Bangka Belitung

12 Wisata Pantai di Belitung yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Belitung. Destinasi Wisata Bahari Terbaik yang Eksotis dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Pulau Belitung.

Pulau Belitung merupakan salah satu penghasil lada putih di Indonesia yang dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam serta budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi tourist untuk datang. Penduduknya yang ramah serta mudah berbaur dengan orang baru, menjadikan tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Untuk menikmati akhir pekan ataupun libur panjang, Belitung merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk dinikmati. Ditambah dengan keindahan nuansa pemandangan laut serta perbukitan yang mengelilinginya. Terkenalnya pulau Belitung lekat hubungannya dengan nama novel best seller yaitu Laskar pelangi.

Pulau Belitung juga memiliki bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang membuat tempat ini memiliki kesan lebih historical. Di bawah ini merupakan daftar rekomendasi wisata pantai di Belitung yang harus dikunjungi karena menawarkan pengalaman eksplore yang tidak terlupakan.

1. Pantai Pulau Lengkuas

Pantai Pulau Lengkuas

Image Credit: Pegipegi.com

Untuk Anda yang baru pertama kali ke pulau Belitung, jangan sampai kelewatan pantai ini. Di pantai Pulau Lengkuas terdapat peninggalan sejarah Belanda pada tahun 1882 berupa mercusuar yang masih berdiri dengan kokoh. Dengan ketinggian 62 meter, mercusuar ini dapat dikunjungi oleh wisatawan yang datang.

Terlepas dari kokohnya mercusuar peninggalan Belanda, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih tentunya menggoda para wisatawan menghabiskan waktu untuk bermain air. Tidak perlu khawatir, disini terdapat lokasi untuk snorkeling yang sayang sekali jika terlewatkan

Tempat snorkeling di pantai Pulau Lengkuas ini memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh. Deretan karang serta ikan-ikan yang berada di sekitar pantai turut menjadikan tempat ini sangat mengasyikan untuk berlibur bersama keluarga.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Image Credit: Wikipedia.org

Walaupun pemerintah daerah tidak turun tangan untuk mengelola pantai ini, pantai Tanjung Tinggi tetap memiliki fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan yang datang sehingga dapat menikmati keindahan pemandangan lautnya. Warung makan, toilet, ban pelampung, serta perahu karet sudah tersedia dan siap digunakan.

Jika Anda ingin memiliki foto ala pemeran film laskar pelangi yang sedang berenang di pantai dengan dikelilingi batu granit, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Karena pantai ini dikelola oleh warga, sehingga untuk masuk ke dalam lokasi wisata, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi parkir. Tidak ada harga tiket masuk pantai yang resmi.

Lokasi: Jl. Tanjung Pandan – Tanjung Kelayang, Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Image Credit: KSMTour.com

Jika kalian ingin tahu primadona dari pulau Belitung, pantai Tanjung Kelayang inilah jawabannya. Pantai ini sempat menjadi tuan rumah ajang berkelas internasional yaitu Sail Wakatobi Belutong dikarenakan lokasinya yang indah dan tentunya menarik perhatian.

Sama seperti ciri khas pantai di pulau Belitung, Tanjung Kalayang memiliki bebatuan dengan ukuran besar di tepi-tepinya. Batuan yang besar memiliki warna yang kontras dengan birunya lautan lepas yang terhampar luas.

Saat mengunjungi Tanjung Kelayang, kamera merupakan salah satu barang penting yang harus dibawa, karena Anda akan merasa menyesal jika tidak mengabadikan momen keindahan di sana. Area pantai ini dibagi menjadi dua, yaitu bagian pantai dengan pasir putih dan bagian batu granit.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

4. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar

Image Credit: Bangkatour.com

Kalau ingin melihat bebatuan besar yang berada di tengah pantai, tempat ini bisa menjadi rekomendasi destinasi untuk dikunjungi. Banyak sekali batu granit yang kokoh menjulang tinggi.

Pantai ini disebut batu berlayar dikarenakan memiliki dua buah batu berbentuk seperti layar perahu. Daratan disini tidak terlalu luas karena terpenuhi oleh batu. Tidak perlu bingung jika ingin mengunjungi pantai ini dan ingin menikmati suasana. Anda bisa duduk diatas batu sembari melihat hamparan laut luas.

Pohon yang rindang menjadikan pantai ini memiliki suasana sejuk. Air lautnya juga jernih sehingga dasar laut dapat terlihat dengan jelas. Jika sedang duduk di atas batu, harus tetap hati-hati karena batunya yang terkadang licin saat terkena air.

Lokasi: Pulau Batu Berlayar, Pantai Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

5. Pantai Pulau Burung

Pantai Pulau Burung

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Burung memiliki lokasi di daerah Belitung utara. Memiliki nama demikian karena terdapat batu besar yang berbentuk menyerupai kepala burung. Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, tetapi pemandangannya indah dan dijamin bikin betah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat setelah bekerja, pasir putihnya yang lembut serta pemandangannya yang indah ikut serta menyejukkan suasana. Terdapat beberapa bungalow yang biasanya digunakan untuk beristirahat setelah penat mengelilingi pantai.

