10 Wisata Kuliner di Tebing Tinggi yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

10 Wisata Kuliner di Tebing Tinggi yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Tebing Tinggi ternyata menyimpan kuliner yang enak dan lezat. Jika berkunjung ke Tebing Tinggi, inilah daftar tempat kulineran yang menghadirkan hidangan memanjakan lidah pengunjung.

Tebing Tinggi merupakan salah satu wilayah regional yang ada di Sumatera Utara yang memiliki wisata kuliner yang menarik. Kota yang terdiri dari lima kecamatan ini memang bukan kota yang besar, namun Anda tetap bisa mendapatkan berbagai hiburan menarik di kota ini, dari wisata yang terkenal, menikmati kuliner setempat, dan melihat kultur masyarakatnya.

Jika Anda hendak mengunjungi Tebing Tinggi dalam waktu dekat, berikut merupakan tempat wisata kuliner yang sebaiknya Anda kunjungi. Selain menyajikan makanan yang lezat, harga yang ditawarkan juga terjangkau, sehingga tidak akan menghasilkan uang di dalam dompet Anda.

Variasi makanan yang ada di Tebing Tinggi tidak hanya makanan lokal saja, Anda bisa menemukan berbagai makanan Nusantara hingga luar negeri. Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner yang sebaiknya Anda kunjungi ketika mampir dan berwisata di Tebing Tinggi.

1. Experience Coffee and Resto

Experience Coffee and Resto
Image Credit: Instagram.com @baimovic14

Untuk Anda yang lebih suka datang ke kafe dibandingkan dengan tempat makan lokal, Experience Coffee and Resto bisa menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di tempat yang strategis, kafe ini terkenal karena menjadi tempat nongkrong anak muda di Tebing Tinggi.

Selain tempatnya yang nyaman, Anda bisa melihat interior klasik dan unik di tempat ini. Gitar-gitar yang tidak terpakai dipajang di dinding untuk menampilkan kesan yang santai dan kultural. Anda dapat memesan berbagai jenis kopi, namun jika kurang menyukai jenis minuman tersebut, Anda bisa memilih minuman cokelat.

Kafe Experince and Resto ini selalu ramai, apalagi jika di akhir pekan. Anda bisa datang di sore hari untuk menikmati berbagai hiburan yang menarik disana. Jika lapar, Anda bisa memesan camilan dan makanan yang tersedia di menu yang telah dipersiapkan oleh pihak Experience Cofee and Resto.

Lokasi: Jl. Prof. H.M Yamin, Tanjung Marulak Hilir, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

2. Kedai Kopi Bali

Kedai Kopi Bali
Image Credit: Google Maps (Tin Pin)

Walaupun namanya terdapat unsur Bali, namun makanan yang disediakan merupakan makanan lokal dan makanan umum, sehingga cukup bisa disesuaikan dengan lidah masyarakat sekitar dan wisatawan. Akses menuju tempat ini cukup mudah, sebab letaknya berada dekat dengan pusat kota.

Makanan yang direkomendasikan untuk dicoba adalah nasi sayur dan lontong sayur khas dari tempat makan ini. Selain porsinya yang besar, rasa dari kedua menu masakan tersebut juga menggoyang lidah. Tempat ini selalu ramai ketika makan siang dan sarapan, jadi sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

Terkait dengan harga, semua menu makanan di rumah makan ini memiliki harga yang cukup standar. Jadi Anda tidak perlu khawatir kemahalan dan menghabiskan budget yang telah Anda persiapkan. Pelayanannya ramah, sehingga Kedai Kopi Bali banyak direkomendasikan oleh pelanggan.

Lokasi: Jl. Jend. Suprapto, Pasar Gambir, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

3. Pondok Bakso Mataram

Pondok Bakso Mataram
Image Credit: Instagram.com @fadillah_hanum93

Bakso merupakan jenis makanan yang banyak ditemui di berbagai daerah, begitu pula di Tebing Tinggi. Salah satu kedai bakso yang cukup populer disana adalah Pondok Bakso Mataram. Kedai bakso yang buka dari jam 11 siang hingga 10 malam ini bisa Anda temukan di Jalan Hamka.

