengan Kota Agung Tanggamus. Makanan yang disajikan bervariasi, ada makanan lokal, nusantara, hingga makanan nasional. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, akses menuju rumah makan ini mudah untuk dijangkau.

Rumah Makan Wong Solo buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam, dengan menu yang direkomendasikan adalah olahan ayam. Harganya cukup terjangkau, namun jangan salah, rasa masakannya enak dan lezat.

Lokasi: Jl. Raya Pekon Tekad, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus.

Itulah ekomendasi tempat makan dan wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di Tanggamus. Anda bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Jangan lupa untuk berwisata kulineran dan mencicipi berbagai olahan makanan di Tanggamus.