Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Padang Lawas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Sumatera Utara, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Padang Lawas. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Padang Lawas adalah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Penduduk lokal lebih sering menyebut kota ini Palas karena lebih mudah diucapkan. Memiliki luas wilayah sekitar 3.893 Km2 dan merupakan pemekaran dari Wilayah Tapanuli Selatan.

Hal utama yang menjadi tujuan dari banyak orang datang ke wilayah ini karena memiliki panorama indah. Keindahan tersebut tidak hanya berupa pantai saja, namun juga memiliki sungai luas yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut ini 15 tempat wisata di Padang Lawas yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Gayambang

Danau Gayambang

Image Credit: Marhotmartua.blogspot.com

Keindahan danau ini sering diabadikan dalam sebuah prewedding bagi sebagain orang. Tak ayal jika banyak orang yang takjub dengan keindahan danau ini karena memiliki panorama indah yang tidak biasa. Dengan luas lahan sekitar 35 hektar, hamparan pohon dan birunya air yang agak hijau membuat nilai eksotis tersendiri.

Belum lagi dengan fasilitas yang ada di sekitar danau sudah cukup lengkap dan terawat seperti toilet, tempat parkir dan tempat untuk duduk santai. Anda juga dapat memancing di sekitar danau asal cukup aman karena ada beberapa spot yang tidak boleh dilewati. Jadi, harus taat pada aturan. Baca dengan teliti agar tidak terjadi hal yang berbahaya.

Lokasi: Ujung Batu, Kec. Sosa, Kab. Padang Lawas.

2. Aek Milas Paringgonan

Aek Milas Paringgonan

Image Credit: Marhotmartua.blogspot.com

Sebutan Aek Milas dalam bahasa daerah memiliki arti air panas. Sedangkan Aek Milas Paringgonan merupakan salah satu pemandian air panas yang ada di Padang Lawas. Dengan wisata ke pemandian ini tubuh akan terasa lebih segar dan bugar karena tubuh banyak mengeluarkan toksin. Tubuh yang sering berendam air hangat akan menambah metabolisme menjadi lebih baik, hal ini sesuai dengan kebiasaan orang Jepang yang suka berendam air hangat terutama pada saat musim dingin tiba.

Biasanya, dengan berendam air hangat maka tubuh yang terkena flu akan berangsur sembuh. Tidak heran jika pada musim liburan tempat ini selalu ramai pengunjung karena setelah lelah beraktivitas maka berendam air hangat akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Paringgonan Julu, Kec. Ulu Barumun, Kab. Padang Lawas.

3. Aek Siraisan

Aek Siraisan

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Orang Padang Lawas menyebut air dengan kata aek, sehingga dapat diartikan bahwa Aek Siraisan ini adalah air yang membelah wilayah Siraisan. Tentu saja air yang membelah itu disebut dengan sungai. Biasanya, pada saat akhir pekan tempat ini selalu ramai pengunjung terutama bagi pasangan muda yang ingin merasakan tempat baru untuk menghabiskan waktu bersama.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat wisata ini cukup asik karena memiliki panorama yang indah, belum lagi cahaya matahari pada saat sore hari sangat indah dengan kilau orange yang memukau.

Lokasi: Siraisan, Kec. Ulu Barumun, Kab. Padang Lawas.

4. Air Terjun Katobung

Air Terjun Katobung

Image Credit: Utusanriau.co

Dapat dikatakan, air terjun ini hanya sebuah sungai yang miring. Meski tidak semeriah air terjun yang berasal dari tebing namun air terjun ini memiliki panorama yang indah. Meski hanya dengan ketinggian 3 meter namun suara gemericiknya tetap menghibur.

Jika Anda tidak suka berenang maka bisa menaiki perahu dayung untuk berkeliling sebentar. Pemandangan yang ada di sekitar air terjun ini sangat asik dan menarik untuk ditelusuri.

Lokasi: Papaso, Kec. Batang Lubu Sutam, Kab. Padang Lawas.

