11 Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir Terbaru, Hits & Populer

Berlibur ke Tembilahan Indragiri Hilir memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi tempat ini menyediakan banyak pilihan wisata yang dapat dikunjungi oleh semua orang. Uniknya lagi tiap destinasi tersebut selalu menyuguhkan pemandangan alam yang masih natural. Hal ini tentu akan membuat Anda takjub saat melihat beragam panorama.

Wisatawan yang datang dapat melakukan sejumlah aktivitas, salah satunya adalah bersantai. Apalagi beberapa wisata juga masih belum dijamah oleh banyak orang sehingga masih terjaga keasriannya. Namun, tidak perlu khawatir karena di tiap tempat rekreasinya pasti akan disediakan beberapa fasilitas penunjang agar tamu merasa nyaman.

Pada beberapa wisata terdapat toko souvenir yang dapat dikunjungi usai berlibur. Anda yang berada di kawasannya akan merasa senang dan ingin berlama-lama. Hal yang terpenting saat berlibur jangan sampai mengotori area sekitar agar tetap bersih. Nikmati keseruan bersama kerabat dengan melipir ke sejumlah tempat wisata yang populer di Tembilahan.

1. Pantai Solop

Pantai Solop
Image Credit: Google Maps MTMA GHOIB

Pantai Solop adalah objek wisata yang menyuguhkan pemandangan indah di areanya. Hamparan pasir putihnya yang lembut sering disebut sebagai pasir sirsak. Airnya begitu jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga cocok digunakan untuk bermain air. Pengunjung dapat berenang, bermain voli pantai, maupun bermain wahana air yang telah disediakan.

Destinasi ini tampak asri karena pada sudut lain terdapat hutan bakau yang sengaja ditanam oleh pengelola. Selain untuk mempercantik pantai, hutan ini juga difungsikan untuk mencegah terjadinya abrasi akibat air laut. Wisatawan bisa pula duduk di gazebo yang ada di pinggir pantai untuk melepas penat. Anda yang ada di areanya akan merasakan udara sejuk.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Cawan, Kec. Mandah, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

2. Danau Raja

Danau Raja
Image Credit: Google Maps mega chendra

Wisata alam Danau Raja diperkirakan mempunyai luas danau sekitar 200 meter dengan panorama yang menawan. Danau ini dikenal memiliki air yang begitu jernih berwarna biru kehijauan. Pada area sekelilingnya pun terdapat bukit hijau dan pohon yang berjejer rapi. Sehingga sejauh mata memandang Anda akan dimanjakan dengan beragam pemandangan.

Para pelacong bisa piknik bersama kerabat saat berada di danau ini dengan membawa peralatan dari rumah. Suasana yang menenangkan akan membuat Anda merasa betah berlama-lama disini. Anda yang datang diharapkan membawa makanan sendiri karena letaknya jauh dari pemukiman. Maka dari itu jangan lupa melipir ke wisata Danau Raja.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Dagang, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

3. Air Terjun 86

Air Terjun 86
Image Credit: Google Maps Irpan Andri

Destinasi lain yang tidak kalah menariknya di Indragiri Hilir adalah Air Terjun 86. Traveller akan melihat air yang jatuh dari ketinggian 20 meter ke bak penampungan. Airnya begitu jernih dan segar karena berasal dari gunung. Tak hanya itu, ada pula pohon hijau yang mengelilingi area wisata sehingga udara terasa sejuk dan cocok digunakan untuk bersantai.

Saat hari libur wisata alamnya akan dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Anda yang ada di kawasannya bisa berenang atau sekedar bermain air bersama teman. Namun harus tetap berhati-hati karena pada airnya terdapat batu-batuan licin. Rasakan sensasi seru berlibur di Air Terjun 86 yang akan membuat Anda kagum dengan keindahan alamnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keritang, Kec. Kemuning, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

4. Bukit Berbunga

Bukit Berbunga
Image Credit: bualbual.com

Wisatawan yang datang ke Bukit Berbunga akan melihat kecantikannya dari arah puncak. Berbagai jenis bunga ditanam disini dengan corak warna-warni. Bunga tersebut dijaga dan diberi perawatan khusus sehingga tampak tumbuh segar. Saat siang maupun sore hari adalah waktu yang tepat untuk singgah di puncak Bukit Berbunga sambil menikmati angin.

Traveller yang berlibur jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen karena disini menawarkan banyak spot foto menarik. Selain background bunga, Anda juga akan menemui pemandangan gunung dan bukit yang menghadap langsung ke wisata. Tak hanya itu, di dekat bukit ada aliran sungai yang membuat suasana di sekitar terasa begitu alami.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Ampar, Kec. Kemuning, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

5. Agrowisata Kelapa

Agrowisata Kelapa
Image Credit: Google Maps Zie-O

Agrowisata Kelapa yang ada di Tembilahan Indragiri Hilir termasuk perkebunan yang cukup besar. Banyak sekali pohon kelapa yang sengaja ditanam di kebun tersebut. Bahkan buah kelapa yang dihasilkan sering dikirim ke luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penduduk setempat pun banyak yang bekerja di area Agrowisata Kelapa ini.

Selain sebagai perkebunan yang besar, Agrowisata juga dijadikan sebagai destinasi yang populer. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pelancong yang penasaran ingin datang ke tempatnya untuk melihat kebun secara langsung. Anda dapat bertanya informasi kepada penduduk mengenai kelapa yang ditanam atau sekedar menikmati suasana di kawasannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tj. Harapan No.81, Sungai Beringin, Kec. Tembilahan, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

6. Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Air Terjun memang menjadi wisata alam yang diincar oleh kalangan muda maupun tua. Apalagi di Air Terjun Tembulun Rusa ini menyuguhkan panorama cantik yang tidak kalah dengan wisata lain. Anda yang berlibur akan disuguhi air yang jatuh dari ketinggian 10 meter menuju kolam. Suara gemericik air yang terdengar membuat destinasi terasa masih alami.