Variasi jenis bakso yang bisa Anda temukan cukup beragam, mulai dari bakso bagong, semar mendem, bahkan sate bakso. Semua makanan tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau, namun rasanya tidak perlu Anda pertanyakan lagi, semuanya enak dan lezat.

Selain bakso, Anda juga bisa memilih menu lain, yakni seafood. Menu seafood yang direkomendasikan di Pondok Bakso Mataram antara lain ikan bakar dan cumi goreng tepung. Sedangkan minumnya, Anda bisa memilih jus terong belanda yang merupakan menu minuman khas di tempat ini.

Lokasi: Jl. Prof. Doktor Hamka, No.7, Bajenis, Durian, Kec. Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi.

4. Es Krim Pokat AU

Es Krim Pokat AU
Image Credit: Instagram.com @makanmana

Jika Anda ingin mencicipi es krim yang legendaris, kedai Es Krim Pokat AU di Tebing Tinggi bisa menjadi alternatif Anda. Jajanan tradisional ini cukup terkenal di Tebing Tinggi, jadi Anda harus antri cukup lama jika kedai sedang ramai. Banyak orang yang lewat di dekat kedai ini dipastikan akan mampir dan menikmati es krimnya.

Saat ini, Es Krim Pokat AU sudah memiliki beberapa karyawan untuk dipekerjakan, jadi pelayanannya lebih cepat dan tangkas. Es krim ini terbuat dari kombinasi yang unik, yakni es krim nangka, alpukat yang telah dikocok, serta gula merah yang telah dicairkan.

Untuk menambah rasa manis, ditambahkan lagi es krim nangka sebagai pemanis dan topping terakhir. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, Anda bisa sekaligus membeli lemonade seharga dua ribu rupiah yang tersedia jika memesan es krim tersebut pada tengah hari.

Lokasi: Jl. Veteran, Tebing Tinggi Lama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

5. Restoran Iga-Iga Bakso

Restoran Iga-Iga Bakso
Image Credit: Google Maps (Akhmad Fahmi Ridwan)

Letak restoran ini juga cukup strategis, berada di Jalan Sudirman yang terletak di pusat kota. Sesuai nama dari restoran tersebut, ia menjual berbagai bakso iga yang enak dan lezat. Menu makanan lain yang bisa Anda coba adalah iga penyet, serta ayam dan bebek penyet yang rasanya tidak kalah enak.

Jika Anda suka dengan rasa pedas, Anda bisa mencoba sambal dan berbagai hidangan pedas yang ada di restoran ini. Sebab rasa pedasnya bisa disesuaikan dengan pesanan pelanggan. Sambal yang disediakan juga sedap dan pedas, inilah yang membuat restoran iga-iga bakso menjadi terkenal di Tebing Tinggi.

Restoran ini memiliki tempat yang nyaman, baik jika Anda datang secara rombongan besar atau keluarga. Pilihan minuman dan makanan yang disediakan juga beragam, sehingga variasi yang bisa Anda pesan juga beraneka rupa sesuai selera.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Tanjung Marulak Hilir, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

6. Cafe Platinum Tebing Tinggi

Cafe Platinum Tebing Tinggi
Image Credit: Instagram.com @platinumcafebar

Anda yang kurang menyukai keramaian bisa datang ke kafe yang satu ini. Terletak di tempat yang strategis namun tetap kondusif, kafe platinum yang terletak di Tebing Tinggi ini nyaman karena jarak tempat duduknya yang pas, sehingga Anda tidak perlu ragu ketika hendak berbincang dengan teman.

Kemudian makanan yang disediakan, Anda bisa mencoba olahan ayam yang terkenal lezat di kafe ini, dari rasa original, pedas, hingga rasa yang gurih dan lezat. Olahan ayam yang disediakan juga beraneka rupa, dari ayam goreng, berkuah pedas, hingga olahan dengan resep lain yang enak.