5. Aek Hapung

Aek Hapung

Image Credit: Facebook.com @KabupatenPadangLawas

Sebuah sungai indah dengan deretan batu yang mirip dengan kereta laju. Banyak batu apung yang berderet rapi dengan beragam ukuran. Deretan batu apung inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata sungai ini.

Meski hanya berupa sungai biasa namun panorama yang ada di sungai ini sangat asik dan menarik. Anda bisa bermain air atau selfie karena pohon hijau yang ada di sekitar sungai sangat menyejukkan mata.

Lokasi: Hapung, Kec. Sosa, Kab. Padang Lawas.

6. Candi Sangkilon

Candi Sangkilon

Image Credit: Facebook.com @Candi Buddha di Padang Lawas

Berikutnya ada sebuah wisata bersejarah yang sangat cantik di Padang Lawas, yakni berupa Candi Sangkilon. Disebut dengan Candi Sangkilon karena letaknya dekat dengan Sungai Sangkilon yang hanya berjarak 20-30 meter saja.

Konon, berdasarkan prasasti yang ada di lempengan emas, ukuran candi hanya sekitar 11×11 meter untuk candi induk, sedangkan candi kecil lainnya hanya berukuran 3×3 meter dengan jumlah sekitar 3 saja. Kini lempengan emas tersebut disimpan di Museum Nasional agar tetap aman.

Lokasi: Sangkilon, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas.

7. Candi Tandihat

Candi Tandihat

Image Credit: Belantarakhatulistiwa.blogspot.com

Bentuk candi ini memang agak tidak sempurna karena sudah ada sejak abad ke 16. Berdasarkan sejarah, candi ini memiliki 3 kompleks percandian dengan ruang dan fungsi tempat yang berbeda. Satunya sebagai induk kemudian dua lainnnya menjadi tempat untuk para perwira.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Simalungun yang Murah & Enak

Adapun arca perunggu yang dulunya ditemukan di situs ini sudah diamankan di Museum Nasional agar tidak disalahgunakan oleh orang. Ukuran candi ini juga tidak begitu besar yakni hanya sekitar 5 meter saja.

Lokasi: Tandihat, Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas.

8. Candi Sipamutung

Candi Sipamutung

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kompleks Candi Sipamutung merupakan situs candi yang paling besar yakni mencapai sekitar 100 hektar. Bentuk dan denahnya juga masih sangat bagus sehingga para pengunjung yang datang bisa dimanjakan dengan proses sejarah pada masa lampau.

Terdiri dari candi induk dengan ukuran 74×74 meter yang kemudian diikuti dengan candi pendukung lainnya dengan ukuran yang bervariasi. Dengan melihat situs candi ini Anda akan makin penasaran dengan peradaban Nusantara pada masa lampau karena sangat sesuai dengan catatan sejarah yang pernah ada.

Lokasi: Siparau, Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas.

9. Parmata Sapihak

Parmata Sapihak

Image Credit: Kompasiana.com

Berikutnya ada sebuah destinasi wisata ziarah dengan makam yang unik. Disebut dengan makam unik karena ukurannya sangat tidak biasa, yakni sekitar 5-7 meter. Kemudian tiap makam tidak ada tulisan nama atau petunjuk apapun. Uniknya, para pengunjung tetap berdoa dan berzirah ke tempat ini dengan penuh hikmat. Nama Permata Sapihak ini juga memiliki arti kuburan bermata satu.

Lokasi: Limbong, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas.

10. Hutan Lindung Sosopan

Hutan Lindung Sosopan

Image Credit: Mongabay.co.id

Objek wisata yang satu ini memiliki panorama indah dengan flora dan fauna beragam. Anda tidak hanya melihat pohon hijau saja, namun juga beragam bunga dan hewan liar seperti burung ekor panjang. Aneka satwa liar tersebut dijaga dan tidak boleh ditangkap karena keberadaannya langka.

