Kepulauan Riau

6 Wisata Pantai di Bintan yang Paling Hits

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantai Terbaik di Bintan, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits Sebagai Referensi untuk Liburan Anda.

Bintan adalah sebuah pulau yang memiliki dua kota, yaitu Bintan dan Tanjung Pinang. Letak pulau ini sangat dekat dengan Pulau Batam. Di sekitar Bintan terdapat sekitar 3.000 pulau kecil yang terbentang dari Malaka sampai Laut Cina Selatan. Layaknya pulau wisata di Indonesia, seperti Lombok dan Bali, pulau ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat, termasuk mancanegara.

Keindahan alam di Pulau Bintan tidak kalah menarik dari wahana wisata yang lain, sehingga sangat cocok untuk pilihan tempat berlibur untuk kegiatan relaksasi dari aktivitas yang begitu padat. Beragam tempat wisata eksotis dapat dijumpai di pulau ini. Terlebih belum banyak pelancong yang berwisata ke tempat ini, sehingga keasrian alamnya dapat dinikmati dengan lebih maksimal.

Anda tidak perlu bingung ketika akan berlibur ke Bintan, karena terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat menjadi pilihan berlibur. Pantainya pun menyimpan banyak keindahan yang siap memanjakan Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi pantai eksotis yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Bintan.

1. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi

Image Credit: KSMTour.com

Pantai Lagoi dikenal sebagai miniatur Negara Singapore, yang letaknya bahkan juga menghadap Singapore dan Malaysia. Hal ini disebabkan karena dahulu ketika seseorang hendak mengunjungi tempat ini harus membayar menggunakan mata uang SGD.

Nama tempat ini telah lama tersohor di kancah internasional, sehingga ramai wisatawan asing yang berkunjung ke sini melalui Singapore dengan menyebrang langsung menggunakan speed boat maupun kapal fery.

Sebelum memasuki kawasan ini, terlebih dahulu harus memperlihatkan kartu identitas. Sebelum pengunjung sampai, akan disuguhkan pemandangan indah di sepanjang perjalanan berupa semak belukar serta pohon yang rindang.

Walaupun ombaknya tidak begitu kencang, tidak mengurangi pesona tempat ini. Pada sekitar pantai dihiasi dengan adanya batu-batu granit sehingga tampak lebih menarik. Terkait fasilitas, tempat ini juga dilengkapi dengan adanya resort, spa, diskotik, dan lapangan golf. Untuk kawasan resort, sebagian besar dikelola oleh investor mancanegara, terutama Singapore.

Di kawasan ini tersedia beberapa tempat untuk berbelanja serta objek untuk berfoto. Tulisan Lagoi Bay yang berukuran besar dan dengan warna menarik kerap menjadi objek foto andalan bagi para pengunjung.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Batam yang Paling Enak

Bagian tepi pantai terdapat beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi, sehingga menambah keindahan tempat ini. Anak-anak dapat bermain dengan nyaman di pinggiran pantai karena ombaknya tidak begitu besar. Lautnya tampak berwarna biru dan menghadap ke Negara Malaysia.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

2. Crystal Lagoon

Crystal Lagoon

Image Credit: Bintan-resorts.com

Crystal Lagoon merupakan laguna rekreasional yang canggih. Terletak di pinggiran pantai dan merupakan kolam yang paling besar di Asia Tenggara. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan Treasure Bay Bintan. Luas kolam ini mencapai 6,4 hektar (sama seperti 50 kolam dengan ukuran untuk olimpiade) serta mempunyai pesona indah pemandangan yang dapat dinikmati dari atas.

Konsep kolam di sini dibuat menyerupai pantai. Pada tepi kolam sengaja dibuat landai serta dilapisi fiber berwarna putih, sehingga tampak seperti pasir laut. Wisatawan dapat berkeliling dengan berjalan santai maupun menggunakan segway atau scooter yang telah disediakan. Biaya masuk untuk satu orang dewasa adalah Rp 120.000, sedangkan anak-anak hanya Rp 90.000.

Air yang digunakan untuk mengisi kolam renang ini bisa mencapai 115.060.000 liter. Air yang dipakai adalah air laut yang telah melalui tahap penyulingan sehingga airnya menjadi sangat jernih. Selain berenang, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan lain seperti Kayak, Boat Ride, maupun Fly Board. Tempat wisata buka mulai jam 9 pagi dan tutup pada jam 6 petang.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

3. White Sands Island

White Sands Island

Image Credit: Mylittleadventure.pt

Pulau ini letaknya berseberangan dengan Pulau Bintan. Untuk sampai di Pulau Beralas Pasir ini dapat menggunakan speedboat yang berangkat dari Desa Teluk Bakau dengan waktu tempuh kurang lebih 15-20 menit. Pengunjung di tempat wisata ini dapat melakukan berbagai kegiatan santai di tepi pantai, diving, maupun snorkeling.

Terumbu karang yang ada di kawasan ini dirawat dengan baik, ekosistem lautnya pun masih terjaga, serta nuansa akan pulau tropis masih begitu kental. Hal ini karena pulau ini hanya dihuni oleh mereka yang menjaga kawasan ini agar tetap tampak asri dan alami.

