Kampung Wisata Sawah Pematang Johar, Destinasi Wajib Penikmati Kuliner & Wisata Selfie

Kampung Wisata Sawah Pematang Johar, Destinasi Wajib Penikmati Kuliner & Wisata Selfie

Kampung Wisata Sawah Pematang Johar salah satu objek wisata bernuansa pemandangan persawahan di Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara. Kampung unik yang wajib dijelajahi oleh penikmati kuliner dan wisata selfie.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun VI, Pematang Johar, Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tergolong sebagai tempat wisata yang baru, Wisata Sawah Pematang Johar menjadi destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam dari daerah pedesaan. Tempat ini pada awalnya dibuka pada 22 Desember 2019. Sejak pertama kali dibuka tempat wisata ini langsung menarik minat pengunjung untuk datang.

Terbukti dengan keadaan tempat ini yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Ini semua juga karena antusias dari para pengunjung yang mendukung dengan adanya tempat ini. Antusias yang tinggi ini juga datang dari pengunjung luar kota yang rela datang ke sini demi untuk merasakan pemandangan alam pedesaan dan suasana asrinya.

Kawasan dimana tempat wisata ini berada didominasi dengan banyaknya warga yang bekerja sebagai petani. Melihat adanya sebuah potensi yang menarik untuk dikembangkan ini dan atas ide dari beberapa warga masyarakat di desa Punden Rejo, maka dibangunlah Wisata Sawah Pematang Johar. Warga terinspirasi dari Pujon Kidul, Jawa Timur yang kurang lebih sama-sama menawarkan keindahan alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Sawah Pematang Johar

Daya Tarik Sawah Pematang Johar
Image Credit: Instagram.com @sriandoko_

Wisata yang berada di Sumatera Utara ini memiliki banyak daya tarik, dijamin saat Anda berkunjung ke sini akan betah dibuatnya. Berikut ini daya tarik dari Wisata Sawah Pematang Johar yang akan membuat para pengunjung betah berada di sini.

1. Menawarkan Keindahan Alam

Tempat wisata ini memiliki pesona keindahan alam yang menakjubkan, tiap pengunjung yang datang dijamin akan terpukau saat melihat keindahan ini. Kawasan ini sengaja dibangun untuk menampilkan keindahan alam yang berada di daerah Kabupaten Deli Serdang.

2. Memiliki Taman Baca

Terdapat bangunan perpustakaan yang memiliki banyak buku-buku menarik untuk dibaca. Perpustakaan ini di maksudkan sebagai sebuah taman baca yang dapat digunakan oleh siapa saja. Pengunjung yang datang dapat membaca buku di sini sembari bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk.

3. Suasana Asri Khas Pedesaan

Berada di daerah pedesaan yang masih memiliki suasana asri membuat tempat Wisata Sawah Pematang Johar menjadi suatu hal yang menarik untuk dikunjungi bagi warga kota. Warga daerah perkotaan biasanya datang kesini selain tertarik dengan keindahan alam yang ada, mereka juga tertarik dengan suasana pedesaan yang asri.

Selain itu, pengunjung yang berasal dari daerah perkotaan juga ingin merasakan ketenangan di daerah pedesan. Mereka biasa datang mencari ketenangan guna melepaskan penat dan menjauh dari keramaian daerah perkotaan.

4. Spot Foto yang Menarik

Terdapat banyak spot foto menarik yang sengaja di buat untuk membuat pengunjung nyaman dan betah berada di sini. Saat pertama masuk ke area ini saja sudah terdapat sebuah lorong yang terbuat dari bambu di sini biasanya para pengunjung mengabadikan momen.

Selain itu, di area wisata ini juga telah dilengkapi lampu-lampu aneka warna yang akan menyala saat hari mulai gelap. Oleh karena itu, biasanya pengunjung datang saat sore hari untuk melihat keindahan kawasan wisata ini di waktu malam hari.

5. Keindahan Lampu yang Menyala di Malam Hari

Saat hari menjelang gelap Anda akan menyaksikan indahnya warna langit yang berubah menjadi gelap. Yang tak kalah menariknya adalah saat malam hari Anda akan menjumpai kerlap kerlip lampu yang mulai menyala untuk menerangi saat keadaan malam hari. Banyak pengunjung yang sengaja datang di sore hari untuk dapat menikmati keindahan tempat ini di waktu malam hari.

Daya Tarik Wisata Sawah Pematang Johar
Image Credit: Instagram.com @wisatasawahpematangjohar

6. Melihat Secara Langsung Proses Pengolahan Padi

Kampung Wisata Sawah Pematang Johar ini berada di atas lahan sawah warga setempat yang sengaja disewa untuk membangun sebuah destinasi wisata. Sehingga saat Anda beruntung ketika berkunjung dapat menyaksikan para warga sedang memanen padi dan Anda akan dapat melihat proses pengolahan padi menjadi beras.

Anda dapat membawa serta anak-anak saat berkunjung ke sini dan menunjukkan bagaimana proses padi menjadi beras. Sehingga bukan hanya berlibur tetapi sang anak juga akan menerima sebuah pengalaman baru.

7. Menikmati Sunset

Jika biasanya anda menikmati keindahan sunset di tepian pantai kali ini momen dan keindahan ini dapat Anda lihat di kawasan yang jauh dari laut. Saat hari menjelang gelap warna dari langit akan berubah menjadi semakin cantik dengan perpaduan warna.

