Kepulauan Riau

25 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Batam, Kepulauan Riau. Objek Wisata Alam dan Bahari Terbaru, Kekinian yang Sedang Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Wilayah Batam merupakan bagian dari Indonesia yang tentu saja memiliki pesona alam yang sangat indah dan luar biasa. Banyak wisata alam yang bisa Anda kunjungi Bersama keluarga, bisa juga menyaksikan beragam pantai dan gunung yang indah. Atau hanya sekedar menghabiskan waktu sambil menyantap hidangan lezat dari beragam penjuru. Karena semua menu bisa Anda santap dengan bebas di sini.

Batam memang penuh dengan panorama indah nan eksotis, tidak heran jika wilayah ini tiap tahun terus saja mengalami kedatangan pengunjung dari beragam kota. Penasaran dengan keindahan dan tempat wisata yang ada di kota ini? Berikut ini ada 25 tempat wisata di Batam yang akan membuat Anda takjub.

1. Welcome to Batam

Welcome to Batam

Lokasi: Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam. – Image Credit by Oposisi-batam.blogspot.com

Sebuah tulisan selamat datang yang terdapat di tengah kota menjadi pengantar para pengunjung yang ingin mengelilingi kota Batam. Tulisannya yang besar dan di atas bukit membuat tulisan tersebut mirip dengan tulisan Hollywood yang ada di Amerika sana. Tiap orang yang datang sangat suka sekali berselfie ria di depan tulisan tersebut. Sebuah atmosfir berbeda tentunya jika dapat berkunjung ke kota indah yang penuh pesona ini.

2. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh

Lokasi: Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam – Image Credit by Phinemo.com

Sebuah pulau indah yang ada pantai dan pasir putih. Banyak turis asing yang berkunjug ke sini hanya untuk memanjakan mata sembari bersantai untuk menghilangkan penat. Pulau indah bernuansa tropis ini menyuguhkan pemandangan laut yang sangat indah. Apabila Anda bermain di air maka akan melihat ikan warna-warni berenang bebas di antara terumbu karang yang ada.

Berjalan dan bermain air bersama ikan tentu akan sangat menyenangkan. Terlebih, ikan tersebut sangat bersahabat dan dapat membuat hati menjadi senang. Jika Anda pandai berenang maka snorkeling atau diving akan menjadi pilihan pas agar pesona alam bawah laut menjadi lebih terlihat. Dengan berenang bersama ikan dan biota laut lainnya tentu akan membuat mata terasa takjub sehingga lebih bersyukur atas nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

3. Pulau Mubut

Pulau Mubut

Lokasi: Karas, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Antonfathonimasi.blogspot.com

Sebuah pulau yang masih sangat asri dan alami. Memang belum banyak orang tahu akan indahnya pulau yang satu ini hiingga tidak heran jika lokasinya masih jauh dari yang namanya sampah. Meski demikian tetaplah jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di lokasi wisata.

Kurang pas rasanya jika pemandangan berpasir putih dengan air yang jernih namun banyak sampah plastik berserakan. Sangat senang rasanya jika dapat menemukan pulau perawan seperti pulau Mubut ini. Tenang, sejuk dan damai, sangat jauh berbeda dari suasana kota yang sangat kacau dan meresahan.

4. Pulau Abang

Pulau Abang

Lokasi: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Linasasmita.com

Pulau kecil berpenghuni yang menawarkan beragam keindahan alam darat dan dasar laut yang eksotis. Setidaknya hanya ada sekitar 1.500 orang yang ada di tempat ini. Sambil berlibur bisa sesekali ngobrol dengan orang lokal agar lebih tahu bagaimana hidup di dunia yang sangat jauh dari peradaban. Tentu akan menjadi pengalaman tersendiri yang sangat menyenangkan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Suasana di Pulau Abang sangat pas untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Apabila Anda suka dengan diving dan snorkeling maka pulau ini sangat pas dan cocok karena lokasinya sangat strategis. Indah sekali.

5. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

Lokasi: Pulau Tunjuk, Kec. Subangmas, Kota Batam. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Tempat wisata alam di Batam ini sangat pas sekali dijadikan lokasi melihat sunrise atau matahari terbit. Dari pasir putih dan air laut yang bersih, pulau ini memberikan pesona tersendiri yang sangat luar biasa. Jika Anda tidak ada biaya untuk menginap maka Anda bisa menggunakan tenda sebagai salah satu wujud kemping yang tertunda.

