Candi Pulo – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Candi Pulo – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sibatu Loting, Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas, Sumatera Utara.

Di kawasan padang lawas terdapat sebuah candi Hindu-Budha yang sangat terkenal, bernama Candi Pulo. Situs tersebut sudah berumur ratusan tahun dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan Candi Bahal I. Alasan itu pula yang membuat destinasi ini cukup populer di Sumatera Utara. Jaraknya dengan Candi Bahal hanya sekitar 500 meter saja sehingga sangat mudah dijangkau.

Destinasi ini dikelilingi oleh kebun kelapa sawit dan persawahan, sehingga banyak orang yang belum mengira bahwa disana terdapat sebuah candi tua. Lokasinya yang ada di atas bukit membuat spot tersebut memiliki pemandangan yang indah. Meskipun populer, sayangnya ulasan terkait dengan candi tersebut masih tidak terlalu banyak.

Sejarah Candi Pulo

Sejarah Candi Pulo
Image Credit: Google Maps Ferdinand Virgo

Memang bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah lupa atas sejarah sejarahnya. Selain jaman kemerdekaan, Indonesia Memiliki kisah yang panjang terkait dengan sejarah kerajaan kerajaan di masa lalu. Peninggalan itu pun bermacam macam, salah satunya berupa Candi. Bangunan bersejarah tersebut mudah ditemukan di kawasan Nusantara, termasuk di Sumatera.

Salah satu candi menarik yang ada di sana adalah Candi Pulo. Belum banyak informasi terkait dengan kisah sejarah candi tersebut. Jika dilihat dari letaknya, candi tersebut diperkirakan sempat menjadi aliran sungai Batang Pene, karena tampaknya semat menjadi bagian aliran air. Destinasi wisata candi itu pun adalah satu satunya candi yang mengarah ke utara.

Apabila dilihat lebih luas, candi di kawasan Percandian Padang Lawas semuanya menghadap ke timur. Tentu alasan mengapa bangunan tersebut dibangun demikian belum menemukan titik terang. Meskipun cukup terkenal, namun mereka terlihat kurang terawat sehingga banyak bekas reruntuhan. Namun dibalik minimnya pemberitaan itulah, banyak orang yang tertarik untuk datang.

Daya Tarik Wisata Candi Pulo

Daya Tarik Candi Pulo
Image Credit: Google Maps Ferdinand Virgo

1. Satu Satunya Candi yang Menghadap Utara

Para paragraf sebelumnya sudah disinggung, bahwa candi ini adalah satu satunya candi yang dibangun dengan menghadap ke utara. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak ahli merasa penasaran. Sangat disayangkan karena kebanyakan dari bagian candi sudah menjadi reruntuhan. Alasan itulah yang membuat candi tersebut sulit diselidiki.

Banyak orang yang merasa, bahwa bangunan yang masih utuh adalah bangunan utamanya. Sedangkan bagian yang runtuh dan hanya bebatuan adalah bagian dari pelataran Candi Pulo. Bangunan itu pun dibuat diatas bukit buatan yang diunggah sehingga pasti ada alasan mengapa hal tersebut dilakukan. Dibalik misterinya itulah, anda wajib datang kesana untuk melihatnya langsung.

2. Lokasi yang Ada di Sekitar Perkebunan Sawit

Keunikan kedua yang dimiliki oleh candi ini adalah lokasinya yang ada di sekitar perkebunan kelapa sawit. Jarang ada yang mengira jika candi tersebut ada, karena sekelilingnya yang rimbun. Kendari demikian, masih ada jalur yang bisa anda lewati untuk bisa sampai di destinasi tersebut. Namun jalan satu satunya itu hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau roda dua.

3. Pemandangan Sekitar Candi yang Cantik

Karena lokasinya dekat dengan area persawahan, candi ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Spotnya apun lebih tinggi dibandingkan dengan lahan di sekitarnya sehingga suasana sore terasa lebih syahdu. Meskipun penampakannya di sore hari sangat cantik, namun usahakan untuk tidak terlalu lama di sana sampai malam. Pasalnya jalan yang dilalui sangat sempit dan rimbun.

4. Menjadi Bagian dari Candi Bahal I

Karena lokasi yang dekat dengan Candi Bahal I, peta kawasan percandian Padang Lawas menggambarkan bahwa Candi Pulo masuk dalam kawasan tersebut. Hal ini membuat masyarakat kian mengenal keberadaan bangunan bersejarah ini. Bagi anda yang datang ke Kawasan Bahal I, maka sempatkan untuk singgah ke sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Pulo
Image Credit: Google Maps Ferdinand Virgo

Candi ini terletak di kawasan Kompleks Percandian Padang Lawas. Oleh karena itu, lokasinya pun tidak jauh dari sana. Secara administratif, mereka berada di Desa Bahal Kabupaten Padang Lawas Utara. Kecamatan yang perlu anda tuju adalah di Kecamatan Portibi. Kawasan tersebut cukup populer, sehingga tidak akan sulit untuk ditemukan.

Rute untuk sampai ke candi itu bisa anda tempuh dengan waktu sekitar 2 jam jika awalnya berasal dari Gunung Tua. Adapun jaraknya adalah sekitar 65 km sehingga tidak terlalu jauh jika dilalui dengan menggunakan kendaraan bermotor. Akses untuk masuk ke kawasan candi tidak sulit karena semuanya sudah diaspal dengan baik. Namun untuk sampai ke Candi Pulo, anda perlu berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Kawasan Candi

Tiket Candi Pulo
Image Credit: Google Maps Omar Mohtar

Informasi terkait dengan harga tiket selalu penting bagi wisatawan. Untuk masuk ke sana, anda perlu membayar tiket untuk masuk kawasan candi. Harga tiket candi adalah sekitar 15 ribu. namun tentu saja informasi terkait dengan harga ini bisa berubah tergantung dari kebijakan pihak pengelola. Kendati demikian, anda tidak perlu khawatir karena wisata candi di Indonesia masih cukup terjangkau.

