Sumatra Barat

6 Wisata Pantai di Pariaman yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Pariaman, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona dan Terhits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Selanjutnya.

Mengulik tentang keindahan pantai-pantai Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Hal ini karena Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang diapit oleh laut dan samudera. Kota Pariaman pun bukan pengecualian. Di kota yang terletak di sisi barat Provinsi Sumatera Barat ini, Anda bisa menemukan beberapa pantai sebagai tujuan wisata yang patut dikunjungi.

Pantai-pantai yang ada di Kota Pariaman ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tepian laut yang dihiasi pasir putih semakin mempercantik lanskapnya. Sejauh mata memandang, lautan biru dengan sedikit gradasi warna di bibir pantai akan memanjakan mata Anda.

Walau tidak seterkenal Kuta dan daerah Bali lainnya, pantai-pantai di kota ini punya potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata yang keren. Penasaran pantai-pantai apa saja yang terindah di Pariaman? Yuk cek informasi berikut.

1. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Image Credit: Antaranews.com

Jika Anda mencari lokasi pantai yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas snorkeling, pantai di Pulau Angso Duo ini bisa menjadi pilihan berlibur Anda. Karena namanya saja ‘pulau’, Anda perlu naik kapal penyeberangan khusus untuk mencapai pulaunya. Waktu tempuhnya sekitar 15 menit dari Pantai Gandoria dengan tarif terjangkau.

Pulau ini menawarkan ragam aktivitas pantai yang bisa dibilang mirip dengan yang tersedia di Bali. Nilai tambahnya, tidak terlalu banyak pengunjung. Jadi jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa lebih menikmati waktu bersama.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini antara lain, berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut. Di pantai tersebut, pengelola menawarkan jasa sewa peralatan snorkeling. Bahkan Anda pun bisa menemukan pengunjung yang naik banana boat.

Fasilitas yang tersedia di pulau tersebut pun lumayan lengkap bahkan untuk ukuran pulau kecil. Ada penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di Pulau Angso Duo. Selain itu, fasilitas standar pantai seperti tempat bilas, mushola, serta kamar mandi pun tersedia untuk mengakomodasi pengunjung pulau.

Lokasi: Desa Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

2. Pantai Gandoria

Pantai Gandoria

Image Credit: Suaraaktual.co

Tidak banyak yang tahu bahwa nama Gandoria sendiri diambil dari cerita rakyat yang saat ini hanya diketahui oleh segelintir pihak saja. Sebelum tahun 90-an, pantai ini bahkan belum dikenal publik sebagai Pantai Gandoria. Terdapat dua opsi lain untuk menamakan pulau ini, yaitu Piaman Indah serta Angso Duo.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bukittinggi yang Paling Enak

Keunggulan utama pantai ini adalah lanskap baharinya. Tidak jauh dari pantai ini, terdapat gugusan pulau kecil yang dapat ditempuh dalam waktu singkat dari pantai ini. Pulau-pulau ini bahkan dapat dilihat dari pantai yang tergolong landai ini. Termasuk di antaranya adalah Pulau Angso Dua serta Pulau Kasiak yang akan dibahas nanti.

Fasilitas yang tersedia sudah lumayan akomodatif bagi para wisatawan. Jalan akses menuju pantai ini pun tidak buruk karena memang tidak jauh dari pusat kota. Banyak warung tersedia di pinggir jalan dengan menu yang lumayan variatif. Seperti pecel lele, nasi goreng, atau sesederhana mie rebus. Pedagang kelapa muda pun juga mudah ditemui.

Selain berfoto dengan latar belakang laut lepas, di pantai ini juga terdapat monumen berbentuk tank. Monumen ini bernama Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut Kota Pariaman. Bangunan yang menyerupai panggung dengan tulisan Pantai Gandoria juga bisa menjadi tempat untuk mengabadikan momen kunjungan ke Pantai Gandoria.

Menariknya, dari pusat kota Anda tidak perlu jauh-jauh berkendara untuk berkunjung ke sini. Bahkan jika Anda lihat di peta online, jarak dari pusat kota kurang dari dua kilometer. Maka dari itu, sayang sekali rasanya jika berkunjung ke kota Pariaman namun melewatkan kesempatan untuk main di Pantai Gandoria.

Lokasi: Desa Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

3. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Image Credit: Penginapan.net

Tidak jauh dari Pantai Gandoria, ada pula pantai lain, yaitu Pantai Cermin. Pantai ini hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Gandoria. Sehingga, Pantai ini masih berbagi garis pantai yang sama dengan Pantai Gandoria.

Berbeda dari Pantai Gandoria yang ‘benar-benar pantai’ dengan jumlah tumbuhan yang sedikit, Pantai Cermin terkesan lebih rindang. Pohon peneduh dapat dijumpai dengan mudah di pantai ini.

Tak jarang dapat ditemui sekelompok orang yang menggelar alas duduk untuk bersantai bersama seperti layaknya sedang berpiknik. Memang di beberapa tempat, tanah di kawasan pantai ini ditumbuhi rumput. Bagi pengunjung yang mengajak sang buah hati, di pantai ini terdapat playground kecil. Cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan mereka.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Dharmasraya yang Murah & Enak

Pada hari biasa, pedagang makanan atau minuman tidak banyak ditemukan. Di hari Sabtu atau Minggu, karena biasanya ada kenaikan jumlah pengunjung, pedagang makanan dan minuman pun juga banyak yang berdatangan. Namun jika dibandingkan dengan Pantai Gandoria, tentu jumlah pedagang di Pantai Cermin lebih sedikit.

