15 Tempat Wisata di Kutacane Aceh Tenggara Terbaru, Hits & Populer

15 Tempat Wisata di Kutacane Aceh Tenggara Terbaru, Hits & Populer

Berwisata di tempat yang indah selalu menjadi kegiatan idaman. Tidak salah beberapa dari Anda selalu mencari destinasi yang menawarkan panorama menawan. Bila sedang berada di Kutacane, Aceh Tenggara jangan lupa untuk mampir berwisata. Terdapat banyak sekali pilihan lokasi liburan menawan dengan pemandangan memanjakan mata.

Pariwisata Kutacane berhasil menarik banyak perhatian. Bukan tanpa alasan melainkan kebanyakan destinasi masih terlihat asri menyegarkan. Panorama mengesankan akan begitu tersaji sehingga siapa pun yang datang akan merasa betah berlama-lama. Datang bersama keluarga atau rekan akan menambah seru waktu berlibur.

Berwisata di ibukota Aceh Tenggara memang akan sangat menarik dilakukan. Pilihan destinasi lengkap membuat Anda tak bingung dalam pemilihan. Bahkan kebanyakan masih sangat asri, belum terkena sentuhan tangan manusia sehingga pengunjung akan begitu menikmati tawaran keindahan alam. Berikut rekomendasi tempat wisata di Kutacane yang menarik Anda kunjungi.

1. Masjid Agung At-Taqwa Kutacane

Masjid Agung At-Taqwa Kutacane
Image Credit: Google Maps Erow Yusmarianto

Kota Aceh dikenal juga dengan sebutan Serambi Mekah. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan melainkan di dasari beragam latar belakang. Misalnya mayoritas warga muslim yang tinggal. Bila kebetulan sedang di Kutacane jangan lupa mampir dan beribadah di Masjid Agung At-Taqwa.

Masjid ini dikenal memiliki desain modern yang memanjakan mata. Di balut kubah emas membuat nampak rumah ibadah ini begitu mempesona. Beribadah berwisata religi tentu akan menyenangkan di lakukan. Konon masjid mampu menampung jamaah di dalam hingga 4000 orang. Sedangkan bagian luar mampu menampung 2000 jamaah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulo Sanggar, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

2. Bukit Cinta Kutacane

Bukit Cinta Kutacane
Image Credit: Twitter Karyantasembiring

Bila sedang mencari tempat nongkrong di Kutacane Anda tidak akan bingung. Sebab ada beragam pilihan yang wajib dikunjungi. Misalnya Bukit Cinta yang sudah lama terkenal. Bukit ini dikenal akan keindahan alam sekitar yang memanjakan mata. Alam sekitar yang masih asri begitu memikat untuk di lihat dari atas bukit.

Dinamakan bukit cinta sebab beberapa pengunjung ialah kebanyakan masih muda. Wisatawan kerap bersantai sembari nongkrong di kafe terdekat. Pengunjung dapat bersantai sembari menikmati kesegaran alam sekitar yang bikin betah. Menuju destinasi pun mudah sehingga jangan ragu lagi bila ingin datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Cinta, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

3. Air Terjun Lawe Dua

Air Terjun Lawe Dua
Image Credit: Google Maps Ab ang

Air terjun menjadi tawaran mempesona untuk menghabiskan waktu libur. Di Aceh Tenggara terdapat curug yang wajib Anda datangi. Air terjun itu ialah Lawe Dua. Pemandangan indah sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Masih terjaga dengan baik membuat wisatawan akan begitu menikmati waktu libur.

Air sejuk disertai pepohonan sekitar begitu memanjakan. Tidak salah banyak yang datang untuk menikmati kesegaran air dengan cara berenang atau bermain air. Sekedar bersantai pun menjadi pilihan seru yang bikin nyaman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulo Sanggar, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser
Image Credit: Google Maps Ross Worrell

Destinasi selanjutnya yang tidak kalah menarik ialah Taman Nasional Gunung Leuser. Taman ini menjadi tempat asyik untuk menghabiskan waktu libur. Datang bersama keluarga akan menjadi pengalaman seru yang memikat. Sebab pengunjung dapat melihat beragam flora dan fauna yang masih terjaga dengan baik di destinasi.

