15 Tempat Wisata di Takengon Aceh Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Takengon Aceh Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selama beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah mengalami peningkatan pamor dalam pandangan para pelancong. Terutama berkat hadirnya berbagai macam spot destinasi, kini tersedia banyak pilihan kunjungan di mana Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan selera pribadi.

Daya tarik utama Aceh Tengah, khususnya Takengon sebenarnya terletak pada lanskap alam yang begitu indah. Mulai dari tepi danau, lorong-lorong gua, hingga ke puncak bukit, semuanya dapat dinikmati di wilayah cantik ini. Jangan heran, kelak saat mengunjungi Takengon, Anda akan dibuat bingung perihal harus memulai petualangan dari mana.

Tentu, pengalaman menyenangkan tersebut akan semakin bertambah seru jika datang bersama orang lain, baik itu teman, pasangan, maupun keluarga. Namun demikian, bukan berarti para solo traveller tidak bisa memperoleh kebahagiaan sewaktu mengeksplor deretan tempat wisata hits di Takengon atau yang kerap kali juga dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan asal Provinsi Aceh.

1. Pantan Terong

Pantan Terong
Image Credit: Twitter Backpack Seru

Berada di Kecamatan Bebesan yang jaraknya terpaut sekitar 7,5 km dari pusat Takengon, Pantan Terong berdiri kukuh di atas puncak bukit. Tempat di mana pengunjung dapat menikmati lanskap sebuah danau dari kejauhan. Pohon-pohon tumbuh subur di sekelilingnya sehingga membuat bukit cantik ini sarat akan suasana kehijauan.

Membentang pada ketinggian 1.803 mdpl, tentunya mampu menghadirkan hawa sejuk yang seolah mencengkeram badan. Apalagi, di sini juga telah disediakan wahana uji adrenalin seperti paralayang.

Jangan lupa sediakan kamera mumpuni sewaktu berlibur di Pantan Terong, dijamin Anda tidak akan merasa puas meski sudah mengambil gambar berkali-kali. Bahkan, puncak bukit ini sangat mungkin dijadikan vanue aktivitas sakral seperti foto prewedding.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

2. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps Traveloci Story

Apabila Anda ingin merasakan udara sejuk khas tepian danau, maka perairan seluas 5.472 ini sangat layak dimasukkan dalam daftar prioritas kunjungan. Dikelilingi oleh perbukitan, Danau Laut Tawar sekaligus menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar, yang tidak lain adalah Suku Gayo.

Belum lagi, kenyataan bahwa aneka kekayaan fauna dan flora khas Aceh bisa dengan mudah ditemukan di sekitar sini. Misalnya saja, ada ikan depik yang merupakan spesies khas telaga jernih ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dataran Tinggi Gayo, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

3. Pantai Menye

Pantai Menye
Image Credit: Google Maps Pante Menye

Sebenarnya nama wisata alam ini sedikit mengecoh, saat mendengarnya pertama kali, Anda pasti berekspektasi bahwa Pantai Menye adalah tepian laut dengan pemandangan khas lautan.

Namun kenyataannya, yang akan dinikmati oleh wisatawan adalah tepi danau yang menyerupai pantai, di mana posisinya berada di bagian timur Danau Laut Tawar. Hanya saja, Anda tetap bisa melihat gejolak ombak meski intensitasnya tidak sebesar di lautan.

Kemudian, pihak pengelola juga menyediakan arena pacuan kuda tradisional sehingga Anda dapat berkeliling sambil menunggang hewan yang telah didomestikasi tersebut. Intinya, sesuai namanya yang bermakna tempat bermanja dalam bahasa Aceh, destinasi air ini mampu memanjakan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kala Bintang, Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

4. Dermaga Lukup Panalan

Dermaga Lukup Panalan
Image Credit: Google Maps Roni Simanjuntak

Ingin liburan dengan menelusuri rute jogging yang berukuran panjang? Dermaga Lukup Panalan merupakan pilihan paling tepat, terutama karena Anda punya kesempatan untuk sekaligus mengagumi keindahan alam di sekitarnya.

Memadukan bukit kukuh yang berbaris di kejauhan dan hamparan danau, pengunjung akan dibuat terpesona berulang kali. Nikmati waktu-waktu santai yang menyenangkan bersama keluarga hanya di wisata unik ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

5. Gua Puteri Pukes

Gua Puteri Pukes
Image Credit: Google Maps Hasanuddin

Berlokasi di kaki perbukitan di Kecamatan Kebayakan, wisatawan perlu menyusuri penurunan sepanjang 2 km untuk tiba di Gua Puteri Pukes. Wisata bawah tanah ini cocok bagi mereka yang menyukai suasana misterius dan sarat nuansa mistis.

