Jambi

10 Wisata Pantai di Jambi yang Paling Hits

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Jambi. Destinasi Wisata Bahari Eksotis & Paling Hits untuk Berakhir Pekan Bersama Orang Tercinta.

Liburan menjadi aktivitas paling tepat setelah menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Pergi ke tempat wisata akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sehingga bisa kembali bekerja dengan baik. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari taman-taman kota, wisata di bukit, atau bisa juga berwisata di pantai.

Jambi menjadi tempat yang memiliki lokasi wisata cukup banyak. Apabila Anda hendak berwisata ke sana, ada banyak pilihan wisata yang bisa dikunjungi, tak kalah dengan wisata-wisata di kota-kota besar lainnya. Ada wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata kuliner, dan jenis wisata lainnya.

Maka dari itu, liburan bersama keluarga yang menyenangkan dapat Anda nikmati di berbagai wisata di Jambi. Jika Anda dan keluarga lebih suka pergi berlibur ke pantai, berikut ini akan dijelaskan beberapa tempat wisata pantai di Jambi yang sedang hits dan banyak dikunjungi. Ingin tahu pantai mana saja yang recomended untuk berlibur? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Pantai Indah Koto Petai

Pantai Indah Koto Petai

Image Credit: Tempatwisata.pro

Salah satu pantai yang tak kalah unik di Jambi adalah Pantai Indah Koto Petai, atau dikenal juga dengan sebutan Indah Kopet. Tempat wisata ini bisa dibilang unik karena letaknya berada di tepi Danau Kerinci. Jadi tak seperti lokasi wisata pada umumnya yang memang berbatasan langsung dengan laut. Namun di tempat ini, Anda juga bisa menikmati naik sampan atau speed boat.

Di sini Anda juga akan melihat deburan ombak yang cukup tenang. Jadi Anda bisa lebih sedikit rileks tanpa takut dengan ombak. Meski di tepi danau, namun Pantai Indah Koto Petai ini memiliki pemandangan tak kalah menakjubkan. Dengan hamparan pasir putihnya, dan pemandangan yang terbentang luas di depannya, Anda bisa menikmati keindahannya sambil berfoto-foto.

Lokasi: Koto Petai, Kec. Tanah Cogok, Kab. Kerinci.

2. Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah

Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah

Image Credit: Detik.com

Lokasi pantai Pasir Panjang ini berada di Tanjung Tanah. Sebenarnya lokasi wisata ini juga berada di tepian danau Kerinci. Luas dan panjangnya pasir yang membentang di sekitar danau membuatnya nampak seperti di pantai pada umumnya. Jadi para wisatawan banyak yang datang ke sana untuk sekedar menikmati keindahan alam melalui destinasi baru ini.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Meski belum memiliki banyak fasilitas, namun keindahan panorama yang disuguhkan Pantai Pasir Panjang ini menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menikmati pemandanan hamparan danau Kerinci disertai dengan bukit-bukit indah yang mengelilinginya. Jika Anda ingin berkeliling, Anda juga bisa menyewa beberapa perahu yang ditawarkan oleh beberapa orang dari desa setempat.

Lokasi: Tanjung Tanah, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci.

3. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Image Credit: Basecamppetualang.blogspot.com

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik dikunjungi di Jambi adalah pantai Cemara. Lokasi wisata ini berada di Sadu, yang berbatasan langsung dengan Kepulauan Riau. Mungkin jika mendengar kata cemara yang terlintas di pikiran Anda adalah pegunungan dan pohon-pohon di sekelilingnya. Namun di Jambi, cemara di sini dijadikan sebagai nama pantai yang berpasir coklat dan eksotis.

Pantai dengan warna pasir yang tak biasa ini menjadi tempat singgah banyak burung-burung air dan burung migran. Adapun pantai Cemara ini juga memiliki lokasi yang berdekatan dengan Taman Nasional Berbak, dan Anda bisa menyaksikan taman tersebut dari dekat. Sehingga jika suatu ketika berkunjung ke daerah sana, Anda bisa sekaligus berwisata di dua tempat berbeda.

Lokasi: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

4. Pantai Air Hitam Laut (Mandi Safar)

Pantai Air Hitam Laut (Mandi Safar)

Image Credit: Muhammadghaly.blogspot.com

Destinasi berikutnya yang bisa dikunjungi saat ke Jambi adalah Pantai Air Hitam Laut (Mandi Safar). Destinasi wisata ini memang tak seperti pantai lain yang memiliki pasir putih, pantai di Sadu ini memiliki pasir yang hitam. Meski tak berpasir putih, namun luasnya  hamparan pasir dan pemandangannya akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sana.

Selain itu, ada pula festival masyarakat Tanjung Jabung yang dimeriahkan di pantai ini. Festival Mandi Safar yang digelar merupakan acara budaya yang sudah lama dilakukan oleh warga Tanjung Jabung. Jadi saat festival berlangsung, orang-orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berkumpul menjadi satu untuk merayakan festival bersama-sama di pantai air hitam laut ini.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Muaro Jambi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

5. Pulau Penyu

Pulau Penyu

Image Credit: Tribunnews.com

Tempat wisata pantai lainnya di Jambi yang recomended untuk berlibur bersama keluarga adalah pulau penyu. Pulau eksotis dengan suasana dan kondisi air yang masih asri ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Hewan-hewan air yang bisa disaksikan lewat airnya yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Di Pulau Penyu, Anda bisa melihat beberapa penyu meletakkan telurnya untuk kemudian dierami. Pulau Penyu yang terletak di Sadu ini menawarkan pemandangan air pantai yang masih bersih. Ditambah dengan pemandangan batu-batu besar dan juga pasirnya yang putih, membuat tempat ini menjadi lebih eksotis dan menarik.

