Jambi

12 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Inilah Rekomendasi Oleh-Oleh Khas di Jambi yang Paling Populer. Buah Tangan Seperti Makanan, Souvenir, Kuliner bahkan Minuman yang Wajib Anda Bawa Pulang.

Jambi terkenal akan wisatanya yaitu Danau Sipin dan Candi Muaro. Meskipun, masih banyak orang yang tidak menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata utama, namun nyatanya banyak hal menarik yang dapat dijumpai di Jambi. Salah satunya yaitu oleh-oleh khasnya yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Beragam variasi buah tangan yang ditawarkan tentu tidak menjadikan perjalanan Anda menjadi percuma.

Oleh-oleh menjadi hal yang cukup vital ketika selesai liburan di suatu tempat. Karena dengan oleh-oleh tersebut bisa menjadi bukti Anda telah pergi ke sana dan mencicipi ciri khas daerahnya. Selain itu, tentunya membeli oleh-oleh terkadang diperuntukkan untuk teman dan kerabat keluarga yang belum sempat ikut liburan.

Walaupun oleh-oleh khas Jambi dapat dibeli di toko lain di luar kota ini, akan tetapi sensasinya nanti terasa berbeda. Lebih enak jika langsung membeli dari tokonya. Kota ini mempunyai keunikan tersendiri pada setiap olahan buah tangan. Mau tahu apa saja buah tangan khas Jambi? Simak uraian penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lengkap.

1. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh

Image Credit: Traveloka.com

Rekomendasi pertama oleh-oleh khas Jambi yaitu Duku Kumpeh. Mungkin terdengar tidak biasa menjadikan duku sebagai buah tangan. Namun, buah juga bisa dijadikan pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena Duku Kumpeh ini berbeda dengan duku pada umumnya yang berada di luar daerah Jambi.

Duku Kumpeh banyak ditanam di Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi yang sekaligus menjadi asal usul namanya. Duku ini tidak berbiji sehingga mudah dimakan dan rasanya cukup manis. Ukuran duku ini juga termasuk besar serta cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

2. Tempoyak Jambi

Tempoyak Jambi

Image Credit: Hipwee.com

Buah durian bisa diolah menjadi apa saja termasuk tempoyak. Tempoyak ini berbahan dasar durian asli yang dibumbui menjadi asam dan pedas. Makanan pendamping untuk menyantap tempoyak ini yaitu ikan mujair atau ikan patin. Selain itu, tempoyak ini bisa dimakan langsung bersama nasi putih hangat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Proses pembuatan tempoyak harus melewati fase fermentasi selama 5 hari. Awalnya, daging durian dipisah dengan bijinya lalu daging durian tersebut dicampuri cabe rawit dan garam. Baru masuk ke tahap fermentasi. Tempoyak menjadi santapan legit yang disukai oleh banyak orang.

3. Dodol Kentang

Dodol Kentang

Image Credit: Omiyago.com

Oleh-oleh selanjutnya yang khas yaitu dodol kentang. Olahan dodol ini hanya bisa Anda temukan di Jambi saja. Hal itu dikarenakan bahan kentang berasal dari hasil pertanian di kawasan kaki gunung Kerinci, Jambi. Meskipun terbuat dari kentang, dodol ini juga mempunyai varian rasa strawberry, gula merah, nanas, dan lain-lain.

Penduduk sekitar Kerinci menggunakan panenan kentang yang melimpah sebagai komposisi pembuatan oleh-oleh dodol. Cara mengolah dodol kentang sama seperti dodol pada umumnya. Namun, yang membedakannya yaitu tekstur dodol kentang lebih halus dan tidak terlalu kenyal.

4. Bolu Kojo Jambi

Bolu Kojo Jambi

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Bolu Kojo mempunyai 2 asal daerah yang berbeda yaitu Palembang dan Jambi. Akan tetapi, bolu kojo yang berasal dari Jambi berbeda dengan di Palembang. Perbedaannya terletak pada penyajian bolu kojo di Palembang dalam bentuk lapisan dan di Jambi disajikan dalam bentuk polosan tanpa lapisan.

Tekstur bolu kojo cukup lembut dan rasanya manis. Bolu ini kerap dicetak di atas Loyang berbentuk kamboja. Aroma pandan yang menyeruak dari bolu kojo menjadikannya nampak segar. Bolu kojo menjadi pilihan favorit wisatawan yang hendak membeli oleh-oleh.

5. Dodol Nanas

Dodol Nanas

Image Credit: Omiyago.com

Jika sebelumnya dodol dibuat dengan bahan dasar kentang, maka dodol satu ini terbuat dari buah nanas. Selain itu, nanas termasuk produk andalan dari Jambi yang banyak diolah menjadi oleh-oleh, Dodol nanas terasa manis sehingga para wisatawan menyukainya.

Dodol ini tidak memakai bahan pengawet namun dodol nanas dapat bertahan lama. Sehingga untuk para wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh dodol ini, tidak perlu merasa risau berubah basi. Anda bisa menjumpai dodol ini di kawasan Muaro Jambi.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batanghari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

6. Kue Gandus

Image Credit: Youtube.com (Phesi Esterju)

Apabila telah berada di Jambi dan belum mencicipi makanan satu ini maka Anda termasuk rugi. Kue gandus cukup populer di kalangan masyarakat Jambi. Meskipun termasuk kue, kue gandus tidak terasa manis sama sekali. Justru sebaliknya, kue gandus memiliki rasa pedas gurih. Itu disebabkan karena komposisi bahan yang digunakan.

