Bangka Belitung

10 Restoran & Tempat Makan di Belitung yang Paling Enak

Inilah Daftar Tempat Makan dan Restoran Favorit di Pulau Belitung. Jika Berkunjung, Jangan Lupa Mecicipi Aneka Kuliner yang Lezat dan Ditawarkan dengan Harga Murah.

Banyak tempat makan di Belitung yang menawarkan berbagai macam olahan laut untuk para pengunjung yang datang. Rasa yang dituangkan dalam makanan khas Belitung ini tentu saja sangat berbeda dari masakan lain. Bahan baku masakan juga menggunakan seafood fresh. Untuk yang takut dengan harga makanan di restoran Belitung, tidak perlu khawatir.

Setiap tempat makan memiliki harga yang relatif sama antara satu dengan yang lainnya. Harga yang ditawarkan pun tidak murah tetapi juga tidak terlalu mahal, standar untuk harga makanan laut. Berikut ulasan 10 rekomendasi retoran dan tempat makan di Belitung dengan cita rasa yang enak.

1. Rumah Makan Fega

Rumah Makan Fega

Image Credit: Khairulleon.com

Jika kalian datang ke Belitung karena penasaran dengan wisata alam yang ada di film laskar pelangi serta ingin mengunjunginya, Rumah Makan Fega berada di dekat sana. Setelah lelah menghabiskan waktu untuk jalan-jalan melihat replika SD Laskar Pelangi dan Museum Andrea Hirata, kalian bisa mampir ke restoran ini untuk mengisi perut.

Rumah Makan Fega memiliki lahan yang luas, terdapat tempat makan yang dibuat seolah-olah menyerupai kapal. Selain itu banyak gazebo tersedia jika ingin makan sembari menikmati suasana di atas air. Restoran ini memiliki suasana yang nyaman dan asri. Cocok sekali untuk melepas penat setelah mengunjungi tempat-tempat bersejarah maupun wisata di Belitung. Memiliki letak di pinggir danau yang luas, menambah kesan alam yang ada. Angin yang berhembus pelan serta dikelilingi taman membuat badan terasa sangat rileks.

Menu yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari lauk hingga sayur dengan rasa enak nan lezatnya. Salah satu menu andalannya adalah gangan ikan, yaitu seperti gulai tetapi menggunakan ikan. Khas dari masakan Belitung. Menu lain yang ditawarkan ada sayur kangkung, aneka olahan seafood, sate ayam bumbu kacang dan masih banyak yang lainnya. Untuk harga makanan di sini tidak dibandrol terlalu mahal, sesuai dengan apa yang didapat.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Baru, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

2. Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake

Image Credit: Belitung.xplorenesia.co.id

Jangan lupakan Belitung dengan sebutannya yaitu negeri 1001 warung kopi, seperti ada yang kurang jika tidak merekomendasikan salah satu warung kopi enak yang berada di Pulau ini. Untuk kalian yang bingung mencari sarapan, Warung Kopi Ake menjadi saran untuk dikunjungi saat lapar melanda dipagi hari. Pemandu wisata di siana juga banyak yang menyarankan untuk mengunjungi tempat ini bila ingin sekedar mengganjal perut dengan menu breakfastnya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pulau Bangka Terbaru & Terhits Dikunjungi

Warung kopi ini hanya ada satu di Belitung, tidak seperti yang lain dengan cabang dimana-mana menyebabkanya terasa lebih istimewa. Pemilik warung kopi Ake ini sudah memasuki generasi ke-4. Sebelumnya saat pertama kali buka, sebenarnya tempat ini dahulu merupakan tempat beristirahat bagi para orang-orang yang bekerja di kantor timah. Warung ini dibuka pada tahun 1911 dengan kantor timah yang berlokasi di depannya.

Kenikmatan rasa kopi di kedai ini muncul karena alat-alat yang digunakan untuk membuat kopi masih sama seperti dulu, sehingga memiliki taste yang otentik. Dari pagi hingga malam, Warung Kopi Ake tidak pernah sepi pembeli. Pengunjung yang datang silih berganti. Memang benar jika Belitung di sebut sebagai Negeri 1001 kopi.

Lokasi: Jl. Veteran No.47, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

3. Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep

Image Credit: Dananwahyu.com

Jika datang ke Belitung, ada yang kurang rasanya jika tidak mencicipi salah satu makanan khas pulau ini. Terdiri dari mie kuning telur dengan siraman kaldu udang kental membuat setiap orang yang melihatnya akan menegak ludah.

Nyonya Atep merupakan pemilik dari restoran ini sekaligus pengelolanya. Resep yang digunakan untuk membuat masakannya juga didapat dari leluhurnya. Mie Belitung Atep ini salah satu tujuan wisatawan yang ingin mencoba makanan otentik Belitung.

Rasanya yang membuat nagih, menjadikan tempat ini tidak sepi pengunjung walaupun tempatnya sederhana. Jam buka mulai dari pukul 08.00 – 20.00. Harga yang diberi juga sangat terjangkau, tak heran jika banyak pelanggan membungkus mie ini untuk dinikmati beramai-ramai di rumah.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

4. Rumah Makan Timpo Duluk

Image Credit: Travelerien.com

Ciri khas rumah makan ini adalah bangunannya yang menempati Rumah Tradisional Melayu Belitong serta memiliki resep yang sudah disajikan sejak tahun 1918 lalu. Tempat makan ini memiliki pernak-pernik jadul yang menjadi fokus tersendiri bagi pelanggan yang hadir. Sangat terasa tempo dulunya. Ornamen kayu di sini mengingatkan kita pada gaya Belanda, seperti rumah warga Belitung pada zaman dulu.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung yang Murah & Enak

Jika memesan makanan, hidangan yang dihadirkan akan menggunakan sebuah nampan besar atau biasa disebut dulang dengan tudung saji yang menutupnya. Menu utama yang disediakan merupakan menu khas Pulau Belitung yaitu Gangan. Tidak hanya Gangan, menu lain juga banyak terdapat di restoran yang satu ini.

