Riau

10 Oleh-Oleh Khas Rokan Hulu yang Paling Populer

Rokan Hulu terkenal sebagai negeri dengan seribu suluk yang kaya dengan nilai-nilai keagamaanya dan juga memiliki olahan khas yang autentik. Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Rokan Hulu yang bisa Anda bawa pulang.

Kota Rokan Hulu banyak dikenal dengan sebutan negeri seribu suluk. Potensi wisata dan kerajinan tangannya juga banyak dikembangkan. Seperti Songket, tanjak melayu, dan juga anyaman bambunya. Selain itu juga terdapat beberapa jenis olahan makanan sebagai kuliner khas yang patut dicoba.

Saat ini Pemerintah kota Rokan Hulu sedang sibuk melakukan pengembangan wisata alam dan pengenalan budaya pada wisatawan regional ataupun mancanegara. Sekitar 37 kuliner juga akan dikembangkan sebagai oleh-oleh khas bagi pengunjung dari luar kota.

Berkunjung ke negeri seribu suluk tidak akan lengkap tanpa membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Jika bingung menentukan pilihan, berikut daftar oleh-oleh khas Rokan Hulu yang bisa jadi referensi Anda.

1. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Image Credit: Riauonline.co.id

Lempuk durian merupakan jajanan khas yang berbahan dasar durian. Bentuknya sama seperti dodol atau jenang dari Jawa. Dibuat dengan cara tradisional untuk mempertahankan cita rasa autentiknya. Memiliki tekstur yang lembek dan lengket, serta rasa yang legit dan manis.

Dibungkus menggunakan pelepah pinang, dan dijual dalam wadah mika bening. Menjadi camilan yang sudah mencapai pasar internasional. Tidak menggunakan pengawet dan bahan kimia tambahan yang merusak kesehatan. Harga yang dikenakan juga tergolong lumayan murah dan ramah di kantong.

Cocok dijadikan buah tangan karena bisa bertahan hingga 12 bulan. Dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Rokan Hulu atau Riau. Selain itu juga bisa dijadikan teman minum kopi Anda bersama keluarga di rumah.

2. Kue Bangkit Jahe

Kue Bangkit Jahe

Image Credit: Facebook.com @gerai.o.ii

Jajanan ini merupakan hidangan yang banyak ditemui saat musim lebaran tiba. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu, dan jahe serta beberapa campuran lainnya. Memiliki tekstur yang kering dengan warna putih pucat serta rasa yang manis pedas dari jahe. Berbentuk seperti kelopak bunga dengan tambahan wijen di atasnya.

Dijual dengan kemasan plastik dalam ukuran gram ataupun kilogram. Biasanya juga dijual dalam kemasan toples mika yang siap dihidangkan untuk suguhan. Dijual dengan harga yang murah dan ramah di kantong. Banyak juga ditemui di Jawa dengan nama Kue Sumprit ataupun nama lain di beberapa daerah lainnya.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang karena dapat disimpan dalam waktu yang lama. Bisa disuguhkan ataupun dibagikan kepada tetangga dan kerabat. Dapat dinikmati dengan segelas kopi ataupun susu hangat. Bisa dijumpai dengan mudah di toko oleh-oleh khas Rokan Hulu.

3. Ongol-Ongol Khas Rokan Hulu

Ongol-Ongol

Image Credit: Rofisaputra7.blogspot.com

Ongol-ongol menjadi salah satu camilan khas dari Rokan Hulu yang wajib untuk dicoba. Bentuknya seperti potongan persegi seukuran satu gigitan. Warnanya coklat dengan taburan kelapa di atasnya. Terbuat dari tepung sagu dan juga campuran gula yang dicampur jadi satu. Memiliki tekstur yang kenyal dan lengket serta rasa yang manis.