Di tempat ini juga terdapat penangkaran penyu. Apabila pengunjung datang di saat yang tepat, mereka dapat ikut melepaskan bayi-bayi penyu tersebut untuk yang pertama kali ke tepian pantai. Bayi penyu atau yang biasa disebut tukik akan melangkah tertatih-tatih menuju lautan. Mereka terlihat begitu lucu dan menggemaskan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

4. Pantai Senggiling

Image Credit: Robbihafzan.wordpress.com

Pantai Senggiling terletak di utara Bintan dan berada di sebelah objek wisata Bintan yang terkenal yaitu Lagoi. Walaupun akses untuk sampai di tempat ini cukup sulit, tetap tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Untuk sampai di tempat ini, dapat menggunakan perjalanan darat dengan waktu satu jam apabila melalui Kota Tanjung Uban dan satu setengaj jam apabila melalui Kota Tanjung Pinang.

Ekosistem di pantai ini masih terlihat alami, karena pengunjung yang datang tidak sebanyak di tempat wisata lain di Bintan. Pasir yang ada tepian berwarna putih bersih serta terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit kaki. Di sepanjang pantai terhiasi oleh batu dengan ukuran yang besar, sehingga menambah panorama di tempat ini.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

5. Pantai Sakera

Pantai Sakera

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Pantai Sakera merupakan pantai favorit berpasir putih eksotis yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di sini pengunjung bisa berenang, karena tersedia pantai yang landai.

Untuk sampai di tempat ini, dapat dengan menggunakan jalur darat yang dapat ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam dari Kota Tanjung Pinang. Apabila dari Batam, dapat ditempuh memakai kapal fery dan dilanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih 15 menit.

Pengunjung di sini mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa dapat mencari siput laut maupun kerang ketika air laut sedang surut. Aktivitas ini dikenal dengan sebutan bekarang, dan merupakan salah satu tradisi daerah setempat. Air laut di sini jernih dengan warna yang biru kehijauan. Warna ini juga menjadi daya tarik tersendiri pantai ini.

Biasanya tempat ini akan ramai ketika bertepatan dengan hari libur dan akhir pekan. Pengunjung tidak hanya berasal dari daerah setempat dan luar pulau, melainkan banyak turis mancanegara yang kerap terlihat berlibur di tempat ini.

Wisatawan dapat menikmati pantai sambil bermain air, berkejaran dengan ombak, maupun berenang karena air lautnya yang cenderung tenang. Anak-anak juga dapat ikut bermain, akan tetapi tentunya tetap di bawah pengawasan ketat orang tua atau orang dewasa yang bersama.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pondok maupun penginapan sangat mudah dijumpai pada sepanjang tepian pantai. Apabila datang ke tempat ini di hari kerja atau bukan hari libur, beberapa fasilitas yang ada dapat dinikmati tanpa harus membayar biaya sepeserpun. Fasilitas yang tersedia diantaranya lapangan volly pantai serta futsal, tempat sewa kano, sampai arena outbound.

Lokasi: Tanjung Uban Utara, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan.

6. Pantai Trikora

Pantai Trikora

Image Credit: Mytravelingphotograph.blogspot.com

Garis pantai di sini termasuk cukup panjang. Pemandangan di sini masih terlihat asri, ditambah dengan batu granit yang membentang, sehingga menambah tampak lebih eksotis. Di tempat ini juga disediakan beberapa pondokan yang berjajar di pinggir pantai, yang dapat digunakan untuk berteduh dari sengatan sinar matahari.

Selain batu granit, terdapat panorama yang menambah keasrian tempat ini yaitu, pohon bakau, pohon kelapa, pohon cemara, serta keindahan alam yang lain.

Pantai Trikora sempat menjadi primadona di Pulau Bintan. Pasir putih yang terhampar sejauh 25 kilometer di pesisir timur laut pulau ini dan ombaknya yang begitu tenang menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan sebelum banyaknya resort mewah yang dibangun di sekitar pantai.

Pantai ini sejatinya merupakan gabungan dari empat pantai yang memiliki nama yang mudah untuk diingat karena namanya yang menggunakan angka satu sampai empat, sehingga menjadi pantai paling panjang di Bintan. Ketika memasuki musim kemarau, air di pantai akan tampak begitu bersih dan jernih.

Tempat ini seakan menunjukkan bahwa Bintan merupakan pilihan destinasi wisata untuk memperoleh atmosfer dan nuansa pulau tropis. Kawasan ini tidak hanya menawarkan pemandangan di sekitaran pantai saja, melainkan juga pemandangan bawah laut yang tidak kalah menarik.

Kawasan ini masih aman untuk kegiatan-kegiatan seperi berenang dan snorkeling. Selain itu, Anda juga dapat bersantai sambil berjemur maupun berkeliling untuk menjelajahi area pantai. Di kawasan ini juga terdapat gubuk yang menjual beberapa makanan ringan maupun minuman dingin. Sehingga pengunjung dapat tetap bersantai tanpa khawatir akan kelaparan.

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

Bintan seperti sebuah permata yang ada di bagian barat Indonesia. Pesona alamnya begitu menawan serta dilengkapi resort yang mewah, sehingga siapapun yang berkunjung pasti akan merasa tertarik untuk kembali berlibur di pulau ini. Beberapa wisata pantai hits di Pulau Bintan yang telah disebutkan di atas dapat menjadi daftar destinasi berlibur Anda.