Tentunya akan sangat seru dan menarik karena dapat lebih dekat dengan alam sehingga dapat menimati indahnya matahari terbit di pagi hari. Kemudian malamnya menyalakan api unggun agar suasana malam menjadi lebih romantis. Sangat pas rasanya menjaga hidup ini dengan alam yang sehat agar terus dan senantiasa berdampingan. Alam yang indah akan membuat hati menjadi lebih bahagia.

6. Pulau Petong

Pulau Petong

Lokasi: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Batam-wisata.com

Jika Anda suka dengan diving maka lokasi ini sangat pas untuk kegiatan tersebut. Panorama bawah laut dari pulau ini sangat nyata indahnya. Memiliki ribuan terumbu karang dan biota laut lainnya yang akan membuat mata terbelalak. Pulau ini memang memiliki pesona alam yang sangat indah dan luar biasa. Wajar jika banyak pengunjung yang tertarik untuk rehat sejenak dari kejenuhan suasana kota.

7. Pancur Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari

Lokasi: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Pesona-batam.com

Destinasi wisata ini cukup tersembunyi dan masih dapat dikatakan masih perawan. Meski belum banyak yang tahu namun pancur telaga bidadadari ini akan cocok dijadikan lokasi selfie yang instagenik. Bila Anda suka dengan berfoto di alam bebas maka telaga pancur ini akan membuat suasana baru pada layar hp Anda.

8. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Batamkuindah.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang berada di pinggir wilayah dan perbatasan. Tidak heran jika dari arah pantai ini dapat melihat keelokan Singapura dari jarak yang begitu dekat. Banyak gedung tinggi dan menjulang dari pantai kemudian menjadi daya Tarik tersendiri saat matahari tenggelam diantara Gedung yang tinggi menjulang tersebut.

9. Pantai Elyora

Pantai Elyora

Lokasi: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Livejournalofasad.com

Lokasi pantai ini belum terlalu popular sehingga belum ada biaya masuknya alias gratis. Meski demikian, pantai ini sangat indah dan menarik. Memiliki pesona tersendiri sehingga tidak dapat dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Batam. Pasir putih dan air yang jernih plus ada beberapa pohon yang tumbuh diantara pasir tersebut tentu menjadi sangat indah.

10. Pantai Viovio

Pantai Viovio

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Halamankepri.blogspot.com

Sebuah pantai instagenik yang akan sangat saying jika terlewatkan. Pasalnya, pantai ini memberikan panorama yang indah terutama ketika berada di tebing depann pantai. Dari arah tersebut, Anda dapat duduk dan berfoto sambil menyaksikan keindahan pantai pasir putih yang ada di bawah.

11. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Ksmtour.com

Belum lengkap rasanya jika semua pantai yang ada di Lampung belum dikunjungi. Berbekal rasa pensaran yang tinggi tentunya pantai yang satu ini akan lebih mudah untuk ditaklukan. Sangat pas rasanya jika menikmati sore di pantai ini sambil menunggu matahari tenggelam. Pemandangan pada saat sore hari di pantai ini sangat indah karena terdapat beberapa kapal nelayan yang ada di tepi pantai.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lingga Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

12. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Twitter.com @Sekilak_batam

Suasana yang hadir di sekitar pantai ini cukup elegan karena ada beberapa penginapan mahal yang muncul di tepi pantai. Penginapan tersebut milik swasta yang mengelola wilayah pantai ini. Banyak pengunjung yang suka dengan pemandangan pantai ini karena suasana yang muncul sangat berbeda dengan pantai lainnya. Ada pesona tersendiri di pantai ini sehingga banyak orang yang ketagihan untuk datag lagi ke pantai Sekilak ini.

13. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure

Lokasi: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Archdaily.com

Sebuah wahana permainan yang lokasinya langsung di alam air. Jadi wahana permainan ini tidak seperti tempat wisata lain yang menyajikan ruang khusus untuk bermain air. Lokasinya berada di tepi pantai sehingga tidak perlu menambah air lagi. Cukup terjangkau namun tetap elegan dan eksotis. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 35.000,- untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak hanya cukup Rp. 25.000,- saja.

Tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini selalu laris manis tiap hari, terutama pada saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Wahana yang satu ini tergolong murah dan terjangkau jika dibandingkan wahana air lainnya yang sangat menguras kantong. Dengan wahana yang sederhana ini Anda dapat menjangkau dan merasakan nikmatnya bermain bersama orang tercinta.

14. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam Theme Park

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Tempat wisata dengan luas hampir 40 hektar ini memberikan nuansa dan pengalaman berbeda tentang dunia air. Banyak wahana permainan yang bisa Anda gunakan bersama teman atau keluarga seperti giant wheel, trampoline, water park dan kiddy land. Tiket masuk cukup murah karena belum termasuk biaya wahana yang akan digunakan. Yakni hanya sekitar Rp. 10.000,-untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak.

Apabila Anda menggunakan waktu selama seharian tentu tidak akan cukup menghabiskan waktu bersama keluarga. Banyak wahana yang pastinya belum Anda coba sehingga kedepannya perlu datang lagi agar bisa merasakan bermain air dengan bebas.

15. Batam Forest Top

Batam Forest Top

Lokasi: Bukit Harimau, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Windawijayanti.my.id

Sebuah hutan alami yang sengaja dibuat menjadi tempat wisata. Banyak permainan alam yang bisa Anda lakukan di lokasi wisata ini. Beragam permainan tersebut antara lain Tarzan Swing, Tandem Rope, Post Man dan Flying Fox. Ada lagi permainan rute petualangan yang akan membuatmu seperti para pencari harta karun. Sungguh lokasi wisata yang sangat luar biasa. Tertarik?

16. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Tapedia.com

Terdapat sebuah tangga yang panjang dan tinggi. Apabila Anda berjalan di atas tangga tersebut maka akan nampak pemandangan pantai dan bukit yang indah. Lokasinya cukup tersembunyi sehingga Anda dapat menyaksikan kota Batam dari sisi berbeda. Penuh dengan gairah dan pesona yang berbeda sehingga Anda akan takjub melihat kota dari sudut yang berbeda ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Batam yang Murah & Enak

17. Tebing Langit

Tebing Langit

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Riawanielyta.com

Banyak wahana seru yang bisa Anda jadikan sebagai latar untuk berfoto. Tidak hanya untuk selfie saja, lokasi ini bahkan sangat cocok untuk foto prewedding. Bagi Anda yang memiliki acara khusus atau lokasi khusus untuk menikah bisa menggunakan tebing langit sebagai latar yang pas untuk prewedding. Ada pintu langit dan sarang burung raksasa yang bisa Anda gunakan untuk berfoto.

18. Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma

Lokasi: Tanjung Uma, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam. – Image Credit by Qupas.id

Pemandangan yang dihadirkan oleh bukit ini begitu indah dan nyata.konon,bukit ini disebut sebagai bukit cinta karena memberikan pemadangan yang sangat indah terutama pada malam hari. Tingginya ilalang yang ada di sekitar bukit juga membuat tempat wisata ini menjadi pilihan tersendiri bagi para penikmatnya. Ketika malam tiba, akan banyak lampu yang menyala sehingga pemandangan indah nan sejuk malam hari ini akan lebih terasa.

19. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Lokasi: Jl. Kuda Laut, Kp. Seraya, Kec. Batu Ampar, Kota Batam. – Image Credit by Jalanjalanyuk.com

Lokasi bukit ini sangat unik dan menarik sehingga siapa saja yang berkunjug pasti akan tersenyum. Mungin inilah yang membuat nama bukit ini menjadi senyum. Dari arah bukit ini Anda dapat melihat pemandangan pantai dan laut luas yang membentang. Ada beberapa kapal yang lewat jika Anda beruntung saat ada di bukit tersebut. Terletak di daerah Batu Aji, sebuah wilayah yang penuh dengan nuansa alam yang indah.

