11 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan Terbaru, Hits & Populer

Daerah Pesisir Selatan adalah bagian Sumatera Barat yang memiliki banyak sekali tempat menakjubkan. Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang merasa asing dengan wilayah tersebut karena memang daerah ini memang tidak terlalu dikenal. Namun bagi Anda yang merupakan para pemburu tempat-tempat indah, Pesisir Selatan adalah gudangnya.

Mayoritas dari tempat wisata yang ditawarkan merupakan destinasi alam. Anda bisa menemukan berbagai macam area berlibur di tempat ini. Seperti contohnya wisata pulau, pantai, air terjun dan lain-lain. Keindahan yang ditawarkan sangatlah memukau. Berkunjung ke salah satu dari destinasi yang ada di sana akan membuat liburan Anda jadi seru.

Karena itu, bagi Anda yang masih bingung Anda melakukan liburan ke tempat wisata mana maka bisa mengunjungi area wisata yang terdapat di Pesisir Selatan. Untuk mengetahui mana saja destinasi yang sangat direkomendasikan maka berikut daftar tempat wisata hits di Painan Pesisir Selatan dengan pemandangan yang begitu eksotik.

1. Taluak Sikulo

Taluak Sikulo
Image Credit: Google Maps nia fatma

Masih banyak para wisatawan yang belum mengetahui Taluak Sikulo, sehingga saat Anda berkunjung ke Taluak Sikulo, maka kondisi cenderung sepi oleh para pengunjung. Selain itu rute atau akses yang harus ditempuh ke tempat ini memang cukup sulit.

Nantinya Anda perlu melewati medan yang cukup curam dan terjal. Ditambah lagi banyak bebatuan yang akan membuat perjalanan dirasa cukup sulit. Namun, semua penat dan rasa lelah tersebut tentu akan dibayar lunas saat Anda telah sampai di Taluak Sikulo ini.

Tempat wisata tersebut terdiri atas beberapa gugusan pulau yang memiliki air berwarna biru serta sangatlah jernih. Hal itu akan menambah pesona objek wisata tersebut. Anda juga bisa mencari beberapa spot foto terbaik yang dapat ditemukan di tempat ini. Spot foto yang tersedia memang sangatlah instagramable. Cocok bagi Anda yang suka berburu foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Bit2 Kids

Air Terjun Bayang Sani merupakan kawasan wisata yang berada di kabupaten Pesisir Selatan. Air terjun ini mempunyai pesona yang sangat istimewa dan tidak akan Anda temukan di tempat-tempat lainnya. Keistimewaan tersebut yaitu terlihat dari tujuh tingkatan.

Air terjun ini sebenarnya hanya ada satu dan debit airnya juga tidak terlalu deras. Ketinggian dari air terjun pun juga sedang. Tidak sedikit para pengunjung yang datang, mencoba untuk menaiki tebing yang terdapat di sekitar air terjun supaya dapat sampai di area puncaknya.

Namun bagi Anda yang belum berpengalaman, maka sebaiknya menghindari hal tersebut. Karena dirasa terlalu berbahaya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

3. Wisata Mandeh

Wisata Mandeh
Image Credit: Google Maps Permata Dewi Andanti Danti

Wisata Mandeh diresmikan pada tahun 2015 dan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan yang begitu elok. Pemandangan yang ada di tempat ini memang sangat menawan dan Anda pun dapat menyaksikan hamparan dari laut yang begitu memukau.

Di bagian sisi pulau ini Anda bisa menemukan bebatuan karang yang berukuran cukup besar. Bagi para pecinta surfing, maka Mandeh merupakan tempat yang sangatlah cocok dan patut untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

4. Bukit Langkisau

Bukit Langkisau
Image Credit: Instagram Dedey Supriyadi

Objek wisata berikutnya yaitu berupa bukit. Bukit ini bernama Bukit Langkisau dan terdapat di Pesisir Selatan. Di bukit inilah nantinya Anda akan menemukan banyak sekali bunga serta tumbuhan-tumbuhan yang sangatlah cantik.

Hal yang juga membuat menarik yaitu tempat tersebut dekat dengan tempat wisata lain yang tak kalah elok, yaitu Pantai Carocok. Suasana alam yang disuguhkan oleh Bukit Langkisau memang begitu menenangkan. Anda akan melihat hamparan hijau yang sangat bersih, serta membuat mata merasa dimanjakan.

Datang ke Bukit Langkisau bersama dengan keluarga kecil Anda merupakan ide yang menarik untuk dilakukan. Terlebih jika Anda datang menjelang sore hari, karena pemandangan sunset sangatlah indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Langkisau, Salido, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

5. Pantai Carocok

Pantai Carocok
Image Credit: Google Maps Nafriman Nazir

Pantai Carocok sangatlah cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana indah di kawasan pantai Pesisir Selatan. Keindahan yang dimiliki oleh pantai tersebut tentu akan membuat siapa saja yang menyaksikan akan terpukau.

Pantai tersebut dikelola dengan begitu baik, sehingga Anda akan mudah menemukan banyak spot foto yang sangat indah dan instagramable. Umumnya para pengunjung menggunakan Pantai Carocok tersebut sebagai kawasan piknik.

Menikmati gulungan ombak yang tak terlalu besar serta ditambah dengan angin berhembus begitu lembut akan menjadikan tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan. Sedikit merilekskan diri dari penat aktivitas sehari-hari bisa Anda lakukan di Pantai Carocok.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Selatan.

6. Pantai Batu Kalang

Pantai Batu Kalang
Image Credit: Google Maps sakinah gading

Wisata selanjutnya masih berupa pantai, yaitu Pantai Batu Kalang. Saat Anda berkunjung ke Pesisir Selatan, maka Pantai Batu kalang merupakan salah satu tempat yang perlu untuk Anda kunjungi. Pesona pasir putihnya yang begitu mengagumkan membuat pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih mereka yang sudah berkeluarga.

