Candi Bukik Awang Maombiak – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Candi Bukik Awang Maombiak – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Dareh, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya, Sumatera Barat.

Seiring berjalannya waktu tidak terasa kini sudah tiba waktunya jalan-jalan bersama dengan keluarga. Mulai sekarang anda harus rajin membuat wishlist berbagai tempat yang ingin di kunjungi di Indonesia. Salah satu kawasan wistaa yang wajib untuk di kunjungi yang pertama adalah Candi Bukik Awang Maombiak yang berada di Dhasmaraya daerah Sumatera.

Tempat wisata yang satu ini menghadirkan banyak sekali keindahan alamnya yang membius mata. Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun anda juga bakal merasa terjadi karena nyatakan destinasi yang satu ini juga kaya akan sejarah yang luar biasa. Dan juga berbagai daya tarik. Pensaran apa saja? simak paparan lengkapnya dibawah ini.

Sejarah Candi Bukik Awang Maombiak

Sejarah Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Facebook Dodi Chandra

Sebelum membahas lebih jauh, maka kini saatnya untuk mengetahui sejarah singkat dari tempat wisata yang penuh dengan sejarah ini. Jadi jika membicarakan tentang Candi Bukik Awang, maka ia masuk dalam salah satu kawasan yang ada di daerah Sumatera, tepatnya di area perbukitan yang tidak terlalu tinggi.

Jika di tinjau dari segi topografinya, area perbukitan yang menjadi lokasi candi ini emag tidak terlalu besar yang di kelilingi oleh lingkungan persawahan. Sehingga akan membuat suasana yang ada di sekitar lokasi wistaa Candi Bukik Awang Maombiak tersebut sangat asri dan mengingatkan kita akan kampung halaman yang penuh kenangan.

Pada dasarnya, destinasi wisata yang satu ini adalah salah satu kawasan peninggalan dari Kerajaan Malayu Dharmasraya. Dimana untuk corak bangunannya sendiri juga mencerminkan latar belakang Hindau ataupu Budha. Sehingga jika di telisik lebih jauh lagi, maka kawasan ini duunya di manfaatkan sebagai tempat peribadahan. Sedangkan sekarang di gunakan untuk area penelitian dan wisata.

BACA JUGA:  Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Daya Tarik Candi Bukik Awang Maombiak

Daya Tarik Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Facebook Dodi Chandra

1. Memiliki Bangunan Candi dengan Corak Hindu/ Budha

Mungkin banyak yang menyangka, bahwasanya untuk jenis candi umumnya hanya memiliki salah satu corak. Umumnya corak yang digunakan dalam candi biasanya hanyalah salah satu dari Hindu atau Budha. Namun siapa sangka, bahwasannya untuk Candi Bukit Awang yang ada di Sumatera ini memiliki kedua corak baik Hindu atau Budha sekaligus.

Karena memiliki dua corak dalam satu candi, maka seperti yang disebutkan tadi, bahwa Candi Bukik Awang Maombiak ini memiliki manfaat untuk tempat beribadah bagi kedua Agama tersebut secara bersamaan, baik itu Agama Hindu ataupun Budha. Sehingga jika ditelisik lebih dalam lagi, masyarakat zaman dahulu sudah menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antara agama satu dengan lainnya.

2. Memiliki Bangunan yang Ada di Area Perbukitan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwasannya untuk destinasi wisata yang satu ini berada di area perbukitan, sehingga tidak khayal bahwasannya banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya. Alasan lain banyaknya pengunjung ini juga karena lingkungan tempat tersebut sangat asri, sehingga bakal menggantikan anda dengan lingkungan kampung halaman yang nyaman.

3. Memiliki Desain Arsitektur yang Keren

Berdasarkan dari hasil temuannya juga menunjukkan bahwa bangunan yang ada dalam candi tersebut memiliki terakota di bagian sisi utara. Tidak hanya makara saja, namun nyatanya untuk bagian tangga dan juga pintu kemungkinan besar juga ada di area tersebut. Dan jika ditarik garis lurus, maka bangunan ini dulunya telah menghadap ke arah Sungai Batanghari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Facebook Capitano Roniz

Salah satu bagian yang tidak kalah penting jika ingin mengunjungi lokasi wisata Candi Bukik Awang Maombiak adalah alamat dan juga rute lokasi. Dimana untuk tempat wisata yang satu ini berada di kawasan bukit kecil d Jorong Siguntur. Lebih tepatnya ada di Desa Nagari Siguntur, kawasan kecamatan Sitiung, kabupaten Dharmasraya, area Sumatera Barat.

