20 Makanan Khas Jambi yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Jambi yang Unik dan Terkenal Lezat

Ketika Anda bertandang ke wilayah Jambi, maka terdapat berbagai makanan khas Melayu yang dapat secara mudah ditemukan di sana. Jambi sendiri adalah daerah yang lokasinya berada di kawasan sebelah Timur dari Pulau Sumatera. Sehingga, wajar apabila adat Melayu di sana terbilang cukup kental. Tentu saja hal ini menjadi salah satu keunikan pada kuliner yang disuguhkan.

Berbagai menu kuliner di daerah tersebut bisa ditemukan mulai dari goreng, berkuah, hingga yang memiliki cita rasa pedas. Pastinya beberapa menu makanan juga hanya dapat Anda cicipi apabila berkunjung ke Jambi saja. Dengan adfanya banyak kuliner unik dan lezat, tidak akan heran apabila terlihat banyak sekali wisatawan yang datang.

Salah satu julukan yang sering dilontarkan untuk Jambi sendiri yaitu daerah penggoyang lidah. Sajian khas yang terdapat di sana kebanyakan cenderung memanfaatkan ikan untuk dijadikan sebagai bahan utama untuk memasaknya. Oleh karena itu, tidak hanya terkenal akan kelezatannya saja melainkan juga kaya akan kandungan gizinya. Berikut daftar makanan khas asal Jambi yang menarik untuk Anda cicipi saat berkunjung.

1. Dodol Kentang Kerinci

Dodol Kentang Kelinci
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Dodol Kentang Kelinci merupakan jajanan yang cocok sekali dijadikan sebagai buah tangan. Tekstur dari hidangan yang satu ini cukup lembut dan agak kenyal. Dodol yang terbuat dari bahan utama berupa kentang ini memiliki rasa yang manis.

Menariknya, dodol ini dibungkus memakai kertas minyak berwarna-warni serta dilapisi oleh plastik bening. Rasa manis yang dimunculkan cukup beda dengan dodol lainnya sebab manis dari Dodol Kentang Kelinci lebih ringan daripada dodol biasanya yang lengket dan manis.

2. Kue Srikaya

Kue Srikaya
Image Credit: Twitter.com @AgungToyotaID

Walaupun pada namanya terdapat kata Srikaya, tetapi kue ini ternyata tidak ada kaitannya dengan buah srikaya sama sekali. Melainkan kue tersebut menggunakan bahan utama berupa tape dan santan yang ditambahkan pewarna alami hijau dari daun pandan.

Kue Srikaya umumnya ditambahkan dengan beberapa topping seperti santan, daun suji, gula pasir, tepung terigu, vanili bubuk, dan telur ayam. Kudapan ini tentunya wajib sekali untuk dicicipi karena memiliki rasa yang nikmat.

3. Otak-Otak

Otak-Otak
Image Credit: Twitter.com @bbp3kp

Otak-otak merupakan masakan yang terbuat dari bahan ikan. Masakan ini bisa secara mudah Anda temukan di semua penjuru tanah air. Masakan yang satu ini cukup istimewa karena biasanya akan disantap dengan kecap atau cuka.

Selain itu, ada juga yang menyantap otak-otak dengan menggunakan saus cabai. Sungai Batanghari merupakan tempat yang kerap menghasilkan ikan kualitas tinggi untuk dimasak menjadi otak-otak. Rasanya pun tentu saja enak serta mampu membuat Anda tidak dapat berpaling.

4. Tempoyak

Tempoyak
Image Credit: Twitter.com @aurel_jhp

Tempoyak populer dengan rasa yang enak dan memikat. Penduduk Jambi kerap menjadikan Tempoyak untuk hidangan menemani nasi. Selain itu, beberapa penduduk juga mencampurkan ikan segar ketika mengolah supaya rasanya semakin sempurna.

Masakan yang satu ini diproses dengan hasil fermentasi dari durian hingga menjadikan rasanya cukup kuat pada lidah. Selama berkunjung ke Jambi, manjakanlah lidah Anda dengan mencicipi makanan khas tersebut.

5. Dodol Nanas

Dodol Nanas
Image Credit: Twitter.com @WhitePearl791

Dodol Nanas merupakan olahan dari nanas yang dipetik langsung di kebunnya. Cita rasa yang dihasilkan yaitu manis serta agak asam. Bukan hanya nanas saja, melainkan beberapa bahan tambahan juga digunakan seperti santan kelapa, vanili, gula merah, gula pasir, dan tepung ketan.

