Monumen Krakatau – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Monumen Krakatau – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kangkung, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Mengunjungi situs bersejarah memang mempunyai keasyikannya sendiri. Anda bisa mengajak keluarga mengunjungi beberapa lokasi bersejarah yang menyimpan banyak cerita. Salah satunya adalah Monumen Krakatau yang berada di Bandar Lampung. Monumen yang menjadi salah satu landmark Lampung ini akan menjadi destinasi yang menarik dikunjungi.

Monumen bersejarah di Lampung ini dibangun pemeritah dengan tujuan untuk mengenang letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883. Tak hanya mengunjungi monumen saja, namun banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan disini. Lokasi monumen juga tersedia fasilitas yang bisa membuat pengunjung nyaman. Berikut ulasan informasinya.

Sejarah Singkat Monumen Krakatau

Sejarah Monumen Krakatau
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

Monumen ini dibangun untuk memperingati dan mengingat hari saat meletusnya Gunung Krakatau. Gunung Krakatau pernah meletus sangat dahsyat pada tahun 1883. Letusannya yang memakan banyak korban ini bahkan terdengar hingga hampir ke negeri seberang dengan jarak 4000 km. Efek letusan Gunung Krakatau ini menghasilkan banyak anak gunung hingga kini.

Suara letusan Gunung Krakatau pada saat itu terdengar hingga wilayah Australia dan Afrika Selatan. Bahkan tercatat semburan larva vulkanik Gunung api ini mencapai ketinggian 80 km. Dengan begitu, langit pada saat itu sempat tertutup abu dan gelap selama beberapa saat. Untuk mengenang letusan dahsyat ini akan terdapat artefak di monumen tersebut.

Letusan Gunung Krakatau yang terjadi saat itu bahkan dikatakan sebagai letusan terbesar melebihi ledakan bom hiroshima dan nagasaki di Jepang. Kemampuan ledakannya mencapai 30.000 kali lebih besar. Tak hanya letusan, efek lainnya yang terjadi adalah gempa dan tsunami yang memakan hingga 36.000 jiwa sehingga didirikan Monumen Krakatau untuk mengenang.

Daya Tarik Monumen Krakatau

Daya Tarik Monumen Krakatau
Image Credit: Google Maps Katanya Syukron

1. Arsitektur Monumen

Arsitektur monumen ini terbilang unik karena bagian puncaknya berbentuk rambu laut atau yang biasa disebut juga rambu siar. Monumen ini berbentuk seperti bola yang dipotong setengah. Kemudian pada bagian atasnya akan berbentuk kerucut yang terbuat dari bahan besi. Rambu laut ini dulunya digunakan untuk navigator para kapal nelayan.

2. Lokasi yang Mudah Dijangkau

Lokasi monumen ini terletak di wilayah Gunug Krakatau dan secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Lampung Selatan. Lokasi berdirinya monumen ini cukup strategis karena mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan. Sehingga bila anda berkendara dari sisi manapun, lokasi wisata ini akan mudah ditemukan.

3. Lahan Luas Dengan Berbagai Wahana Menarik

Tak hanya mengunjungi monumen bersejarah saja, namun banyak kegiatan lain yang bisa anda lakukan bersama keluarga disini. Banyak wahana menarik dan ramah digunakan anak. Beberapa diantaranya adalah wahana bom bom car mini, kereta Thomas yang menarik hingga kawasan outbond yang mempunyai wahana flying fox dan jembatan tali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Monumen Krakatau
Image Credit: Google Maps Muhammad Yunus

Lokasi wistaa Monumen Krakatau ini terletak di area sekitar anak Gunung Krakatau. Bila anda ingin berkunjung ke lokasi wisata monumen bersejarah ini, maka anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps dan akan menemukan rutenya dengan mudah dari pusat kota. Terletak di Kabupaten Serang, lokasi monumen ini cukup mudah ditemukan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket Monumen Krakatau
Image Credit: Twitter Y U K I

Tak ada harga tiket masuk yang tercatat bila anda berkunjung ke lokasi wisata sejarah satu ini. Harga tiket masuk masih gratis sehingga berwisata di Monumen Krakatau bisa menjadi pilihan piknik dan liburan yang hemat bersama keluarga. Namun harga tersebut akan bisa berubah seiring dengan kebijakan pihak pengelola sewaktu waktu.

Berbeda dengan kawasan monumen yang tidak dikenakan tiket masuk, anda akan membayar tiket masuk bila berkunjung ke Krakatau Jungle Park. Harga tiket masuknya juga masih terjangkau yaitu sekitar Rp 5 ribu saat weekday dan Rp 10 ribu saat weekend. Sedangkan untuk tiket masuk wahana adalah sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Jam operasional monumen wisata Krakatau tidak terbatas. Anda bisa mengunjungi lokasi monumen selama 24 jam karena dibuka untuk umum. Sehingga anda lebih bebas mengunjunginya kapanpun. Namun bila anda mengunjungi Krakatau Jungle Park, maka jam operasionalnya adalah sekitar pukul 08.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Monumen Krakatau
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

1. Piknik Bersama Keluarga

Area lahan Monumen Krakatau cukup luas dengan banyak pepohonan disepanjang jalan. Hal ini menjadikan kawasan monumen ini terasa lebih sejuk dan asri. Dengan pemandangan yang sejuk dan lahan yang luas, salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan dengan keluarga adalah berpiknik dan bersantai.

