Sumatra Utara

10 Wisata Pantai di Medan yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Medan, Sumatera Utara. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Layak untuk Anda Kunjungi untuk Menghadirkan Liburan yang Berkesan.

Medan merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang banyak orang rekomendasikan. Selain memiliki wisata kuliner yang nikmat, kota ini juga menyimpan banyak sekali objek wisata yang tidak kalah indahnya dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Medan merupakan ibu kota Sumatera Utara yang diapit oleh lautan. Sehingga tidak heran kalau Sumatera Utara memiliki banyak wisata pantai yang cukup ramai dan terkenal dibanding dengan wisata pantai di tempat lain.

Meskipun kalah terkenal dengan Pulau Dewata dan wisata bahari lainnya, namun bila tidak mendatangi sendiri objek wisata pantai yang ditawarkan oleh Kota Medan ini tentunya belum cukup. Karena pantai-pantai yang ada memiliki keunikan sendiri yang tidak dapat Anda temukan di pantai-pantai luar kota ini. Berikut 10 wisata pantai terhits di Medan yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah

Image Credit: Serdangbedagaiku.blogspot.com

Pantai Sialang Buah merupakan pantai yang terdapat di daerah Kecamatan Teluk Mengkudu, tepatnya di Desa Sialang Buah. Pantai Sialang Buat berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Medan. Untuk menuju ke pantai tersebut, Anda dapat menggunakan akses berupa kendaraan roda 4 maupun roda dua dari Desa Matapao agar perjalanan lebih mudah.

Pantai Sialang Buah merupakan sebuah pantai di mana Anda dapat berburu berbagai macam ikan yang hidup di sana. Ada juga tempat pelelangan ikan tempat Anda lebih mudah memperoleh ikan untuk disantap. Karena, suasana akan lebih lengkap bila mengunjungi pantai serta membakar ikan di lokasi pantai itu berada.

Tidak hanya tempat pelelangan ikan yang ditonjolkan untuk Pantai Sialang Buah, namun keindahan yang sangat eksotis membuat pantai tersebut digemari oleh wisatawan lokal maupun asing.

Untuk memasuki kawasan Pantai Sialang buah, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 5 ribu rupiah per orang. Harga yang sangat murah untuk menikmati suatu panorama pantai yang mengagumkan. Pantai tersebut dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore setiap harinya.

Lokasi: Jl. Pantai Sialang Buah Indah, Desa Sialang Buah, Kec. Teluk Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai.

2. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Image Credit: Bernardinjourney.blogspot.com

Pantai Cermin merupakan pantai yang paling dekat dengan pusat kota. Pantai Cermin terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya di Desa Pantai Cermin Kanan. Anda dapat menempuh pantai ini dengan menggunakan mobil maupun motor langsung dari Kota Medan dan menuju ke lokasi tempat Pantai Cermin berada.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pantai Cermin yang tepat menghadap ke Selat Malaka itu, memiliki taman hiburan buatan yang menjadi ikon dari pantai tersebut. Dengan nama Pantai Cermin Theme Park, Jusuf Kalla selaku mantan wakil presiden meresmikan taman bermain tersebut pada tahun 2007.

Banyaknya wahana yang terdapat pada Pantai Cermin Theme Park membuat para wisatawan lokal maupun asing kerap berkunjung ke sana. Untuk dapat mengakses semua wahana yang ada dalam taman hiburan tersebut, setiap orangnya dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah.

Lokasi: Desa Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

3. Pantai Berawe

Pantai Berawe

Image Credit: Pituwolusongo.com

Bila Anda ingin berlibur ke pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung, Pantai Berawe merupakan opsi yang paling cocok. Karena pantai tersebut masih jarang pengunjung serta keadaan lingkungan yang masih bersih menjadi salah satu ciri dari pantai tersebut.

Berjarak 96 kilometer dari Kota Medan, tepatnya di Kabupaten Langkat, Anda akan dapat menikmati panorama pantai yang begitu memukau. Anda dapat mengakses lokasi tersebut melalui perjalanan darat maupun laut.

Setelah sampai di sana, Anda akan melihat banyak toko yang menjual berbagai macam makan laut yang menggiurkan untuk disantap bersama kerabat.

Lokasi: Desa Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

4. Pantai Gudang Garam

Pantai Gudang Garam

Image Credit: Traveloka.com

Seperti namanya Pantai Gudang Garam, pantai yang dulunya merupakan tempat untuk memproduksi garam dapur yang hendak dijual ke kota. Oleh sebab itu, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih karena telah tercampur dengan mineral-mineral garam yang ada di area tersebut.

Namun kegiatan memanen garam di Pantai Gudang Garam lama-kelamaan sudah tidak dilakukan lagi. Malah tempat tersebut menjadi sebuah tempat wisata yang menarik perhatian dari para pengunjung pantai tersebut.