Meskipun perjalanannya akan sedikit melelahkan, tetapi tidak akan membuat pengunjung menyesal. Memang tidak terlalu banyak hal yang dapat ditemukan di sini, hanya saja cerita legenda di baliknya cukup sepadan untuk ditelusuri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Takengon – Blangkejeren I, Mendale, Kec. Kebayakan, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

6. Air Terjun Mangaya

Air Terjun Mangaya
Image Credit: Google Maps Dardiri Dardak

Beralih ke wisata alam di tengah hutan, ada pilihan Air Terjun Mangaya bagi Anda yang ingin bermain air. Lingkungan asri, pepohonan lebat, udara dingin, bebatuan berukuran besar, semuanya seolah belum pernah terjamah manusia.

Apalagi, sepanjang perjalanan 1,5 km menuju destinasi air ini wisatawan akan diliputi oleh lanskap kebun kopi milik masyarakat Gayo. Agar petualangan Anda menyenangkan, jangan lupa gunakan lotion anti serangga sebelum memasuki wilayah hutan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Takengon, Kec. Bintang, Takengon, Aceh.

7. Bur Telege

Bur Telege
Image Credit: Google Maps .Zahrul Bahjati

Sesuai gelarnya sebagai Negeri di Atas Awan, Takengon seolah tidak akan kehabisan destinasi dengan konsep puncak bukit. Kali ini Anda akan mengenal Bur Telege, sebuah tempat yang berdiri di ketinggian 1.250 mdpl.

Kegiatan yang direkomendasikan adalah menikmati cita rasa kopi asal Gayo di tengah kepungan hawa dingin. Mulai dari hamparan danau hingga perkampungan, semua pemandangan itu akan memberikan pengalaman visual yang mengasyikkan.

Daya tarik lain di Bur Telege yakni adanya pagelaran seni yang bisa sewaktu-waktu Anda tonton jika momennya bertepatan. Kemudian, banyak pohon pinus tumbuh menjulang di sekitarnya, serta bangku-bangku sederhana dengan material kayu yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai ria sambil merumpi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

8. Burni Telong

Burni Telong
Image Credit: Google Maps nekbo kpl

Burni Telong merupakan gunung berapi di dekat Danau Laut Tawar, di mana pemandangannya akan membuat pendaki kagum. Terutama ketika berhasil berjalan hingga ke bagian puncak, rasanya seperti sedang berusaha menjangkau awan.

Keuntungan berlibur ke sini adalah keberadaan jalur trekking yang terbilang landai, sehingga pendaki pemula pun tidak akan terlalu kesulitan. Hanya saja, bukan berarti Anda bebas mendaki seorang diri, tetap utamakan keselamatan dengan terlibat dalam rombongan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burni Telong, Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah, Aceh.

9. Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro
Image Credit: Google Maps Zoel _Sat

Takengon kali ini menawarkan wisata sejarah di Goa Loyang Koro yang lagi-lagi letak geografisnya tidak jauh ari Danau Laut Tawar, Kecamatan Kebayakan. Terletak di bawah kaki Gunung Birahpanyang, pemandangan di sekiranya sungguh amat eksotis.

Gua artistik ini terbentang di kedalaman 110 meter, dan kabarnya, dahulu dipakai oleh kawanan penggembala kerbau saat hendak bepergian ke Isak. Hanya saja, ada pula cerita rakyat yang mengatakan bahwa Goa Loyang Koro pernah digunakan sebagai lokasi persembunyian Sultan Aceh semasa dikejar pasukan Portugis dan Belanda.

Di dalam gua, Anda hanya akan menemukan bebatuan padat, mulai dari dinding hingga langit-langit. Maka dari itu, pastikan untuk senantiasa berhati-hati selama perjalanan menjelajahi sepanjang lorong.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Toweren Uken, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

10. Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng
Image Credit: Google Maps mahlizar safdi

Kembali lagi ke daerah perbukitan Aceh Tengah, di Bur Lancuk Leweng wisatawan dimungkinkan memandangi kecantikan pemukiman warga dari atas ketinggian. Terletak di Asir Asir, lanskapnya sungguh sangat memuaskan secara visual.

Aktivitas seru yang dapat dijalankan selama berlibur cukup banyak, seperti hiking, piknik, berfoto ria, hingga sekadar bersantai. Apalagi, pihak pengelola memang menyiapkan spot khusus agar pengunjung tidak mati gaya.

Namun tidak hanya pemukiman penduduk, Anda juga akan dimanjakan oleh luasnya danau dari kejauhan, serta pegunungan yang mengelilinginya. Agar semakin menikmati suasana dengan maksimal, sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari dengan tujuan mengincar sunrise, sunset, atau keduanya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Asir Asir, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

11. Lukub Badak

Lukub Badak
Image Credit: Twitter ACEHKITA.COM

Apakah Anda menyukai liburan bernuansa tantangan? Coba datang ke Arung Jeram Lukub Badak, tempat di mana pengunjung bisa menguji adrenalin melewati lintasan ekstrem.

