11 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Terbaru, Hits & Populer

Tapak Tuan merupakan salah satu kota tua yang ada di Indonesia. Kota yang biasa di panggil kota naga ini berada di Kabupaten Aceh Selatan. Dianggap kota tertua tentu bukan tanpa alasan. Konon legenda di Tapak Tuan cukup bersejarah yang mana meninggalkan pijakan kaki raksasa yang ikonik.

Berkunjung ke Aceh Selatan dijamin tak akan membuat Anda bosan. Wisatawan tidak hanya akan dapat datang ke destinasi favorit seperti Tapak Tua saja. Ada banyak sekali wisata indah lain yang harus pengunjung eksplore lebih jauh. Beberapa destinasi bahkan masih nampak asri belum banyak terkena sentuhan tangan manusia.

Pemandangan alam yang indah menjadi pesona utama wisata alam di Tapak Tuan. Nuansa alami yang masih kental akan cocok untuk Anda datang berlibur. Akhir-akhir ini bahkan telah muncul banyak destinasi wisata baru di Tapak Tua. Banyaknya destinasi indah tentu akan memudahkan wisatawan menemukan spot liburan yang bikin betah.

1. Pantai Lhok Rukam

Pantai Lhok Rukam
Image Credit: Facebook Erpan

Kabupaten Aceh Selatan terkenal akan banyak pantai indah. Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah pantai Lhok Rhukam. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang tak biasa. Garis pantai berpasir putih yang sangat luas menjadi spot yang cocok untuk duduk santai di tepian. Gugusan pantai ini juga dikenal memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Kelebihan lain dari Lhok Rukam ialah suasana alam yang masih terjaga dengan baik. Bahkan pantai ini masuk sebagai wilayah kampung hijau. Tak ayal kondisi alamnya masih begitu asri dan cantik. Banyak pula pepohonan di tepi pantai berdiri. Hal itu pula yang menambah kesejukan di sekitar area pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tapaktuan – Subulussalam, Lhok Rukam, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

2. Puncak Grapela

Puncak Grapela
Image Credit: Google Maps ori masrijal

Pecinta hiking atau petualangan seru wajib datang ke Puncak Grapela. Wisata alam ini menawarkan keindahan yang masih alami dan sejuk. Namun dibutuhkan perjuangan untuk melihat keindahannya. Wisatawan harus mendaki ke puncak untuk sampai ke tujuan. Mengenai akses jalan tak perlu khawatir sebab dapat di lalui dengan aman.

Puncak Grapela sejatinya merupakan tempat wisata yang masih baru. Sebab obyek menawan ini masih belum lama di buka. Bila sudah sampai puncak maka rasa lelah selama di perjalanan akan sirna. Wisatawan dapat melihat dengan jelas pemandangan indah berupa kontur perbukitan, laut Samudera Hindia dan perkampungan sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panton Luas, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

3. Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps Adrianus Albert Jonathan Nadeak

Inilah destinasi legendaris yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Tapak Tuan Tapa hampir selalu dipadati oleh wisatawan yang datang. Banyaknya spot cantik dengan keindahan alam yang mempesona menjadi alasan utamanya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat situs budaya berupa pijakan kaki manusia raksasa yang berada di Lereng Gunung Lampu.

Wisata Tapak Tuan Tapa tidak hanya menghadirkan pemandangan yang bikin betah. Kisah legenda di sana juga sangat menarik untuk di simak. Konon jejak tapak itu merupakan bukti kesaktian Tuan Tapa setelah berilmu dengan seekor naga. Kesaktian tersebut membuatnya meninggalkan jejak legendaris seperti yang terlihat saat ini.

Namun jika Anda penasaran untuk melihat jejak Tapak Tuan yang legendaris maka harus sedikit mengeluarkan usaha untuk sampai ke lokasi tujuan. Sebab butuh waktu untuk sampai tujuan. Wisatawan dapat datang melalui Pantai Lambu. Perlu diketahui juga tiap pengunjung harus mematuhi peraturan yang telah ada setelah sampai di kawasan wisata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasar, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

4. Pantai Sawang

Pantai Sawang
Image Credit: Twitter Disbudpar Aceh ~ Yuk Vaksin!

Pantai-Pantai di Aceh Selatan terkenal indah. Untuk Anda yang ingin melihat sunset atau sunrise dengan sangat cantik bisa langsung datang ke Pantai Sawang. Berada di titik nol Sumatera menjadikan destinasi ini menawarkan kelebihan tersendiri. Biasanya area pantai akan di padati wisatawan yang hendak melihat proses mata hari terbenam ataupun terbit.

Pantai Sawang sangat cocok untuk liburan keluarga. Pasir putih dan ombak biru yang tenang begitu memanjakan wisatawan yang datang. Anda dapat bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahan alam yang ada. Suasana sejuk akan terasa bikin nyaman siapa pun yang datang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sawang, Kec. Samudera, Kab. Aceh Utara, Aceh.

5. Air Terjun Tingkat Tujuh

Air Terjun Tingkat Tujuh
Image Credit: Google Maps arsyud

Tujuan wisata di Tapak Tuan Aceh tidak hanya pantai saja yang indah. Destinasi lain seperti curug pun ada di sini. Seperti halnya di Air Terjun Tingkat tujuh yang terkenal indah. Wisata alam ini memperlihatkan keindahan air terjun yang terdiri dari tingkat 1 hingga 7. Dengan air jernih dan pepohonan sekitar membuat tempat wisata cantik ini selalu bikin nyaman.

