11 Makanan Khas Bengkalis yang Unik dan Terkenal Lezat

11 Makanan Khas Bengkalis yang Unik dan Terkenal Lezat

Kabupaten Bengkalis memiliki banyak tempat wisata yang menarik, selain itu juga terdapat berbagai makanan khas Bengkalis dari berbagai jenis dan rasanya. Mulai dari olahan dari jenis buah hingga ikan, dan racikan makanan tersebut selalu memanjakan lidah dengan berbagai rasa. Manis, gurih, asin, pedas, membuat indera perasa tidak pernah berhenti bergoyang.

Selalu menjadi hal menarik jika membahas makanan, khususnya olahan masyarakat di daerah Kabupaten Bengkalis. Sebab membuat indera penglihatan, penciuman, dan perasa tidak pernah lelah serta ingin segera mencicipinya. Baik itu kudapan maupun makanan berat yang disajikan, selalu menggoda selera dan cocok dimakan di tempat maupun dibawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

1. Lempuk Durian

Lempuk Durian
Photo by Twitter tau◌

Bagi pecinta rasa manis, silahkan merapat ke Bengkalis dan carilah makanan yang bernama Lempuk Durian. Jenis olahan ini seperti dodol Garut, namun ada perbedaan dari bahan utama yang digunakan. Pada umumnya, bahan utama untuk membuat dodol yaitu dari tepung ketan dan santan kelapa, selain itu ditambah gula merah, gula pasir, serta garam.

Akan tetapi makanan khas Bengkalis ini menggunakan bahan dasar buah Durian, sehingga tekstur lembut dan empuk, serta rasa manisnya menyatu dalam makanan tersebut. Makanan ini diolah secara alami tanpa bahan pengawet dan dikemas sangat rapi, sehingga tahan lama serta cocok buat oleh-oleh untuk orang yang anda cintai.

Sedangkan kemasannya juga terbuat dari bahan alami berbentuk bulat lonjong, saat disajikan potong sesuai selera. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berbeda makan buah tersebut, saatnya mencoba Lempok Durian. Rasanya yang mans dan legit dipastikan cocok di lidah anda, begitu juga anak-anak.

2. Mie Sago Bengkalis

Mie Sago Bengkalis
Photo by Instagram My_Kuliner

Pada umumnya bahan dasar untuk membuat mie adalah dari tepung terigu. Sedangkan untuk membuat kue, bahan utama yang digunakan adalah tepung sagu. Di sinilah unik dan menariknya Mie Sago, salah satu kuliner khas dari Bengkalis yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasarnya.

Selain itu, makanan tersebut memiliki tekstur lembut dan kenyal, serta rasa yang sedap dan gurih. Sedangkan bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu dari ikan teri. Sebagai pelengkap, bumbu tersebut ditambahkan dengan daun kucai dan kecambah, semakin menggoda selera untuk segera menikmatinya.

3. Bubur Lambuk

Bubur Lambuk
Photo by Instagram Fara

Makanan jenis Bubur sudah sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Kuliner jenis ini biasanya digunakan sebagai alternatif pengganti nasi. Dari sabang sampai merauke, makanan tersebut hampir sama, yaitu memiliki tekstur lembut dan lembek, serta berwarna putih dengan berbagai topping di atasnya. Akan tetapi, Bubur Lambuk yang menjadi makanan khas Bengkalis ini memiliki citarasa yang sangat berbeda dari bubur lain pada umumnya.

Perbedaan utama dari makanan tersebut terletak pada aroma dan rasa gurih yang begitu kuat. Bumbu khas yang digunakan yaitu dari kaldu sapi atau ayam dan ebi atau udang berukuran kecil. Selain membuat perut kenyang, Bubur Lambuk juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan dari berbagai bahan pendukung, seperti seafood dan berbagai sayuran selalu menemani makanan ini.

4. Lopek Bugi

Lopek Bugi
Photo by Twitter Riski Riau

Bukan Nopek Komika, tetapi Lopek Bugi, yaitu kudapan yang terbuat dari beras ketan dengan aroma wangi menggiurkan dan membuat air liur hampir meleleh. Makanan tradisional Bengkalis ini termasuk salah satu kue tradisional yang masih menjadi idaman penduduk lokal maupun wisatawan. Karena memiliki tekstur lembut dan sedikit kenyal dengan kejutan rasa gurih di luar dan manis di dalam, membuat selalu terbayang untuk merasakannya.

Kudapan ini terbuat dari tepung ketan putih atau hitam dengan parutan kelapa tua, gula merah atau gula putih di dalamnya, dan daun pandan untuk menambah sedap aroma dan rasa. Jika anda berkunjung dalam rangka dinas atau liburan, kudapan ini sangat cocok untuk menemani perjalanan dan untuk buah tangan.

5. Sempolet Bengkalis

Sempolet Bengkalis
Photo by Twitter Moses faris

Selain mie sago Bengkalis, kuliner yang menggunakan bahan dari tepung sago atau sagu adalah Sempolet Bengkalis. Akan tetapi, siput sedot atau Sempolet adalah pemeran utama dalam membuat makanan ini. Selain tepung sago dan siput sedot, berbagai sayuran juga mewarnai makanan ini, seperti kecambah, kangkung, bayam, sawi atau jenis sayuran lainnya.

Sedangkan kuahnya sangat kental, karena terbuat dari bumbu khas dari rempah pilihan dan ebi yang sudah dikeringkan. Aroma sedap dan rasa asam pada makanan tersebut begitu terasa, serta ditambah rasa pedas semakin mewarnai sensasi rasa yang ada di dalamnya.