Untuk sampai di Kafe Platinum, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Karena tempatnya yang semi outdoor, Anda bisa datang di malam hari dan menikmati pemandangan lampu yang ditata secara estetik.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Sri Padang, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

7. Restoran India

Restoran India
Image Credit: Facebook.com @mis bakti

Tempat makan populer lain yang ada di Tebing Tinggi adalah Restoran India, yang menjual berbagai makanan dengan cita rasa khas India. Untuk area makan, restoran ini memiliki ruangan yang lebar dan luas, sehingga cocok untuk Anda yang ingin datang dalam rombongan besar.

Di dalam restoran ini, terdapat lima buah dapur yang masing-masing memasak olahan menu yang berbeda. Inilah kenapa menu makanan disini tidak bisa Anda rasakan di tempat lain, sebab rasa masakannya otentik dan tidak tercampur dengan jenis menu lain yang memiliki rempah yang berbeda.

Selain menu yang enak, variasi yang disediakan juga beragam. Ada menu masakan Nusantara, India, serta Korea dan China. Semuanya memiliki harga yang standar dan terjangkau, jadi Anda tak perlu ragu lagi ketika memesannya. Jangan lupa memesan nasi briyani ketika berkunjung ke Restoran India ini.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.46, Pasar Baru, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

8. Pundok Bagelan

Pundok Bagelan
Image Credit: Google Maps (Ira Silalahi)

Anda penyuka olahan ikan sebaiknya mampir di Pundok Bagelan ketika berkunjung ke Tebing Tinggi. Sebab Pundok Bagelan sudah terkenal sebagai restoran yang menyediakan berbagai olahan lezat ikan, dari ikan goreng, bakar, sup, hingga kuah.

Sajian olahan yang disajikan juga lezat dan variatif, restoran ini menggunakan bumbu spesial yang tidak bisa Anda temukan di tempa lain. Sebelumnya Presiden Indonesia ke-6, yakni Susilo Bambang Yudhono pernah mampir ke tempat ini, jadi jangan sampai terlewat ketika Anda mengunjungi Tebing Tinggi.

Lokasi: Jl. Deblod Sundoro No.21, Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

9. Roti Kacang

Roti Kacang
Image Credit: Instagram.com @fify.sutanto

Anda bisa datang menikmati roti yang baru saja keluar dari oven ketika mengunjungi kedai Roti Kacang cap Rajawali ini. Walaupun ia berlokasi agak jauh dari Tebing Tinggi, namun Anda akan merasa sayang melewatkan destinasi wisata kuliner yang satu ini ketika sedang mengunjungi Tebing Tinggi.

Menikmati roti yang langsung dari oven akan memberikan sensasi yang berbeda, rasanya enak, gurih, dan tentunya masih hangat dan lezat. Untuk harga yang ditawarkan juga murah, hanya 30 ribu sampai 35 ribu untuk setiap kotaknya.

Lokasi: Jl. Kapten F Tandean No.32, Pasar Baru, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

10. Lemang Batok

Lemang Batok
Image Credit: Facebook.com @muhazributarbutar

Rekomendasi wisata kuliner yang terakhir adalah Lemang Batok, yang merupakan makanan khas yang berasal dari Tebing Tinggi. Kota ini sendiri disebut sebagai kota lemang, jadi Anda akan rugi ketika tidak mampir dan mencoba olahan lemang yang dijual.

Lemang Batok merupakan kedai lemang yang terkenal karena sudah berjualan bertahun-tahun. Resepnya diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga rasanya enak dan lezat. Harganya juga terjangkau, jadi Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Letjend. Suprapto, Pasar Baru, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

Itulah beberapa wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika mengunjungi Tebing Tinggi. Siapkan budget yang mencukupi untuk mencicipi semua makanan dan minuman tersebut, sekaligus membawanya sebagai oleh-oleh.