Sumatra Utara

10 Restoran & Tempat Makan di Jambi yang Paling Enak

Inilah Rekomendasi Tempat Makan dan Restoran Favorit di Jambi. Jangan Lupa Mecicipi Aneka Kuliner yang Lezat dan Ditawarkan dengan Harga Murah.

Berbicara mengenai masakan melayu pasti tidak akan ada habisnya. Perpaduan bumbu-bumbu rahasianya berhasil menghasilkan sebuah cita rasa unik dan aroma yang menggugah selera. Itulah mengapa olahan melayu dan minang sangat diburu pecinta kuliner dari banyak tempat.

Salah satu tempat yang pas dan cocok untuk mencari makanan melayu adalah Jambi. Provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Sumatra ini, memiliki aneka makanan khas yang unik. Dengan cita rasa khas asam dan pedas, wisatawan sanggup dibuat berkeringat juga tambah lagi dan lagi. Berbagai macam menu yang ditawarkan juga sangat beragam.

Nah, di bawah ini ada daftar tempat makan yang bisa dikunjungi untuk menikmati aneka masakan Jambi. Anda bisa singgah sebentar saat sedang berlibur ke provinsi ini atau mungkin dapat memasukkan ke dalam daftar wisata kuliner yang harus dikunjungi selanjutnya. Tidak perlu lama, langsung saja simak dibawah ini.

1. Pempek Asiong

Pempek Asiong

Image Credit: Barrabaa.com

Ternyata di Jambi kita akan menemukan banyak penjual pempek bertebaran. Sampai-sampai tidak hanya satu tempat makan terkenal yang menjualnya. Salah satunya yaitu Pempeng Asiong yang telah berdiri sejak 1974 dan menjadi yang tertua. Meski banyak saingan, namun tempat restoran ini masih tetap eksis sampai sekarang.

Menu pempek yang dijajakan juga lumayan lengkap, semua pempek hingga yang campur ada. Pengunjung juga bisa memesan otak-otak dan lain-lain. Uniknya Anda bisa mencoba mencicipi pempek panggang yang belum banyak dijual di daerah lain. Soal harga juga masih terbilang murah, bermodalkan Rp 5.000 saja sudah bisa mencicipi makanan satu ini.

Lokasi: Jl. Orang Kayo Hitam No.17-18, Talang Banjar, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

2. Roemah Keboen

Roemah Keboen

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Meskipun tergolong restoran yang baru, namun Anda perlu reservasi dahulu sebelum kesini agar tidak lama menunggu. Pasalnya pengunjung yang datang sudah banyak dan harus bergantian meja. Tempat makan yang menyajikan suasana alam ini banyak dikunjungi orang karena nyaman, luas dan menunya beragam.

Penggunjung tidak hanya bisa memesan makan, akan tetapi juga bisa memancing ikan sendiri kemudian diolah disini sesuai selera. Ada banyak saung yang dikelilingi kolam ikan, jadi bisa digunakan untuk makan bersama keluarga. Berbeda dengan tempat makan lainnya, Roemah Kebun buka setiap Sabtu hingga Kamis. Sedangkan hari Jumat tutup.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Binjai yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Kopral umar rt.33, Paal Merah, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

3. Casa De Alicia

Casa De Alicia

Image Credit: Tribunnews.com

Buat yang suka nongkrong bisa banget untuk mengunjungi cafe ini. Tempat yang sedari lama sudah menjadi favorit warga Jambi, karena tidak hanya bisa buat nongkrong tapi juga nyaman untuk makan dan ngobrol-ngobrol santai.

Desain tempatnya yang kekinian banget sangat cocok untuk kaula muda. Ditambah adanya live music yang memberikan kebebasan pengunjung untuk bisa request lagu kesukaan sampai karokean bareng.

Tak jarang artis dan penyanyi ternama diundang untuk mengisi live musik disini. Itulah alasan banyak pengunjung yang berdatangan. Menu yang ditawarkan juga bervariasi dan enak. Tempat makan ini, harus Anda masukan dalam daftar wisata kuliner di Jambi.

Lokasi: Jl. Dr. Abdul Rachman Saleh No.RT10, The Hok, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

4. Aroma Cempaka Resto

Aroma Cempaka Resto

Image Credit: Tripadvisor.com

Restoran satu ini cocok sekali untuk pemburu olahan ikan dengan rasa asam pedas. Banyak menu ditawarkan dengan cita rasa andalan, seperti aneka masakan Padang. Ada juga banyak makanan minang dengan rasa juga aroma khas melayu yang sangat istimewa.

Tempatnya luas, nyaman, dan bersih jadi untuk makan banyak orang juga bisa. Dibagian dinding-dinding ruangan dihiasi aneka gambar-gambar unik yang tetentunya akan menambah suasana menjadi syahdu.  Harga makanannya terbilang aman dan tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Jl. H. Moh. Bafadhal No.6, Cempaka Putih, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

5. Pondok Kelapo

Pondok Kelapo

Image Credit: Garnesia.com

Sudah tidak diragukan lagi, apabila Pondok Kelapo menjadi restoran kegemaran banyak orang. Tempatnya yang berada di kota sangat mudah untuk diakses. Jam bukanya mulai dari sepuluh siang hingga sepuluh malam. Menu-menu disini juga semuanya spesial dengan cita rasa asam pedas yang sangat menggungah selera. Ada juga olahan aneka ikan tawar dan pindang.