Kue gandus terbuat dari bahan tepung beras, santan, sagu, dan garam. Sebagai tambahan bumbu, adonan tersebut diberi bawang putih, bawang merah, dan cabai yang sudah dihaluskan. Sebagai toping kue gandus diatasnya diberi bawang goreng, seledri, ebi sangrai, dan irisan cabai.

7. Kue Padamaran

Kue Padamaran

Image Credit: Dapurzahra.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas dari Jambi yaitu kue padamaran. Kue padamaran termasuk salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras. Cita rasa dari kue ini yaitu gurih dengan teksturnya yang lembut seperti bubur sumsum.

Kue padamaran ini dibalut menggunakan daun pisang. Warna kue ini hijau karena terdapat larutan air suji yang diatasnya nanti disiram menggunakan lelehan gula merah. Lelehan gula merah ini disiram diatas dan dibawah kue.

8. Batik Khas Jambi

Batik Khas Jambi

Image Credit: Tribunnews.com

Anda tidak perlu melulu membawa oleh-oleh berupa olahan pangan. Sekali-kali membawa batik sebagai buah tangan juga cukup menarik. Indonesia terkenal akan komoditi batiknya yang mempunyai motif beragam di seluruh daerah. Dan, Jambi sendiri juga mempunyai batik khasnya.

Keunikan dari motif batik Jambi biasanya diambil dari motif tumbuhan atau kegiatan manusia. Tak jarang, banyak wisatawan yang datang membeli batik ini dan dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang. Anda bisa menemui orang yang menjual batik di toko-toko souvenir.

9. Pempek Jambi

Pempek Jambi

Image Credit: Cookpad.com

Bahkan pempek juga bisa dijadikan oleh-oleh, lho! Kini pempek tidak hanya tersedia di Palembang saja. Akan tetapi, hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk Jambi. Meskipun begitu, pempek Palembang dengan pempek Jambi beda jauh. Perbedaannya yaitu terlihat dari cara penyajiannya.

Cuka pada pempek di Palembang dikenal dapat merusak gigi. Sedangkan cuka pada pempek Jambi tidak merusak gigi. Dulunya, pempek di kota ini hanya dihidangkan di acara besar-besaran. Sekarang, pempek banyak dijual oleh pedagang karena terbukti para wisatawan menyukai pempek sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

10. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Hipwee.com

Durian bisa diolah menjadi apa saja seperti es, adonan, tempoyak hingga lempok. Lempok biasa dikenal dengan sebutan dodol durian khas Jambi. Lempok durian ini menjadi salah satu daftar oleh-oleh yang wajib di beli ketika pergi ke Jambi.

Camilan yang menggunakan bahan baku durian sudah tidak asing lagi djjumpai. Karena, buah durian terkenal dimanfaatkan sebagai olahan pangan. Rasa lempok durian ini legit dan manis sehingga banyak wisatawan yang membawa pulang oleh-oleh ini.

11. Kopi Bubuk AAA

Kopi Bubuk AAA

Image Credit: Kongkrit.com

Jika kerabat atau teman Anda menyukai kopi, maka membeli kopi bubuk AAA merupakan pilihan yang tepat. kopi bubuk ini tidak akan Anda temui di daerah lain selain Jambi. Resep yang digunakan untuk membuat kopi bubuk ini sudah turun-temurun sejak tahun 1966.

Kopi bubuk yang diwadahi seperti bungkus rokok ini awalnya merupakan sebuah merek yang dipakai oleh suatu perusahan kopi. Akan tetapi, lambat laun tangan-tangan kreatif mengubah kopi bubuk AAA menjadi salah satu oleh-oleh khas Jambi. Kopi bubuk ini berwarna hitam pekat dengan rasa yang begitu pahit serta aroma khasnya wangi kopi.

12. Gelamai Perentak

Gelamai Perentak

Image Credit: Malmalredholic.blogspot.com

Rekomendasi terakhir oleh-oleh khas dari Jambi yaitu Gelamai Perentak. Camilan ini mempunyai tekstur yang hampir sama seperti dodol kentang. Meskipun begitu, gelamai perentak ini mempunyai cita rasa yang sedap dan tidak kalah enak dari oleh-oleh lain. Gelamai perentak cocok dibuat sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Tidak perlu susah-susah mencari toko yang menjual gelamai perentak. Karena, kini sudah bisa ditemukan di toko oleh-oleh di Jambi. Harga camilan kering ini pun terbilang terjangkau. Berkisar antara 13 ribu sampai 62 ribu per bungkusnya.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas dari Jambi yang bisa dijadikan referensi ketika pergi liburan ke sana. Beragam buah tangan yang ada mungkin membuat kebingungan harus memilih yang mana. Dengan rekomendasi diatas diharapkan Anda tidak bingung lagi saat mencari buah tangan yang cocok dibawa pulang ke rumah.