Aceh

10 Wisata Pantai di Aceh yang Paling Hits

Sebagai provinsi paling barat Indonesia, Aceh ternyata memiliki banyak destinasi pantai terindah yang siap memanjakan mata Anda saat berkunjung.

Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebih akrap dikenal Aceh merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat atau pulau sumatera. Aceh terkenal akan budayanya yang mendunia seperti tari ratoeh jaroh dan saman. Namun, untuk destinasi tempat wisata Aceh tak kalah unggul dibanding tempat-tempat lainnya.

Salah satunya pantai, secara geografis Aceh memang berbatasan dengan laut. Oleh karena itu tak heran jika garis pantai disana sangat panjang. Terlepas dari hal itu, provinsi ini memang telah menjadi daya tarik wisatawan khususnya pantai. Bahkan, beberapa pantai yang dulunya mengalami kerusakan akibat tsunami 2004 kini sudah dilakukan reklamasi.

Beragam jenis pantai di kota ini memiliki keindahan dan karakteristik masing-masing. Nah bagi Anda yang sedang kebingungan untuk mencari destinasi liburan yang tepat. Aceh bisa menjadi destinasi liburanmu yang tepat apalagi jika Anda menyukai keindahan alam laut dan semacamnya. Berikut 10 rekomendasi wisata pantai di Aceh yang paling hits.

1. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

Image Credit: Kba.one

Destinasi wisata pantai hits pertama yang harus Anda datangi ialah pantai Ulee Lheue. Salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun luar. Di samping itu, pantai ini pernah mengalami kerusakan terparah akibat tsunami di tahun 2004. Meski begitu, pantai ini sudah di reklamasi dan telah menjadi primadona.

Warna pasir yang coklat dan arus yang tenang membuat nuansa pantai Ulee Lheue semakin nyaman. Agar liburanmu lebih seru, Anda bisa mendatangi pantai ini saat sore hari agar bisa melihat sunset sambil ditemani jagung bakar. Selain itu, fasilitas hiburan disini cukup lengkap seperti memancing, menyewa perahu, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh.

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai berikutnya yang harus dikunjungi adalah pantai Iboeh. Pantai ini dikenal dengan surga yang tersembunyi karena bisa dibilang pantai masih belum ramai dikunjungi dan masih asri. Meski begitu, pantai Iboeh terasa sangat alami apalagi nuansa birunya yang indah dan cantik. Apalagi air lautnya masih sangat jernih bahkan Anda bisa melihat pasir putih yang masih bersih.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Gayo Lues Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pantai Iboeh terletak di salah satu pulau provinsi ini yaitu pulau weh. Menariknya, Anda dapat menyewa perahu untuk mengelilingi pantai ini. Tentu Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan keasrian pantai ini.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Lampuk merupakan salah satu pantai yang terkena dampak tsunami di tahun 2004. Walaupun sempat sepi pengunjung akibat pasca tsunami, pantai ini telah kembali ramai oleh para wisatawan.

Selain itu, pantai Lampuk memiliki 4 jalur masuk, agar bisa menuju ke ruas pantai Anda dapat memilih jalur yang diinginkan. Terdapat 4 jalur yakni babah 1, babah 2, babah 3, dan baba 4. Di jalur babah 2, terdapat konservasi penyu sehingga Anda dapat melihat pelestarian penyu dan melepas tukik penyu ke laut.

Di jalur baba 3, Anda dapat melakukan kegiatan surfing dan olahraga lainnya. Tak hanya itu, di pantai ini Anda juga bisa menikmati keseruan lainnya seperti berjemur, bermain banana boat dan berenang.

Lokasi: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

4. Pantai Anoi Itam

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Berikutnya pantai Anoi Hitam, seperti namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Mengapa warna pasir ini bisa hitam? karena pantai ini merupakan kawasan daerah hutan bakau. Dengan ciri khas pasir hitam yang eksotis, pantai ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Selain itu, Anda juga akan menemukan bunker peninggalan tentara jepang yang terletak di bukit pantai ini. Tak hanya itu, pantai ini juga terkenal dengan panorama bawah laut yang masih indah. Bahkan, terumbu karang disana masih terawat. Bagi Anda yang suka snorkeling atau berenang Anda dapat mengujungi destinasi wisata pantai yang satu ini.

Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

5. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Tak jauh dari pantai Lampuk, Anda akan mendapati pantai Lhoknga salah satu pantai yang cukup terkenal di Aceh. Keindahan pantai ini tak kalah menarik dibanding pantai-pantai sebelumnya. Menariknya, disini Anda dapat melakukan beberapa aktivitas seperti mancing, surfing serta lapangan golf.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pantai Lhoknga menjadi incaran para selancar internasional karena memang ombak di pantai ini bisa dibilang cukup besar. Oleh karena itu, Anda akan menemukan banyak sekali para peselancar dari luar maupun dalam.