Banyak flora dan fauna juga menjadi spot idaman yang mana wisatawan dapat menjadikan destinasi sebagai wisata edukasi. Anak-anak yang datang dapat lebih mengenali hewan sekitar serta tahu kehidupannya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blangkejeren – Kutacane, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

5. Taman Wisata Lawe Gurah

Taman Wisata Lawe Gurah
Image Credit: Tempatwisataseru.com

Destinasi taman wisata di Kutaane memang seru untuk dikunjungi. Adapun Taman Wisata Lawe Gurah dapat menjadi pilihan. Destinasi ini menjadi spot menarik untuk Anda yang gemar berpetualang. Sebab ada beragam spot camping yang bisa di pilih. Misalnya di tepi pemandian yang terkenal dengan alamnya yang sejuk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ketambe, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

6. Taman Nasional Hutan Ketambe

Taman Nasional Hutan Ketambe
Image Credit: Google Maps Ches

Berbeda dari taman sebelumnya, Taman Nasional Hutan Ketambe menawarkan beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan. Pengunjung dapat dengan bebas memilih kegiatan outbound yang ingin dilakukan. Misalnya dengan memilih flying fox atau beragam permainan lain yang jelas menambah seru.

Pengalaman selama datang di destinasi di jamin tidak terlupakan. Sebab ada banyak jenis permainan yang begitu seru untuk dinikmati. Jangan lupa pula menikmati keseruan rafting yang merupakan kegiatan favorit di destinasi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blangkejeren – Kutacane, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

7. Gua Lawe Sikap

Gua Lawe Sikap
Image Credit: Facebook Kamoji Selian

Destinasi alam di Kutacane memang sangat beragam. Tidak hanya pilihan di atas saja terdapat pula wisata alam yang unik untuk di telusuri. Misalnya dengan mengunjungi Gua Lawe Sikap. Gua ini di jamin memberikan kesan berbeda selama berlibur. Adapun pengunjung dapat menikmati perjalanan seru menantang selama mengakses.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

8. Air Terjun Ketambe

Air Terjun Ketambe
Image Credit: Google Maps Raza ketambe Ketambe

Wisata air terjun selalu menjadi pilihan menarik berlibur. Apalagi bila destinasi cocok untuk bermain air atau berenang. Misalnya ketika Anda datang di Air Terjun Ketambe. Wisata alam ini dikenal dengan tawaran keindahan alam yang memanjakan mata. Relief curug tergolong rendah.

Demikian pula dengan debit airnya yang kecil. Maka dari itu wisatawan yang datang dapat dengan bebas bermain air atau berenang. Terjun langsung tentu akan menambah kesegaran selama berkunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

9. Pantai Goyang

Pantai Goyang
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Momen liburan akan selalu seru dilakukan ketika datang ke sebuah pantai. Kutacane juga memiliki pantai yang terkenal akan keindahan alam. Pantai itu ialah pantai Goyang. Dinamakan demikian tidak terlepas dari pepohonan waru yang kerap bergerak ketika terkena angin.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti bersantai menikmati pemandangan alam yang memanjakan. Jangan lupa untuk menunggu momen matahari terbenam yang terkenal indah di pandang dari tepi pantai. Selain itu, Anda juga dapat membakar ayam atau ikan di tepi pantai untuk dapat di konsumsi selama berkunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mamas, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

10. Benteng Kuta Reh

Benteng Kuta Reh
Image Credit: Google Maps Jeri Sembiring Depari

Wisata sejarah juga bisa dilakukan di Aceh Tenggara. Peninggalan sejarah ini dapat di nikmati dalam bentuk sebuah Benteng. Benteng Kuta Reh menjadi spot wisata idaman untuk di kunjungi. Wisatawan dapat dengan bebas mengakses keindahan Benteng. Jadikan pula destinasi sebagai bentuk perjuangan pahlawan dalam mengusir penjajah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumpang Jaya, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

11. Air Panas Lawe Ger-Ger

Air Panas Lawe Ger-Ger
Image Credit: Republikwisata.com

Setelah lelah mengunjungi banyak destinasi, jangan lupa untuk mampir ke air panas lawe ger-ger. Destinasi ini begitu memanjakan pengunjung yang datang. Wisatawan banyak yang memanfaatkan sebagai spot relaksasi yang memanjakan. Maka dari itu jangan lupa mampir selama berada di Kutacane.