20. Bukit Piayu Laut

Bukit Piayu Laut

Lokasi: Tanjung Piayu, Kec. Sei Beduk, Kota Batam. – Image Credit by Spinaclaban.blogspot.com

Pemandangan laut dari atas bukit ini sangat indah dan terkenal. Bagi Anda yang baru saja datang ke Batam wajib rasanya untuk berkunjung ke wilayah bukit yang satu ini. Tidak hanya pemandangan laut saja, namun juga beragam bukit kecil yang ada di sekitarnya turut menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke lokasi wisata ini tanpa meninggalkan rekam digital dari hp atau kamera Anda.

21. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Pulau Setokok, Kec. Bulang, Kota Batam. – Image Credit by Pesona.travel

Lokasi jembatan ini terletak di jalur penghubung antara Batam dan beberapa pulau lainnya. Bentuk arsitektur dari jembatan ini sangat bagus dan indah sehingga sangat pas dijadikan sebagai objek wisata. Banyak pengunjung yang lewat dan mampir sejenak hanya untuk makan atau istirahat sejenak, kemudian mulai berselfie ria di sebelah Jembatan Barelang ini.

22. Alun-alun Engku Putri

Alun-alun Engku Putri

Lokasi: Jl. Engku Putri, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam. – Image Credit by Triptrus.com

Sebuah lapangan besar dan menjadi pusat kota biasanya disebut dengan alun-alun. Sebab lokasi ini biasanya menjadi pusat segala macam aktivitas. Seperti taman, pasar dadakan, wahana permainan dan beberapa tempat ibadah. Sesuai dengan mayoritas yang ada di kota Batam maka ada masjid besar yang ada di dekat alun-alun ini. Menikmati suasana sore sambil bercengkrama dengan keluarga tentu akan menjadi moment indah yang sangat berharga.

23. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Lokasi: Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam. – Image Credit by Netralnews.com

Lokasi ini berdekatan dengan alun-alun engku putri. Masjidnya sangat luas dan megah, penuh dengan arsitek lokal yang sarat akan makna. Banyak orang yang datang untuk ibadah sekaligus berfoto untuk menjadi sebuah moment penting dalam perjalanan. Banyak orang yang sengaja datang hanya untuk melihat kemegahan masjid yang ada di Batam ini. Bentuk masjid ini memang sangat instagenik sekali sehingga sangat pas dijadikan objek wisata bagi para pelancong yang baru pertama ke Batam.

24. Pantai Café

Pantai Café

Lokasi: Komplek Pantai Permata Blok E No. 1-6, Tanjung Uma, Kec. Batam Kota, Kota Batam. – Image Credit by Gobatam.id

Pantai ini agak berbeda dari kebanyakan pantai yang ada di Batam. Sesuai dengan namanya, pantai ini terdapat café yang indah nan eleghan. Sangat pas jika duduk sambil memandangi keindahan laut dari arah yang berbeda. Hidangan yang ada di café ini juga cukup lezat dan menggoda. Anda tinggal memesan dan menyesuaikan dengan lidah. Setidaknya ada lemon tea, kopi, aneka jus buah, aneka seafood, dan snack ringan.

25. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Pesona.travel

Lokasi ini memiliki cerita sejarah yang sanga berkesan. Dahulu pada tahun 70an banyak warga Vietnam yang datang ke Indonesia karena sedang ada perang saudara. Wilayah Indonesia yang sangat luas ini mempersilakan para imigran tersebut untuk tinggal dan hidup di Indonesia. Hingga sekarang wilayah ini disebut dengan Kampung Vietnam karena anak cucunya terus hidup dan bernaung di Indonesia. Keberdaaan kampung Vietnam ini mengajarkan pada kita semua bahwa Indonesia sangat terbuka dan ringan tangan. Siapasaja yang membutuhkan bantuan selalu dengan mudah dibantu sesuai dengan kemampuan. Keragaman Bhineka Tunggal Ika semakin tinggi dan nyata.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Batam yang akan membuat Anda takjub dari Andalas Torism. Berburu lokasi yang indah di bumi Indonesia ini bukan sesuatu yang sulit sebab banyak sekali lokassi yang asik dan menarik yang cocok dijadikan tempat wisata bagi siapa saja. Bagaimana? Tertarik untuk menyusuri kota Batam lebih dalam lagi? Silakan amati tiap sudut dengan baik dan pastikan lokasi wisata yang ada di atas sudah Anda kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.