Adapun waktu terbaik bagi anda untuk datang adakah di pagi hari dan sore hari. Di waktu tersebut, anda tidak akan merasa terlalu panas saat menempuh perjalanan. Namun tetap tidak ada salahnya jika anda memutuskan untuk datang di siang hari. Pepohonan dan pemandangan disana siap menyambut anda dan membuat diri terasa lebih rileks dan sejuk.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Candi Pulo
Image Credit: Facebook Hairil Hamzah Hasibuan

1. Menelisik Sejarah Berdirinya Candi Pulo

Sebenarnya salah satu kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan di kawasan tempat bersejarah adalah menelisik kisah apa yang ada di dalamnya. Namun di Candi Pulo, anda tidak bisa terlalu banyak mendapatkan informasi. Kendati demikian, anda bisa mendapat penjelasan terkait dengan arca dan maksud dari lambang lambang yang ada di sana.

Berbicara soal arca, ternyata sebagian arca yang ada di sana sudah dipindahkan dan disimpan di Museum Nasional Indonesia. Adapun tampilan dari arca tersebut adalah berupa manusia dengan kepala banteng dan gajah, namun tidak memakai subang. Hal ini dilakukan karena memang candi tersebut belum banyak dirawat.

2. Mengamati Detail Relief yang Menawan

Meskipun kisah apa yang ada di balik candi belum terlalu banyak diketahui, namun pahatan berupa relief dan arcanya memiliki keunikan dibandingkan dengan candi yang lain. Di candi tersebut setiap sisinya memiliki hiasan motif sulur. Bagian dinding yang sudah menjadi reruntuhan terlihat menyerupai manusia berkepala banteng dan gajah.

Matanya pun dibuat melotot dan menyeringai, sehingga terlihat sedikit menyeramkan. Semua relief manusia yang ada di lokasi memakai cawat bunga, gelang tangan, kaki, bahu, dan kalung. Salah satu relief lag memiliki subang di bagian yang terlihat berbentuk bunga. Saking detailnya relief tersebut, banyak ahli yang dibuat kagum atas mahakarya Candi Pulo.

3. Mengambil Foto

Perjalanan wisata tidak akan pernah lengkap jika tidak dibarengi dengan mengambil beberapa foto sebagai kenang kenangan. Selain mengambil latar candi, anda juga bisa mengambil latar berupa hamparan sawit dan sawah. Panorama di sana terlihat estetik untuk dipajang di media sosial. Kendati demikian, anda tetap harus melihat langkah dengan baik karena banyak reruntuhan batuan.

Anda tidak boleh sampai menginjak arca yang runtuh karen abis ammebuatnay semkain rusak. Batuan tersebut berserakan di pelayaran candi sehingga perlu perhatian ekstra saat hendak berjalan. Namun selain itu, tidak ada masalah dengan destianis ini dan tetap terasa menyenangkan berlama lama di sana.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Pulo

Danau Tao
Image Credit: Google Maps Rasyid Harahap

1. Candi Bahal I

Candi Bahal lokasinya benar benar dekat dengan Candi Pulo, bahkan hanya berjarak 500 meter. Alasan itu yang membuat mereka masih tergambar dalam satu peta wilayah yang sama. Candi Bahal sendiri adalah candi Hindu Budha yang atapnya mirip dengan Candi Mahligai. Posisi hadap nya ke arah Timur sehingga terlihat berbeda dengan Candi Pulo.

2. Danau Tao

Destinasi kedua yang bisa anda kunjungi setelah setelah puas berkeliling candi adalah Danau Tao. Pemandangan disana terlihat indah karena danau dikelilingi oleh hamparan padang rumput yang luas. Jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung untuk menyimpan berbagai hasil foto. Meskipun singgah di Danau Tao sebentar, namun destinasi tersebut cukup berkesan bagi wisatawan.

3. Air Terjun Katobung

Perjalanan anda di Sumatera Utara tidak akan terasa lengkap jika tidak mampir ke Air Terjun Katobung. Jarak destinasi ini dengan kompleks percandian adalah sekitar 4 jam. Kendati demikian, jauhnya jarak tersebut bukan hal baru, karena memang spot wisata di Padang Lawas lokasinya tidak terpusat. Anda perlu menempuh perjalanan yang lumayan mengurangi tenaga.

4. Aek Siraisan

Aek Siraisan memiliki popularitas yang sangat tinggi di Padang Lawas. Destinasi tersebut menjadi tempat istirahat yang baik karena memiliki pemandangan yang spektakuler. Mulai dari orang tua hingga anak muda banyak yang mampir ke sana untuk mengambil akhir pekan. Adapun jarak dari kompleks candi menurut Aek Siraisan adalah sekitar

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan destinasi unik bernama Candi Pulo. Akan jauh lebih baik jika anda datang ke sana bersama dengan keluarga ataupun teman teman kuliah. Anda bisa melihat secara langsung dan mungkin ikut berasumsi, apa sebenarnya tujuan dibangunnya candi tersebut di masa lalu. Meskipun tidak setenar Borobudur, namun lokasi tersebut sangat menarik.