11 Tempat Wisata di Rantau Prapat Labuhanbatu Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Rantau Prapat Labuhanbatu Terbaru, Hits & Populer

Jika berbicara tentang objek wisata terkhusus di Provinsi Sumatera Utara maka nama Rantau Prapat harus dilirik. Memang destinasi di Rantau Prapat Labuhanbatu tidak sepopuler yang ada di Medan, namun ada beberapa tempat wisata yang luar biasa indah di daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau tersebut.

Rantau Prapat sendiri merupakan sebuah Ibukota untuk Kabupaten Labuhanbatu yang. Kebanyakan destinasi yang ada disana adalah wisata alam. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau dengan panorama alam yang luar biasa indah. Kali ini kita akan membahas tempat wisata yang menarik di Kota Rantau Prapat, baik wisata alam maupun buatan yang kaya pesona dan wajib Anda kunjungi.

1. Waterboom Aek Janji

Waterboom Aek Janji
Image Credit: Google Maps Em_ Product,s

Waterboom Aek Janji adalah salah satu objek wisata yang hits di Rantau Prapat. Lokasi tepatnya dari taman air yang digemari oleh anak-anak ini berada di Bukit Indah Permai Kawasan Bakaran Baru, Kabupaten Labuhanbatu.

Di Waterboom Aek Janji terdapat beberapa jenis kolam renang sesuai dengan usia. Seperti ada kolam renang untuk anak-anak yang memiliki kedalaman yang dangkal dan ada juga kolam renang untuk orang dewasa yang memiliki kedalaman yang cukup dalam. Selain itu ada juga kolam renang yang memiliki ombak dan perosotan air.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Janji, Padang Matingi, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Linggahara

Air Terjun Linggahara
Image Credit: Twitter Antardwipa

Air Terjun Linggahara merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam ekstrim. Bagaimana tidak tempat menarik yang berlokasi di Kecamatan Ujung Bandar Kabupaten Labuhanbatu ini mengharuskan anda untuk berjalan kaki sejauh 9 kilometer.

Ketika tiba di area wisata dan memarkirkan kendaraan anda, selanjutnya anda diharuskan untuk berjalan kaki dari parkiran menuju Air Terjun Linggahara sejauh 9 kilometer. Ketika sudah dekat dengan lokasi air terjun maka anda akan mendengarkan suara deru air terjun sebagai tanda selamat datang.

Air terjun yang sangat indah ini berada di tengah-tengah hutan yang membuat hawa udara di sekitarnya menjadi sangat segar.

Bagi anda yang capek dengan dunia perkotaan bisa mendatangi Air Terjun Linggahara untuk melakukan refreshing sejenak. Mendengarkan suara angin di sela dedaunan dan suara burung di dahan pohon akan membuat anda lebih santai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

3. Sapadia Boombara Waterpark

Sapadia Boombara Waterpark
Image Credit: Twitter Kerjapekanbaru.com

Sapadia Boombara Waterpark merupakan destinasi buatan dengan konsep taman bermain air terbesar di Labuhanbatu. Objek wisata ini berada di tengah kota dengan luas mencapai 1,5 hektar, dan merupakan tempat wisata yang cocok bagi anda yang ingin berlibur namun tidak bisa jauh-jauh dari kota karena satu dan lain hal.

Tujuan para pengunjung kesini jelas untuk bermain air. Terdapat banyak wahana air seperti kolam renang, kolam arus, seluncuran, futsal air, boomerang side, dan masih banyak wahana air lainnya. Selain itu ada juga beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir, ruang bilas, restoran, toilet, dan mushola.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Adam Malik, Perdamean, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

4. Tugu Juang 45 Lobusona

Tugu Juang 45 Lobusona
Image Credit: Google Maps Amin Wahyudi

Jika berbicara tentang tempat hits di Rantau Prapat, maka nama Tugu Juang 45 Lobusona harus masuk ke dalam daftar tersebut. Bagaimana tidak, tugu yang berlokasi di Desa Rantau Utara ini merupakan ikon dari Labuhanbatu itu sendiri.

Tugu Juang 45 Lobusona sudah mengalami beberapa kali renovasi oleh beberapa pemuda kreatif yang membuatnya kini terlihat lebih indah dan sangat cocok untuk berfoto sepuasnya. Terdapat banyak sekali spot foto yang membuat ikon Labuhanbatu ini sering dikunjungi oleh para remaja untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Jika anda sedang berada di Labuhanbatu maka anda harus menginjakan kaki di Tugu Juang 45 Lobusona dan mengambil beberapa foto di tugu bersejarah tersebut. Ada banyak spot keren yang bisa anda gunakan untuk berfoto seperti payung terbang, taman bunga warna-warni, vespa tua, rumah pohon, dan beberapa spot menarik lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

5. Puncak Hoza

Puncak Hoza
Image Credit: Instagram 111maretta

Puncak Hoza merupakan objek wisata alam yang berlokasi di wilayah Aek Natas. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang hobi melakukan pendakian, karena untuk mencapai Puncak Hoza yang berada di ketinggian anda diharuskan untuk berjalan kaki melewati hutan dan perkebunan milik warga.