Rasa lelah akan hilang selepas relaksasi. Terlebih air panas merupakan alami tanpa bahan khusus. Berendam lama-lama akan membuat sensasi nyaman begitu terasa pengunjung yang datang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jongar, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

12. Arung Jeram Sungai Alas

Arung Jeram Sungai Alas
Image Credit: Google Maps AkBar SwaG

Bagi Anda yang suka berpetualang jangan lupa mampir arung jeram sungai alas. Destinasi ini dikenal populer untuk kegiatan arung jeram. Bukan tanpa alasan melainkan arus yang ada di sungai begitu deras. Tak salah pengalaman melintasi wahana akan jauh lebih seru dan menegangkan.

Jangan khawatir jika ibu merupakan pengalaman pertama. Sebab semua atribut sudah lengkap, lagi pula ada petugas berpengalaman yang siap mendampingi. Maka dari itu pengunjung hanya perlu menikmati keseruan ketika datang. Berkunjung bersama rekan atau keluarga akan membuat momen libur semakin seru dan menantang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Belo, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh.

13. Lawe Gurah

Lawe Gurah
Image Credit: Facebook Indra Kurnia

Lawe Gurah bisa di bilang merupakan destinasi idaman di Kutacane, Aceh Tenggara. Bukan tanpa alasan sebab wisata alam ini masih nampak asri menyegarkan. Wisatawan dapat memanfaatkan destinasi sebagai spot healing idaman. Adapun masih tersimpan banyak flora dan fauna menarik yang dapat di nikmati pengunjung yang datang.

Kelebihan lain dari Lawe Gurah ialah kelengkapan dari destinasi. Bagaimana tidak, di dekat wisata terdapat pilihan spot wisata alam yang menarik. Sebut saja beberapa seperti air terjun, danau, dan air panas. Kelengkapan demikian membuat Anda dapat menikmati pemandangan di satu tempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ketambe, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Aceh.

14. Pantai Timur

Pantai Timur
Image Credit: Google Maps M Sumarsono

Pantai Timur menjadi rekomendasi berikutnya yang tidak kalah menarik. Pemandangan sekitar dikenal indah sehingga beberapa wisatawan kerap berdatangan. Apa yang paling menarik ialah pantai dimanfaatkan sebagai saluran irigasi. Hal itu membuat terdapat beragam bendungan yang tersimpan.

Tidak salah pengunjung kerap ditemui untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan. Lagi pula semilir angin membuat nuansa alam begitu sejuk terasa. Menjadi momen penting tersendiri untuk menghilangkan penat akibat kesibukan pekerjaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blang Geulumpang, Kec. Idi Rayeuk, Kab. Aceh Timur, Aceh.

15. Air Terjun Sampuran Manuk

Air Terjun Sampuran Manuk
Image Credit: Facebook Phais Perkison

Air terjun Sampuran Manuk menjadi spot rekomendasi terakhir yang bisa wisatawan kunjungi. Destinasi ini masih sangat asri sehingga akan sangat nyaman untuk di kunjungi. Kendala terbesar hanya ada ketika harus menempuh treking selama beberapa menit. Meski begitu pemandangan sekitar begitu indah sehingga Anda tidak akan bosan.

Perjalanan melelahkan akan terbayar tuntas saat Anda melihat pemandangan yang tersaji. Nampak air jernih dibalut dengan bebatuan yang indah. Terdapat pula pepohonan yang menambah sejuk pemandangan. Wisatawan dapat berswafoto di berbagai spot idaman yang memanjakan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Belo, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Kutacane, Aceh Tenggara. Tawaran destinasi yang lengkap tentu menjadi kelebihan tersendiri. Adapun Anda tidak bingung untuk memilih dan menyesuaikan dengan selera. Kebanyakan destinasi masih asri sehingga akan terasa nyaman untuk di eksplorasi lebih jauh.