Selain itu, Anda juga bisa bermain di area pantainya bersama dengan anak-anak Anda. Karena ombak yang dimiliki memang tidak terlalu besar. Dengan begitu, berenang di pantai tersebut dirasa cukup aman.

Pemandangan ketika menjelang matahari tenggelam merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Untuk mendapatkan foto yang sangat cantik, maka sangat disarankan bagi Anda mendatangi Pantai Batu kalang saat menjelang sore hari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

7. Pantai Salido

Pantai Salido
Image Credit: Google Maps Masril Rustam

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya di Painan yang juga menyuguhkan pemandangan alam begitu memukau mata yaitu Pantai Salido. Pantai tersebut didominasi oleh pepohonan pinus yang bisa Anda lihat tumbuh berjajar di sepanjang area pantai. Hal itu menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Salido.

Selain itu, Anda akan menemukan banyak batu kerikil dengan ukuran kecil. Banyak orang yang menggunakan batu kerikil tersebut sebagai terapi bagi asam uratnya.

Namun perlu diingat, ketika Anda hendak berkunjung ke Pantai Salido, maka pastikan Anda membawa bekal dari rumah. Hal itu dikarenakan di Pantai Salido tersebut masih belum terdapat warung makan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salido, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

8. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang
Image Credit: Google Maps Rafki Zainil

Tidak jauh berbeda seperti objek wisata lain yang ada di Pesisir Selatan, Jembatan Akar Bayang juga mampu menyuguhkan pemandangan yang sangatlah mengagumkan. Saat Anda berjalan di area jembatan raksasa tersebut, maka Anda bisa melihat dengan jelas sungai besar dengan aliran airnya yang begitu deras.

Jembatan tersebut memiliki panjang mencapai 25 meter serta tingkat keamanan yang sangat tinggi. Bagi Anda yang merupakan penyuka tantangan, maka jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke jembatan tersebut. Selain itu di sekitar Jembatan Akar Bayang Anda juga bisa menyaksikan pemandangan hutan yang begitu asri dan hijau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Puluik Puluik, Kec. IV Nagari Bayang Utara, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

9. Bukit Bendera Bayang

Bukit Bendera Bayang
Image Credit: Instagram Bukit Bendera Bayang

Bukit Bendera Bayang adalah destinasi yang direkomendasikan selanjutnya bagi Anda yang berkunjung ke Pesisir Selatan. Bukit ini sangatlah asri. Anda akan melihat hamparan hijau membentang. Pepohonan yang tumbuh di Bukit Bendera Bayang sangatlah rimbun. Sehingga membuat udara di sekitar jadi terasa begitu segar.

Saat Anda berada di tempat ini, maka pastikan Anda membawa kamera. Karena memang tempat tersebut menawarkan banyak sekali spot foto yang menarik dan patut untuk dicoba. Salah satu spot foto yang jadi primadona di Bukit Bendera Bayang yaitu rumah pohon. Selain itu banyak sekali spot-spot foto lain yang bisa Anda nikmati saat berada di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lubuk Pasing, Gurun Panjang, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

10. Konservasi Penyu Ampiang Parak

Konservasi Penyu Ampiang Parak
Image Credit: Google Maps Solusi Komputer

Bagi para pecinta satwa, tempat wisata ini tentu akan membuat Anda merasa betah. Seperti namanya, area pantai tersebut merupakan tempat konservasi penyu. Jika Anda hendak mengunjungi pantai ini, maka pastikan Anda tidak lupa membawa kamera.

Pemandangan pantai yang disuguhkan begitu elok. Daya tarik utama dari pantai tersebut yaitu tempat penangkaran dan perkembangbiakan penyu. Di sanalah nantinya Anda bisa melihat penyu-penyu yang begitu lucu.

Mengenai fasilitas sendiri di tempat ini sudah sangat memadai. Anda akan menemukan adanya toilet dan tempat penyewaan sampan jika ingin mengelilingi keindahan dari Konservasi Penyu Ampiang Parak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Amping Parak, Kec. Sutera, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

11. Simpang Tigo Buaya Putih

Simpang Tigo Buaya Putih
Image Credit: Google Maps Solusi Komputer

Untuk rekomendasi tempat wisata yang terakhir yaitu Simpang Tigo Buaya Putih. Sekalipun tempat tersebut tidak masuk dalam salah satu zona inti pariwisata, namun tempat ini cukup terkenal dan menjadi favorit di kalangan para wisatawan. Terlebih lagi mereka yang masih anak-anak.

Simpang Tigo Buaya Putih ini berupa hamparan sungai yang memang lebih difokuskan sebagai area bermain air bagi anak-anak kecil. Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan penyewaan pelampung air. Pelampung-pelampung yang disewakan tersebut memiliki bentuk serta karakter yang lucu. Sehingga makin membuat anak-anak tertarik.

Terlebih lagi di sekitar area Simpang Tigo Buaya Putih banyak sekali para pedagang mainan. Anda yang merasa lapar pun juga tidak perlu merasa khawatir. Karena sudah banyak warung makanan yang dibangun di sekitar area Simpang Tigo Buaya Putih ini. Karena itu, bagi Anda yang memiliki anak-anak kecil sangat disarankan mengunjungi Simpang Tigo Buaya Putih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang No.102, Taratak, Kec. Sutera, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Itulah ulasan beberapa tempat wisata populer yang bisa Anda temukan ketika berada di Painan, Pesisir Selatan. Daftar destinasi yang telah diulas di atas merupakan area wisata yang menyuguhkan pemandangan begitu mengagumkan serta aktivitas seru yang tentunya tidak bisa Anda lupakan.