Riau

10 Wisata Pantai di Dumai yang Paling Hits

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Dumai, Provinsi Riau. Destinasi Wisata Bahari Terindah yang Kaya Pesona dan Paling Hits yang Cocok Anda Jelajahi Saat Liburan.

Kota Dumai merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Riau. Kota ini berbatasan langsung dengan selat malaka dan berhadapan dengan Pulau Rupat. Lokasi strategis inilah yang menjadikan Dumai memiliki banyak pantai dengan bentangan alam yang indah.

Panorama alam yang menakjubkan ini menjadikan Dumai sebagai tujuan wisata pantai yang sering dikunjungi oleh para pelancong. Pantai yang terdapat di Kota Dumai memiliki ombak yang tenang sebab terhalang oleh adanya Pulau Rupat. Oleh sebab itu, pantai di kota ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat yang aman dan menyejukkan mata.

Kota Dumai terkenal dengan banyaknya pantai yang membentang luas dengan fasilitasnya yang memadai. Inilah daftar wisata pantai terbaik di Kota Dumai yang wajib Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, pasangan, maupun dengan keluarga.

1. Pantai Pasir Koneng

Pantai Pasir Koneng

Image Credit: Google Maps (Esti Astari)

Pantai pasir koneng merupakan salah satu pantai yang ada di Dumai yang memiliki hamparan pasir yang sangat indah. Pantai ini telah dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2017. Memiliki warna pasir kekuningan dengan campuran aneka fosil hewan laut. Terdapat fasilitas berupa saung tradisional untuk tempat istirahat.

Pantai ini sangat cocok dikunjungi saat sore hari untuk menikmati pemandangan sunset yang begitu indah. Anda bisa berfoto sepuasnya dengan pemandangan laut yang biru dan jejeran pohon kelapa yang rimbun. Pantai pasir koneng seringkali digunakan untuk foto pre-wedding karena pemandangan alamnya yang mempesona.

Akses jalan menuju pantai sangatlah mudah, hanya menempuh 20 menit dari pusat Kota Dumai. Untuk memasuki kawasan pantai, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 5000 untuk kendaraan bermotor dan biaya sebesar Rp 20.000-Rp 30.000 untuk mobil dan bus.

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

2. Pantai Marina

Pantai Marina

Image Credit: Google Maps (Nazaruddin Sahar)

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Kota Dumai, wajib untuk mengunjungi pantai hits satu ini. Pantai Marina merupakan salah satu pantai dengan fasilitas yang cukup memadai. Pantai ini menyediakan pondok kayu untuk tempat istirahat. Anda juga dapat memesan aneka hidangan untuk menemani Anda saat menikmati hembusan angin laut.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kampar yang Paling Populer

Pantai ini terletak kurang lebih 15-20 km dari pusat kota dengan akses jalan yang cukup mulus. Pantai marina menyediakan area parkir yang luas dan tentunya aman. Pantai ini memiliki bentangan alam yang indah dan terdapat beberapa batuan besar di pesisir pantai. Pantai marina sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur untuk sekadar menghilangkan penat.

Anda akan disuguhi pemandangan para nelayan yang berbondong-bondong mencari ikan di bibir pantai saat pantai surut. Pemandangan sunset maupun sunrise di pantai ini membuat semua orang terpesona akan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

3. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur

Image Credit: Google Maps (yulia agnis)

Pantai teluk makmur menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjauh dari hiruk pikuknya kota. Pantai ini menyajikan bentangan alam yang begitu indah dan dapat membuat siapapun akan terpesona. Pantai teluk makmur berhadapan langsung dengan selat malaka dan Pulau Rupat.

Objek wisata pantai teluk makmur menjadi andalan wisata pantai di Riau. Pantai ini menyediakan beberapa pondok di bibir pantai untuk beristirahat. Anda bisa berselancar, dan berperahu karena pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi dan cukup aman.

Selain itu, Anda juga bisa berjemur di tengah teriknya matahari dengan ditemani oleh angin laut yang menyegarkan. Untuk memasuki kawan pantai teluk makmur anda perlu merogoh kantong sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 20.000 untuk kendaraan mobil dan bus.

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

4. Pantai Pulai Bungkuk Indah

Pantai Pulai Bungkuk Indah

Image Credit: Google Maps (Doni Andrian Hsb)

Pantai pulai bungkuk indah merupakan pantai yang unik dan terkenal di Kota Dumai. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam dan berkilau saat terkena sinar matahari. Warna hitam pada pasir disebabkan karena adanya serpihan kayu bakau yang terbawa arus dan mengendap di bibir pantai yang biasa disebut dengan sesai.

Pantai ini menyediakan fasilitas berupa area parkir yang luas, tempat-tempat duduk yang nyaman, dan musholla. Anda juga bisa membeli makanan ringan maupun berat yang dijajakan oleh masyarakat sekitar pantai. Pantai ini juga menyediakan berbagai spot foto instagramable dan ayunan yang terbuat dari bahan-bahan alam.

Pantai pulau bungkuk indah memiliki tempat yang sejuk dengan bentuk pantai yang cukup landai dan tidak berlumpur. Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 20.000 untuk kendaraan roda empat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Mundam, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

5. Pantai Purnama

Pantai Purnama

Image Credit: Google Maps (Inal Rezki Pebriansyah)

Pantai purnama dulunya hanyalah sebuah perkebunan kelapa milik warga sekitar pantai. Pantai berlumpur ini memiliki banyak batuan yang digunakan sebagai sandaran sampan setelah menangkap ikan. Daerah ini kemudian diperbaiki oleh masyarakat sekitar agar terlihat rapi, bersih, dan nyaman.