Tak jauh dari pusat Takengon, sebuah sungai mengalir deras dengan bebatuan berukuran besar tersebar acak di sekitarnya. Namun menariknya, lebih dari sekadar sarana memacu adrenalin, wisatawan juga akan dihibur oleh panorama memukau selama beberapa menit perjalanan menuju ke sini.

Lukub Badak secara spesifik berlokasi di Kecamatan Silih Nara, Desa Sanehen, sehingga Anda punya kesempatan memasuki pemukiman berhawa sejuk, sekaligus melintasi hutan yang terbilang lebat.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Bies, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

12. Gayo Waterpark

Gayo Waterpark
Image Credit: Google Maps Muhammad Taufik

Bosan dengan wisata alam dan ingin mencoba suasana baru? Gayo Waterpark adalah alternatif seru yang bisa didatangi, di mana Anda akan disuguhkan kolam renang beserta papan seluncuran berwarna mencolok.

Destinasi buatan ini cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga kecil, terutama saat hendak memanjakan anak-anak. Meski ukurannya terbilang kecil, tetapi pemandangannya lumayan memuaskan secara visual.

Di sekeliling waterpark terdapat tebing bebatuan karang yang ditumbuhi pepohonan, jadi udaranya tetap terasa sejuk walau sedang dalam cuaca panas. Daya tarik utamanya terletak pada aneka opsi kolam renang dengan ukuran bervariasi, memungkinkan Anda menentukan pilihan sesuka hati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Kelaping, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

13. Umah Pitu Ruang

Umah Pitu Ruang
Image Credit: Google Maps Rezka kenara Bp

Sedikit berbeda dengan daftar destinasi sebelumnya, kota ini menawarkan kunjungan adat melalui Umah Pitu Ruang di Desa Toweran. Di sini, Anda dapat mengamati bagaimana rumah adat masyarakat Gayo yang telah didirikan sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Kayak akan nilai sejarah, properti peninggalan Raja Baluntara tersebut disinyalir mempunyai lebar 9 meter serta panjang 22 meter. Bagian dalamnya memuat dua ruang kosong dan empat kamar.

Fakta menariknya adalah kenyataan bahwa rumah bersejarah ini dibangun tanpa memakai bantuan paku sama sekali. Tentu, itu menjadi nilai tambah bagi para wisatawan, di samping kesempatan mendalami budaya, seni, dan konstruksi sosial masyarakat Gayo pada masa lampau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mess Time Ruang Tengah, Blang Kolak I, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

14. Galeri Kopi

Galeri Kopi
Image Credit: Google Maps alfi mulya

Sesuai namanya, galeri unik ini menjadikan kopi sebagai komoditas utama. Pengunjung dimungkinkan untuk menyeduh minuman pahit itu sekaligus mencari tahu bagaimana proses budidayanya.

Biasanya, pihak pengelola juga memutar musik syahdu untuk menghadirkan kesan romantis di antara pepohonan kopi. Mengunjungi Galeri Kopi akan membantu Anda merasakan kedekatan khusus dengan alam karena setiap sudutnya benar-benar memanfaatkan keindahan alami.

Bahkan, tersedia pondok kayu yang kerap digunakan untuk nongkrong oleh wisatawan, khususnya dari kalangan muda-mudi. Jika ingin mengerjakan tugas, sekadar mencari suasana estetis pada waktu luang, atau bertemu orang lain, maka kafe yang mengusung tema kebun kopi ini merupakan alternatif terbaik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kayu Kul, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

15. Desa Bintang

Desa Bintang
Image Credit: Google Maps Beni Gayo

Berlokasi di sisi timur Dana Laut Tawar, Desa Bintang kerap kali sukses mengusik perhatian wisatawan karena keunikan yang ditawarkan. Daerah ini merupakan sebuah perkampungan di mana setiap orang punya kesempatan untuk menonton aksi kuda atau bahkan menyusuri arena pacu.

Tidak hanya itu, masyarakat setempat pada waktu-waktu tertentu juga menyelenggarakan lomba balap perahu. Oleh karenanya, jangan lupa mampir ke sini ketika sedang membuat agenda penjelajahan setiap sudut Takengon, dan nikmati juga sajian kulinernya.

Harga Tiket: -; Map: Cek. Lokasi
Alamat: Kec. Bintang , Kab. Aceh Tengah, Aceh.

Setelah ditelusuri, ternyata ada banyak sekali pilihan destinasi wisata hits di bilangan Takengon, Aceh Tengah. Anda hanya perlu memetakan prioritas sesuai kecenderungan selera, kemudian menyiapkan budget, lalu memulai petualangan dengan bahagia. Agar lebih bermakna sekaligus menghemat akomodasi penginapan, sebaiknya ajaklah teman terdekat.