Tangkahan Langkat, Keindahan Wisata Alam di Hutan Sumatera Utara yang Memikat Hati

Tangkahan Langkat, Keindahan Wisata Alam di Hutan Sumatera Utara yang Memikat Hati

Tangkahan salah satu objek wisata alam yang eksotis di Langkat, Sumatera Utara yang mampu memanjakan mata pengunjung. Surga tersembunyi ini menawarkan pesona hutan tropis yang asri, bermain dengan gajah, menikmati air terjun dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Bosan dengan liburan ke tempat wisata yang itu-itu saja? Kini Anda bisa mencoba suasana baru dengan berlibur ke Tangkahan di Langkat. Tempat wisata yang ada di Sumatera ini menyuguhkan panorama alam yang tidak biasa. Bagaimana tidak, lokasi ini terkenal dengan ekowisata yang masih alami. Disinilah tempat Anda bisa bersatu dengan alam.

Tempat wisata yang ada di Langkat Sumatera ini memang kerap kali menjadi objek liburan yang banyak digemari. Bahkan pamornya tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja tetapi juga wisatawan mancanegara.

Daya tarik dan keunikannya pun menjadi magnet tersendiri. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Objek wisata ini dikelola oleh conservation response unit. Dimana mereka mengelola tempat biasa menjadi area yang luar biasa. Banyak spot menarik yang bisa Anda saksikan juga berbagai kegiatan menyenangkan yang pastinya berkesan.

Daya Tarik yang Dimiliki Ekowisata Tangkahan

Daya Tarik Ekowisata Tangkahan
Image Credit: Google Maps (Mewarnai Indonesia)

1. Memiliki Panorama Alam yang Indah

Menjadi salah satu tempat populer yang ada di Sumatera, Langkat menyajikan pemandangan alam yang tidak biasa. Disinilah tempat sejauh mata memandang yang ada hanya kebun hijau yang begitu luas. Apalagi saat liburan tiba, tempat ini penuh dengan wisatawan domestik dan mancanegara. Tentunya hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi tempat wisata di Indonesia.

Dengan banyaknya pepohonan di tempat ini, udaranya pun begitu sejuk. Suasananya pun nampak asri. Sebagai tempat tanpa polusi yang ada di Sumatera, Tangkahan Langkat berhasil menyedot ribuan wisatawan.

Dihuni oleh hutan hujan tropis, tempat ini cocok untuk tempat liburan keluarga. Tentunya hal ini membuktikan bahwa lokasi wisata ini memang recommended masuk dalam list liburan Anda. Apalagi dengan julukan Surga tersembunyi yang tersemat untuk tempat ini membuat siapapun penasaran Bagaimana kenampakan alamnya.

2. Tempat Penangkaran Gajah

Mendengar kata Tangkahan pasti yang terbersit di benak Anda tidak jauh dari tempat penangkaran gajah. Iya destinasi wisata ini memang salah satu ekowisata Sumatera yang juga dijadikan sebagai tempat konservasi gajah.

Pasalnya tempat ini memang dihuni oleh beberapa gajah. Sekali-kali Anda bisa berlibur ke Tangkahan dibandingkan hanya berdiam diri di rumah. Selain bisa merilekskan pikiran wisata di tempat yang alami juga bisa mempengaruhi fisik dan mental Anda.

Beberapa gajah yang ada di sini sudah jinak terhadap pengunjung. Terkadang beberapa pengunjung juga berkeliling area ekowisata ini dengan menaiki gajah. Kenampakan yang tidak biasa di tempat ini adalah Anda bisa melihat langsung proses memandikan gajah di sungai.

3. Sejarah Tangkahan

Kebun dengan luas mencapai 17.000 hektare ini memang tidak serta merta terbentuk sebagai tempat konservasi gajah liar. Pasalnya tempat tersebut memiliki sejarah yang cukup menarik. Dijuluki sebagai Surga Tersembunyi, Tangkahan memang memiliki keunikan tersendiri. Apalagi dengan berbagai spot wisata di satu tempat membuat siapapun betah.

Dulu, di tahun 80 hingga 90 an, masyarakat Langkat banyak melakukan penebangan kayu di dalam hutan. Tepatnya berada di Taman Nasional Gunung Leuser.

Untuk mendisiplinkan pembalakan tersebut, salah satu lembaga bernama FFI sepakat melakukan patroli. Di mana patroli tersebut menggunakan gajah sebagai kendaraan utama. Jadi, para anggota berbondong-bondong menaiki gajah untuk berpartisipasi dalam pelestarian hutan.