Pengunjung bisa memilih untuk makan di dalam ruangan atau diluar. Jika diluar, maka sudah disediakan saung lesehan yang pas sebagai tempat makan bersama. Kesan tenang dan romantis menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan pasangan apalagi saat malam hari.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Jelutung, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

6. Warung Pindang Bi’ Cik

Image Credit: Kokirimba.blogspot.com

Berwisata ke Jambi tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi aneka kulinernya yang berbahan dasar ikan. Salah satu yang terkenal adalah pindang ikan. Anda bisa datang langsung ke warung Pindang Bi’ Cik untuk mendapatkannya.

Selain pindang ikan, ada satu lagi menu yang hukumnya wajib dicoba yaitu tempoyak. Sambal khas Jambi ini sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Jika kebanyakan sambal terbuat dari cabai atau kacang, maka tempoyak berbahan dasar durian.

Durian yang digunakan adalah durian pilihan yang kemudian difermentasi lalu diolah sedemikian rupa untuk menjadi sambal. Rasanya tentu sangat unik. Rumah makan yang didesain sangat sederhana ini, menyediakan aneka masakan khas Palembang lain. Jangan lupa juga untuk mencoba aneka olahan seafood.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi, Solok Sipin, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

7. Saung Purnama

Saung Purnama

Image Credit: Tribunnews.com

Sesuai namanya, tempat ini menyediakan banyak saung atau pondok dari yang kecil hingga yang besar. Jika belum ditambah lagi, maka semua jumlahnya ada 13. Tempat makannya lesehan dengan meja-meja.

Konsep tradisional yang dipadukan dengan keasrian deretan taman hijau, membuat siapa saja betah berlama-lama disini. Apalagi menunya juga beragam dan rasanya jelas bisa mengenyangkan perut yang kelaparan.

Selain pondok, Saung Purnama juga menyediakan kebun edukasi, ruang khusus VIP, ruang karoke dan music. Serta melayani acara besar seperti pernikahan, tasyakuran, ulang tahun, reuni dan aneka macam gathering lain. Tentunya sangat cocok apabila sedang butuh tempat dan solusi acara-acara.

Lokasi: Jl. Baiturrahman, Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.

8. Samwon Express

Samwon Express

Image Credit: Jambiupdate.co

Korea merupakan negara yang saat ini sedang naik daun, sehingga banyak orang ingin mengenal budaya hingga makanan dari sana. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan aneka olahan Negeri Gingseng bisa berkunjung dan berkuliner di resto ini. Pasalnya disinilah tempat yang menjajakan masakan Korea yang dipadukan dengan cita rasa lidah Indonesia.

Meski menunya terbilang unik dan beda dari yang lain, akan tetapi harga yang dibanderol hanya mulai Rp 10.000 hingga Rp 80.000 saja. Ini termasuk harga sangat murah untuk olahan manca. Pengunjung tak hanya bisa menikmati makanan saja, tetapi juga diperkenankan untuk menyewa pakaian tradisional asal Korea yaitu Hanbook untuk kemudian berfoto.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Sultan Thaha No.17, Beringin, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

9. Pempek Selamat

Image Credit: Nuranwibisono.net

Nama Pempek Selamat dijamin sudah tidak asing lagi. Menu olahan ikan dengan kuah asam ini, sangat terkenal dan menjamur di berbagai tempat apalagi di Jamb. Kelengkapan jenis dan ragam pempeknya juga sangat lengkap. Bahkan ada juga otak-otak dan tekwan yang sangat enak.

Pelayanan di tempat ini sangat representatif, meskipun tempatnya tidak semewah restoran berbintang. Pengunjung bisa memesan makanan melalui onkine dari meja masing-masing. Bisa juga saat ingin makan di tempat ber AC yang ekstra nyaman. Harga makanannya mulai dari Rp 8.000 saja dan sangat cocok dipesan mentah sebagai oleh-oleh.

Untuk menemukan Pempek Selamat tidaklah sulit. Tempat makan ini telah banyak membuka cabang di Jambi hingga Lampung, bahkan ada juga yang di Jakarta. Meski berbeda tempat, sumber mpeknya tetap sama didatangkan dari Jambi, sehingga kualitas rasanya terjada dan sama.

Lokasi: Jl. Soekarno-Hatta No.8, The Hok, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

10. Pondok Sepoer

Pondok Sepoer

Image Credit: Tribunnews.com

Orang Jawa di Jambi yang rindu suasana kampung halaman, bisa sekali untuk berkunjung dan menyantap makanan di Pondok Sepoer. Suasana di restoran ini dibuat khas Purwodadi dan Semarang. Ciri khasnya yaitu lesehan dan berbentuk saung panjang menunya juga bervariasi, tidak hanya makanan tradisional saja.

Letaknya berada di tengah kota, sehingga akses kesana tidak sulit. Selain itu, makanan yang disajikan memiliki rasa enak dan berkualitas. Saking populernya, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat akhir pekan, rasanya Anda harus datang lebih awal atau melakukan pemesanan tempat terlebih dahulu atau reservasi.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Tambak Sari, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

Itulah 10 rekomendasi tempat makan dan restoran terbaik di Jambi. Beberapa tempat diatas tentunya menyajikan makanan serta minuman yang enak-enak dan sayang sekali untuk dilewatkan. Saat berkunjung jangan lupa ajak saudara, keluarga, teman, dan pasangan agar tidak sepi. Pesan juga menu andalan yang ditawarkan dan tidak dijual di tempat lain, karena biasanya menu ini memiliki rasa yang istimewa dan spesial.