Piknik bersama sambil membawa bekal dan berkumpul bersama orang yang tersayang tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan. Anda juga boleh membawa tikar dari rumah untuk dijadikan alas duduk di area lahan pepohonan ini. Namun tetap ingat untuk selalu menjaga kebersihan area wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.

2. Olahraga Air

Tak hanya piknik dan bersantai, namun juga ada kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan bersama keluarga disini. Salah satunya adalah olahraga air sepeda. Terdapat wahana untuk pengunjung coba di sekitar area monumen. Dengan hanya membayar sekitar Rp 15 ribu saja, anda bisa menikmati sepeda air dengan waktu 20 menit.

Selain kegiatan yang seru dan menyenangkan, olahraga air juga menjadi kegiatan yang sehat. Bila pengunjung cukup banyak, maka durasi bersepeda selalu tepat 20 menit, namun bila anda dan keluarga menyempatkan berkunjung pada weekday atau hari biasa maka bila beruntung anda akan mendapat kelebihan waktu bermain sepeda gratis lho.

Sepeda air yang berbentuk bebek lucu ini aman untuk digunakan pengunjung Monumen Krakatau berapapun usianya. Saat bersepeda anda akan disuguhi pemandangan hutan yang asri. Tak hanya itu, pemandangan pepohonan ini akan lengkap bila anda melihat beberapa burung dan monyet yang akan bertengger di dahan sambil menyapa pengunjung.

3. Berkeliling dengan Kereta Thomas

Lokasi wisata monumen ini juga terkenal ramah untuk anak. Banyak wahana bermain untuk anak yang disediakan. Sehingga bila anda membawa anak anak dan anggota keluarga, lokasi wisata satu ini akan cocok. Salah satu wahana permainan anak yang disediakan adalah kereta mini yang akan mengantar anak anak berkeliling.

Desain kereta yang lucu dan unik akan membuat anak anak betah bermain disana. Selain itu, warna kereta mini ini juga ceria yang menambah daya tarik kereta yang sering disebut kereta Thomas. Selain kereta mini, ada juga kereta mini mainan yang berbentuk gajah atau jerapah yang lucu.

Aktivitas Seru Monumen Krakatau
Image Credit: Twitter Sukirman Tjiptoprawiro

4. Outbound di Krakatau Jungle Park

Lokasi Monumen Krakatau ini juga cocok bila digunakan untuk area outbond. Area lahan sekitar monumen yang luas akan menjadi lokasi yang nyaman untuk kegiatan alam seperti outbond. Beberapa permainan yang bisa anda coba dalam rangkaian kegiatan outbond ini adalah seperti wahana flying fox dan jembatan tali hingga tersedianya lapangan kumpul.

5. Bermain Bom-bom Car Mini

Masih permainan khusus anak anak. Selain wahana kereta mini, anda juga bisa membawa anak anda untuk mencoba bermain bom bom car. Mobil mini satu ini cukup mudah dikendarai sehingga anda bisa dengan tenang melepas anak untuk bermain di area Monumen Krakatau yang sudah dipersiapkan pihak pengelola.

Walaupun tempatnya berada di outdoor bukan di indoor seperti bom bom car lainnya, namun keamanannya tetap terjaga dengan baik. Tak hanya mempunyai bentuk mobil mini yang lucu, pilihan kendaraan lain adalah motor mini yang tak kalah menarik. Desain mobil dan motot mini ini dibuat semenarik mungkin agar anak anak betah bermain disini.

6. Berfoto di Depan Gerbang Cinta

Bila mengunjungi lokasi wisata yang menarik, tak lengkap rasanya bila tidak berfoto bersama. Foto dengan latar estetik juga bisa anda lakukan disini. Pengelola Monumen Krakatau sudah menyediakan spot foto yang akan disukai masyarakat kekinian. Spot foto buatan ini banyak menarik pengunjung karena di desain dengan unik dan menarik.

Salah satu spot foto yang bisa anda kunjungi adalah gerbang cinta. Gerbang ini di desain dengan tinggi sekitar 4 meter dan mempunyai bentuk hati sebagai lambang cinta. Pada bagian sekitar gerbang akan dihiasi bunga yang cantik melengkung unik. Selain itu, pada tengah gerbang akan dihiasi dengan bunga merah yang menjuntai.

Pemandangan ini akan lebih tampak estetik bila anda berkunjung pada malam hari. Spot foto gebang cinta akan trelihat gemerlap dengan lampu dan hiasan bunganya yang estetik. Walaupun begitu, bila anda berkunjung pada siang hari juga akan tetap estetik dengan pentulan cahaya alami yang membuatnya tetap estetik.

Fasilitas yang Tersedia di Monumen Krakatau

Fasilitas Monumen Krakatau
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

Tak hanya ditunjang dengan lahan yang luas, namun area monumen ini juga sudah mempunyai berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat pengunjung nyaman. Beberapa fasilitas tersebut adalah seperti mushola yang terawat, toilet yang bersuh dan gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai sejenak.

Mengenal sejarah dan budaya masyarakat sekitar bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan sekaligus edukatif. Sejarah dan budaya tersebut harus tetap dilestarikan hingga generasi muda jaman sekarang. Informasi Monumen Krakatau di atas akan membuat anda lebih tertarik mengunjungi lokasi sejarah. Selamat Berlibur.