Melihat banyaknya potensi yang tersimpan di wisata alam ini, maka muncullah rencana pengembangan terkait wilayah tersebut. Jadi, mulailah rencana tersebut dengan diawali oleh atraksi gajah untuk menarik pengunjung. Sebagaimana Bukit Lawan yang terkenal sebagai tempat rehabilitasi orang utan, begitulah Langkat identik dengan konservasi gajah.

Daya Tarik Dimiliki Ekowisata Tangkahan
Image Credit: Google Maps (Bintan78)

4. Hutan Ekowisata yang Kaya

Sebagai tempat wisata alam yang ada di Sumatera Tengah Langkat menyimpan begitu banyak keunikan. Di sinilah Anda dapat melihat indahnya hutan hujan tropis yang begitu sejuk. Tidak hanya itu kekayaan hutan ekowisata di Tangkahan, diisi oleh vegetasi hutan tropis yang letaknya bertingkat.

Bahkan sebagian besar tempat ini banyak dihuni oleh tumbuhan liar. Dengan kekayaan alam yang luar biasa, menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang menarik. Bahkan di area hutan yang luas terdapat beberapa sungai dan lembah yang menarik untuk dikunjungi. Tidak jarang pula Anda akan mendapati beberapa tumbuhan langka di tempat ini.

Berada dekat dengan Taman Nasional, Tangkahan memang memiliki berbagai ekosistem hutan. Dengan kealamian dan keasriannya, tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk mengenal flora dan fauna.

5. Flora dan Fauna Asli Hutan Sumatera

Tidak hanya terkenal sebagai tempat konservasi gajah, Tangkahan nyatanya memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang unik untuk diketahui.

Bahkan, Anda bisa melihat beberapa tumbuhan langka seperti damar, mayang, Rafflesia, hingga kantong semar. Disini juga terdapat pohon bernama pohon raja yang katanya menjadi tempat arwah leluhur. Oleh karenanya pohon tersebut menjadi tempat yang dikeramatkan oleh warga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Ekowisata Tangkahan

Alamat Ekowisata Tangkahan
Image Credit: Instagram.com @sumut4x4

Wisata alam Tangkahan memang cocok menjadi tempat liburan keluarga. Lokasinya berada di Namu Sialang, Batang Serangan, Langkat, Sumatera Utara.

Untuk bisa sampai di tempat ini ada beberapa rute yang harus dilewati oleh pengunjung. Tentunya rute-rute tersebut hanya bisa dilalui lewat jalur darat. Jika Anda menempuh perjalanan dari Medan, kendaraan yang dapat dipakai bisa berupa kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus.

Untuk menuju ke lokasi wisata alam di Langkat melalui jalur Medan Anda harus menuju ke arah Simpang Tanjung Beringin. Jarak yang ditempuh sekitar 50 km.

Perjalanan tidak sampai disitu sebab pengunjung harus melanjutkan hingga sampai di Tangkahan. Jarak dari Simpang Tanjung Beringin hingga lokasi wisata sekitar 60 km. Kondisi jalan disini memang sedikit rusak, jadi perjalanan mungkin akan terasa lama.

Apalagi ketika musim hujan, desa yang paling dekat bernama Namu Sialang sering banjir. Meski begitu banjir di Desa ini lebih cepat surut. Disarankan untuk memakai kendaraan pribadi agar sampai lebih cepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Tangkahan Langkat

Harga Tiket Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Supriadi Muhammad S)

Sebagai tempat ekowisata konservasi gajah yang ada di Sumatera, destinasi wisata alam ini juga memberikan tarif bagi pengunjung. Dengan luas lahan sekitar 17.000 hektar, Tangkahan Langkat memang memiliki spot yang beragam.

Pemandangan alamnya pun begitu memukau. Untuk bisa explore segera tempat yang ada di sini Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000 saja. Untuk jam operasional tempat ini dibuka mulai pukul 08.30 hingga 16.30.

Segala keindahan yang dimiliki oleh objek wiata ini membuat wisatawan berbondong-bondong untuk bisa datang ke tempat ini. Wisatawan dari Eropa hingga Australia pun telah masuk ke dalam daftar pengunjung.