Pantai yang berlokasi hampir bersebelahan dengan Pantai Cermin Them Park ini memiliki beberapa pondok yang nantinya disewakan kepada pengunjung untuk menikmati panorama indah pantai ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langkat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Khusus pada Hari Minggu, terdapat wahana Banana Boat yang dapat disewa oleh para pengunjung untuk menikmati keseruan dalam melengkapi hiburan Pantai Gudang Garam. Untuk menyewa wahana tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,00.

Lokasi: Jl. Pantai Gudang Garam, Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

5. Pantai Klang Serdang Bedagai

Pantai Klang Serdang Bedagai

Image Credit: Beritamandiri.co

Pantai Klang Serdang Begadai yang berlokasi di Serdang Begadai, tepatnya di Desa Naga Lawan memiliki panorama yang eksotis. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai di Kota Medan, yakni terdapat rangka kayu-kayu yang tenggelam di pantai itu.

Keunikan tersebut dijadikan sebagai tempat untuk berfoto oleh sebagian besar pengunjung. Tidak hanya itu saja, di Pantai Klang Serdang Begadai terdapat sebuah sumur. Namun sumur tersebut bukan sembarang sumur. Meskipun sumur tersebut di daerah pantai yang memiliki air yang asin, namun air dalam sumur tersebut berasa tawar.

Lokasi: Jl. Besar Pantai Kelang, Desa Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

6. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Image Credit: Wisatapro.com

Masih berlokasi di Serdang Begadai, Pantai Mutiara merupakan pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun domestik. Banyak fasilitas-fasilitas yang terdapat di pantai tersebut antara lain, pondok-pondok yang siap disewa oleh pengunjung dengan harga Rp 30.000,00.

Salah satu alasan Pantai Mutiara menjadi tenpat destinasi wisata yaitu sebagai lokasi tempat untuk melihat aktivitas matahari terbit maupun saat tenggelam. Sehingga pantai ini terbuka untuk umum 24 jam setiap harinya. Hanya dengan merogoh saku sebesar Rp. 8.000,00 Anda dapat memasuki kawasan Pantai Mutiara.

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

7. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Tureloto yang berada di sekitar Pulau Nias, Sumatera Utara memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pantai Tureloto menghadap langsung ke Samudra Hindia menjadikan pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai-pantai lainnya. Air laut yang ada di Pantai Tureloto sering dijuluki Laut Mati Indonesia.

Alasan penamaan Laut Mati karena kandungan garam yang ada pada air lautnya sangat tinggi. Sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah mengapung bila berenang di Pantai Tureloto. Selain itu, di pantai ini terkenal karena keelokannya yang disuguhkan dari panorama dari batu karang yang mengelilingi pantai tersebut.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

Lokasi: Desa Balefadorotuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

8. Pantai Pondok Permai

Image Credit: Facebook.com @PantaiPondokPermai

Image Credit: Facebook.com @PantaiPondokPermai

Pantai Pondok Permai merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Medan. Hanya berjarak 56 kilometer dari ibu kota Sumatera Utara, tepatnya di Desa Kota Pari, Anda dapat menikmati keindahan alam di pantai ini. Banyak fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang liburan di pantai tersebut.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Pondok Permai, antara lain tempat untuk mengabadikan momen yang sangat menarik dan beberapa jenis permainan air yang dapat Anda mainkan saat berada di sana. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat merasakan nikmatnya seafood yang tersedia di warung-warung yang sudah berdiri di Pantai Pondok Permai.

Lokasi: Desa Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

9. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Image Credit: Deliserdangmall.com

Ingin menikmati beningnya air laut serta nyamannya berdiri di atas pasir putih, cobalah untuk mengunjungi Pantai Pandan. Pantai Pandan yang terletak di Desa Pandan ini memiliki suasana yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya.

Birunya air laut yang terdapat di Pantai Pandan menjadikan tempat ini sebagai destinasi warga lokal yang hendak mencari sebuah kesegaran alam. Selain itu banyak fasilitas menarik yang ditawarkan untuk menambah momen saat berada di pantai ini.

Lokasi: Jl. Sisimangaraja padang Sidempuan, Desa Pandan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

10. Romance Bay

Romance Bay

Image Credit: Deliserdangmall.com

Bila Anda ingin tempat yang romantis di Medan, disarankan untuk mengunjungi Romance Bay yang terletak di Serdang Bedagai. Banyak gazebo berhiaskan warna jingga yang dapat digunakan oleh pengunjung, terutama untuk para muda mudi yang sedang menggandeng pujaan hatinya ke tempat tersebut.

Harga tiket masuk untuk Pantai Romantis ini berkisar antara 25 ribu hingga 70 ribu, tergantung dengan paket yang Anda pilih nantinya. Dengan mengusung tema romantis, menjadikan pantai ini sebagai pantai yang pertama yang memiliki tema seperti itu.

Lokasi: Jl. Pantai Tengah No.20, Desa Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai.

Itulah 10 destinasi wisata pantai yang wajib dijamah saat Anda berkunjung ke Medan untuk menikmati liburan. Dengan keunikan dan keindahan masing-masing tempat, membuat pantai-pantai tersebut menjadi sebuah tempat yang dapat dinikmati dari segi panorama serta fasilitas-fasilitas yang diberikan di tempat tersebut.