6. Ubi Sambal Teri

Ubi Sambal Teri
Photo by Facebook Nur Fitria Tommy

Mengolah ubi hanya dengan cara direbus atau digoreng itu adalah hal biasa dan sudah dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi ada cara yang lebih kreatif dan inovatif dalam mengolah ubi, yaitu dengan cara diolah menjadi Ubi Sambal Teri. Jenis olahan yang menarik inilah sehingga menjadi kuliner khas Bengkalis yang digemari oleh banyak orang, khususnya bagi mereka pecinta makanan pedas.

Kudapan yang satu ini sangat populer, asyik dan menarik untuk dinikmati bersama, serta cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan ubi yang sudah matang, di iris kecil sesuai selera dan dicampur dengan sambal teri yang pedas hingga merata. Makanan ini memiliki tekstur kering dengan perpaduan rasa gurih pada ubi dan pedas sambal teri, membuat siapa saja yang menikmati tidak akan pernah mau berhenti.

7. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Photo by Facebook Suryani Bintu Abdullah

Meskipun mayoritas masyarakat Bengkalis suka makanan yang memiliki rasa gurih, pedas dan asin, namun di sana juga ada olahan dengan rasa manis, yaitu Bolu Kemojo. Makanan ini termasuk kudapan sejenis kue, yang diambil dari nama bolu atau kue bolu. Sedangkan untuk nama Kemojo, karena kue ini memiliki bentuk mirip dengan bunga Kamboja yang sedang merekah.

Selain itu, warna hijau muda dan rasa manis mendominasi makanan ini, rasa gurih santan dan mentega juga masuk di dalamnya. Makanan ringan ini sangat cocok dikonsumsi sambil bincang santai sambil ditemani kopi dan teh hangat. Bagi yang sedang berada di Bengkalis, Riau dan ingin membeli untuk dijadikan oleh-oleh, kudapan ini juga mudah dibawa dan tahan lama, meski tanpa bahan pengawet.

8. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang
Photo by Facebook Poniman

Berada di dekat laut atau pantai menjadi sebuah keberuntungan bagi Kabupaten Bengkalis, karena kekayaan sumber daya yang ada di pantai bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Seperti halnya Kerupuk Amplang, makanan ringan ini menggunakan bahan utama dari ikan. Beberapa ikan yang biasanya digunakan untuk membuat makanan tersebut, seperti Tengiri, Tongkol atau jenis ikan laut lainnya.

Memilih ikan yang bagus, fresh dan berkualitas menjadi syarat utama agar makanan ini memiliki rasa yang khas dan lebih sedap saat disantap. Berbagai bentuk unik mewarnai kudapan ini, dari bentuk seperti dadu, bulat, lonjong dan bentuk lainnya menambah daya tarik tersendiri. Selain itu, memiliki tekstur yang kering, agak lembut dan renyah, serta rasa gurih mendominasi makanan ini. Sangat cocok disantap sebagai teman makan dan bisa dijadikan oleh-oleh, karena mudah dibawa dan tidak mudah rusak.

9. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin
Photo by Facebook Muhamad Andika Perdana

Memiliki tekstur lembut, empuk, sedikit berlendir dan agak sedikit amis, serta memiliki rasa yang sangat gurih, itulah ciri khas ikan patin. Berbagai kelebihan yang ada pada hewan tersebut membuat masyarakat Bengkalis mengolahnya menjadi Gulai Ikan Patin. Makanan khas Bengkalis ini merupakan makanan berat yang menjadi favorit penduduk lokal maupun wisatawan.

Perpaduan gurih pada ikan dengan bumbu rempah khas Bengkalis dan kuah yang kental, membuat makanan ini sangat tepat untuk dikonsumsi saat sarapan, makan siang atau makan malam. Selain gurih, rasa pedas pada kuah juga begitu terasa. Lebih nikmat jika disantap dalam kondisi panas, karena berbagai rasa yang ada di dalamnya semakin menggelora.

10. Miso Rang Awak

Miso Rang Awak
Photo by Resepmieayamlezat.web.app

Miso Rang Awak adalah makanan jenis mie, memiliki bentuk tipis berwarna putih atau bihun ini menjadi salah satu kuliner yang cocok dikonsumsi saat perut belum terisi. Makanan ini diolah dengan cara direbus dengan kuah yang sedap, biasanya ditambah dengan mie kuning, taburan suwir ayam, potongan sawi, topping bawang goreng, dan kerupuk. Rasa sedap yang dihasilkan pada makanan ini dari bumbu dasar dan bumbu rempah khas Bengkalis, sehingga rasa gurih dan pedas begitu terasa di lidah.

11. Manisan Buah Ceremai

Manisan Buah Ceremai
Photo by Twitter fitrah

Manisan buah biasanya menggunakan bahan utama dari buah Mangga, Kedondong, Pepaya dan buah lainnya yang memiliki rasa manis. Akan tetapi berbeda dengan yang ada di Bengkalis, bahan yang digunakan adalah dari buah Ceremai, sehingga namanya manisan buah Ceremai. Makanan ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yaitu rasa manis dan sedikit asam membuat sensasi tersendiri saat dimakan. Sangat cocok untuk teman makan saat perjalanan atau sebagai buah tangan.

Berbagai jenis makanan khas Bengkalis diatas dengan berbagai rasa yang ada di dalamnya, mulai dari rasa pedas, gurih, manis dan juga asin, membuat siapa pun ingin mencobanya. Akan tetapi, bagi anda yang berusia diatas 40 tahun, sebaiknya makanan yang dikonsumsi tidak mengganggu kesehatan, karena kesehatan lebih penting dari segalanya.