Makanan yang dihidangkan dalam dulang biasanya dapat dihabiskan oleh setidaknya empat orang dengan duduk bersila sambil berhadapan. Cocok sekali jika membawa keluarga makan di sini dengan suasana yang hangat.

Lokasi: Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

5. Rumah Makan Berage

Rumah Makan Berage

Image Credit: Brechtel.rssing.com

Seperti rumah makan khas Belitung lainnya, menu utama yang disajikan adalah gangan. Jangan bosan mendengar kata gangan apabila berkunjung ke Belitung, karena memang itu menu andalan kebanyakan restoran. Bagi penyuka ikan, tentu saja gangan menjadi menu favorit untuk mengisi perut. Tapi tenang saja, ada banyak menu selain ikan yang ditawarkan.

Tempat makan ini buka hingga malam. Jadi untuk kalian yang lelah dan merasa lapar saat malam hari setelah berwisata di Belitung, tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk mengisi perut.

Lokasi: Jl. Raya Gantung, Padang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

6. Suto Belitung Mak Janah

Suto Belitung Mak Janah

Image Credit: KSMTour.com

Namanya memang suto, tapi ini bukan soto ya. Makanan ini cenderung mirip seperti ketupat sayur tetapi rasanya berbeda. Perpaduan antara lontong, daging, bihun, serta kerupuk melinjonya dipadukan dengan kuah suto yang kental tentu saja sangat menggugah selera.

Kuahnya terbuat dari rebusan iga sapi dengan diberi santan serta bumbu rempah menyajikan rasa yang gampang membuat kangen. Rasa makanan ini tentu saja tidak kalah lezat dari ketupat sayur.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

7. Restoran Pulau Kepayang

Restoran Pulau Kepayang

Image Credit: Pejalansantai.com

Salah satu restoran seafood yang menjadi rekomendasi adalah Restoran Pulau Kepayang. Saat mengunjungi pulau Belitung, wisatawan biasanya akan berangkat dari Pantai Tanjung Kelayang,

Sebelum kembali melanjutkan perjalanan, biasanya tempat ini menjadi salah satu tujuan singgah untuk makan siang. Di Pulau Kapayang terdapat 2 rumah makan yang jaraknya tidak berdekatan. Kedua restoran tersebut berada di dekat area pantai.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pengunjung biasanya akan bersantai sambal menikmati makanan khas Belitung disini. Jika ingin makan sehabis bersenorkling, tempat makan ini menyediakan banyak kamar mandi untuk berganti pakaian terlebih dulu. Sehingga saat makan sudah mengenakan pakaian yang kering.

Tempat ini menyediakan menu makanan yang sama seperti restoran khas Belitung lainnya. Saat akhir pekan, pengunjung ramai makan disini.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

8. Hanggar 21

Hanggar 21

Image Credit: Mithapisasefsio.com

Restoran satu ini dekat dengan bandara, sehingga untuk kalian yang baru sampai maupun akan kembali pulang dapat mengunjungi tempat makan ini untuk mengisi perut yang lapar.

Dari tempat makan ini dapat terlihat puncak-puncak bukit nan hijau. Selain restoran, Hanggar 21 juga menyediakan penginapan untuk para pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman KM 11,8, Buluh Tumbang, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

9. Bakso Ikan Pak Long

Bakso Ikan Pak Long

Image Credit: Afridinasiregar.wordpress.com

Jika bosan dengan makanan Belitung dengan kuah santan, Bakso Ikan Pak Long bisa dijadikan referensi menu makan kali ini. Selai bakso, tempat makan ini juga menyediakan menu lain yaitu pempek.

Walaupun masih berbahan seafood, tapi kuah bakso yang bening dapat menyegarkan kerongkongan setelah berkali-kali memakan makanan bersantan. Untuk harganya sendiri tergolong sangat terjangkau. Jadi kantong tidak perlu khawatir akan semakin menipis.

Lokasi: Jl. Pelataran Air Ketekok /Telex No. 22, Paal Satu, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

10. Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie

Image Credit: Ohelterskelter.com

Warung kopi ini termasuk salah satu yang legendaris. Berdiri sejak tahun 1943 lalu. Tempatnya tergolong sederhana, berada di pinggir jalan raya dengan lahan parkir yang terbatas untuk motor saja.

Bagi pecinta suasana untuk menikmati kopi, warung ini sangat cocok untuk dihampiri. Menikmati segelas kopi dengan rokok yang mengepul tanpa adanya AC dan interior yang mewah. Disitulah letak orisinalitas sebuah warung kopi yang sebenarnya.

Untuk yang tidak tahan dengan asap rokok, sebaiknya jangan masuk ke tempat ini. Selain tidak ada tempat lain yang bebas asap rokok, mungkin memang warung ini ditujukan untuk orang-orang yang gemar menikmati kopi dengan suasana sederhananya.

Lokasi: Jl. Serma Abdullah, Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Itulah rekomendasi 10 restoran dan tempat makan paling enak di Belitung yang patut Anda kunjungi. Jika berkunjung ke Pulau Belitung, jangan lupa sempatkan mampir di salah satu tempat makan untuk merasakan makanan khas yang lezat. Semoga bermanfaat!