10 Wisata Kuliner di Way Kanan yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

10 Wisata Kuliner di Way Kanan yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Way Kanan dikenal dengan beragam makanan khas yang menjadi daya tarik wisatanya. Inilah daftar wisata kuliner di Way Kanan yang terkenal enak dan wajib Anda cicipi saat berkunjung.

Setiap daerah di Indonesia memiliki wisata kuliner yang khas. Beberapa tempat dan lokasi mungkin ada kemiripan karena berdekatan. Di lain pihak, Anda kadang melihat suatu makanan atau tempat makan yang unik. Inilah yang dapat Anda saksikan saat berkunjung ke Way Kanan. Berbagai hidangan dan kuliner lezat siap menanti penunjung.

Secara geografis, Way Kanan merupakan kabupaten di provinsi Lampung. Lokasinya berada di ebrbatasan langsung dengan provinsi tetangga sehingga jarak ke pusat kota provinsi sangat jauh. Akan tetapi, kabupaten ini mengalami pembangunan dan kemajuan yang cukup pesat. Jalan dan sarana penunjang sudah lebih baik untuk mendukung pariwisata.

Banyak turis berdatangan untuk mengujungi berbagai destinasi wisata. Mereka wajib mencoba kuliner khas Way Kanan. Makanan-makanan tersebut tidak ditemukan di daerah lain. Daftar berikut ini menunjukkan apa saja wisata kuliner yang harus dicoba saat berada di Way Kanan.

1. Nasi Ibat

Image Credit: Yandigsa.com

Makanan khas di Way Kanan yang patut dicoba adalah nasi ibat. Sebenarnya, nasi ini tidak berbeda jauh dengan kebanyakan nasi lain. Akan tetapi, cara masaknya adalah dengan dibungkus daun pisang. Beberapa pembuah nasi ibat kang mencampur beras dengan santan sehingga nasi lebih lembut.

Kuliner ini sering menjadi hidangan pokok. Warga akan membuat nasi ibat lalu dilengkapi dengan sayur dan lauk serta sambal. Cara membuatnya masih tradisional sehingga menjaga citarasa dan aroma nasi. Anda tidak akan menemukan makanan seperti ini di luar Lampung. Salah satu keunggulan lain adalah mampu bertahan lama tanpa dipanaskan lagi.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

2. Gulai Buloh

Gulai Buloh
Image Credit: Yandigsa.com

Kuliner selanjutnya adalah hulai buloh. Nama makanan ini yang tetap adalah gulai dalam buloh. Gulai menggunakan bahan dasar daging atau ikan dengan bumbu rempah. Untuk bagian ini, Anda akan menemukan gulai yang sama dengan yang sudah dikenal umum.

Namun, yang unik adalah cara masak gulai tersebut adalah di buloh atau bambu. Ikan dan bahan dasar gulai lain dipersiapkan lalu dimasukkan secara langsung ke dalam wadah bambu yang sudah diisi rempah. Setelah itu, cara masaknya adalah di bakar.

Panas dan api dijaga sehingga merata dan tidak terlalu besar. Setelah itu, bambu yang sudah matang dengan gulai diambil langsung. Makanan lalu dihidangkan dengan membuka bambu tersebut. Akhirnya, kuliner gulai unik ini sudah jadi dan siap disantap.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

3. Mie Balak

Mie Balak
Image Credit: Seringjalan.com

Beberapa makanan di Way Kanan masih berkaitan dengan Lampung. Artinya, Anda akan mendapatkan beberapa kuliner dan masakan yang sama. Contohnya adalah mie balak. Makanan ini juga ada ditemukan di beberapa kota provinsi Lampung.

Mie balak di Way Kanan menggunakan kuah yang kental sehingga aroma dan rasanya sangat terasa. Cara ini bertujuan untuk meningkahkan ciri khas tempat makan tersebut. Selain itu, porsi mie juga besar atau dikatakan jumbo. Jika Anda sedang lapar berat, inilah kuliner yang sangat cocok.

