Kepulauan Riau

10 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Jika Berencana Liburan ke Batam, Berikut Rekomendasi Wisata Pantai Favorit di Batam, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Batam merupakan sebuah kota kecil. Meskipun kecil, Kota Batam merupakan kota tersibuk di Indonesia dari bidang industri maupun pariwisata. Karena Batam merupakan daerah paling strategis yang berdekatan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Bila pernah pergi ke Kepulauan Riau, tentunya Anda akan dihipnotis dengan berbagai macam objek wisata yang sangat mempesona. Oleh sebab itu, Kota Batam memiliki banyak tempat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh para traveler lokal maupun domestik.

Karena Provinsi Bandar Dunia Madani ini berbentuk kepulauan, sehingga kebanyakan dari tempat wisatanya merupakan wisata pantai yang paling terkenal hingga di negara tetangga. Bila Anda ingin mengunjungi kota ini, tentunya harus mengunjungi juga pantai-pantai sangat mempesona di Batam yang siap memanjakan mata Anda.

1. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Image Credit: Simphortour.com

Bila Anda singgah ke Batam dan hendak pergi ke Kecamatan Batam Timur, cobalah untuk mengunjungi Pantai Nongsa. Pantai ini berlokasi di Kelurahan Sambau. Nama dari pantai ini didapat dari nama seorang penguasa pertama Batam, yaitu Nong Isa yang mana pada saat itu beliau berkuasa pada abad ke-18.

Pantai Nongsa berada di pesisir pantai di Singapura. Jadi sangat dekat untuk menuju Singapura melalui pantai ini dan hanya menempuh waktu 30 menit saja. Bila Anda datang pada sore hari hingga malam hari, pemandangan dari Singapura dapat dinikmati secara mudah tanpa harus menginjakkan kaki di negeri tetangga tersebut.

Pantai ini merupakan pantai yang cukup sepi bila dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Batam. Sehingga panorama di pantai tersebut masih bersih dan terasa kealamiannya. Terdapat sebuah pulau yang berada di seberang Pantai Nongsa, yakni Pulau Putri. Pulau tersebut merupakan pulau yang wajib Anda kunjungi bila ke pantai ini.

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam.

2. Ocarina Coastarina

Ocarina Coastarina

Image Credit: Ksmtour.com

Ocarina merupakan salah satu tempat wisata pantai di Pulau Batam yang sangat terkenal. Anda dapat mengakses tempat wisata ini melalui Batam Center dan hanya menempuh perjalanan darat sejauh 1 kilometer saja. Atau Anda dapat menggunakan perjalanan laut dari Pulau Karimun dengan menggunakan kapal ferry.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bintan yang Paling Enak

Dengan mengeluarkan uang sebesar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah, Anda dapat masuk ke Ocearina. Fasilitas yang terdapat di sana sangatlah lengkap, dari restroom, tempat ibadah maupun sepeda yang disewakan untuk berjalan-jalan di sana.

Banyak juga wahana yang tersedia di wisata pantai Ocearina, seperti taman bermain khusus anak-anak, waterpark, serta bianglala yang dapat Anda naiki bersama rekan-rekan. Oleh karena itu, wisata pantai ini sangat disarankan untuk Anda kunjungi karena pantai tersebut satu-satunya pantai yang disulap menjadi sebuah taman bermain.

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam.

3. Pantai Marina

Pantai Marina

Image Credit: Bintantravel.co.id

Bila Anda ingin menikmati pantai dengan pasir yang berwarna putih, coba kunjungi Pantai Marina yang terletak di Batam tepatnya di Kelurahan Tanjung Riau. Pantai Marina merupakan tempat wisata yang menawarkan panorama yang sangat memikat hati para pengunjungnya.

Pantai yang terletak di sekitar Marina Water Front City ini memiliki keindahan yang tidak dapat ditemukan di objek wisata pantai lainnya di Batam. Anda dapat bermain dengan pasir putihnya yang begitu lembut serta dapat menikmati pemandangan senja saat matahari terbenam di pantai ini.

Bila Anda ingin berkunjung ke Pantai Marina, cukup sediakan tiket masuk seharga 6 ribu rupiah saja untuk semua kalangan. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengunjungi Kepulauan Riau agar berlibur menikmati pemandangan indah dari Pantai Marina.

Lokasi: Jl.KH.Ahmad Dahlan No.Kelurahan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam.

4. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Image Credit: Tempatwisata.pro

Bila Anda pernah berkunjung ke daerah Tanjung Bemban di Kepulauan Riau, pastinya mengetahui Pantai Sekilak. Pantai yang memiliki luas sekitar 30 hektar ini memiliki keindahan alami yang sangat terasa. Pasalnya, Pantai Sekilak merupakan pantai yang menduduki peringkat satu dari pantai-pantai yang ada di Batam.

Bagi Anda yang memiliki hobby menyelam, pastinya jangan sampai ketinggalan pemandangan bawah laut yang begitu cantik untuk dicoba. Serta banyaknya penyu yang mampir ke pantai ini, membuat Pantai Sekilak menjadi tempat berlabuhnya para hewan bercangkang keras tersebut sebagai tempat penangkarannya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Batam yang Murah & Enak

Oleh sebab itu, dari beberapa kelebihan-kelebihan Pantai Sekilak tersebut, mendapat julukan pantai paling indah yang pernah dimiliki oleh Batam. Untuk menikmati berjuta panorama yang terdapat pada Pantai Sekilak, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah saja. Tiket yang cukup murah dan sangat bersahabat untuk mencari sebuah keindahan.