Tidak seperti pantai lainnya, pantai purnama tidak memiliki pasir putih dan langsung menghadap ke selat malaka yang membentang luas. Pantai ini menyediakan pondok-pondok kayu yang tinggi untuk tempat bersantai para wisatawan saat berlibur ke pantai ini. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan tempat yang romantis.

Selain sebagai tempat istirahat, pondok-pondok kayu ini juga menyediakan aneka macam makanan dan minuman untuk menemani Anda saat menikmati suasana bahari. Pondok-pondok kayu ini dibangun oleh masyarakat sekitar secara gotong royong dengan tujuan menambah kualitas pantai agar cocok dijadikan sebagai tujuan wisata di Kota Dumai.

Lokasi: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

6. Pantai Panorama

Pantai Panorama

Image Credit: Google Maps (Masrah Arif)

Pantai panorama merupakan pantai yang baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2019. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi dan aman untuk kalangan dewasa maupun anak-anak. Pantai ini menyediakan berbagai spot foto unik yang instagramable yang dapat membuat Anda betah saat berada disini.

Anda juga bisa memancing ikan tanpa menggunakan perahu sambil bersantai dengan keluarga. Pantai ini memiliki area yang luas dan dapat menampung sampai ribuan pengunjung. Pantai panorama memiliki bentangan alam yang indah dengan pemandangan Pulau Rupat yang terlihat jelas.

Lokasi: Jl. Mat Taim No.Kel, Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

7. Pantai Captain Elwin

Pantai Captain Elwin

Image Credit: Google Maps (Sakdiah Amrifo)

Pantai captain elwin terletak kurang lebih 100 meter dari pintu masuk pantai koneng. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang digemari oleh para wisatawan karena sangat cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Pantai ini menyediakan fasilitas berupa pondok-pondok yang pas untuk tempat bersantai. Pondok ini terletak tidak jauh dari bibir pantai. Terdapat pula spot-spot instagramable dan ayunan yang sangat cocok digunakan untuk properti foto.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Natuna yang Murah & Enak

Lokasi: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

8. Pantai Wisata Bahtera Alam Guntung

Pantai Wisata Bahtera Alam Guntung

Image Credit: Google Maps (Adyona Family)

Pantai wisata bahtera alam guntung merupakan pantai terluas yang terdapat di Kota Dumai. Pantai ini menyediakan fasilitas berupa area parkir yang luas, musholla, dan juga pondok-pondok dari bambu untuk tempat istirahat sambil menikmati jajanan yang dijual oleh masyarakat sekitar pantai.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang bersih dengan bentangan alam yang sangat indah. Terdapat pula spot-spot foto unik yang wajib Anda coba untuk kenang-kenangan. Anda perlu merogoh kantong dengan biaya yang terjangkau untuk memasuki kawasan pantai wisata bahtera alam guntung.

Lokasi: Jl. Arifin Ahmad, Guntung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

9. Pantai Akasia Indah Guntung

Pantai Akasia Indah Guntung

Image Credit: Google Maps (faris hamdani)

Pantai akasia indah guntung merupakan salah satu pantai hits yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini terletak kurang lebih 700 meter dari jalan utama Kota Dumai. Pantai ini memiliki ombak yang tenang yang aman digunakan untuk berenang. Anda juga tidak perlu khawatir saat mengajak sang buah hati berlibur di pantai ini.

Pantai ini seringkali dikunjungi oleh para fotografer dari seluruh penjuru daerah, sebab pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah. Pantai akasia indah guntung menyediakan fasilitas berupa pondok-pondok kayu dari bahan-bahan alam yang terletak di pipir pantai.

Surga dunia tersembunyi ini masih tergolong baru dengan suasana sejuk dan bersih. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam karena bercampur dengan sesai. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000 untuk bisa menjelajah di pantai ini.

Lokasi: Guntung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

10. Pantai Legenda

Pantai Legenda

Image Credit: Facebook.com (Taman Bunga Pantai Legenda Dumai)

Pantai legenda erat kaitannya dengan legenda sang laksmana raja di laut. Pantai ini terkenal akan sejarahnya yang mengundang perhatian para wisatawan. Terdapat 2 gerbang sebagai pintu masuk dan pintu keluar. Pantai ini memiliki pasir putih kemerahan yang mengendap di sepanjang pantai. Terdapat batuan besar di bibir pantai sebagai pemecah ombak.

Pantai ini juga menyediakan taman bunga untuk menambah fasilitas objek wisata. Taman bunga ini berisi bunga celosia, matahari, dan miana. Terdapat pula kreasi origami berupa kincir angin yang berbaris dari gerbang sampai ke gazebo. Pantai ini memiliki ekosistem hutan mangrove yang ditutupi oleh kain kasa halus.

Lokasi: Jl. Raja Laut, Pelintung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

Itulah rekomendasi wisata pantai di Kota Dumai yang paling hits dan wajib Anda kunjungi. Keindahan alam yang dimiliki kota ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata paling utama untuk dikunjungi baik oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.