Biasanya dijual dalam satuan besar yang sudah dipotong-potong. Kebanyakan dibungkus menggunakan daun ataupun kertas bungkus makanan. Harganya sangat murah dan cocok dijadikan sarapan ataupun cemilan saat berkendara.

Bisa dijadikan oleh-oleh untuk Anda yang berjarak dekat dengan lokasi. Namun, tidak disarankan bagi yang berjarak puluhan kilometer, karena tidak bisa bertahan lama. Jika tertarik untuk mencoba, Anda dapat membelinya di pedagang kaki lima yang berada di pasar tradisional Rokan hulu.

4. Madu Sialang

Madu Sialang

Image Credit: Facebook.com @avicenna.munthe

Madu sialang merupakan jenis madu hutan yang memiliki kualitas baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes, deman dan juga flu pada Anak-anak. Jumlahnya sangat sedikit dan terbilang langka. Untuk hasil panennya hanya bisa dilakukan dua bulan sekali dengan tradisi yang harus ditaati. Seperti menunggu bulan gelap dan atau saat wujudnya sebagian sudah tak terlihat.

Untuk memanennya membutuhkan sekitar 5-8 orang per pohon. Satu pohon Sialang hanya mempunyai 3-4 sarang madu. Dijual dalam kemasan botol dengan harga yang lumayan mahal. Karena proses panen dan perawatannya masih tradisional dan menggunakan protokol keagamaan yang kental.

Bisa dibeli saat berkunjung sebagai oleh-oleh atau juga bisa dibeli melalui media online. Namun, lebih murah jika dibeli secara langsung. Biasanya dijual perseorangan, tapi juga bisa ditemukan di beberapa toko obat herbal dan sejenisnya. Cocok untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh saat berwisata atau dalam perjalanan.

5. Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kacang Pukul Bagansiapiapi

Image Credit: Shopee.co.id

Camilan dari Rokan hulu ini merupakan jajanan turun temurun etnis Tionghoa yang bermukim di Riau. Bahan dasarnya tentu berasal dari kacang tanah seperti namanya. Ada tambahan bumbu rempah yang dibuat untuk menguatkan rasa gurihnya. Dibuat secara tradisional dengan cara ditumbuk untuk mempertahankan cita rasa aslinya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Indragiri Hilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Teksturnya kasar dengan rasa gurih dan manis yang berpadu menjadi cita rasa yang unik. Menjadi favorit wisatawan lokal ataupun luar negeri. Dijual dengan kemasan plastik ukuran gram ataupun kilogram. Harganya variatif sesuai kebijakan penjual.

Direkomendasikan sebagai oleh-oleh karena awet dan cocok dijadikan cemilan ringan. Tidak membosankan dan juga berlebihan dalam rasa. Bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Rokan Hulu terdekat.

6. Ting-Ting Jahe

Image Credit: Facebook.com @gerai.olaholeh.1

Ting-ting Jahe tentunya sudah sangat familiar di lingkungan Anda. Jajanan ini menjadi fenomenal dengan rasa yang unik pada zamannya. Termasuk olahan yang berusia tua namun tetap menjadi tren hingga saat ini. Bahan dasarnya jahe yang dimasak sedemikian rupa hingga seperti jenang ataupun dodol.

Menjadi salah satu olahan khas Rokan Hulu yang banyak dikenal di hampir seluruh daerah Indonesia. Teksturnya kenyal dan lengket dengan waran coklat dibalur bubuk tepung tipis diluar. Dibungkus dengan kertas dan dijual dalam kemasan dengan isi tertentu. Harganya sangat murah.

Sangat direkomendasikan untuk dijadikan buah tangan. Cara mendapatkannya juga sangat mudah karena banyak dijual di warung-warung ataupun di toko oleh-oleh.

7. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Image Credit: Facebook.com @gerai.olaholeh.1

Jajanan ini memberikan pilihan bagi Anda yang bosan dengan makanan yang digoreng ataupun di sangrai seperti keripik dan sejenisnya. Berbahan dasar tepung terigu, air santan, daun suji, dan air pandan. Cita rasa yang ditawarkan adalah manis dan legit. Memiliki banyak varian rasa seperti keju, kacang hijau, rempah, kentang, dan masih banyak lagi.

Dijual per biji dengan harga yang murah. Menjadi jajanan wajib yang harus dicoba. Banyak ditemukan sebagai suguhan upacara adat. Tetap bertahan dari semua varian bolu yang ada. Menjadi kuliner yang banyak diminati wisatawan lokal.

Bisa dijadikan oleh-oleh untuk saudara dan keluarga di rumah. Selain itu juga bisa dijadikan camilan saat ada dalam perjalanan. Beli di pedagang kaki lima ataupun toko roti di Rokan Hulu.

8. Keripik Nanas

Keripik Nanas

Image Credit: Keripik-nanas.blogspot.com

Jika di kota Malang Anda akan disajikan dengan berbagai macam olahan keripik buahnya. Namun, Anda tidak akan menemukan olahan dari nanas. Karena hanya bisa di dapatkan di Rokan Hulu ataupun Pekanbaru Riau. Dibuat dengan cara diiris tipis lalu digoreng hingga mengering. Selain itu juga ditambahkan bumbu rempah sebagai pembangkit cita rasanya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dijual dalam kemasan dengan harga yang variatif dan lumayan murah. Memiliki cita rasa asin, asam, dan manis yang menjadi primadona wisatawan. Dipercaya oleh warga sekitar sebagai camilan dengan kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh. Bebas pengawet dan bahan kimia ataupun campuran lainnya.

Sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dimakan dan dibagikan untuk kerabat ataupun tetangga.

9. Kue Sopik

Kue Sopik

Image Credit: Facebook.com @gerai.olaholeh.1

Jajanan ini dibuat dengan cara dipanggang. Bahan dasarnya berupa tepung beras, gula pasir, bubuk kulit kayu manis, telur, dan santan. Warnanya coklat kekuningan dengan tekstur kering dan rasa manis gurih. Bentuknya seperti lipatan karena saat pembuatannya dijepit dan dilipat.

Bentuknya hampir mirip dengan jajan semprong di Jawa, hanya saja tidak digulung. Dijual dalam satuan gram ataupun kilogram. Harganya juga tidak terlalu mahal untuk dijadikan pilihan oleh-oleh. Selain itu teksturnya juga unik dengan motif cetakan yang estetik.

Bisa dijadikan buah tangan saat hendak pulang ke rumah. Bertahan dalam waktu penyimpanan yang lama. Cocok sebagai suguhan tamu ataupun hari raya. Bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Rokan Hulu atau yang lainnya.

10. Gula Aren

Gula Aren

Image Credit: Facebook.com @bustanil.ervan

 

Rokan Hulu sekarang sudah menjadi salah satu sentra gula aren terbesar di Indonesia. Dibuat dari sari pohon enau yang disadap menjadi sari air nira. Diolah dan dibuat menjadi komoditas gula yang unik dan sangat enak.

Tanpa bahan pengawet hanya menggunakan sedikit tambahan gamping untuk mempertahankan kualitasnya serta pengeringannya. Sangat aman dikonsumsi tanpa resiko kesehatan yang mungkin timbul. Dijual dalam satuan per biji dengan harga standar yang tidak mahal.

Bisa dijadikan buah tangan dan diolah menjadi permen ataupun olahan lainnya. Dibagikan dengan tetangga ataupun rekan kerja. Bisa di beli di toko khusus penjual gula Aren di Rokan Hulu.

Itulah beberapa pilihan makanan olahan untuk oleh-oleh dan camilan di rumah. Bisa disesuaikan dengan selera dan juga harganya. Cara memperolehnya juga mudah, karena banyak yang menjual atau menjajakan. Selamat mencoba jajanan khas Rokan Hulu.