Lokasi: Desa Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

4. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak

Image Credit: Sumbarsatu.com

Pulau Kasiak merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang berada tak jauh dari daratan Kota Pariaman. Bertandang ke Pulau Kasiak mengharuskan Anda untuk menggunakan perahu lagi, dimana tarif untuk satu kali perjalanan adalah Rp 30.000. Waktu tempuhnya adalah sekitar 15-30 menit, tergantung dari kondisi cuaca.

Dengan pantai yang berpasir putih, puaskan keinginan Anda untuk menjelajahi pinggiran pantai. Pulau ini tidak berpenghuni, jadi berlibur di Pulau Kasiak seakan-akan berlibur di pulau milik sendiri. Pepohonan kelapa yang mengelilingi pantai semakin membuat pantai ini nampak eksotis. Cocok juga jika pulau ini dijuluki sebagai the tropical paradise.

Hampir setiap lokasi di Pulai Kasiak menyuguhkan background yang cantik untuk diabadikan dalam foto. Bagi Anda yang tidak takut ketinggian, coba naiki mercusuar yang ada di pulau tersebut. Walaupun sedikit susah untuk menaiki anak tangga untuk mencapai puncak mercusuar, Anda pasti tak akan menyesal kala sudah sampai di puncak mercusuar.

Hamparan laut biru di segala arah bisa Anda abadikan dengan kamera. Dari menara/mercusuar ini, Pulau Angso Duo pun terlihat – walau hanya seperti gundukan landai. Sesekali Anda juga bisa melihat kapal-kapal yang melintas. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati kala menaiki dan menuruni tangga serta saat berada di dek mercusuar tersebut.

Sisi menarik lain dari pulau ini adalah, ombaknya yang relatif lebih tenang. Sempatkan diri Anda untuk menyaksikan keindahan bawah laut saat snorkeling. Atau mungkin Anda hanya sekadar ingin berenang. Apapun pilihan kegiatan Anda di pulau ini, pastikan Anda tidak terlalu jauh ke tengah laut. Bawa perlengkapan snorkeling Anda sendiri karena tidak ada persewaan alat disini.

Berminat untuk menginap di Pulau Kasiak? Siapkan tenda dan perbekalan Anda. Lalu, pastikan Anda izin terlebih dahulu pada penjaga pulau. Jangan lupa untuk membawa perbekalan karena di pulau ini tidak ada pedagang yang menjual makanan atau minuman. Tentunya ini akan jadi pengalaman yang luar biasa dan tidak terlupakan.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Lokasi: Patamuan, Kampung Perak, Kec. Pariaman Tengah, Kab. Padang Pariaman.

5. Pantai Ketaping

Pantai Ketaping

Image Credit: Wisatalengkap.com

Pantai Ketaping, atau bisa juga disebut sebagai Pantai Katapiang, merupakan pantai yang lumayan dekat dari Bandara Internasional Minangkabau. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari bandara tersebut. Dari tengah kota Pariaman sendiri memang lebih jauh jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas.

Hampir mirip dengan Pantai Cermin, Pantai Ketaping ini juga memiliki area yang banyak ditumbuhi pepohonan. Ada pula area yang ditanami rumput yang nampak terawat. Beberapa saung juga terlihat di sepanjang pantai. Dengan suasana pantai yang tenang, pantai ini cocok untuk Anda kunjungi di akhir minggu atau pada saat liburan.

Di pantai ini, Anda bisa melihat beberapa orang bermain layang-layang. Angin yang lumayan kencang membuat bermain layang-layang semakin seru. Suara deburan ombak di pantai yang tidak terlalu ramai seakan membuat Anda menjadi satu-satunya ‘penguasa’ pantai.

Lokasi: Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman.

6. Pantai Kata

Pantai Kata

Image Credit: Harianhaluan.com

Penamaan Pantai Kata diambil dari kedua nama desa yang mengapit pantai ini, yaitu Karan Aur dan Taluak. Dari tengah kota Pariaman sendiri tidak begitu jauh, yaitu sekitar 4 kilometer. Lebih jauh daripada Pantai Cermin, lebih dekat daripada Pantai Ketaping jika titik nolnya adalah tengah kota Pariaman.

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai sebelumnya, pantai ini merupakan pantai ‘serbaguna’. Maksudnya, banyak sekali kegiatan wisata yang bisa dilakukan di kawasan pantai ini. Dari diving, snorkeling, memancing, atau sekadar bermain air. Anda juga dapat melihat ragam spot foto unik di pantai ini, misalnya saja bebatuan besar yang dicat, atau Tugu Ikan Situhuk.

Tidak jarang pula banyak kapal nelayan yang merapat ke pantai dan membawa hasil tangkapan ikan. Anda bisa langsung membelinya dengan harga yang lebih miring daripada harga pasar. Selain itu, pantai ini juga merupakan spot sunset yang lumayan bagus di Pariaman.

Lokasi: Taluk Karan Aur, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Itulah daftar wisata pantai di Kota Pariaman yang sedang hits saat ini. Walau tidak cukup masyhur di kalangan masyarakat luar Sumatera Barat, pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini pantas untuk dijadikan destinasi liburan Anda selanjutnya. Jadi, kapan Anda mau berkunjung ke sini?