Lokasi: Pulau Penyu, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

6. Pantai Pasir Putih

Image Credit: Kelanaku.com

Pantai pasir putih ini berada di daerah pesisir Tanjung Jabung Barat. Maka dari itu, jika berkunjung ke sana, Anda bisa mampir di pantai ini dan menikmati keindahan panorama alam yang ditawarkan. Pantai dengan hamparan pasir putihnya ini berhadapan langsung lo dengan laut cina selatan. Wah menarik untuk dikunjungi bukan?

Bagi masyarakat Jambi, pantai dengan pasir putih ini menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat dan pemerintah daerah setempat juga sedang berusaha untuk mempromosikan lokasi wisata satu ini. Beberapa event seringkali dilaksanakan di tempat ini untuk mengenalkan keindahan alam pasir putih Tanjung Jabung. Event tersebut di antaranya adalah event lomba mancing dan festival nelayan.

Lokasi: Pasir Putih, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

7. Pantai Remau Baku Tuo

Pantai Remau Baku Tuo

Image Credit: Tulisandarisadu.blogspot.com

Jika Anda berkunjung ke desa Remau Bakutuo, tak akan lengkap jika belum mengunjungi pantainya. Anda bisa datang ke sini menggunakan pompong atau kapal laut.  Meski belum tersedia banyak fasilitas bagi pengunjung, namun keindahan alam di pantai Remau Baku Tuo ini layak untuk dikunjungi.

Anda bisa berkunjung ke pantai ini saat hari-hari libur nasional, seperti saat lebaran idul fitri atau idul adha. Tempat ini akan lebih ramai dikunjungi di waktu-waktu libur seperti itu. Beberapa waktu llau, pemerintah setempat juga sempat membuatkan gazebo untuk pengunjung agar bisa beristirahat.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Remau Baku Tuo, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

8. Pantai Aur Duri

Image Credit: Globalhukumindonesia.com

Pantai Aurduri merupakan salah satu lokasi wisata di Jambi yang cukup ramai dikunjungi. Aurduri bisa dibilang sebagai wisata dadakan, lantaran pantai ini ada setelah sungai Batanghari menyusut drastis. Karena airnya menyusut, hamparan pasirnya pun menjadi tempat yang kini banyak dikunjungi orang. Apalagi saat menjelang senja, orang-orang berbondong-bondong untuk menikmati senja di sana.

Para pengunjung rata-rata datang ke sana untuk menikmati momen matahari yang terbenam. Meski penyusutan sungai Batanghari ini cukup berisiko, namun tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk berwisata ke pantai dadakan ini. Adapun lokasinya yang berada di bawah Jembatan Aurduri menjadikan lokasi ini dinamakan sebagai pantai Aurduri.

Lokasi: Penyengat Rendah, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

9. Pantai Lopak Aur

Pantai Lopak Aur

Image Credit: Abdulkadir94.blogspot.com

Lokasi berikutnya yang recomended untuk dikunjungi di Jambi adalah Pantai Lopak Aur. Tepatnya berada di Kabupaten Batang Hari, Jambi. Pantai dengan hamparan pasir yang membentang luas ini tak kalah indah dari pantai-pantai lain yang ada di Jambi. Lopak Alur ini banyak dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Di tengah sungai Batang Hari terdapat hamparan pasir, dan di sinilah anak-anak biasanya akan bermain futsal. Dengan tempatnya yang luas, anak-anak juga bisa lebih bebas bermain sambil lari-larian di pantai Lopak Aur. Bagi Anda yang suka berfoto, tempat ini juga memiliki pemandangan yang unik berfoto bersama.

Lokasi: Lopak Aur, Kec. Pemayung, Kab. Batang Hari.

10. Pantai Babussalam

Image Credit: Aksipost.com

Pantai terakhir yang ada di Jambi adalah pantai Babussalam, yang juga terletak di Desa Air Hitam Laut. Pantai ini memiliki hamparan luas pasir hitam yang tak kalah eksotis dengan pantai pasir putih. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan laut.

Kemudian yang menjadikan pantai ini unik adalah festival budaya yang digelar di sana, yaitu ritual Mandi Safar. Acara tersebut telah dilaksanakan sejak bertahun-tahun lalu, dan selalu diadakan setahun sekali untuk tetap nguri-uri kebudayaan masyarakat Jambi.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

Itulah rekomendasi wisata pantai di Jambi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Anda bisa memilih sendiri destinasi mana yang akan dikunjungi. Keindahan alam yang ditawarkan oleh setiap lokasi juga berbeda-beda. Jadi Anda bisa menentukan sendiri pantai yang sekiranya nyaman untuk berlibur bersama keluarga.