Agra bisa menuju lokasi yang diinginkan, maka anda bakal menempuh jarak yang cukup jauh. Namun jangan khawatir, akses menuju lokasi tergolong aman dan tidak berliku. Dan pastinya anda bakal dibuat terpana dengan berbagai keindahan alamnya pada saat menuju ke lokasi wisata.

BACA JUGA:  Museum Mande Rubiah - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Facebook Dodi Chandra

Lalu bagaimana dengan harga tiket dan juga jam operasionalnya? Jangan khawatir, untuk harga tiket di lokasi wisata ini tergolong terjangkau. Anda hanya akan merogoh kocek kurang lebih sekitar Rp 10.000 saja. Harga yang ditawarkan di kawasan tersebut sebanding dengan fasilitas dan juga keindahan alam serta edukasi di dalam candi.

Jam operasional kawasan Candi Bukik Awang Maombiak ini tergolong fleksibel, namun rata-rata pengunjung yang datang ke lokasi ini sekitar pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pada jam-jam tersebut biasanya banyak pengunjung yang datang untuk menggali informasi atau melihat pemandangan yang indah di sekitar bangunan candi di atas bukit.

Aktivitas yang Menarik Anda Lakukan

Aktivitas Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Facebook Anak-Anak Minang

1. Belajar Sejarah Candi

Setelah anda paham dengan harga tiket dan jam operasionalnya, maka kini saatnya untuk mengetahui berbagai aktivitas menarik. Dimana jika anda datang ke lokasi wisata ini bisa menikmati banyak keindahan alam dan juga belajar terkait sejarah bangunan yang ada di dalamnya.

Seperti yang disebutkan, bahwasannya untuk destinasi wisata yang satu ini menyimpan banyak sejarah akan perkembangan Hindu dan juga budha di kawasan tersebut. bahkan corak bangunanyang stau ini juga mengadaptasi gaya Hindu dan juga Budha, sehingga tidak heran jika zaman dahulu dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah.

2. Menggali Ilmu Tentang Arsitektur Bangunan Candi

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggali ilmu pengetahuan tentang arsitektur. Dimana untuk bangunan Candi Bukik Awang Maombiak ini memiliki 2 lapis bata yang saling bersentuhan dengan bagian tanah. sedangkan untuk bagian atasnya berupa lapis lis dengan ukuran persegi panjang yang memiliki lapisan sebanyak 8 bata. Bagian permukaanya candi juga memiliki motif hias floral seperti sulur.

3. Mengabadikan Momen

Bagi anda yang datang ke lokasi wisata ini juga bisa mengabadikan momen menarik bersama dengan keluarga ataupun orang-orang tersayang. Hal ini lantaran dalam bangunan yang keren tersebut memiliki berbagai macam spot foto yang menarik. Berbagai spot foto yang dimaksud yaitu mulai dari bangunan candi itu sendiri hingga pemandangan alamnya yang masih asri.

BACA JUGA:  Candi Bara Padang Lawas - Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas di Candi Bukik Awang Maombiak

Fasilitas Candi Bukik Awang Maombiak
Image Credit: Halonusa.com

Kawasan wisata yang keren ini juga didukung dengan berbagai macam fasilitas. Berbagai macam fasilitas yang ditawarkan antara lain adalah area parkir yang luas dan aman, lingan pemandangan yg asri, da juga banyaknya spot foto untuk mengabadikan momen bersama dengan keluarga.

Tidak hanya itu, jika anda datang jauh dari luar kota atau dari negara lain, maka di kawasan wisata Candi Bukik Awang Maombiak juga menyedikan area penginapan yang nyaman dengan segudang fasilitas. Jangan khawatir masalah harga, sebab untuk range yang ditawarkan ini tergolong murah dan tergantung dari fasilitas yang anda inginkan.

Kesimpulan yang bisa diambil dari paparan di atas adalah bahwasannya bangunan candi yang bersejarah ini memiliki menyimpan sejarah panjang akan Hindu dan Budha. Ia juga memiliki banyak daya tarik seperti bangunan candi dengan corak Hindu Budha, candi kokoh yang ada di area perbukitan, dan juga memiliki desain arsitektur yang keren.