Masjid Seribu Tiang – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Masjid Seribu Tiang – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Thaha, Legok, Kec. Telanaipura, Kota Jambi , Jambi.

Jambi menjadi salah satu kota yang bisa dijadikan tujuan wisata bagi anda. Terlebih jika ingin melihat banyaknya keindahan alamnya. Tidak hanya itu, Jambi juga sangat kental dengan nuansa Agama Islam, sehingga tidak jarang anda bakal menemukan banyak wisata religi di dalamnya dan tersebar di beberapa daerah.

Salah satu kawasan wisata religi yang bakal nad temui jika berkunjung ke Jambi adalah Masjid Seribu Tiang atau oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan tempat ibadah Al-Falah. Masjid yang satu ini menjadi tempat ibadah umat Islam terbesar di daerah tersebut dan menadi kebanggaaan. Penasaran dengan detail kawasan ibadah sekaligus wisata ini? berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Sejarah Singkat Masjid Al-Falah

Sejarah Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Twitter @rizkidwika

Sejarah dari berdirinya tempat ibadah dan juga dijadikan kawasan wisata ini dimulai dari pembangunannya sekitar tahun 1971. Dalam proses pembangunannya tersebut juga membutuhkan waktu yang terbilang sangat lama, yaitu sekitar 9 tahun. Dulunya kawasan yang digunakan ini adalah daerah pusat pemerintahan Jambi.

Masjid yang di bangun snagat megah ini juga menjadi salah satu saksi bisu perjalan provinsi Jambi di masa lampau. Dimana Masjid Seribu Tiang saat itu Sultan Thaha Syaifudin telah diangkat menjadi sultan guna menggantikan ayahnya. Pada saat kepemimpinannya, Sultan Thaha membatalkan berbagai macam perjanjian dengan pihak belanda hingga membuat penjajah tersebut merasa marah.

Karena rasa murkanya tersebut, akhirnya dilakukan penyerangan yang membuat pihak kesultanan Jambi kalah. Sejak kekalahan tersebut, maka tanah itu dimanfaatkan untuk di bangun asrama baginya. Akan tetapi pada saat Indonesia sudah merdeka, maka asrama tersebut telah dihuni oleh pasukan TNI di tahun 1970.

Setelah digunakan menjadi asrama TNI, maka akhirnya ada yang berpendapat bagaimana jika area tersbeht di manfaatkan untuk di banguan masjid. Hingga sampai tahun 1980, bangunan yang terkenal dengan nama Masjid Seribu Tiang tersebut akhirnya rampung, serta diresmikan oleh presiden kedua tepat 29 September.

Daya Tarik Masjid Seribu Tiang Al-Falah

Daya Tarik Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Twitter KompasTV

1. Tampilan Desain yang Sangat Megah

Sama halnya dengan kawasan wisata lainnya, jika anda mengunjungi masjid Al-Falah ini maka akan dikejutkan dengan berbagai macam daya tarik. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah adanya bangunan dengan desain yang sangat megah. Ha ini bukan mengada-ada, sebab jika nada datang langsung ke lokasi, maka akan menemukan yang namanya masjid yang berukuran 6.400 meter persegi.

Bahkan karena desain yang yang begitu mewah, kawasan ini mampu menampung jamaah dengan jumlah yang cukup banyak sekitar 10.000 jamaah. Mulai memijakkan kaki di area teras, anda bakal di takjubkan dengan banyaknya penyangga yang berjajar di Masjid Seribu Tiang. Dimana tiang-tiang tersebut membuat desain bangunann nampak seperti pendopo yang estetik.

Mulai menyusuri ke area masuk, anda akan dibuat bertanya-tanya tentang masjid yang tidak memiliki pintu, jendela, dan bahkan dinding. Pasti anda akan bertanya-tanya, mengapa desainnya seperti itu dan lain-lain. Namun memang konsep bangunan ini dibuat terbuka. Dengan begitu masyarakat memaknainya dengan simbol keterbukaan dan keramahan.

2. Memiliki Tiang Penyangga sebanyak 232 Jajar

Walaupun pada dasarnya bangunan ini mempunyai tinag yang berjumlah 323 jajar, namuan ia tetap di juluki masjid dengan seribu tiang oleh masyakat sekitar dan juga pengunjung yang datang. Hal ini lantaran jika dilihat dari kejauhan penyangga yang ada dalam Masjid Seribu Tiang tersebut nampak banyak dan bahkan tidak terhitung.

Adanya konstruksi tiang bangunan pada masjid tersebut dipercaya bisa bertahan lama, bahkan mampu menahan berbagai guncangan gempa sekaligus. Jika nada berjalan keluar masjid, maka juga bakal menemukan tiang lagi yang berjumlah sekitar 192. Tiang yang ada di bagian luar ini mempunyai warna putih dan berfungsi untuk menyangga di area luarnya.

Pada saat emmasuki dalam masjid, anda juga bakal di perlihatkan dengan danya tiang yang kurang lebih sebanyak 40 jajar dengan ukuran yang juah lebih besar daripada di area depan. untuk bagian tinag ini bakal di hiasi oleh ukiran yang terbua dari bahan kayu di area bawahnya dan tengah Masjid Seribu Tiang terdapat lapisan bajanya.

Daya Tarik Dimiliki Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Google Maps Muhammad Fauzi Haidar Hilmy

3. Terdapat Area yang Kekinian

Jika berkunjung di area ini, anda juga di suguhkan daya tarik berupa area kekinian. Dimana jika melihat hiasan yang ada dalam kubahnya maka akan menjumpai berbagai ornamen menarik. Di bagian tersebut, anda juga bisa melihat berbagai hiasan dengan aksen garis yang memiliki banyak warna. Berbeda dengan area luar yang nampak polos dengan cat putih.

