11 Tempat Wisata di Pasir Pangaraian Rokan Hulu Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Pasir Pangaraian Rokan Hulu Terbaru, Hits & Populer

Ada banyak sekali tempat wisata hits di Pasir Pangaraian, Rokan Hulu yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang ingin mencari tempat berlibur nyaman dan seru. Di kota tersebut, Anda akan menemukan wisata dengan panorama serta pesona alam yang sangatlah mengagumkan.

Tidak hanya wisata-wisata alam saja, tapi Anda juga akan menemukan tempat wisata budaya, wisata sejarah dan juga beberapa spot foto yang sangatlah indah dan sangat instagramable ketika berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu. Kabupaten tersebut berada di Provinsi Riau.

Karena itu, ketika berkunjung ke provinsi Riau, khususnya Kabupaten Rokan Hulu, maka Anda harus menikmati tempat liburan yang ada di sana. Untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja tempat-tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda, maka berikut ini akan diulas daftarnya.

1. Huta Sikafir

Huta Sikafir
Image Credit: Facebook Robert Adi Pradana

Untuk rekomendasi tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Pasir Pangaraian Rokan Hulu yaitu Huta Sikafir. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Pasir Pengaraian, maka untuk menempuh tempat wisata tersebut Anda harus menempuh jarak sekitar 9 km.

Huta Sikafir itu sendiri merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki luasan area sekitar 4 hektar dan ada di Kabupaten Rokan Hulu. Di dalam area wisata tersebut, Anda akan menemukan beberapa gua yang memang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Huta Sikafir.

Dari banyaknya gua yang bisa ditemukan di sana, terdapat beberapa goa yang paling populer dan terkenal di kalangan para wisatawan Goa tersebut antara lain yaitu Goa Leppong, Goa Marmut, Goa Mata dewa dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pawan, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

2. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua
Image Credit: Google Maps Sarif Alamsyah

Untuk rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Pasir Pengaraian yaitu Air Terjun Aek martua. Lokasi Air Terjun tersebut berada tidak jauh dari pusat kota. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 12 km saja.

Lokasi tepatnya Air Terjun Aek Martua tersebut berada di Desa Bangun Purba yang merupakan bagian dari Kecamatan Bangun Purba. Umumnya tempat wisata tersebut akan cukup ramai dikunjungi setiap harinya, karena memang tempat wisata ini tidak pernah ditutup.

Yang jauh lebih menarik lagi adalah tempat wisata tersebut tidak hanya memiliki satu air terjun saja, tapi juga Anda akan menemukan 3 air terjun sekaligus. Lokasi dari air terjun berada saling berdekatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Riau.

3. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis
Image Credit: Google Maps Yudhi Prinaldi

Benteng tujuh lapis itu sendiri dulunya merupakan sebuah benteng pertahanan yang dibangun pada masa Belanda saat menjajah Indonesia zaman dahulu. Benteng Ini tepatnya didirikan pada tahun 1835. Benteng Tujuh Lapis tersebut dibangun oleh seorang tokoh terkenal pada saat itu, bernama Tuanku Tambusai.

Pada mulanya benteng Ini diberi nama Kubu Aur Duri oleh karena tanggul yang ada di benteng yang ditanami tanaman Aur Berduri. Tanaman tersebut merupakan jenis bambu berduri yang lokasinya terletak di Desa Dalu-Dalu.

Bagi Anda para pecinta wisata sejarah, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Benteng Tujuh Lapis ini. Di sanalah Anda bisa menemukan peninggalan bersejarah dari masa kolonial. Berkunjung ke tempat tersebut seolah Anda tengah melihat penampakan masa lalu.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambusai Tengah, Kec. Tambusai, Kab. Rokan Hulu, Riau.

4. Danau Cipogas

Danau Cipogas
Image Credit: Google Maps Galih Yudistira

Tempat wisata yang juga tak kalah populer ada di Pasir Pangaraian yaitu Danau Cipogas. Danau tersebut memiliki bendungan kait yang mana Anda akan menemukan adanya batu-batuan besar serta aliran sungai yang bersumber dari Kaki Bukit Haorpit.

Bendungan kait dan juga Danau Cipogas ini hanya memiliki jarak kurang lebih yaitu 4 KM saja jika Anda berangkat dari pusat Kota Pasir Pengaraian. Lokasi tepatnya berada di Desa Sialang Jaya. Untuk menemukan tempat wisata ini juga tergolong mudah dan akses yang dilalui pun tidaklah susah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sialang Jaya, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

5. Museum Kupu-Kupu

Museum Kupu-Kupu
Image Credit: Google Maps Zulkarnaen

Bagi para pecinta spesies kupu-kupu, maka tempat wisata yang satu ini sangatlah disarankan untuk Anda kunjungi. Museum kupu-kupu sendiri merupakan destinasi wisata yang memberikan edukasi pada para pengunjungnya. Anda akan melihat berbagai macam jenis kupu-kupu ada di sana.

Bahkan museum ini diklaim sebagai tempat penangkaran kupu-kupu satu-satunya yang ada di Pulau Sumatera. Lokasi tepatnya dari museum tersebut yaitu berada di Kecamatan Rambah, Desa Pematang Berangan. Dari Sumber Air Panas Hapanasan, maka Museum Kupu-Kupu ini berada tidak terlalu jauh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pematang Berangan, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

6. Makam Raja-Raja Rambah

Makam Raja-Raja Rambah
Image Credit: Google Maps Rara Dicky1972

Untuk tempat wisata berikutnya merupakan area yang sering dijadikan sebagai lokasi ziarah bagi para wisatawan dari berbagai macam kota. Tempat wisata ini merupakan makam dari Raja-Raja Rambah. Anda akan menemukan kompleks Kerajaan Rambah di tempat ini. Raja Rambah itu sendiri pada masanya sangatlah dikenal sebagai sosok yang begitu disegani.

