11 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara Terbaru, Hits & Populer

Berkunjung ke Tarutung Tapanuli Utara menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi disana menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, religi, hingga bersejarah semuanya ada di daerah ini. Panorama yang ditawarkannya pun begitu indah dengan udara yang sejuk sehingga akan membuat Anda merasa betah.

Sebagian wisata di Tarutung tidak banyak diketahui oleh orang sehingga tampak masih alami. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena setiap destinasi tentu sudah dilengkapi dengan fasilitas. Kebersihannya pun selalu dijaga dengan baik oleh petugas dan diharapkan wisatawan yang berkunjung tidak mengotori areanya agar tetap bersih.

Selain itu panorama alam yang ditawarkan di tiap tempat wisatanya juga banyak. Ada tanaman hijau, gunung, dan view danau toba yang terkenal di daerah ini. Tidak heran jika destinasinya juga banyak menjadi incaran turis dari luar negeri. Maka dari itu Anda yang berada di Tarutung jangan lupa untuk melipir ke objek wisata yang terdapat disana.

1. Muara Nauli

Muara Nauli
Image Credit: Google Maps Yusri Elisabeth

Wisata ini menyuguhkan beragam pemandangan alam yang masih natural. Dari sini Anda bisa melihat bukit hijau yang tampak asri. Hal itu membuat udara di sekitar menjadi sejuk dan cocok untuk melepas penat di sela-sela padatnya aktivitas. Terlihat pula lembah yang menambah keindahan Muara Nauli yang menjadi daya tarik untuk memikat hati traveller.

Selain itu, terdapat pemandangan danau toba yang dapat dinikmati. Biasanya yang berkunjung kesini tidak hanya warga lokal saja, tetapi juga banyak yang berasal dari luar daerah. Maka dari itu Muara Nauli dijadikan tempat wisata. Anda yang berlibur bisa berfoto di tiap sudutnya karena view yang bagus dijamin akan membuat foto semakin estetik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutana Godang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

2. Bukit Doa

Bukit Doa
Image Credit: Google Maps Hasib Reza

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan wisata religi yang biasanya digunakan umat Nasrani untuk berdoa. Namun jangan khawatir karena semua orang diperbolehkan kesini untuk sekedar berlibur. Dari depan tampak patung berbentuk tangan yang melambangkan doa. Kemudian tempatnya juga dikelilingi oleh tanaman hijau sehingga terlihat begitu asri.

Bukit Doa tidak hanya menyediakan tempat untuk beribadah saja, akan tetapi di dalamnya terdapat lokasi yang bisa digunakan untuk outbond. Pada hari tertentu Bukit Doa sering disewa oleh masyarakat untuk outbond. Ada pula tempat untuk gathering yang dapat dipakai untuk berkumpul keluarga. Memang Bukit Doa ini wajib dikunjungi saat berlibur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huta Ginjang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

3. Kawah Sipoholon

Kawah Sipoholon
Image Credit: Twitter Phinemo

Destinasi lain yang cukup terkenal adalah Kawah Sipoholon yang menyuguhkan pemandian air panas. Diketahui bahwa sumber mata airnya ada 2 dan saling bersebelahan satu sama lain. Air panas tersebut diperkirakan memiliki suhu sekitar 40 hingga 70 derajat celcius. Pada sekelilingnya terdapat batu kapur dan bukit hijau yang akan memanjakan mata Anda.

Air panas yang ada di Kawah Sipoholon dikenal mempunyai khasiat untuk menjadikan kulit semakin sehat dan kencang. Hal tersebut dikarenakan ada kandungan belerang yang berasal dari sumber air. Saat hari libur wisatanya ramai dikunjungi oleh pelancong dari berbagai daerah. Ketika berada di lokasinya dijamin wisatawan akan merasa betah berlama-lama.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Situmeang Hasundutan, Kec. Sipoholon, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

4. Pemandian Tamaro

Pemandian Tamaro
Image Credit: Google Maps Rudy Cuputra

Pemandian ini hampir sama seperti Kawah Sipoholon karena menawarkan pemandian kolam air panas. Kolamnya begitu luas dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Sehingga orang dewasa maupun anak kecil bisa berenang di pemandian tersebut. Namun, setiap pengunjung disarankan membawa pelampung dan peralatan renang dari rumah.

Destinasi ini memang sangat terkenal karena banyak orang yang tertarik untuk mencoba air panasnya. Tiap sudutnya pun menyediakan warung yang dapat dikunjungi setelah usai menikmati air panas. Tempatnya begitu luas sangat cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Jadi Anda yang berkunjung akan merasa nyaman saat ada di areanya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. AM. Tambunan, Hutabarat, Partali Toruan, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

5. Tugu Toga Aritonang

Tugu Toga Aritonang
Image Credit: Google Maps Abd Bwi

Tugu Toga Aritonang adalah sebuah bangunan yang didirikan oleh Marga Aritonang yang digunakan sebagai alat pemersatu suku Batak. Design bangunannya tampak unik dengan puncak yang mirip dengan tiga helai daun. Kemudian ada pula bentuk tongkat Raja Batak yang ada di tengah puncaknya. Bangunan yang ada tersebut memiliki makna tertentu.

Wisatawan yang ingin bersantai bisa berlibur ke Tugu Toga Aritonang karena disini juga menawarkan beberapa view yang menarik. Anda dapat melihat danau toba dan beberapa gunung yang tampak dari tugu tersebut. Traveller bisa pula memotret foto karena banyak spot menarik. Biasanya kawasan tugu ini akan ramai pada saat siang maupun sore hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Martumbur, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

6. Pemandian Air Soda Parbubu

Pemandian Air Soda Parbubu
Image Credit: Google Maps Nugraha Adi

Pemandian Air Soda Parbubu menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Pada area sekelilingnya terdapat sawah yang menjadikan wisatanya semakin sejuk. Mata air yang mengalir di Pemandian Parbubu berada tidak jauh dari pusat kota Tarutung. Namun, air tersebut diketahui berbusa dan mempunyai rasa yang hampir mirip dengan minuman soda.