Meski menjadi obyek wisata favorit, wisatawan juga harus menyiapkan tenaga lebih sewaktu ingin berkunjung terutama bila ingin melihat keseluruhan dari curug. Terdapat fasilitas berupa tangga yang akan memudahkan Anda mendaki. Untungnya air terjun di sini tidak memiliki arus yang deras sehingga pengunjung dapat berenang sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Itam, Kec.Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

6. Pemandian Panjupian

Pemandian Panjupian
Image Credit: Twitter Akmal Mnw

Wisata kolam renang selalu menarik untuk dikunjungi. Dari wisata ini pengunjung dapat berlibur sembari menyegarkan badan. Apalagi pemandian Panjupian memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti wahana seluncuran air. Suasana di sekitar area wisata juga masih sangat asri dengan pepohonan yang rindang sehingga menyegarkan.

Pemandian Panjupian sangat cocok untuk wisatawan yang datang bersama keluarga. Momen liburan akan semakin seru untuk menikmati segala fasilitas yang ada. Terdapat pula kantin yang menyediakan makanan lengkap untuk bisa disambangi sehabis berenang. Suasana liburan pun akan semakin menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tapaktuan – Subulussalam, Panjupian, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

7. Taman Pala Tapak Tuan

Taman Pala Tapak Tuan
Image Credit: Google Maps Saiful Bahri

Taman Pala Tapak Tuan merupakan destinasi rekreasi untuk umum. Namun berbeda dari tempat rekreasi lain, taman ini menghadirkan beberapa fasilitas yang bikin betah siapa pun yang datang. Terbukti dengan fasilitas seperti perpustakaan mini atau pojok baca yang bisa Anda manfaatkan.

Demi menunjang pengunjung, ada pula beberapa spot foto yang sengaja di buat di Taman Pala Tapak Tuan. Anda pun dapat bersantai serta berswafoto di spot yang telah tersedia. Beberapa orang bahkan memanfaatkan tempat ini sebagai area olahraga seperti jogging ataupun bermain voli.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasar, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

8. Pulau Dua Bakongan

Pulau Dua Bakongan
Image Credit: Google Maps KHOERONI

Wisata ke Pulau Dua Bakongan dapat menjadi pilihan saat datang ke Aceh Selatan. Sebenarnya wisata alam ini terbilang unik karena dahulu pulau Bakongan hanya di manfaatkan sebagai tempat nelayan yang hendak beristirahat. Namun berkat keindahan alam yang ada, pulau ini mulai ramai di datangi pengunjung.

Sesuai dari namanya, pulau ini menampilkan dua pulau berbeda yang berdekatan. Keindahan alamnya masih sangat terjaga. Wisatawan akan dibuat betah dengan kesejukan serta pemandangan alamnya yang cantik. Untuk sampai ke Pulau Dua Bakongan, pengunjung harus menyewa kapal terlebih dahulu.

Biaya Wisata: Mulai Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Pulo Rayeuk, Kec. Bakongan Timur, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

9. Patung Naga

Patung Naga
Image Credit: Google Maps Meuligo Group

Datang ke kota Tapak Tuan belum lengkap kalau tidak mengunjungi Patung Naga. Perlu diketahui bahwa Patung Naga merupakan maskot dari kota ini. Keberadaan patung ini tepat di pusat kota kantor Bupati Aceh Selatan. Jadi Anda yang sedang mengunjungi kota tertua di Indonesia ini wajib mampir.

Patung berbentuk naga yang menjulur dari dalam goa ini begitu menarik perhatian. Dilengkapi dengan nuansa pertamanan membuat suasana sekitar sangat enak dipandang. Tak ayal tempat rekreasi ini tidak pernah sepi di datangi banyak wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nyak Adam Kamil, Hilir, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

10. Pantai Ujong Nibong

Pantai Ujong Nibong
Image Credit: Google Maps Ibnu Fajar

Destinasi bahari di Tapak Tuan memang tidak ada matinya. Selain beberapa pilihan pantai di atas, Anda juga harus mampir ke pantai Ujong Nibong. Letak pantai berada di Kecamatan Meukek, Aceh Selatan. Wisata alam ini tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan. Daya tarik utama terletak di keindahan alamnya yang masih nampak alami dan masih terjaga.

Gugusan pantai begitu mempesona. Pengunjung yang datang dapat bersantai sembari melihat pemandangan alam yang begitu memikat. Segi keindahan tidak hanya nampak dari pemandangannya saja. Sebab Pantai Ujong Nibong juga terkenal akan bawah lautnya yang sangat cantik. Anda yang suka snorkling sangat direkomendasikan sewaktu datang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuhan Tarok, Kec. Meukek, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

11. Air Terjun Le Dingin

Air Terjun Le Dingin
Image Credit: Google Maps Us Man

Satu lagi air terjun yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota Tapak Tuan, yaitu air terjun Le Dingin. Curug yang satu ini begitu mempesona untuk di eksploitasi. Apalagi pemandangan alam sekitar masih begitu terjaga. Wisatawan yang datang dapat melihat dan bermain air langsung di sekitar destinasi wisata alam ini.

Kelebihan lain dari air terjun Le Dingin adalah lokasinya yang strategis. Sebab air terjun ini berada di lintas jalan Tapak Tuan menuju Blang Pidie. Jadi pengunjung wajib mampir ketika melewatinya. Lebih jauh, hadir pula beberapa resto atau kantin yang banyak menyediakan makanan lezat. Dengan begitu Anda akan betah berlama-lama berkunjung.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Mirah, Kec. Pasie Raja, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata populer di Tapak Tuan, Aceh Selatan. Kota tertua di Indonesia ini memang telah dikenal akan keindahan alamnya. Apalagi kebanyakan dari destinasi masih begitu terjaga keasriannya. Datang bersama rekan atau keluarga akan menambah keseruan saat berkunjung. Melihat wisata alam yang indah akan membuat waktu liburan Anda berkualitas.