Untuk bisa menikmati makanan ini, pengunjung cukup merogoh kocek kurang dari 10 ribu. Harga yang sebanding dengan kualitas rasa dan kuantitas yang diterima. Kuliner ini layak dijadikan daftar utama apabila berkunjung kembali ke Way Kanan.

Lokasi: Jl. Melati, Kasui Pasar, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan.

4. Mie Nyonyor

Mie Nyonyor
Image Credit: Google Maps (Arum Mobile)

Kuliner mie selalu ada di berbagai tempat. Anda juga bisa menemukannya di Way Kanan. Salah satu tempat akan yang terkenal dengan menu mie unik dan lezat adalah mie nyonyor. Namanya mungkin terdengar aneh dan Anda akan mengetahui alasannya setelah mencoba kuliner tersebut.

Sekilas mie ini tampak biasa dengan rasa pedas yang pas. Akan tetapi, pengunjung bisa memilih level pedas tersebut dari 1 hingga 10. Angka yang fantastis jika seseorang mampu makan mie terebut di level tertinggi sehingga membuat mulut merasa panas.

Kuliner ini bukan sekedar pedas. Mie menggunakan bahan bermutu sehingga lembut. Bumbu dan bahan pelengkap lain juga diracik dengan menu khas pemilik warung makan. Pengunjung akan terus datang karena mie ini memang khas di Way Kanan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Umpu Bakti, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

5. Segubal

Segubal Way kanan
Image Credit: Edwardapriadi.blogspot.com

Way Kanan dan Lampung memiliki kuliner khas lain yaitu segubal. Ini adalah makanan ketan putih yang dibungkus daun pisang. Makanan ini sudah jarang ditemukan kecuali acara khusus atau bulan puasa.

Pembuatan segubal berbeda dengan kuliner bahan dasar ketan. Anda membuatnya dalam porsi atau ukuran besar sekaligus. Ketan dibersihkan lalu dicampur dengan ketan. Setelah itu, ketan dimasukkan ke dalam wadah daun pisang yang sudah rapat. Proses masak selanjutnya adalah dikukus. Setelah matang, ketan dipotong kecil.

Cara makan sagubal adalah langsung tanpa apapun. Rasa khas ketan memang lezat untuk pengisi perut, Anda cukup makan beberapa dan tubuh akan terasa kenyang. Jika ingin cara lain, ketan bisa dihidangkan dengan sambal atau kuliner kuah. Fungsi ketan adalah pengganti nasi.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

6. Seruit

Seruit
Image Credit: Kelilinglampung.net

Makan gulai dan nasi ibat belum lengkap tanpa sambal khas Lampung yaitu seruit. Anda sering menemukannya di beberapa rumah makan atau saat dijamu warga setempat. Tentu saja, Anda juga akan menemukannya di Way Kanan.

Secara umum, sambal ini terdiri dari cabe rawit, cabe merah, jeruk nipis, dan tomat kecil. Semua bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk. Campuran disiram air hangat sedikit agar cepat menyatu. Untuk menambah level pedas, bahan cabe ditambah terutama cabe rawit.

Sambil ini dapat dibuat oleh siapa saja, bagi Anda yang ingin mencoba di rumah, pembuatannya sangat mudah. Yang terpenting adalah bahan baku tersedia. Beberapa varian lain dari seruit juga diperkenalkan dengan tambahan rempah. Akan tetapi, orang masih menyukai yang murni karena sangat khas Lampung.

Lokasi: Karang Umpu, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

7. Geguduh

Geguduh
Image Credit: Cookpad.com

Bagi yang suka makanan manis, geguduh merupakan pilihan yang pas. Makanan ini termasuk camilan karena sering disajikan pada acara resmi, casual, atau sekedar di rumah. Bahan dasarnya adalah pisang yang dihaluskan lalu digoreng hingga tampak coklat.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan pisang yang hampir matang agar tidak terlalu lunak. Setelah itu, pisag dihaluskan dan dicampur dengan terigu, selai, dan susu. Aduk dan pastikan adonan merata. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan gula jika ingin mendapatkan rasa yang sangat manis. Langkah terakhir adalah dibentuk kecil atau sedang lalu digoreng.