Para pencong yang berlibur bisa berenang atau sekedar bermain air. Anda tidak perlu takut tenggelam karena di dasar kolam renang terdapat gas yang akan membentuk gelembung udara. Hal unik lainnya jika berenang di Pemandian Air Soda diyakini bisa membuat tubuh terasa lebih ringan dan sehat. Airnya juga memiliki temperatur suhu yang lumayan hangat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parbubu I, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

7. Panatapan Huta Ginjang

Panatapan Huta Ginjang
Image Credit: Google Maps Jonse P

Huta Ginjang merupakan wisata yang berada di ketinggian 1.550 mdpl. Dari ketinggian tersebut Anda bisa menyaksikan panorama alam yang akan memanjakan mata. Ada bukit hijau, hamparan danau toba yang indah, serta beberapa gunung. Sehingga angin yang ada di sekitarnya menjadi sejuk dan cocok digunakan untuk refreshing bersama kerabat dekat.

Tak hanya itu, letak Huta Ginjang yang tinggi menjadikan tempatnya banyak digunakan untuk lokasi paralayang. Saat hari libur wisatanya akan dipadati oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Anda bisa menjepret foto dengan background pemandangan alam tersebut atau mencoba olahraga paralayang dengan didampingi oleh petugas setempat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huta Ginjang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

8. Salib Kasih

Salib Kasih
Image Credit: Google Maps Naka Sitorus

Wisata religi lainnya yang dapat Anda temui di Tarutung adalah Salib Kasih. Letaknya berada di sekitar hutan rimbun sehingga menyuguhkan beberapa panorama alam. Monumen Salib Kasih dibangun begitu besar sebagai simbol agama Nasrani. Traveller yang datang dapat berdoa sekaligus jalan-jalan menikmati pemandangan indah yang ada di sekitarnya.

Semua orang boleh berkunjung ke Salib Kasih asalkan memakai pakaian yang sopan. Anda juga bisa melipir ke tempat makan dan toko souvenir yang disediakan di sekitar Salib
Kasih. Selain itu Bangunannya yang unik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Saat hari minggu atau perayaan tertentu wisata religi ini akan dipadati oleh banyak orang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simorangkir Julu, Kec. Siatas Barita, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

9. Situs Hindu Hopong

Situs Hindu Hopong
Image Credit: Facebook PT.Toba Nauli Nabolon

Situs Hindu Hopong diketahui didirikan pada zaman kerajaan Sriwijaya yang dahulu pernah berkuasa. Wisata religi tersebut menawarkan patung dan batu-batuan yang melambangkan adat dan budaya Hindu. Patung ini bercorak putih dan menyimpan banyak cerita sejarah terutama tentang perkembangan Hindu yang menyebar di Nusantara mulai zaman dahulu.

Letak Situs Hopong dekat dengan rumah penduduk sekitar. Sehingga para pelancong yang penasaran ingin mengetahui sejarahnya dapat bertanya langsung ke penduduk. Anda juga akan melihat beberapa pohon yang rimbun di kawasannya. Maka dari itu, Situs Hindu Hopong dapat menjadi list wisata yang wajib didatangi saat berada di kawasan Tarutung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Sanggul, Kec. Simangumban Pahae Jae, Kab. Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

10. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang
Image Credit: Instagram Toba Jeges

Pulau Sibandang dapat dijadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan danau toba. Ada pula bukit hijau yang tampak mengelilingi Pulau Sibandang. Pemandangan eksotis tersebut tentu menjadi tempat wisata incaran banyak orang. Saat hari tertentu terdapat pertunjukan dari penduduk setempat yang dinamakan Hoda-Hoda untuk memperkenalkan adat istiadat.

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya terpesona dengan keindahan alamnya saja, tetapi Anda juga bisa melihat proses pembuatan ulos. Kain tersebut dibuat oleh penduduk setempat dan sudah menjadi budaya khas sejak zaman dahulu. Hal itulah yang membuat para pelancong dari luar daerah maupun luar negeri penasaran ingin datang ke Pulau ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sibandang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

11. Monumen Si Raja Panggabean

Monumen Si Raja Panggabean
Image Credit: Facebook Edward Manahan Parlindungan Panggabean

Traveller yang berkunjung ke Monumen Si Raja Panggabean akan menemukan banyak benda peninggalan sejarah. Diketahui bahwa wisata bersejarah ini dibangun dengan tujuan untuk mempersatukan marga Panggabean. Anda dapat berkeliling sekaligus mempelajari sejarah yang ada di monumen tersebut dengan membaca informasi yang telah tertera.

Tidak hanya itu saja, letak monumen yang dikelilingi bukit dan pegunungan membuat suasana di tempat ini terasa menenangkan. Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dapat berkunjung ke Monumen Si Raja Panggabean. Selain sebagai tempat berlibur, pengunjung juga bisa menjadikannya sebagai tempat edukasi yang tidak boleh terlewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tarutung – Padang Sidempuan, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang hits di kawasan Tarutung, Tapanuli Utara. Anda dapat menjelajahinya sesuai keinginan karena setiap tempatnya dijamin akan menyuguhkan pemandangan yang indah. Jangan lupa ajak keluarga atau kerabat dekat agar liburan terasa menyenangkan. Siapkan pula kamera untuk memotret foto saat liburan.