Pengunjung dapat berenang di kolam yang kedalamannya sekitar 1,5 meter. Selain itu, Anda juga bisa bersantai sambil berfoto bersama teman selama berada di areanya. Hal lain yang dapat dilakukan adalah berkemah di sekitar Air Terjun Tembulun Rusa. Namun harus membawa tenda dan peralatan sendiri, suasananya yang asri dijamin akan membuat betah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pangkalan Kasai, Kec. Seberida, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

7. Kampoeng Selfie

Kampoeng Selfie
Image Credit: Instagram Wisata Ransel.com

Sesuai dengan namanya, wisata cantik ini memang sering dimanfaatkan untuk mengambil gambar. Banyak dinding rumah yang dicat dengan gambar yang berbeda-beda untuk menghasilkan sebuah karya unik. Coraknya pun tampak warna-warni sehingga membuat kampung ini terlihat bagus. Terdapat pula lukisan 3 dimensi yang melengkapi destinasinya.

Setiap sudutnya menawarkan beragam lukisan yang diketahui memiliki makna tertentu. Tempatnya pun terlihat begitu bersih karena selalu dirawat oleh penduduk setempat. Para pelancong yang berkunjung dapat berkeliling sekaligus bertanya informasi kepada warga mengenai asal mula Kampoeng Selfie. Saat berlibur jangan lupa untuk membawa kamera.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Datuk Bandar, Kec. Tembilahan, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

8. Telaga Mablu

Telaga Mablu
Image Credit: Twitter Wisata

Telaga Mablu diketahui merupakan kawasan konservasi yang menjadi salah satu ikon daerah setempat. Destinasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat suasana disini tampak menenangkan. Apalagi terdapat pemandangan air telaga dan beberapa pohon hijau. Ada pula gazebo kecil yang biasanya digunakan pengunjung untuk melihat panorama.

Wisatawan yang datang dapat membawa alat pancing karena di Telaga Mablu menyediakan spot pemancingan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa piknik bersama keluarga dengan membawa tikar. Hal ini tentu akan membuat liburan terasa semakin menyenangkan. Hal yang terpenting jangan mengotori area sekitar agar wisatanya tetap terlihat asri dan bersih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Bela, Kec. Kuala Indragiri, Kab. Indragiri Hilir.

9. Sungai Rukam

Sungai Rukam
Image Credit: Instagram nana tasus

Sungai Rukam berada di salah satu desa yang ada di kawasan Tembilahan, Indragiri Hilir. Disana menawarkan pemandangan air sungai dengan diapit oleh pohon hijau. Air sungainya tampak bersih dan biasanya digunakan oleh penduduk setempat untuk mengairi sawah. Namun, banyak pula traveller yang penasaran ingin berlibur ke wisata unik tersebut.

Pada kawasan Sungai Rukam menyediakan perahu tradisional yang bisa digunakan untuk berkeliling. Anda dapat menyewa perahu tersebut dengan didampingi oleh petugas. Kegiatan ini tentu akan seru apalagi saat cuaca sedang mendukung. Tak hanya itu, di desa sekitar juga menyediakan warung dan beberapa toko souvenir yang bisa dikunjungi tamu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Rukam, Kec. Enok, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

10. Kebun Jeruk Pulau Palas

Kebun Jeruk Pulau Palas
Image Credit: Facebook Adm Sahran SembilaBelas

Kawasan wisata yang satu ini menyuguhkan beragam pohon jeruk yang berjejer rapi. Setiap pohonnya memiliki buah yang lebat karena dirawat langsung oleh petugas. Lahannya yang sangat luas cocok digunakan untuk berkeliling sambil melihat kebun jeruk yang begitu banyak. Apalagi tiap sudutnya tampak ditanami dengan buah jeruk yang beraneka jenis.

Tak hanya dapat melihatnya saja, namun Anda juga bisa memetiknya untuk dibawa pulang. Jeruk yang sudah dipetik nantinya akan ditimbang oleh pegawai setempat. Rasanya yang manis akan membuat wisatawan ketagihan. Maka dari itu jangan lupa mampir ke Kebun Jeruk Pulau Palas dan nikmati keseruan bermain di lahan kebun yang terlihat asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tempuling, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

11. Rawa Gambut Pulau Cawan

Rawa Gambut Pulau Cawan
Image Credit: Google Maps suzani akma

Wisata Rawa Gambut diketahui berbeda dari destinasi lain karena tempatnya begitu unik. Letaknya dekat dengan hutan bakau sehingga udara di sekitar terasa sangat sejuk. Rawa Gambut memiliki jalan yang cocok dimanfaatkan untuk bersepeda. Anda yang datang dapat mencoba bersepeda dengan trek yang akan memacu adrenalin karena melewati jembatan.

Tak hanya itu saja, namun para pengunjung bisa pula melintasi lima sungai yang ada di Pulau Cawan. Rutenya lumayan susah dilalui sehingga wisatawan diharapkan menyiapkan tenaga dan peralatan sepeda yang lengkap. Anda bisa pula memotret foto ketika berada di kawasannya karena destinasinya yang masih natural dijamin akan membuat foto estetik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Cawan, Kec. Mandah, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

Demikian beberapa tempat wisata yang hits di Tembilahan, Indragiri Hilir. Setiap wisata tersebut dijamin akan membuat Anda senang dan ingin kembali lagi. Siapkan kamera serta beberapa peralatan sebelum berlibur agar semakin seru. Jangan lupa pula untuk mengajak keluarga atau kerabat dekat untuk menikmati tiap destinasi yang akan dipilih.