Selain opsi diatas, ada cara lain yaitu Anda juga mengisi bulatan adonan pisang dengan selai atau lainnya sebelum digoreng. Untuk aroma segar, tambahkan air kapur sirih atau daun pandan. Geguduh juga tersedia di penjual kuliner pinggir jalan dengan harga terjangkau.

Lokasi: Negeri Baru, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

8. Gulai Taboh

Gulai Taboh
Image Credit: Resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Berikutnya, Anda bisa mencoba gulai taboh. Ini merupakan makanan yang khas dan hanya ada di Lampung termasuk juga Way Kanan. Gulai menggunakan beberapa bahan dasar yang cukup banyak tetapi sepadan dengan rasa yang diberikan.

Proses pembuatannya dimulai dari santan lalu dicampur dengan kacang hijau. Anda juga menambahkan jenis kacang lain sehingga lebih variasi terkait rasa. Selanjutnya, campuran ini ditambah kentang dan rebung. Tambahan lain adalah daun sirih sehingga memberikan aroma lebih segar.

Makanan ini cocok untuk dihidangkan saat makan siang. Anda bisa melengkapi dengan ikan atau daging atau sayuran segar serta sambal khas Lampung seruit. Agar lebih unik dan terasa lokal, hidangan menggunakan nasi ibat.

Lokasi: Kec. Pakuan Ratu, Kab. Way Kanan.

9. Gabing

Gabing
Image Credit: Triplampungku.blogspot.com

Kuliner Lampung juga sering ditemukan di Way Kanan. Salah satunya adalah gabing. Makanan ini berasal dari batang kelapa yang diiris tipis lalu dimasak dengan rempah. Anda bisa memakan langsung dengan atau tanpa kuah.

Pembuatan gabing termasuk mudah karena tidak membutuhkan bahan yang kompleks. Akan tetapi, batang kelapa harus benar-benar muda agar hasilnya lembut. Anda sering menemukan gabing di acara tertentu terutama event besar.

Anda bisa mencoba cita rasa gabing dengan campuran bahan lain. Contohnya adalah gabing dengan jamur atau daging serta dimasak lagi bersama kuah rempah. Ini merupakan makanan yang harus Anda coba saat berkunjung ke Way Kanan.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan.

10. Engkak

Engkak
Image Credit: Cookpad.com

Makanan lain yang menarik adalah engkak. Selain di kabupaten tersebut, Anda juga bisa menemukannya di daerah Lampung. Makanan ini menggunakan bahan ketan, telur, mentega, gula pasir, susu, dan santan. Semua bahan dicampur lalu dipanggang hingga membentuk kue.

Hidangan ini cocok untuk mengisi waktu senggang sebagai camilan. Untuk pengunjung dan turis, engkak mudah diperoleh di beberapa pusat kuliner termasuk juga pasar tradisional. Penjual sering menyiapkan engkak saat pagi dan sore hingga malam.

Jika Anda ingin membuat sendiri, engkak menggunakan bahan yang sudah umum diketahui banyak orang. Cara membuatnya mirip kue yaitu dengan mencampur semuanya dan dipanggang. Pastikan rasio gula tidak terlalu banyak agar hasilnya masih memiliki level manis yang wajar.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

Semua kuliner yang sudah dijelaskan sebelumnya merupakan makanan yang dapat dicicipi saat berkunjung ke Way Kanan. Beberapa dari mereka merupakan makanan lokal dan hanya ada di kabupaten tersebut. Selain itu, ada juga kuliner yang terkenal di Lampung namun juga tersedia di Way Kanan.