Saat mengolah makanan ini, hal utama yang wajib dilakukan yaitu mengaduk terus sekitar 5 jam. Dengan proses yang membutuhkan waktu lama ini membuat hasilnya semakin enak dan juga tahan lama.

6. Kue Padamaran

Kue Padamaran
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Banyak orang yang mengira bahwa kue tersebut dibuat dengan daun pandan sebab warnanya yang hijau. Tetapi, warna hijau itu merupakan pewarna alami dari daun suji. Makanan dengan bahan tepung beras tersebut adalah kue paling populer di Jambi sana.

Rasanya sedap dan manis, teksturnya sangat lembut, dan ukurannya pun tergolong mungil. Kue Padamaran tersebut akan sering dijumpai apabila telah memasuki bulan Ramadhan.

7. Bolu Kojo

Bolu Kojo
Image Credit: Twitter.com @matryosicha

Masih banyak masyarakat yang asing dengan makanan yang bernama Bolu Kojo ini. Padahal, Bolu Kojo ini merupakan salah satu kue bolu dengan rasa sangat enak. Diolah dengan cetakan yang berbentuk bunga kamboja.

Hidangan ini umumnya disajikan ketika bulan puasa, pesta adat, maupun acara besar lainnya. Pastinya, paling enak menikmati Bolu Kojo dengan ditemani teh panas.

8. Sup Tulang Jambi

Sup Tulang Jambi
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Walaupun disebut Sup Tulang, tetapi masakan tersebut tidak hanya menyuguhkan tulang sebagai isian saja. Melainkan sup ini juga disajikan bersama daging yang masih tertempel di tulang, lalu disuguhkan dengan kuah bening yang segar.

Taburan daun bawang dan bawang goreng tentu saja mampu menambah selera Anda. Mengunyahnya pun sangat mudah karena dagingnya yang empuk. Pasalnya, dagingnya sendiri direbus selama 4 sampai 5 jam.

9. Kue Kubang Boyo

Kue Kubang Boyo
Image Credit: Facebook.com @taman.b.kancil

Kue Kubang Boyo mempunyai nama sebutan lainnya yang juga unik yaitu kue kubang buaya atau buaya berenang, kue pak ipuk, dan kue anak buaya. Kue tersebut dibuat dengan bahan dasar tepung ketan yang ditambah dengan pasta pandan.

Nantinya, adonan tersebut akan digunakan sebagai pembungkus kelapa parut dan gula merah. Rasa yang diciptakan dijamin manis serta dengan tekstur yang kenyal.

10. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng
Image Credit: Twitter.com @soloposdotcom

Ketika biasa menemukan apel, nangka, dan pisang yang digoreng, akhirnya penduduk Jambi menciptakan inovasi baru memakai buah rambutan. Hidangan ini wajib dicoba karena keunikannya. Pastinya hidangan tersebut mempunyai rasa seperti kurma serta tidak menggunakan bahan pengawet.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan bahan lainnya seperti vanili, garam, dan tepung terigu. Tekstur luarnya sangat renyah, sedangkan dalamnya cukup empuk.

11. Kue Muso

Image Credit: Twitter.com @ms_atiek

Bentuk dari Kue Muso menyerupai Pie karena pada pinggirannya dipadati dengan cokelat. Camilan tersebut dibuat dengan bahan berupa campuran vanili, gula pasir, air suam-suam, santan, garam, air pandan, coklat bubuk, minyak sayur, terigu, dan ketan.

Cita rasa manisnya tentu saja tidak akan membuat lidah Anda bosan. Apabila kebetulan ada di Jambi, jangan lewatkan untuk membeli camilan ini.

12. Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam
Image Credit: Twitter.com @IanSPCC

Bumbu yang diperlukan dalam mengolah masakan ini yaitu santan, garam, kecap manis, pala bubuk, lada putih bubuk, kayu manis, ketumbar, adas manis, jitan, lengkuas batang serai, kemiri, jahe, bawang putih, dan bawang merah.

Tidak heran apabila cita rasanya sendiri tergolong manis dan gurih. Sudah pasti akan membuat siapapun yang merasakannya menjadi nagih. Kuahnya cukup kental dagingnya pun empuk.

13. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis
Image Credit: Facebook.com @koranmediajakarta

Kue Putri Kandis mampu membuat Anda tersenyum lebar karena merasakan kemanisannya. Kudapan tersebut adalah jajan tradisional dengan warna hijau, cokelat, dan kuning, juga diolah menggunakan kuning telur dalam jumlah yang banyak.

Umumnya, hidangan ini disuguhkan ketika ada perayaan acara antar belanjo (pernikahan) atau acara adat. Apabila telah mencicipi kue ini, dijamin Anda tidak akan bisa berhenti mengunyahnya.