Selain itu, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Dipastikan Anda tidak akan bosan ketika berada di sini. Menikmati kenampakan alam yang indah ditambah angin sepoi nan sejuk, membuat pikiran rileks seketika.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tangkahan

Kegiatan Menarik di Tangkahan
Image Credit: Google Maps (Supriadi Muhammad S)

1. Hunting Foto Keren

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Tangkahan berfoto adalah aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Anda tidak mungkin pulang tanpa mengabadikan momen sedikitpun bukan? Untuk itu jangan lupa untuk bersua foto sebanyak mungkin dengan latar pepohonan rindang maupun bersama gajah.

Terkenal sebagai tempat konservasi gajah tentunya kurang afdol rasanya jika Anda melewatkan acara mandi mereka. Sebab pada saat itulah Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan satwa jinak yang satu ini.

2. Berkeliling Melihat Sejumlah Fauna Endemik

Terkenal sebagai tempat konservasi gajah nyatanya Tangkahan di Langkat juga memiliki berbagai satwa endemik yang menarik untuk dilihat. Ada beberapa hewan langka seperti kera ekor panjang, kedih, rusa, harimau, dan lain-lain. Terdapat pula beberapa objek burung yang mungkin jarang sekali Anda temui seperti Kuaw dan enggang.

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, sebagian besar wilayah ekowisata ini memang dipenuhi oleh hutan lebat. Tidak heran di sini banyak sungai, Lembah, hingga rawa-rawa. Sungai air tawar di area sini juga menjadi habitat beberapa spesies ikan air tawar. Ikan seperti jurung hingga sibarau cancan akan banyak ditemukan di tempat ini.

3. Mencoba Sensasi Menyeberangi Jembatan Gantung

Perlu Anda ketahui bahwa di lokasi wisata ini juga terdapat jembatan gantung yang cukup panjang. Tempat ini juga bisa menjadi gardu pandang yang bagus untuk menikmati keindahan Tangkahan dari ketinggian sekitar 50 meter.

Namun jembatan ini hanya bisa diseberangi oleh 10 orang sekaligus. Lainnya harus menunggu giliran ya. Rasakan berjalan menggantung di jembatan sepanjang 50 m. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan juga berkesan.

Kegiatan di Tangkahan
Image Credit: Google Maps (Vario Black3000)

4. Jelajah Hutan

Terkenal dengan tempat bermukimnya hutan hujan tropis, aktivitas seperti jelajah hutan memang menarik untuk dilakukan. Apalagi untuk Anda yang memiliki jiwa penjelajah pastinya tidak akan melewatkan aktivitas yang satu ini. Dengan luas mencapai ribuan hektar tentunya saat melakukan tracking Anda akan ditemani oleh pemandu wisata.

Pengunjung bisa explore segala keindahan yang ada di sekitar lokasi, mulai dari menyusuri hutan, mengelilingi bukit, hingga melihat area pemandian gajah. Sebelum tracking pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya ya. Perlengkapan seperti lotion nyamuk hingga alas kaki yang digunakan ikut menentukan kenyamanan Anda saat berkeliling.

5. Mandi di Air Terjun

Tidak hanya wisata hutan, sungai, dan lembah saja. Disini juga terdapat air terjun yang begitu eksotis. Siapa sangka julukan Surga tersembunyi di Sumatera memang bukan hanya isapan jempol belaka. Disini Anda bisa merasakan kesegaran air di beberapa air terjun Tangkahan.

Lokasinya memang berada cukup jauh di pedalaman hutan. Oleh karena itu, Anda harus menyusuri beberapa sungai kecil juga Jalan setapak hutan untuk sampai di air terjun Tangkahan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Tangkahan Langkat

Fasilitas Tangkahan Langkat
Image Credit: Google Maps (Rizky Ramadhan)

Fasilitas yang ada di lokasi wisata ini memang sudah cukup memadai. Pasalnya di sini sudah tersedia beberapa tempat seperti lahan parkir, Musholla sebagai tempat ibadah maupun istirahat, hingga toilet umum.

Terdapat pula area publik seperti Cafe juga toko souvenir untuk buah tangan orang di rumah. Pengunjung juga bisa menyewa penginapan yang masih berada di satu kawasan dengan lokasi wisata, tentunya harga yang dibanderol cukup terjangkau.

Nah, itu dia berbagai hal mengenai tempat wisata alam dengan julukan Surga Tersembunyi di Sumatera Utara bernama Tangkahan Langkat. Dimana tempat wisata ini terkenal dengan area konservasi gajah yang kemudian meluas hingga ke mancanegara.