Selain itu, pantai ini memberikan nuansa yang tenang dan nyaman apalagi pantai ini dikenal dengan spot favorit saat matahari terbenam. Maka tak heran semakin sore para pengunjung kian semakin ramai hanya sekedar menikmati sunset.

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

6. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah

Image Credit: Sidikul.Com

Berikutnya ada wisata pantai yang cukup populer yaitu pantai Tapak Gajah. Dari segi geografis pantai ini sedikit jauh berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Garis pantai ini tidak luas, sehingga tidak banyak daerah yang berpasir putih. Di samping itu, yang menjadi daya tarik pantai ini ialah pemandangan alam bawah lautnya.

Namun, pantai ini menyuguhkan keindahan panorama laut yang sangat menakjubkan da patut untuk dikunjungi. Bagi Anda pecinta snorkeling, tempat ini sangatlah pas bagi Anda yang ingin menjelajah alam bawah laut sambil melihat berbagai terumbu karang yang masih cantik.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

7. Pantai Lange

Pantai Lange

Image Credit: Pedomanwisata.com

Berikutnya ada destinasi wisata pantai yang cukup unik yaitu pantai Lange. Begitu pertama kali datang, Anda akan dimanjakan dengan panorama laut yang menakjubkan dan pasir putih yang bersih. Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa dataran batu karang.

Menariknya, batu karang tersebut mempunyai banyak celah dan lubang. Dengan begitu, Anda akan melihat fenomena alam yang cukup menarik. Dimana Anda akan melihat semburan air dari batu karang saat air laut menghempas area batu karang ini. tentu hal ini merupakan salah satu fenomena yang sangat unik.

Lokasi: Meunasah Balee, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

8. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee

Image Credit: Ksmtour.com

Berikutnya ada salah satu pantai yang patut untuk dikunjungi yaitu pantai Lhok me atau yang biasa dikenal dengan pantai pasir putih Lhok mee. Seperti namanya, pantai sangat terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Selain itu, terdapat pohon Geurumbang sebuah pohon yang tumbuh di dalam air laut. Bahkan, Anda bisa memanjat pohon tersebut agar bisa menikmati angin semilir dan pemandangan laut yang indah. Sambil menikmati angin semiliir, Anda juga dapat menikmati ikan bakar segar yang tersedia di sepanjang pantai ini.

Air laut pantai ini sangat jernih dan tenang sehingga sangat cocok digunakan untuk snorkeling. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi bukit di sekitar pantai tersebut yang dinamai dengan bukit soeharto. Di samping itu, masih banyak beberapa kegiatan seru lainnya yang dapat Anda lakukan disini.

Lokasi: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.

9. Pantai Lanaga

Image Credit: Cheria-travel.com

Pantai Lanaga menjadi destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Aceh. Memiliki pasir putih yang tidak terlalu luas dan pepohonan yang tumbuh di sepanjang pantai membuat pantai ini tidak terlalu panas. Sehingga, Anda dapat bersantai ria sambil melihat pemandangan pantai Lanaga.

Pantai ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya, apalagi air laut yang cukup tenang dan jernih membuat semakin menawan. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan seperti menyewa perahu, jet ski, dan lain-lain. Dan jangan lupa untuk mengajak keluarga atau orang terdekatmu agar liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Desa Peunaga, Kec.  Meureubo, Kab. Aceh Barat.

10. Pantai Sumur Tiga

Image Credit: Disbudpar.acehprov.go.id

Yang terakhir ada destinasi wisata pantai Sumur Tiga. Pantai yang asri ini masih tetap terjaga dan benar-benar alami hingga sekarang. Untuk lokasinya sendiri terletak di pulau weh. Seperti namanya, pantai ini memiliki 3 sumur dan sumur itu merupakan sumur air tawar.

Walaupun sebenarnya sumur tersebut hanya beberapa meter saja dari pantai. Meski begitu,  banyak orang yang penasaran dengan keberadaan sumur tersebut. Namun, untuk keindahan panorama pantai ini tidak main-main. Anda akan disuguhkan keindahan laut biru yang indah serta air jernih menyerupai kristal.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

Itulah 10 rekomendasi wisata pantai terindah di Aceh yang saying jika dilewatkan. Pantai-pantai tersebut sebagian besar masih sangat alami dan asri. Oleh karena itu, tidak heran jika air lautnya masih jernih dan sangat cocok bagi Anda yang suka menyelam atau senorkeling. Bahkan, ada juga beberapa pantai yang memiliki biota laut dan masih terjaga.