Bengkulu

10 Wisata Pantai di Bengkulu yang Paling Hits

Temukan Beragam Wisata Pantai Terindah di Bengkulu. Destinasi Wisata Bahari yang Memukau yang Wajib Anda Eksplor Saat Berkunjung ke Bengkulu.

Kota dengan julukan Bumi Rafflesia merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Hal tersebut menyebabkan Bengkulu kaya akan berbagai macam destinasi wisata bahari yang menarik dan eksotis.

Lebih dari 40 lokasi wisata yang indah ditawarkan oleh Bumi Raflesia. Ada danau, air terjun, pantai, bentang, arung jeram, hingga bukit semua ada disini. Wisatawan bisa memilih hendak berkunjung ke mana saja sesuai kesukaan mereka. Akan tetapi yang paling terkenal di Bengkulu adalah berbagai macam pantainya.

Tempatnya yang berbatasan dengan samudra tersebut, memberikan suatu keindahan tersindiri. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke sana, berikut ulasan 10 wisata pantai terbaik di Bengkulu yang sangat terkenal dan sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Image Credit: Pegipegi.com

Sesuai namanya, pantai ini memang sangat panjang. Tercatat, panjangnya mencapai tujuh kilometer dan telah dinobatkan sebagai pantai paling panjang di Indonesia. Jadi para wisatawan dapat memilih hendak menikmati suasana di sembarang tempat.

Selain panjang, pemandangannya juga tidak kalah indah. Pantai ini berhiaskan pasir putih dan jejeran pohon pinus serta cemara di tepiannya. Sehingga pengunjung bisa duduk bersantai di bawah deretan pohon-pohon tersebut.

Ombaknya tenang, sehingga Anda juga bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Tak hanya sekedar pantai, di sini juga disediakan aneka restoran, area olah raga, dan taman bermain untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Persisir Pantai Selatan, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

2. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Surganya ikan ada di tempat ini. Jadi selain bisa berlibur menikmati keindahannya, Anda juga bisa sekalian memancing. Tak hanya itu, perpaduan pantai dan danau alami yang dibatasi pasir putih juga sanggup membuat mata takjub akan keindahannya. Kemudian pemandangan cantik itu juga bisa dinikmati dari bukit hijau disana. Sungguh perpaduan yang sangat komplit.

Pantai Padang Betuah memiliki sebuah ikon yang tak kalah terkenal. Yaitu adanya sumur dengan diameter 90 meter dan kedalamannya mencapai 20 meter. Layaknya sebuah terowongan menuju ke pantai, air yang masuk lewat dinding sumur akan terlihat sangat eksotis dan memukai.  Karang-karang disini juga memiliki celah-celah yang semakin mempercantik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

3. Pantai Air Bengkenang

Image Credit: Wisatalengkap.com

Jika ingin menikmati indahnya pantai dengan perpaduan pohon kelapa yang melambai-lambai. Maka Anda sangat bisa menemukannya di Pantai Bengkenang atau ada juga yang menyebutnya Air Bengkenang, tiket masuknya hanya Rp 7.000 saja.

Lokasinya terletak di Kabupaten Bengkulu Selatan. Agar bisa sampai disana, medan yang dilalui memang cukup sulit. Jalannya agak licin dan terjal, namun semua itu akan sebanding dengan pemandangan elok yang ditawarkan.

Ketika sampai disana, Anda akan langsung disambut oleh pondok unik khas Bengkulu Selatan. Selain keindahan alamnya, banyak spot foto buatan dengan berbagai gaya dan tulisan yang unik juga ditawarkan disini. Pengunjung juga bisa sembari makan olahan hasil laut yang tentunya enak dan segar.

Lokasi: Tanjung Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

4. Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang

Image Credit: Wisato.id

Disebut juga sebagai Pantai Kaur, yang mana keindahannya tak kalah menawan dengan pantai-pantai lainnya. Pasir disini berwarna putih, kemudian airnya juga masih terlihat biru jernih.

Saat berkunjung kesini, pengunjung akan melihat sebuah batu berukuran besar yang bentuknya menyerupai kapal. Itulah yang disebut Batu Jung. Batu tersebut berasal dari sebuah kutukan seorang kakek si pahit lidah.

Konon pada saat ada sebuah kapal berlayar, si kakek meminta sedikit api pada pemilik kapal. Akan tetapi permintaan si kakek tidak diindahkan. Lantaran hal tersebut, si kakek murka dan mengutuk kapal besar itu menjadi batu hingga sekarang. Ini adalah sebuah mitos yang dipercaya masyarakat sekitar.

Lokasi: Way Hawang, Kec. Maje, Kabupaten Kaur.

5. Pantai Duayu Sekundang

Image Credit: Wisatapro.com

Berbeda dari pantai lain yang memiliki ombak relatif tenang. Tempat ini menyuguhkan ombak agak dahsyat dan sangat memukau. Apalagi saat deburanya mengenai bebatuan disana, perpaduan yang alami tersebut tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Tiket masuknya juga tidak mahal, cukup dengan Rp 5.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahannya.

