11 Tempat Wisata di Sidikalang Dairi Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Sidikalang Dairi Terbaru, Hits & Populer

Berlibur ke Sidikalang Dairi memang menjadi incaran banyak orang. Disana menawarkan beragam destinasi yang bisa Anda kunjungi. Apalagi pemandangannya masih terlihat alami karena beberapa tempat masih belum banyak dijamah orang. Mulai dari bukit dan gunung semuanya dapat dinikmati oleh traveller karena menghadap langsung ke arah wisatanya.

Selain tempatnya yang bagus, destinasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Hal ini bertujuan untuk memikat hati wisatawan yang berlibur. Penduduk sekitarnya pun ramah dalam menyambut tamu. Tidak heran saat hari libur setiap destinasinya selalu dipadati oleh pengunjung lokal maupun turis dari luar negeri.

Anda yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati panorama alam saja, tetapi bisa pula melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya yaitu mengabadikan momen melalui foto maupun video. Background yang cantik akan banyak dijumpai di beberapa tempat wisata Sidikalang, Dairi. Maka dari itu Anda yang ada di wilayahnya harus melipir ke salah satu destinasinya.

1. Pemandian Lau Timah

Pemandian Lau Timah
Image Credit: Google Maps Thecute Wild

Pemandian Lau Timah diketahui muncul dari batu-batuan yang mengandung sulfur. Warna airnya biru cerah karena kandungan sulfur tersebut. Pengunjung yang datang dapat berenang atau sekedar bermain air karena bak penampungannya tidak terlalu dalam. Airnya terasa segar dan letaknya jauh dari pemukiman sehingga cocok untuk merilekskan pikiran.

Berendam di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit. Tak hanya air kolam saja, namun pada area sekitarnya juga dikelilingi dengan pemandangan alam. Banyak sawah dan pohon hijau yang berjejer rapi membuat udara menjadi sejuk. Pada sudut lain terdapat pula batu-batuan berwarna putih yang membuat pemandian eksotis.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Renun, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

2. Bukit Siadtaratas

Bukit Siadtaratas
Image Credit: Google Maps Randi Ruawanda

Wisata Bukit Siadtaratas dikenal sebagai spot terbaik untuk melihat beragam panorama alam yang ada di Sidikalang. Anda yang berlibur ke bukit ini dapat bersantai atau mencoba olahraga memanjat. Saat berada di puncaknya akan tampak pemandangan Danau Toba yang begitu indah. Ada pula Tugu Silalahi yang populer juga dapat dilihat dari atas bukit tersebut.

Wisatawan dapat membawa tikar atau sejumlah peralatan dari rumah jika ingin berlama-lama disini. Bukit yang tampak hijau akan membuat Anda senang karena udaranya masih alami. Tidak jarang pula kebanyakan orang menggunakan bukit ini sebagai spot melihat sunset. Hal itulah yang membuat bukit selalu didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paropo, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

3. Rumah Adat Pakpak

Rumah Adat Pakpak
Image Credit: Google Maps Jusup Sukatendel

Rumah Adat Pakpak termasuk warisan budaya setempat yang masih dilestarikan sampai sekarang. Rumah ini dihuni oleh suku Pakpak yang masih memegang teguh nilai-nilai adat dan tradisi. Bangunannya tampak unik dengan atap yang menjulang ke atas dan bercorak putih cokelat. Dindingnya diketahui terbuat dari kayu dengan atap yang dibangun dari ijuk.

Saat mengunjungi wisata budaya ini dijamin Anda akan merasakan kesenangan tersendiri. Banyak nilai budaya yang dapat dipelajari dengan melihat tiap sudut rumah atau bertanya langsung kepada penduduk setempat. Sejarah yang ada tersebut akan menambah wawasan pengetahuan traveller. Tidak heran jika Rumah Adat Papak juga dijadikan wisata edukasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Sidikalang, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

4. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat
Image Credit: Instagram Ray Lingga

Puncak Sidiangkat menjadi destinasi yang banyak diincar para pelancong saat berlibur. Disana menyediakan spot foto berupa sarang burung raksasa yang ada di atas pohon. Apalagi pada sekelilingnya terdapat panorama cantik yang akan membuat foto semakin bagus. Banyak pohon dan bukit yang menghadap langsung ke arah Puncak Sidiangkat ini.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati gunung yang terlihat menjulang. Beragam pemandangan yang ada di wisata cocok digunakan untuk sekedar melepas penat. Pada sudut lain traveller bisa pula mengunjungi restaurant yang menawarkan beragam makanan khas. Jadi Anda yang berlibur dapat melihat keindahan alam sekaligus mencicipi kulinernya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

5. Tao Silalahi

Tao Silalahi
Image Credit: Google Maps Dokles Pasaribu

Destinasi lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di daerah Sidikalang adalah Tao Silalahi. Wisatanya banyak digunakan sebagai spot melihat keindahan Danau Toba. Tak hanya itu saja, pengunjung bisa pula melihat bukit dan gunung yang ada di sekitar. Biasanya Tao Silalahi sering dijadikan untuk menikmati sunset atau sunrise oleh kalangan anak muda.

Anda yang berkunjung dapat melakukan berbagai kegiatan disana. Mulai dari berkemah, piknik, hingga menjepret foto dengan background panorama alam yang ada. Biasanya di wisata Tao Silalahi juga menyediakan penyewaan perahu untuk tamu yang ingin mengelilingi Danau Toba. Aktivitas ini tentu sangat seru dan akan membuat Anda merasa betah disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Silalahi I, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

6. Danau Sicike-Cike

Danau Sicike-Cike
Image Credit: Google Maps Hotber Sianturi

Danau Sicike-Cike memiliki air yang terlihat begitu jernih. Wisata alam tersebut berada pada ketinggian sekitar 1500 mdpl sehingga membuat areanya terasa sejuk. Apalagi di sekitar danau tampak ditanam beberapa pohon dan tumbuhan hijau lainnya yang membuatnya semakin asri. Saat hari libur destinasinya akan dipadati oleh pelancong dari berbagai daerah.