Lokasi tepatnya dari kompleks pemakaman tersebut yaitu berada di Kecamatan Rambah Hilir, Desa Rambah. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Pasir Pengaraian, maka untuk bisa mencapai kompleks pemakaman tersebut harus menempuh jarak sekitar 9 km.

Suasana yang ada di dalam tempat wisata tersebut memang terkesan sedikit angker. Hal itu dikarenakan makam-makam dari Raja sudah ditumbuhi oleh lumut dan kayu-kayu yang berukuran besar dan berumur puluhan, bahkan ratusan tahun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rambah, Kec. Rambah Hilir, Kab. Rokan Hulu, Riau.

7. Sungai Bungo

Sungai Bungo
Image Credit: Google Maps taufik daulay

Rekomendasi wisata berikutnya yaitu berupa sungai yang bernama Sungai Bungo. Sungai Bungo terletak di Desa Sialang, Kecamatan Rambah. Untuk menuju ke tempat tersebut, maka Anda harus melewati Danau Cipogas. Dan waktu yang dibutuhkan hingga akhirnya sampai ke tempat tersebut dari Danau Cipogas yaitu sekitar 1 jam lamanya.

Sungai Bungo sendiri berada di Dusun Sungai Bungo yang merupakan wilayah perkampungan dengan memegang budaya yang sangat kuat. Kebudayaan modern seolah masih belum menjamah tempat ini. Sehingga bagi Anda yang mencari tempat ekowisata maka desa ini sangatlah cocok untuk Anda sambangi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Bungo, Sialang Jaya, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

8. Sumber Air Panas Pawan

Sumber Air Panas Pawan
Image Credit: Google Maps Akim San

Pasir Pengaraian juga memiliki beberapa tempat yang menghasilkan sumber air panas. Salah satu tempat tersebut yaitu Sumber Air Panas Pawan. Tempat ini dijadikan lokasi wisata yang mampu menarik banyak wisatawan berkunjung. Dari pusat Kota Pasir Pengaraian, maka jarak yang akan ditempuh sekitar 9 km.

Lebih tepatnya sumber air panas tersebut terletak di Kelurahan Pawan. Kelebihan yang dimiliki tempat wisata ini yaitu sumber air panas mempunyai dua sumber, yang mana suhu dari air tersebut tidaklah sama.

Untuk sumber air panas yang di sebelah kanan memiliki suhu kurang lebih 48 derajat Celcius. Sedangkan untuk air panas yang berada di sebelah kiri memiliki suhu berkisar 60 derajat Celcius.

Bagi Anda yang sangat suka berendam di air panas, maka sumber Air Panas Pawan sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena memang tempat ini menyuguhkan air yang begitu menyegarkan serta pemandangan sekitar yang sangatlah elok.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rambah Tengah Barat, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

9. Air Panas Hapanasan

Air Panas Hapanasan
Image Credit: Google Maps kontak Jo

Selain Anda menemukan Sumber Air Panas Pawan, di Pasir Pangaraian juga terdapat sumber air panas yang tak kalah terkenal lainnya yang bernama Air Panas Hapanasan. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Pangaraian, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini kurang lebih 20 menit.

Lokasi tepatnya dari Air Panas Hapanasan tersebut terdapat di Desa Rambah Tengah Barat. Dibuka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 6 petang. Berkunjung ke tempat ini Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah fasilitas. Karena pihak pengelola wisata telah membangun fasilitas yang cukup lengkap.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rambah Tengah Barat, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu, Riau.

10. Istana Kerajaan Rokan

Istana Kerajaan Rokan
Image Credit: Google Maps Khafid Sofyan

Untuk rekomendasi berikutnya yaitu Istana Kerajaan Rokan. Merupakan salah satu tempat peninggalan dari kesultanan Nagari Tuo. Kesultanan itu sendiri telah memiliki usia kurang lebih 200 tahun. Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Pasir Pangarayan yaitu kurang lebih 46 km.

Lebih tepatnya istana tersebut terdapat di Desa Rokan Koto Ruang. Ketika Anda hendak mengunjungi Istana Kerajaan Rokan tersebut, maka Anda bisa datang pada pukul 8 pagi dan tempat tersebut akan ditutup pada pukul 4 sore. Tidak ada hari libur, tempat wisata ini dibuka setiap hari.

Keunikan yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke istana kerajaan Rokan yaitu ada pada bagian arsitektur bangunannya. Istana ini memang memiliki konsep rumah khas melayu yang sangat unik dan indah.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rokan Koto Ruang, Kec. Rokan IV Koto, Kab. Rokan Hulu, Riau.

11. Taman Nasional Bukit Suligi

Taman Nasional Bukit Suligi
Image Credit: Google Maps S AG

Untuk rekomendasi tempat wisata terakhir di Pasir Pangaraian yang juga tak kalah menarik dan populer yaitu Taman Nasional Bukitinggi. Taman nasional tersebut adalah kawasan hutan lindung yang memiliki luasan area mencapai 3000 hektar.

Di dalam taman nasional tersebut Anda akan menemukan berbagai jenis fauna dan flora yang dilindungi. Disamping itu juga terdapat objek wisata yang cukup menarik untuk dinikmati ketika berada di Taman Nasional Bukit Suligi. Objek wisata itu antara lain yaitu goa, danau serta sungai-sungai kecil yang masih terjaga kealamiannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai apa saja daftar tempat wisata di Pasir Pangaraian, Rokan Hulu yang bisa Anda kunjungi. Pastikan Anda mengunjungi salah satu dari daftar yang telah disebut di atas supaya liburan Anda di Pasir Pengaraian jadi lebih seru dan mengesankan.