Ketika anda berhasil sampai di Puncak Hoza maka anda akan menyaksikan keindahan alam yang luar biasa indah. Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk menyaksikan sunset atau momen saat matahari tenggelam.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Yaman, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

6. Tugu Simpang Empat

Tugu Simpang Empat
Image Credit: Google Maps Irzal Fanany

Seperti namanya Tugu Simpang Empat merupakan sebuah tugu yang menjadi pertemuan antara 4 jalan. Tidak jauh dari tugu kebanggaan warga Labuhanbatu ini terdapat sebuah taman yang membuatnya masuk sebagai salah satu objek wisata.

Biasanya ketika sore hari akan ada beberapa orang yang terlihat sedang bersantai di taman tersebut sambil menyaksikan kendaraan mengelilingi Tugu Simpang Empat. Jika anda ingin berfoto sebaiknya berhati-hati karena tugu ini selalu ramai dengan kendaraan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Rantauprapat, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

7. Bukit Hijau Permai

Bukit Hijau Permai
Image Credit: Facebook Gratia Sinaga

Destinasi alam selanjutnya yang bisa anda kunjungi ketika sedang berada di Rantau Prapat Labuhanbatu adalah Bukit Hijau Permai. Bukit yang pemandangan yang serba hijau ini memiliki beberapa kolam yang bisa anda gunakan untuk bermain air sepuasnya.

Kolam-kolam tersebut dibagi menjadi kolam anak-anak dan kolam untuk orang dewasa. Terdapat juga beberapa wahana permainan seperti perosotan air hingga kolam dengan ember raksasa di atasnya. Selain itu ada juga food corner yang menyediakan makanan bagi pengunjung yang tidak membawa bekal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Hijau Permai, Bakaran Batu, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara.

8. Pulau Sikantan

Pulau Sikantan
Image Credit: Twitter SIMPANGLAH COMMUNITY

Nama Pulau Sikantan cukup populer di kalangan warga Labuhanbatu karena memiliki cerita tentang anak yang tidak patuh kepada orang tua mirip seperti Malin Kundang. Sebuah keunikan pada Pulau Sikantan ini yang membuatnya berbeda dengan pulau-pulau lainnya adalah Pulau Sikantan berada di tengah-tengah Sungai Bilah.

Pulau Sikatan memiliki perkebunan sawit yang dikenal dengan nama Sei Merdeka. Salah satu kegiatan wajib yang harus anda lakukan ketika mengunjungi pulau di tengah Sungai Bilah ini adalah memancing ikan. Bagi anda yang suka memancing, coba lemparkan mata kail anda dan silahkan beradu kekuatan dengan ikan-ikan yang ada di Sungai Bilah.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Sarang Elang, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara.

9. Pantai Kahona

Pantai Kahona
Image Credit: Twitter Medan Holiday

Satu lagi wisata alam ekstrim yang bisa ditemui di Labuhanbatu adalah Pantai Kahona. Hal tersebut karena untuk jalan sampai ke bibir Pantai Kahona membutuhkan perjuangan yang cukup berat. Di pantai yang masih sangat asri ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Ada juga beberapa spot foto yang bisa ditemui dengan mudahnya. Berlibur ke Pantai Kahona bersama keluarga, pasangan, atau teman akan tetap seru karena pantai berpasir putih ini lebih mengutamakan keindahan alamnya dari pada fasilitas-fasilitas lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sei Tawar, Kec. Bilah Hilir, Kab. Labuhanbatu, Provinsi Sumatra Utara.

10. Air Terjun Sirao Rao

Air Terjun Sirao Rao
Image Credit: Google Maps Ibrahim Pohan

Berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Rantau Prapat, terdapat wisata alam yang menawan untuk dijelajahi, yaitu Air Terjun Sirao Rao. Air terjun yang selalu ramai dengan para pengunjung ini sangat dirawat oleh para pengelolanya sehingga wajar saja jika airnya sangat segar dan fasilitas penunjang juga sangat banyak.

Hanya dengan mencelupkan kaki ke aliran air saja anda sudah bisa merasakan kesegaran yang luar biasa nyaman. Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung Air Terjun Sirao Rao seperti gazebo, parkiran, toilet, kursi dari bambu untuk menceburkan kaki, dan masih banyak fasilitas penunjang lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lingga Tiga, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

11. Air Terjun Lama Rantau Prapat

Air Terjun Lama Rantau Prapat
Image Credit: Google Maps Nabil Tri Kustanto

Tempat wisata berikutnya adalah Air Terjun Lama Rantau Prapat. Air terjun yang cocok bagi anda yang suka wisata ekstrim ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa indah. Dikatakan ekstrim karena untuk sampai di aliran air terjun anda diharuskan untuk berjalan kaki dan melewati rute yang sangat menantang.

Setelah sampai di lokasi Air Terjun Lama Rantau Prapat anda akan menyaksikan keindahan sebuah air terjun yang sangat cantik dan segar. Belum lagi anda juga akan menemukan sebuah kolam raksasa yang siap digunakan untuk berendam atau sekedar bermain air.

Destinasi alam ini selain sangat indah juga sangat asri dan nyaman. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berada di tengah hutan membuat udara yang ada di sekitarnya sangat terasa segar dan nyaman, belum lagi suara angin yang berhembus di sela dedaunan dan suara burung yang hinggap di dahan pohon menambah suasana nyaman tersebut.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tempat wisata baik wisata alam maupun wisata buatan yang berlokasi di Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu. Meskipun daerah yang satu ini tidak sepopuler Kota Medan, namun untuk destinasi wisatanya tidak bisa dipandang sebelah mata.