Sumatra Selatan

10 Wisata Pantai di Palembang yang Paling Hits

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Palembang, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Bahari Terbaru yang Eksotis, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Palembang.

Palembang merupakan sebuah ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan. Kota Palembang merupakan sebuah ibu kota terbesar kedua setelah Medan. Oleh sebab itu, kota ini dihuni lebih dari 2 juta penduduk. Sehingga kota ini memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata.

Palembang atau dahulu dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya dilalui oleh sungai terbesar dan terpanjang di Pulau Sumatera, yaitu Sungai Musi yang membelah menjadi 2 provinsi ini. Oleh sebab itu, banyak sekali hiburan atau tempat wisata yang ada di daerah sekitar Sungai Musi.

Namun, tidak banyak dijumpai wisata pantai yang terdapat di Palembang. Karena letak geografis dari provinsi ini yang hanya sebelah timur saja yang terdapat pesisir pantainya. Meskipun demikian, masih ada pantai-pantai cantik di Palembang yang wajib Anda kunjungi untuk liburan.

1. Pantai Pulau Maspari

Pantai Pulau Maspari

Image Credit: Merahputih.com

Pantai Pulau Maspari merupakan sebuah pantai yang sangat terkenal di Palembang. Pulau Maspari merupakan sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pantai Pulau Maspari memiliki pantai berkarang besar. Sehingga sangat menarik untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata berfoto.

Tidak hanya batu karang yang melimpah tepat berada di sana, namun Pulau Maspari merupakan sebuah pulau di mana para penyu bertelur yang dilindungi secara langsung oleh pemerintah daerah tersebut. Oleh sebab itu, kehadiran para penyu tersebut menjadi salah satu ikon dari wisata Pantai Pulau Maspari.

Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang terdapat pada tempat wisata pantai di Pulau Maspari ini, antara lain, tempat camping, guess house, serta tempat-tempat pendukung lainnya seperti rumah makan, restroom, dan sebagainya. Untuk dapat menuju ke pulau ini, Anda harus menggunakan alat transportasi berupa mini boat dengan cara menyewanya.

Lokasi: Simpang Tiga Sakti, Kec. Tulung Selapan, Kab. Ogan Komering Ilir.

2. Pantai Desa Sungsang

Pantai Desa Sungsang

Image Credit: Sumeks.co

Salah satu desa yang terletak di pesisir yang memiliki sebuah pesona tersendiri yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain yakni Desa Sungsang. Desa Sungsang memiliki daya tarik tersendiri dari panorama pantai yang sangat mengagumkan. Untuk dapat menuju ke Pantai Desa Sungsang, Anda harus meluangkan waktu sekitar 2,5 jam dari Palembang.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Paling Populer

Terdapat dua cara untuk menuju ke Desa Sungsang, yaitu melalui akses darat maupun dengan menggunakan speed boat yang tersedia dari Sungai Musi. Akan tetapi, sangat disarankan menggunakan jalur air karena Anda juga akan disuguhi sebuah pemandangan yang terdapat pada Sungai Musi.

Objek wisata pantai di Desa Sungsang menawarkan beberapa pemandangan indah, seperti melihat lumba-lumba serta burung yang sedang bermigrasi dari Siberia ke laut yang berada di daerah desa tersebut. Akan tetapi, Anda akan berjumpa hewan-hewan tersebut dan dapat dilihat pada kisaran Bulan Oktober hingga Desember di mana air laut sedang surut.

Lokasi: Desa Sungsang IV, Kec. Banyuasin II, Kab. Banyu Asin.

3. Pantai Bongen

Image Credit: Tribunnews.com

Bila Anda ingin menikmati suasana pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Palembang, cobalah kunjungi Pantai Bongen. Tapi tunggu dulu, sebelum Anda menuju ke sana, perlu diperhatikan beberapa hal mengenai Pantai Bongen ini. Pantai Bongeng merupakan julukan dari masyarakat Palembang bagi Sungai Musi yang mengering.

Anda dapat menikmati keindahan dari panorama Sungai Bongen saat musim kemarau, yang mana air dari Sungai Musi yang mulai menyusut dan mengering. Menyusutnya sungai terbesar di Sumatera ini akan menampakkan panorama yang tidak kalah indahnya dengan panorama di Pantai Kuta, Bali.

Kata Bongen merupakan arti dari bahasa masyarakat lokal yang berarti pasir. Pasir yang ada di dasar dari Sungai Musi seperti pasir-pasir yang ada di pantai. Sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang ada di tengah kota. Terdapat banyak event yang diadakan saat Pantai Bongen ini muncul.

Lokasi: Desa Ngulak, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin.

4. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Facebook.com @Pantai Jodoh Tanjung raja oi

Salah satu pantai yang menarik perhatian orang banyak dari Kota Palembang adalah Pantai Jodoh. Pantai ini memiliki pasir serta tanaman-tanaman pantai pada umumnya. Meskipun terlihat layaknya pantai biasa, namun pantai jodoh ini memiliki beberapa cerita yang sangat menarik.