Lokasi: Batu Besar, Kec.  Nongsa, Kota Batam.

5. Pantai Melayu

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai dengan pasir putih merupakan salah satu unsur yang membentuk pantai tersebut banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Melayu yang memiliki pasir putih serta air yang begitu jernih telah membuat para pengunjung yang telah singgah di pantai tersebut menjadi jatuh hati.

Pantai yang terletak di Pulau Rempang ini dapat Anda jadikan sebagai tempat berfoto yang bertemakan laut. Serta bagi Anda yang sangat gemar memancing, Anda juga diperbolehkan memancing di laut ini. Karena banyak sekali ikan-ikan dan biota laut lainnya hidup di perairan Pantai Melayu.

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, Kota Batam.

6. Pantai Pulau Abang

Pantai Pulau Abang

Image Credit: Doyanjalan.com

Batam merupakan salah satu tempat yang menyuguhkan wisata bahari yang sangat melimpah. Salah satunya yaitu Pantai Pulau Abang. Pantai tersebut menyuguhkan banyak keindahan yang tidak dapat Anda temui di tempat lain.

Pantai Pulau Abang memiliki berbagai macam keindahan bawah laut yang sangat menawan. Oleh sebab itu, pantai ini dapat Anda manfaatkan untuk snorkling. Anda dapat menikmati berbagai macam jenis ikan serta biota lainnya yang menghiasi pantai tersebut.

Lokasi: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam.

7. Pantai Melur

Pantai Melur

Image Credit: Ksmtour.com

Bila Anda sedang bersinggah di Kepulauan Riau untuk menikmati liburan, sangat layak dan disarankan untuk mengunjungi Pulau Galang. Di Pulau Galang terdapat sebuah pantai yang bernuansa eksotis, yaitu Pantai Melur. Pantai Melur memiliki keindahan tersendiri yang dapat Anda rasakan panoramanya.

Objek wisata yang terdapat pada Pantai Melur sangatlah unik. Pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah, serta banyaknya perahu nelayan yang berlabuh membuat pemandangan pantai ini menjadi semakin terasa alami. Serta Anda dapat meluangkan waktu pada sore hari untuk melihat matahari terbenam yang sangat indah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sijantung, Kec. Pulau Galang, Kota Batam.

8. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Image Credit: Gatra.com

Salah satu pantai yang berada di batas antara Indonesia dan Singapura yaitu Pantai Tanjung Pinggir. Pantai ini sering dilalui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke negara tetangga Indonesia – Singapura atau sebaliknya.

Anda dapat menikmati semilir angin yang berhembus di Pantai Tanjung Pinggir serta berjemur di bawah sinar matahari. Karena, kebanyakan para pelancong yang datang ke pantai ini menikmati ketenangan yang disebabkan oleh masih sepinya pengunjung.

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam.

9. Pantai Setokok

Pantai Setokok

Image Credit: Mivecblog.com

Bila Anda sedang di Batam, cobalah untuk melewati Jembatan Tiga Balerang yang ada di daerah Pulau Rempang. Berjarak sekitar 2 kilometer dari jembatan tersebut, ada sebuah pantai yang sangat mempesona, yaitu Pantai Setokok. Untuk dapat berpetualang di pantai ini, Anda cukup membayar 5 ribu saja sebagai harga tiket masuknya.

Pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini akan memberikan sejuta keindahan bahari saat Anda berada di sana. Memiliki keadaan laut yang sangat tenang, membuat nuansa di perairan ini menjadi lebih terasa berharga. Anda juga akan memiliki banyak sekali tempat untuk mengabadikan momen di pantai ini.

Lokasi: Pulau Setokok, Kec. Bulang, Kota Batam

10. Pantai Tanjung Bemban

 

Pantai Tanjung Bemban merupakan sebuah pantai yang berada di Batam, tepatnya di Kecamatan Nongsa. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sikilak ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramai pengunjungnya. Pantai ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. Tidak heran bila Anda sering mendapatkan sinyal dari negara tersebut.

Pantai Tanjung Bemban merupakan pantai yang dapat Anda nikmati keindahannya hingga malam hari. Dengan suasana sunset yang menawan serta gemerlapnya lampu-lampu pada malam hari, membuat pemandangan tersebut susah untuk dilupakan saat berlibur di sana. Di Pantai Tanjung Bemban juga Anda dapat merasakan masakan laut yang begitu nikmat.

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

Itulah 10 rekomendasi wisata pantai yang indah di Batam. Karena memiliki geografis berbentuk ribuan pulau untuk Provinsi Kepulauan Riau, tidak heran kalau Batam memiliki wisata pantai yang begitu melimpah. Oleh sebab itu, sangat disarankan saat Anda berkunjung ke Batam untuk menikmati semua keindahan pantai-pantainya agar liburan menjadi lebih terasa menyenangkan.