Wisata danau yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan sangat cocok digunakan untuk bersantai. Anda bisa pula piknik bersama kerabat dekat untuk menikmati keindahan danau. Namun wisatawan harus membawa makanan dan peralatan sendiri dari rumah. Hal itu dikarenakan di dekat Danau Sicike-Cike masih belum tersedia warung atau toko yang menjual peralatan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sitinjo, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

7. Tigalingga

Tigalingga
Image Credit: Twitter Kepala Suku

Tigalingga merupakan wisata yang dikenal dengan buah duriannya yang sangat manis. Anda yang datang ke wilayah ini akan melihat kebun durian yang begitu banyak. Kebun tersebut dikelola oleh penduduk setempat yang nantinya dijual ke pasar terdekat. Buah durian yang ada di Tigalingga memiliki daging yang tebal dengan biji kecil sehingga terasa sangat lezat.

Biasanya waktu yang tepat untuk datang kesini adalah awal Desember atau pertengahan Januari. Hal tersebut dikarenakan buah durian banyak yang sudah panen. Selain dapat menikmati durian, para pelancong juga bisa bertanya kepada penduduk mengenai kualitas dan perawatan buah. Anda tidak perlu khawatir karena warga disana ramah kepada tamu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tiga Lingga, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

8. Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Taman Wisata Iman Sitinjo mempunyai lahan yang begitu luas sekitar 30 ribu hektar. Tempat ini bisa dibilang sebagai wisata religi karena di dalamnya terdapat patung agama. Patung tersebut menggambarkan 6 agama yang ada di Indonesia. Terdapat pula tempat ibadah yang bisa dikunjungi oleh siapa saja asalkan memakai baju yang sopan saat disana.

Pada sudut lain terlihat Taman Firdaus yang diketahui berisi wahana berupa ruang melukis dan ruang laser. Anda dapat melihat lukisan yang ada sekaligus mencoba melukis di media yang telah disediakan. Selain itu lahan Taman Wisata Iman Sitinjo yang sangat luas juga cocok untuk berkeliling. Kegiatan ini berguna agar Anda bisa melihat wisatanya lebih dekat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sitinjo I, Kec. Sitinjo, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Lae Pendaroh

Air Terjun Lae Pendaroh
Image Credit: Google Maps Muhammad Fajar

Air Terjun Lae Pendaroh menjadi wisata alam yang tidak pernah sepi pengunjung. Anda yang berada di kawasannya akan merasakan suasana yang menenangkan dengan suara gemericik air. Terdapat bukit yang mengelilingi air terjun sehingga tampak begitu asri. Air terjun yang turun dari ketinggian ke arah bak penampungan terlihat sangat jernih dan terasa dingin.

Uniknya lagi saat musim hujan air terjun tersebut dapat berubah warna menjadi merah. Traveller bisa berenang atau bermain air asalkan tetap berhati-hati karena banyak batu yang licin. Tak hanya dapat menikmati kesegaran airnya saja, Anda bisa pula mengabadikan momen di wisata alam ini. Banyaknya pemandangan akan membuat foto semakin bagus.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sidikalang – Seribudolok, Kec. Sitinjo, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

10. Parhonasan Daihonas Lae Parira

Parhonasan Daihonas Lae Parira
Image Credit: Google Maps Google

Parhonasan bisa disebut sebagai agrowisata yang memiliki kebun nanas. Buah nanas yang ditanam di areanya diketahui ada beberapa jenis, salah satunya nanas madu. Rasanya begitu manis dan buahnya tampak berwarna kuning segar. Kebun tersebut diberi perawatan khusus oleh pengelola dan penduduk setempat agar menghasilkan panen kualitas baik.

Wisatawan yang berkunjung dapat memetik buah nanas sekaligus mencicipinya. Buah tersebut juga boleh dibawa pulang dengan ditimbang terlebih dahulu oleh petugas. Kegiatan lain yang dapat dilakukan disini yaitu berfoto dengan background kebun yang indah. Anda bisa pula bertanya kepada petugas mengenai cara perawatan buah nanas tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sempung Polling, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

11. Hutan Lae Pondom

Hutan Lae Pondom
Image Credit: Facebook Manik KU Tito I

Hutan Lae Pondom adalah destinasi alam yang terlihat masih alami. Lahannya dipenuhi dengan pohon dan tumbuhan hijau lainnya. Hutan ini bisa disebut sebagai paru-paru dunia karena banyaknya penghijauan tersebut. Pengunjung yang berlibur dapat melihat keindahan hutan sekaligus bersepeda karena banyak trek menantang untuk dilewati.

Selain itu, Anda bisa pula menjepret foto di kawasan sekitar karena banyak spot bagus. Namun, Hutan Lae Pondom masih belum memiliki fasilitas lengkap. Sehingga wisatawan harus membawa bekal dan peralatan lainnya dari rumah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Tolong, Kec. Sumbul, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Sidikalang, Dairi. Anda yang berada di wilayahnya jangan lupa untuk melipir ke destinasi yang ada karena dijamin akan membuat liburan menyenangkan. Ajak kerabat maupun keluarga untuk menikmati keindahan wisata. Siapkan pula kamera agar selama berlibur di wisatanya dapat mengabadikan momen indah.