Banyak warga setempat yang mempercayai bahwa kalau sepasang kekasih berdiri di Pantai Jodoh, maka hubungan antara dua sejoli tersebut akan langgeng hingga menuju ke jenjang pernikahan. Oleh sebab itu, banyak diadakan foto pra wedding serta beberapa momen seperti menembak atau melamar sang kekasih di Pantai Jodoh ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Serijabo, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

5. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung Menjangan

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Pantai Tanjung Menjangan merupakan salah satu pantai yang akhir-akhir ini baru ditemukan. Terdapat di Kecamatan Ogan Komering Ilir, pantai ini dinamakan Menjangan karena lokasinya ada di pesisir Teluk Menjangan yang berbatasan langsung dengan Selat Bangka.

Pantai Tanjung Menjangan memiliki panorama yang begitu indah. Karena masih jarang orang yang datang ke tempat tersebut, sehingga pantai itu tampak begitu bersih dengan pasir berwarna putihnya. Tidak hanya itu saja, pantai yang memiliki air asin ini, memiliki keindahan terumbu karang yang berada di bawah laut yang tidak kalah cantiknya di tempat lain.

Para pengunjung dapat memanfaatkan keindahan bawah air tersebut dengan cara menyelam atau snorkling untuk melihat ikan-ikan serta biota laut lainnya yang terdapat di Pantai Tanjung Menjangan. Untuk dapat menuju ke pantai tersebut, Anda harus menyeberang menggunakan speed boat ke Kecamatan Cengal, tepatnya di Desa Lumpur.

Lokasi: Desa Sungai Lumpur, Kec. Cengal, Kab. Ogan Komering Ilir.

6. Pantai Dermaga Sungai Gerong

Pantai Dermaga Sungai Gerong

Image Credit: Wisatapro.com

Bila Anda ingin menikmati keindahan malam hari, cobalah kunjungi dermaga yang berada di Sungai Gerong. Pantai yang ada di dermaga ini sangatlah biasa bila dikunjungi pada siang hari. Namun pada saat malam hari, Anda akan dimanjakan dengan kilauan lampu yang menghiasi area pantai dermaga Sungai Gerong.

Banyak kapal milik Pertamina Plaju yang lalu-lalang di area Sungai Garong. Dermaga yang berlandaskan kayu menjadikan sebuah nilai yang berharga saat Anda berfoto-foto dengan kerabat bersama dengan jutaan cahaya di sana.

Lokasi: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kab. Banyu Asin Regency.

7. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat

Image Credit: Pariwisataku.com

Bila Anda sedang berada di Palembang dan mampir ke Kecamatan Prabumulih, coba sempatkan datang ke Pantai Pasir Payuputat. Pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan yang menambah nuansa alami dari pantai tersebut.

Pantai Pasir Payuputat merupakan salah satu tempat yang sering diadakan beberapa event-event kebudayaan Palembang, terutama balap perahu tradisional. Anda dapat menikmati pantai ini pada sore hari karena akan disuguhkan panorama terbenamnya matahari yang begitu memanjakan mata.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kab. Prabumulih.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Image Credit: Panduanwisata.id

Pantai Tanjung Setia sebenarnya berada di luar Kota Palembang, yakni Lampung. Namun, kebanyakan orang Palembang datang ke pantai ini karena lokasi yang begitu dekat dengan Kota Bumi Sriwijaya tersebut. Banyak orang Palembang menikmati liburannya dengan datang ke sana untuk melihat ombak yang ada di pantai tersebut.

Keindahan ombak yang terjadi pada pertengahan tahun ini menjadikan salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun domestik karena mereka bisa melakukan surfing di pantai tersebut. Tidak hanya itu, bila Anda datang pada sore hari, tentu saja pemandangan sunset yang begitu mempesona juga pasti didapatkan.

Lokasi: Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan.

9. Pantai Mutun

Pantai Mutun

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Salah satu pantai yang banyak didatangi oleh para traveler lokal yaitu Pantai Mutun. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih serta beberapa perahu yang tampak sedang berlabuh.

Banyak kegiatan yang dapat Anda saksikan di pantai ini yang tidak dapat ditemukan di pantai-pantai lainnya di Palembang maupun di Lampung yakni terdapat fasilitas taman bermain.

Banyak fasilitas yang terdapat pada Pantai Mutun, di antaranya arena bermain, tempat memancing, tempat makan, dan sebagainya. Pantai ini juga memiliki panorama yang indah bila saat waktunya matahari untuk terbenam.

Lokasi: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran.

10. Pantai Supi

Pantai Supi

Image Credit: IG : (@Oganilirupdate)

Salah satu pantai terkenal di Palembang karena banyak memikat para wisatawan yakni Pantai Supi. Pantai ini berada di Kabupaten Ogan Ilir. Pantai tersebut merupakan pantai yang menyuguhkan pemandangan alami.

Pantai Supi merupakan sebuah pantai yang biaya perawatannya berasal dari dana desa setempat. Oleh sebab itu, pantai tersebut merupakan aset bagi penduduk setempat untuk kunjungan wisata. Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang terdapat Pantai Supi seperti tempat bersantai dengan kerabat.

Lokasi: Sungai Pinang I, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

Itulah 10 rekomendasi wisata pantai yang terkenal di Palembang. Banyak dari pantai-pantai tersebut masih baru ditemukan, menjadikan pantai-pantai yang ada di Provinsi Sumatra Selatan ini masih terasa alami dan kebersihannya. Pantai-pantai tersebut juga tidak kalah bagus dengan pantai-pantai di tempat lain. Semoga menjadi referensi saat Anda datang berlibur ke Kota Palembang.