Dahulu, saat penebangan hutan banyak hewan yang mati dan tidak memiliki asupan makan karena hutannya mati. Kini, pemerintah setempat ingin membuat tempat yang nyaman untuk flora dan fauna agar terus lestari.

Lokasi: Sihaporas, Kec. Sosopan, Kab. Padang Lawas.

11. Danau Tao

Danau Tao

Image Credit: Wartawisata.id

Berikutnya ada sebuah danau indah dengan air yang hijau. Di sekitar danau terdapat beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk santai. Hanya dengan ukuran 2 hektar saja Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah nan permai. Kemudian di dekat danau itu ada bukit hijau yang indah.

Lokasi: Batang Onang Baru, Kec. Batang Onang, Kab. Padang Lawas Utara.

12. Air Terjun Siranap

Air Terjun Siranap

Image Credit: Pegipegi.com

Di wilayah Padang Lawas memang terdapat banyak air terjun dengan pesona yang berbeda. Demikian juga dengan Air Terjun Siranap ini memiliki debit air yang cukup bagus. Terutama pada saat kemarau, air tidak pernah susut.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Sibolga yang Murah & Enak

Uniknya, saat tiba musim hutan air terjun ini tetap memiliki arus yang tidak jauh berbeda meski selepas hujan usai. Hanya saja untuk datang ke air terjun ini Anda harus melewati rute yang cukup terjal dan sulit. Untuk itu sebaiknya siapkan stamina terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan perjalanan dengan baik.

Lokasi: Janji Matogu, Kec. Portibi, Kab. Padang Lawas Utara.

13. Batu Kapur Paranginan

Batu Kapur Paranginan

Image Credit: Marhatahata.com

Destinasi berikutnya ada sebuah batu kapur yang memiliki panorama unik. Akibat iklim dan cuaca maka bentuk batu kapur ini menjadi sangat menarik, penuh dengan pahatan alami dari air hujan dan panas.

Berkeliling ke wisata ini Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari batu putih yang menarik. Belum lagi indahnya sinar mentari yang muncul saat datang pagi, plus dengan embun yang masih membasahi area batu kapur tentu akan menjadi sangat indah.

Lokasi: Paranginan, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas.

14. Candi Bahal

Candi Bahal

Image Credit: Buddhazine.com

Masih ada situs sejarah yang tidak kalah dengan candi lainnya. Meski ukuran candi ini tidak seperti candi lainnya namun panorama yang ada di sekitar candi sangat indah dan memukau. Banyak pohon hijau yang bisa memanjakan mata dengan kesejukan dan kesegaran.

Cobalah berkunjung ke Candi Bahal ini sambil membawa tikar dan bekal. Anda akan memiliki pengalaman berpiknik yang berbeda dari tempat lain karena suasana juga berbeda.

Lokasi: Bahal, Kec. Portibi, Kab. Padang Lawas Utara.

15. Waterboom Gunung Tua Paluta

Waterboom Gunung Tua Paluta

Image Credit: Metro-online.co

Wahana air dengan penataan yang modern, cobalah datang ke Waterboom Gunung Tua Paluta. Wisata ini menghadirkan wahana permainan yang sangat banyak dan menarik seperti kolam renang, peluncur air, bola air dan air mancur.

Semua permaianan tersebut dapat Anda mainkan secara bebas tanpa bingung harus antri karena semua fasilitas terawat dan cukup banyak. Jadi meski ramai pengunjung, Anda tidak perlu antri lama untuk menikmati wahana tersebut.

Lokasi: Sosopan, Kec. Padang, Kab. Lama Padang Utara.

Itulah 15 tempat wisata di Padang Lawas yang populer dan bisa Anda kunjungi saat liburan. Menghabiskan waktu saat liburan bersama teman dekat atau orang tersayang tentu akan menjadi moment yang sangat berharga. Untuk itu, butuh sebuah tempat positif dan berbeda agar moment tersebut akan terus muncul sebagai kenangan yang indah. Berkunjung ke Padang Lawas menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup layak karena menwarkan panorama indah nan eksotis. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.