Di bagian dalam anda juga bisa melihat aneka kaligrafi yang kekinian dan sangat indah. terlebih dengan adanya hiasan lampu yang kekinian yang dipadukan material tembaga, maka akan semakin mempercantik bagian isi bangunan masjid. tidak ketinggalan, pada area mihrab, anda juga bisa menjumpai kaligrafi di Masjid Seribu Tiang dengan ukuran besar yang bertuliskan lafal Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

4. Memiliki Spot Foto yang Bagus

Daya tarik selanjutnya yaitu mempunyai spot foto yang sangat bagus. Hal ini lantaran bagian baggunan mempunyai tiang yang jumlahnya sangat banyak. terlebih bangunan ini beda dengan masjid lainnya yang tidak terdapat pintu, jendela, bahkan tembok. Sehingga pengunjung yang datang bisa mengabadikan momen pada spot foto tersebut.

Ada juga yang mengabadikan momen dengan latar belakang taman yang inda dan asri. Sebab jika anda datang ke lokasi pada waktu sore hari, maka bisa dengan mudah menyaksikan pemandangan dan hawa segah di sekitar bangunan. Sehingga tidak jarang banyak pengunjung Masjid Seribu Tiang yang berfoto di area tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Google Maps Reza 888

Jambi memiliki banyak daerah yang sangat luas, sehingga jika ingin mengunjungi kawasan wisata yang ada di sana perlu untuk di gali lebih dalam. Salah satunya jika anda ingin mengunjungi masjid Al-Falah. Dimana untuk lokasi pasnya berada di Jalan Sultan Thaha, Nomor 60. Berada di kawasan Legok,,Kecamatan telanaipura, pas di Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Agar ada bus menuju lokasi wisata ini, maka bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Karena berada di kawasan yang mudah di jangkau, amka untuk aksesnya bisa langsung mengikuti petunjuk arah. Namun jika ingin lebih simpel lagi, pengunjung juga bisa memanfaatkan google map untuk ke Masjid Seribu Tiang menggunakan gawai yang anda kenakan

Pada dasarnya area ini adalah tempat ibadah bagi umat muslim, maka untuk memasuki area tersebut tidak akan dibandrol harga sepeserpun atau gratis. Bahkan saat anda mengabadikan momen di area tersebut juga tidak dikenakan biaya. Namun karena ini adalah tempat ibadah, sehingga anda harus tetap menjaga kesopanan dan menghormati satu sama lain.

Bagaimana dengan jam operasionalnya? Sama seperti kawan ibadah pada umumnya, untuk operasionalnya kawasan wisata religi ini buka selama 24 jam non stop. Bahkan bagi orang yang dalam perjalan jauh juga bisa datang ke lokasi untuk menunaikan ibadah sholat. Jadi anda sebagai pengunjung Masjid Seribu Tiang bisa langsung ke lokasi dari pagi, sing, sore, hingga malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Google Maps Haikal

1. Beribadah

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan jika mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. salah satu aktivitas indi yang bisa di kerjakan adalah ibadah. Sebab pada dasarnya masjid Al-Falah ini adalah area tempat ibadah bagi umat Islam, sehingga orang muslim bisa menjalankan sholat disini. Tidak hanya iu, jika dalam waktu yang tepat, anda juga bisa mendengarkan ceramah dari ustadz daerah Jambi.

2. Belajar Tentang Desainnya yang Sangat Unik

Sudah menjadi rahasia umum, salah satu alasan banyak orang terlebih pelajar yang datang kesini adalah dengan tujuan belajar desain bangunan. Hal ini lantaran banguannya tidak memiliki pintu, jendela, dan bahkan tembok, sehingga Masjid Seribu Tiang sangat terbuka. Ditambah lagi bagian dalam dan luarnya juga sangat artistik dengan adanya banyak tiang yang berjajar untuk menopang bangunan.

3. Mengabadikan Foto

Karena memiliki bangunan yang sangat artistik, maka masjid Al-Falah ini juga dimanfaatkan untuk mengabadikan momen berharga saat liburan ke Jambi. Dengan latar belakang bangunan masjid yang memiliki tiang sebanyak 323 jajar, maka anda bakal memperoleh jepretan foto keren untuk feed instagram.

Fasilitas yang Tersedia di Masjid Seribu Tiang

Fasilitas Masjid Seribu Tiang
Image Credit: Google Maps M. Arafah Nusu

Banyak sekali fasilitas yang disediakan jika mengunjungi masjid yang penuh dengan sejarah ini. salah satu fasilitas yang pasti adalah tempat ibadah dan juga toilet, serta area wudhu yang bersih. Tidak ketinggalan, anda juga bisa parkir dengan sangat leluasa tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Fasilitas lain yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Seribu Tiang adalah area makan yang berjajar. Jangan takut uang habis, sebab jajan yang ditawarkan memiliki harga yang cenderung lebih murah. bagia nada yang lokasi tempat tinggalnya jauh, maka juga bisa mampir ke hotel, guest house, dan penginapan lainnya yang tidak jauh dari lokasi.

Kesimpulannya adalah bahwa bangunan ini dulunya adalah kawasan kerajaan yang akhidnyaa di bangun menjadi asrama. Dan seiring dengan berjalannya tahun, maka area tersebut mulai di di bangun masjid yang memiliki banyak daya tarik. diantara daya tarinya adalah desain yang megah, memiliki tiang penyangga 232 jajar, terdapat area yang kekinian dan spot foto.