Di Pulau Burung, Anda bisa melihat Laut Cina selatan sehingga menjadi salah satu objek destinasi wisatawan yang tidak pernah terlewatkan.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kec. Belitung.

6. Pantai Tambak Damar

Pantai Tambak Damar

Image Credit: Triptrus.com

Pantai ini terletak di daerah Belitung Timur. Untuk wisatawan yang ingin membeli makanan laut, lokasi wisata inilah tujuannya. Tambak Damar merupakan tempat nelayan mencari hasil laut. Tak heran jika saat mendatangi pantai ini terlihat banyak kapal nelayan yang menepi di sekitar bibir pantai.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki dari pantai ini adalah memiliki garis pantai panjang, yaitu kurang lebih 3 km tetapi belum memiliki fasilitas pendukung seperti toilet.

Lokasi: Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur.

7. Pantai Serdang

Pantai Serdang

Image Credit: Phinemo.com

Pantai Serdang merupakan salah satu lokasi wisata dengan posisi menghadap ke arah timur, cocok sekali untuk menikmati keindahan matahari terbit. Wisata ini banyak dikenal oleh wisatawan, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya.

Pantai serdang dikelilingi oleh pohon pinus yang indah, tidak seperti pantai pada umum dengan deretan pohon kelapanya. Berkat adanya pohon pinus, lokasi ini terasa sangat teduh dan menenangkan.

Banyak kapal nelayan yang parkir di bibir pantai karena kebanyakan penduduk disana berprofesi sebagai nelayan. Ombaknya yang kuat membuat beberapa pengunjung tidak berani berenang disana.

Lokasi: Baru, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

8. Pantai Bukit Batu

Pantai Bukit Batu

Image Credit: Jelajahsumbar.com

Mungkin banyak wisatawan yang masih asing dengan pantai ini. Tempatnya yang berada dibalik bukit dengan hutan lebat menjadikannya jarang dikunjungi. Bukit Batu memiliki dua area, yaitu bagian berpasir dan bagian batu-batu granit dengan ukuran besar.

Di atas bukit terdapat rumah tradisional berbentuk panggung yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan pantai. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, jangan lupa persiapkan bekal dari rumah, karena disana tidak ada pedagang yang menjual makanan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

Lokasi: Burong Mandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur.

9. Pantai Punai

Image Credit: Cara-web-blog.blogspot.com

Pantai punai sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati senja. Disana akan disuguhkan pantulan cahaya matahari tenggelam di atas laut dengan warna kuning keemasan.

Punai sendiri merupakan nama burung yang banyak hidup bebas di pantai ini. Wisata ini memang tak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasananya yang sepi dapat merilekskan pikiran.

Di depan pantai ini terdapat pulau kecil dengan nama pulau Punai. Jika air sedang surut, kalian bisa berjalan ke Pulau ini.

Lokasi: Tanjung Kelumpang, Kec. Simpang Pesak, Kab. Belitung Timur.

10. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Image Credit: Pegipegi.com

Apabila kalian penikmat sunset, pantai Tanjung Pedam juga menawarkan keindahan pemandangan sunset di atas lautnya. Tidak hanya bisa menikmati keindahan momen matahari tenggelam, di pantai ini juga terdapat taman hiburan. Cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Di pantai Tanjung Pedam juga terdapat galeri yang berupa rumah dari kerajinan tangan dan lukisan yang menawan. Setelah matahari terbenam, pantai ini menyajikan live music untuk para pengunjungnya.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

11. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Saat sampai di pantai ini, pengunjung akan disambut dengan lembutnya pasir putih. Pantai ini menawarkan pemandangan hijaunya pohon di bukit samak. Di sekitar pantai ini terdapat panggung yang digunakan untuk pertunjukan seni khas Belitung.

Jika mengunjungi lokasi wisata ini, dapat terlihat para pemancing yang berjajar di pinggir pantai. Setelah lelah menikmati keindahan laut, pengunjung dapat menikmati kuliner yang dijajakan oleh beberapa kedai di sekitar lokasi dengan masakan khas Belitungnya.

Lokasi: Lalang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

12. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong

Image Credit: Nonadita.com

Referensi terakhir yakni Pantai Penyabong. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, berbeda dengan lokasi wisata di Belitung lainnya. Pemandangan yang disajikan berupa pulau-pulau indah yang berada di tengah laut.

Nama penyabong memiliki arti penghubung, hal tersebut dikarenakan batu-batu granit disini saling menghubungkan antara satu dengan yang lain. Jadi, ketika berada di Belitung, pantai Penyabong bisa jadi referensi menarik.

Lokasi: Padang Kandis, Kec. Membalong, Kab. Belitung.

Itulah 12 rekomendasi wisata pantai di Belitung yang paling hits untuk Anda kunjungi. Pantainya yang menawan tentu saja akan memanjakan mata serta menenangkan pikiran. Setelah melihat beberapa referensi wisata diatas, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai di Pulau Belitung?