Kemudian untuk menyaksikan maha karya Tuhan yang satu ini, pengunjung bisa duduk, bersantai, hingga beristirahat di pondok-pondok atau rumah-rumahan yang berjajar di sepanjang tepian pesisir. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai macam makanan yang dijajakan di sekitarnya. Pantai ini memiliki nama lain Pantai pasar Bawah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Duayu Sekundang, Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

6. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai ini sangat mirip dengan Tanah Lot, Bali. Pasalnya saat berkunjung kesini, Anda pasti akan melihat sebuah pulau kecil yang tidak jauh dari sana. Sementara untuk dapat menuju ke pulau tersebut, bisa dengan menggunakan jembatan sepanjang 10 meter.

Ada dua jembatan yang disediakan, namanya Jembatan Gantung Kembar yang alasnya terbuat dari papan kayu tebal kemudian dirangkai menggunakan tali yang kuat. Jembatan ini dikelola masyarakat. Sehingga untuk melintasinya perlu membayar sekitar Rp 5.000 per orang.

Terlihat cukup memacu andrenalin memang, akan tetapi setelah berhasil sampai di sebrang hasilnya tidak mengecewakan. Wisatawan bisa melihat sisi lain Pantai Sungai Suci berupa hijau pepohonan dan alunan merdu ombak yang menerpa bebatuan disana.

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah.

7. Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan

Image Credit: Wisatalengkap.com

Saat ingin menikmati suasana pantai yang tenang, masih asri, dan alami, Anda bisa datang ke Pantai Aluran Pandan. Meski terbilang terkenal, namun belum banyak pengunjung yang berdatangan kesini, dikarenakan akses jalannya terbilang lumayan sukar. Hal tersebutlah yang membuat pantai  terlihat masih segar dan belum banyak terjamah.

Keindahan air laut yang tenang berwarna hijau berpadukan pasir putih bersih juga sangat sedap dipandang mata. Jajaran pohon nyiur yang melambai-lambai karena angin, tentunya akan melengkapi suasana santai Anda. Memang belum banyak fasilitas yang ditawarkan disini, akan tetapi hamparan rumput hijau dibawah pohon kelapa, tidak masalah untuk alas duduk.

Lokasi: Desa Fajar Bulan Kec. Kaur Tengah, Kab. Kaur.

8. Pantai Lentera Merah

Pantai Lentera Merah

Image Credit: Dutawarta.com

Nama Lentera Merah diadopsi dari sebuah mercusuar berwarna merah yang ada di pantai ini. Tak hanya warnanya saja yang merah, sorot lampu suarnya juga memancarkan cahaya yang berwarna merah pula. Menara suar tersebut berguna sebagai penuntun kapal barang dan kapal nelayan saat di laut.

Banyak wisatawan yang berkunjung kesini, selain untuk melihat menara tinggi tersebut, juga untuk menikmati keindahan pantai disana. Apabila Anda berkunjung kesini, jangan lupa untuk berswafoto dengan Lentera Merah dan kemudian menguploadnya di media sosial. Hal tersebutlah yang menyebabkan pantai ini menjadi terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Seluma Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Baai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

9. Pantai Manula

Pantai Manula

Image Credit: Bengkuluinteraktif.com

Inilah salah satu pantai yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Terbayang betapa eloknya pemandangan disana, hamparan pasir putih yang berpadu jernihnya air laut pasti sangat cantik. Apalagi di pantai ini terdapat banyak tebing yang menjulang tinggi. Pemandangan ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan Bali.

Ada pula sebuah tebing menjorok ke pantai, yang mana tebing tersebut terpisah dari daratan. Hal ini menambahnya semakin mirip dengan Tanah Lot, Bali. Pantai indah ini juga belum banyak dijamah orang. Sehingga sangat pas untuk merenung dan bersantai sendiri sembari menikmati hembusan angin yang semilir.

Lokasi: Desa Tebing Rambutan, Kec. Nasal, Kab. Kaur.

10. Pantai Jakat

Pantai Jakat

Image Credit: Sunflowords.com

Tidak jauh dari pusat Bengkulu, Anda sudah bisa menemukan pantai. Namanya Pantai Zakat. Disana bisa menikmati pemandangan indah dari matahari terbit dan tenggelam. Ombaknya juga tidak terlalu besar, jadi cocok sekali untuk bermain air disana. Ditambah fasilitas yang ditawarkan meliputi banana boat, ban renang, pelampung, dan masih banyak lagi.

Tak hanya keindahan pantainya, pesona bawah lautnya juga tidak kalah cantik. Berbagai macam ikan, tumbuhan, serta biota laut yang hidup di bukit-bukit taman bawah laut pasti membuat Anda sulit untuk melupakannya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba surfing di Pantai Zakat.

Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner yang ada di tepian pantai ini. Kemudian juga bisa bermain dengan berbagai macam pemainan out bond yang disediakan. Deburan ombaknya yang mengalun harmonis pasti akan menambah kesan romantis saat menghabiskan senja di Pantai Zakat.

Lokasi: Jl. Bencoolen RT. 09 / RW. 03, Bajak, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Itulah deretan pantai hits dan terindah di Bengkulu. Setiap pantai tentunya menawarkan berbagai macam pesona dan keindahan yang khas. Anda bisa memilih untuk mengunjungi tempat tenang atau ramai. Selain pantai, masih banyak keindahan alam yang ditawarkan provinsi ini. Bisa dengan berlibur ke bukit, berbagai macam air terjun yang sejuk, serta peninggalan sejarah lainnya yang tidak kalah populer.