14. Pempek Sambal

Pempek Sambal
Image Credit: Twitter.com @najibbe2

Hampir semua masyarakat Indonesia telah mengenal PeMie mpek. Tidak terkecuali dengan camilan khas Jambi yang bernama Pempek Sambal ini. Kuah sambal pada pempek yang satu ini mampu membuat mata menjadi melek.

Pempek tersebut umumnya disajikan dengan warnanya yang merah menyala dari sambal. Pedas gilanya pasti akan membuat Anda tertarik untuk menyuapnya lagi dan lagi.

15. Kue Gandus

Kue Gandus
Image Credit: Twitter.com @kitaina_id

Tampilan dari Kue Gandus hampir mirip dengan talam ebi karena memiliki warna putih cerah serta rasa yang pedas nikmat. Masakan ini dibuat dengan santan, garam, tepung beras, dan tepung sagu.

Tambahan topping berupa bawang merah, cabai, dan bawang putih pastinya semakin menambah kelezatannya. Kemudian, penyajiannya sendiri masih akan diperlengkap dengan abon ikan, irisan cabai, daging giling, bawang goreng, ebi sangria, dan daun seledri.

16. Mie Celor

Mie Celor
Image Credit: Twitter.com @mrdhngrh

Mie Celor merupakan mie yang dibuat dengan tepung terigu serta tambahan daun sop dan tauge. Mie ini mempunyai sebutan unik sebab terinspirasi oleh mie telur. Tidak hanya membuat lidah bergoyang, melainkan tambahan irisan daging dan telur membuat perut menjadi kenyang.

Nafsu makan pun akan meningkat karena Mie Celor memiliki aroma yang kuat dari bumbu-bumbunya. Oleh karena itu, jangan ragu lagi apabila ingin mencicipinya.

17. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk
Image Credit: Twitter.com @Keeven90483933

Nasi Gemuk ini mirip sekali dengan nasi uduk apabila dilihat dari spesifik saja. Pembedanya yakni nasi uduk disajikan bersama emping melinjo, sementara Nasi Gemuk bersama kerupuk.

Nasi Gemuk sendiri merupakan campuran dari bahan nasi, daun jeruk, daun salam, daun pandan, dan santan. Rasanya juga terbilang sangat lezat dan gurih.

18. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan
Image Credit: Twitter.com @dapurzahra

Kerutup Ikan merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama berupa ikan tawar segar. Ikan tawar tersebut misalnya saja seperti ikan mas, gurame, dan ikan nila. Ikan yang telah dipilih nantinya akan dimasak menggunakan bumbu khusus.

Sama halnya seperti masakan ikan goreng, Kerutup Ikan juga akan melewati tahap penggorengan menggunakan bahan tambahan seperti kunyit sebagai penyedap rasa. Bau yang dimunculkan sangat memikat dan harum.

19. Gulai Terjun

Gulai Terjun
Image Credit: Twitter.com @arieparikesit

Gulai Terjun menjadi salah satu hidangan yang kerap dicari oleh banyak pengunjung karena kelezatan dan keunikannya. Masakan tersebut memakai daging kerbau, kambing, dan sapi untuk bahan utamanya. Daging olahan ini nanti akan disajikan bersama kuah santan yang nikmat. Bukan seperti gulai biasa, Gulai Terjun memiliki kuah yang encer dan terdapat tambahan berupa umbut kelapa.

Sama dengan makanan lainnya, Gulai Terjun tersebut juga akan disuguhkan ketika ada acara tertentu. Akan tetapi, tentu saja masakan nikmat yang satu ini dapat Anda cicipi di banyak rumah makan yang ada di daerah Jambi.

20. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan
Image Credit: Twitter.com @BaharaJati

Ikan gabus merupakan bahan yang digunakan untuk memasak Gulai Tepek Ikan. Penyajiannya sendiri menggunakan kuah santan yang kental serta daging ikan yang empuk. Sebelum dicampurkan dengan kuah santan, ikan gabus dipipihkan terlebih dahulu.

Bumbu yang dipakai pada ikannya sendiri yaitu adonan sagu dan juga bawang putih. Umumnya, Gulai Tepek Ikan hanya diolah saat acara khusus saja seperti pernikahan, kendurim dan lain-lain. Namun, telah ada banyak restoran di sana yang menyediakan menu tersebut.

Nah, itulah rekomendasi makanan khas asal Jambi yang sayang dilewatkan. Oleh karena itu, siapkan dana dan nikmatilah seluruh kuliner daerah ini yang terkenal dengan cita rasanya yang mampu memanjakan lidah Anda.