Anda wajib mengabadikan momen yang langka ini, keindahan sunset ini merupakan hal yang jarang dapat Anda nikmati di kawasan yang jauh laut. Hal ini juga yang biasanya menjadi hal yang paling dinantikan oleh pengunjung.

8. Wisata Ramah Lingkungan

Hampir semua furniture yang berada di kawasan ini dibuat dari limbah sampah. Sehingga menjadikan tempat ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang peduli terhadap keadaan lingkungan. Saat berkunjung ke sini Anda akan menjumpai terdapat pondok-pondok yang digunakan pengunjung untuk beristirahat terbuat dari bambu.

Selain itu, Anda dapat melihat furniture seperti meja, kursi dan lainnya yang terbuat dari ecobricks, bahkan bahan baku pembuatan ecobricks dari sampah masyarakat sekitar. Terdapat pula panel surya di sekitar area wisata ini yang memang digunakan untuk sumber listrik dari lampu yang akan menyala waktu malam.

Pihak warga dan desa yang bekerja sama dengan Kawasan Industri Medan(KIM) memang ingin menghadirkan sebuah destinasi wisata yang ramah lingkungan. Agar selain dapat membantu perekonomian warga sekita namun juga mengurangi limbah sampah di daerah ini.

9. Wisata Air yang Menarik

Bukan hanya menawarkan keindahan alamnya saja di sini juga terdapat permainan air. Terdapat sebuah kolam yang lumayan besar untuk Anda mencoba bermain sepeda air bersama anak atau pun keluarga. Fasilitas ini dibuat agar berkunjung dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Kampung Sawah Pematang Johar

Alamat Kampung Sawah Pematang Johar
Image Credit: Google Maps (Fadilsyah Lubis)

Kawasan destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Deli Serdang. Labuhan Deli, Jalan Johar Raya, Gang Tanah Wakaf Jl. Dusun VI, Sumatera Utara. Berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Medan dapat ditempuh pengunjung menggunakan kendaraan roda empat atau pun roda dua.

Untuk masuk ke destinasi wisata sawah yang unik ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Dan untuk masyarakat Desa Pematang Johar sendiri akan digratiskan hanya dengan menunjukkan KTP. Dengan biaya yang sangat terjangkau tersebut kita sudah bisa dapat menikmati keindahan alam yang sangat cantik, wisata ini buka mulai pukul 08.00-19.00 WIB setiap hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Wisata Sawah

Kegiatan Menarik di Kampung Wisata Sawah
Image Credit: Instagram.com @kampoengwisatasawah

1. Mengabadikan Momen

Terdapat banyak spot menarik yang bisa Anda gunakan untuk beackground foto Anda. Anda wajib mengeksplore semua spot yang ada disini karena spot foto yang ada cantik-cantik. Apalagi saat suasana menjelang malam hari semua lampu warna-warni akan menyala dengan cantik. Saat malam hari memang kawasan ini akan semakin cantik karena warna cahaya dari lampu.

2. Mencoba Wahana Air

Selain menikmati keindahan alam dan suasana khas pedesaan, terdapat sebuah wisata sepeda air dengan bentuk bebek lucu yang dapat Anda mainkan. Destinasi Wisata Sawah Pematang Johar memiliki luas tanah kurang lebih sekitar 1.750 hektare, dengan tanah yang tergolong luas pemilik membuat sebuah kolam. Dengan tujuan agar dapat dibuat sebagai sebuah salah satu daya tarik.

Karena itu hadirlah sebuah destinasi air ini sebagai salah satu daya tarik dan juga sebuah hiburan bagi pengunjung. Dengan hadirnya wisata air membuat tempat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Kegiatan di Kampung Wisata Sawah
Image Credit: Instagram.com @turnip_tkj

3. Mencicipi Makanan Khas Daerah

Setelah menghabiskan energi untuk mengeksplore semua sisi dari kampung wisata sawah ini Anda dapat mengisinya kembali dengan mencicipi makanan yang ada di sini. Sudah terdapat kurang lebih 40 pedagang yang menjajakan makanan di tempat ini. Anda dapat menjumpai makanan khas daerah dan makanan yang biasa Anda jumpai sebagai pilihan menunya.

4. Bersantai di Kawasan Persawahan

Berada di lokasi yang memiliki suasana asri ditambah lagi dengan keadaan sekitar yang berada di ruangan terbuka yang luas. Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk sembari bersantai di pondok-pondok yang sudah disediakan. Pengunjung yang datang ke Wisata Sawah Pematang Johar biasanya memang memiliki tujuan bersantai untuk melupakan sejenak beban dan menghilangkan penat.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Wisata Sawah Pematang Johar

Fasilitas Sawah Pematang Johar
Image Credit: Facebook.com @PematangJoharLD

Fasilitas yang tersedia di area ini sudah dapat memenuhi kebutuhan dari pengunjung yang datang. Fasilitas yang tersedia disini antara lain seperti toilet, mushola, spot foto, pondok-pondok, sepeda air, warung makan dan lainnya.

Bahkan pihak pemilik tempat wisata ini juga akan bekerja sama dengan warga untuk menghadirkan fasilitas home stay, flying fox dan berbagai wahana permainan air yang menambah daya tarik dari kampung wisata ini.

Tempat Wisata Sawah Pematang Johar merupakan sebuah destinasi yang unik karena menawarkan keindahan alam dengan lahan persawahan warga sebagai lokasinya. Berawal dari inspirasi yang akhirnya dapat membantu membangun taraf perekonomian warga semakin baik. Untuk kedepannya diharapkan dapat bermunculan tempat wisata yang mengusung tema unik seperti ini.