Lampung

25 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lampung adalah salah satu kota yang ada di wilayah Sumatera, khususnya bagian yang paling timur dari pulau. Wilayah ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan berharga. Tidak hanya berupa pantai dan gunung saja, namun beberapa peninggalan sejarah juga memberikan nuansa tersendiri yang penuh sarat.

Banyak tempat indah dan manakjubkan, hanya saja belum banyak orang yang tahu sehingga beragam foto dari keindahan tersebut belum banyak yang mengabadikan. Akan lebih bagus dan menarik jika Anda berkunjung untuk sesekali memanjakan mata agar tidak melulu hanya melihat mall atau toko saja. Berikut ini kami mengulas 25 tempat wisata terhits di Lampung yang sayang untuk dilewatkan.

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Lokasi: Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur. – Image Credit by Okezone.com

Sesuai dengan wilayahnya, Lampung terkenal akan hewan liar bergading yang besar dan kuat. Apalagi jika bukan gajah namanya. Taman nasional ini menjadi habitat asli dari gajah yang dilingdungi ini agar keberadaannya tidak punah. Tentu saja tidak hanya gajah, di lahan dengan luas sekitar 125.000 hektar ini tentu ada banyak hewan lain. Apabila Anda belum pernah gajah maka sangat pas jika merasakan untuk peratama di tempat ini. Selain bisa naik gajah, Anda juga akan disuguhkan beragam atraksi lain seperti gajah yang bermain bola, gajah yang melangkahi manusia hingga gajah yang asik berjoget karena mendengar alunan musik. Jadi harus tetap wasapada jika sedang bermain hp, terutama jika ada nada deringnya. Bisa jadi gajah disebelah Anda akan asik berjoget karena mendengar nada dering dari hp.

Selain hiburan dari gajah, Adan juga dapat melakukan tracking dihutan rimba. Anggap saja Anda sedang menikmati hutan liar yang penuh dengan kejutan. Mirip para pecinta alam yang suka berkeliaran. Kemudian, jika berasa Lelah bisa meluncur dengan perahu di sungai yang bersih dan jernih. Sambil menikmati pesona alam yang indah, tentu Anda bisa mengabadikan semua pemadangan tersebut dengan berfoto atau sebuah video. Taman nasional ini terletak di Labuhan Ratu, Lampung Timur. Apabila Anda dari Bandar Lampung maka butuh waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke lokasi. Wisata ini memang cukup jauh dari kota, namun keindahan dan keelokannya sebanding dengan lamanya perjalanan yang Anda lakukan.

2. Taman Wisata Bumi Kedaton

Taman Wisata Bumi Kedaton

Lokasi: Jl. W.A Rahman Ni 1,2,3, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. – Image Credit by Wonderfullbandarlampung.blogspot.com

Wisata ini menawarkan tujuan dengan paket komplit. Tersedia beragam fasilitas yang akan membuat Anda makin betah berada di tempat ini, seperti resort, kebun binatang, hingga waterpark.

Di Taman Wisata Bumi Kedaton, pengunjung akan menemukan aneka satwa seperti biaya, beruang madu, ular piton, alligator, siamang, monyet ekor panjang, landak dan beragam jenis burung.

3. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Lokasi: Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur. – Image Credit by Hasabizone.blogspot.com

Situs sejarah ini menjadi tempat wisata berikutnya yang sarat akan makna. Banyak peninggalan masa lalu berupa batu mayat, altar batu, kuburan batu dan meja batu. Lokasinya hanya berjarak 52 KM dari Bandar Lampung sehingga jika menggunakan motor hanya butuh waktu 1 jam saja untuk bisa sampai ke lokasi.

4. Menara Siger

Menara Siger

Lokasi: Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Berikutnya ada sebuah bangunan yang berdiri gagah di atas bukit yang menjadi titik nol dari wilayah ini. Layaknya bangunan yang ada di kota lain maka Menara Siger ini juga menjadi ikon terpenting dalam wilayah Lampung. Sebuah kota indah nan unik ini sengaja membangun bangunan yang akan membuat takjub semua orang. Tentu saja tidak hanya besar dan tingginya saja, namun warna kuning emas yang mencolok menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dapat dipisahkan.

Menara ini juga sekaligus dijadikan sebagai gardu pandang bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan dari atas bukit. Sungguh, Anda akan disuguhkan dengan pemadangan langka yang luar biasa jika melihat alam dari dalam Menara ini karena posisi yang pas dan strategis. Untuk bisa masuk ke lokasi maka Anda harus membayar tiket dan biaya parkir karena fasilitas yang diberikan memang sesuai dengan harga yang harus dikeluarkan.

Apabila Anda sedang berada di pelabuhan Bakauheni, cobalah melihat sekeliling. Dan carilah sebuah bukit yang ada warna kuning keemasan maka Anda akan melihat menara yang indah ini. Warna kuning keemasan memang sengaja dipilih agar orang yang hendak bepergian bisa tahu mana lokasi tengah dari wilayah Lampung ini.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Lokasi: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Tempatwisataseru.com

Nama pantai ini memang sesuai dengan kondisi pasir yang ada di pantai. Bewarna putih dan bersih sehingga air laut yang bening akan terlihat kebiruan saat langit cerah. Tentu saja pemandangan yang langka dan indah ini menjadi incaran tersendiri bagi para pengunjung. Pesona pantai yang luar biasa ini harus Anda kunjungi agar tidak menyesal saat pergi dari Lampung.

6. Pantai Embe

Pantai Embe

Lokasi: Jl. H. Abdul Muthalib, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Facebook.com @LampungEksis

Pantai yang sangat indah ini dekat dengan kota Bandar Lampung, yakni hanya sekitar 45 KM saja. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus maka hanya butuh waktu 35 menit saja untuk bisa sampai ke lokasi. Lain lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, karena biasanya akan lebih cepat sampai karena tidak harus menunggu rute dan ngetem.

7. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan

Lokasi: Waymuli, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Di pantai ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas seperti bermain air atau membuat istana pasir. Selain itu Anda juga dapat bepergian sebentar ke tengah laut yang agak dangkal dengan menggunakan perahu dayung atau perahu motor.

8. Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan

Lokasi: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus. – Image Credit by Kapanlagi.com

Meski namanya bukan pantai pasir putih namun lokasi ini menawarkan keindahan pantai berupa pasir putih dan laut biru yang terpantul langit cerah. Bila bosan maka bisa segera masuk ke area permainan lumba-lumba yang sedang melakukan atraksi. Di pantai Teluk Kilauan ini lumba-lumba menjadi artis lokal yang menjadi idola para pengunjung, terutama anak kecil yang menyukai atraksi tersebut.

9. Pantai Klara

Pantai Klara

Lokasi: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran. – Image Credit by Ksmtour.com

Awalnya pantai ini bernama Pantai Teluk Baru, entah sejakkapan pantai ini diganti dengan nama tersebut. Yang jelas, semenjak nama pantai diganti maka pengunjung yang datang juga ikut berganti. Tentu saja menjadi lebih banyak dan membludak. Terutama saat akhir pekan atau saat liburan, sudah pasti pantai ini akan memberikan layanan harga dengan nilai dua kali lipat dari hari biasa.

Untuk bisa menikmati pantai yang indah ini Anda hanya perlu waktu 1 jam saja jika menggunakan motor dari arah ibukota. Harga tiket masuk agak mahal karena sekitar Rp. 15.000,- untuk pengendara motor (sudah sekalian tiket) sedangkan untuk mobil bisa mencapai Rp. 25.000,- dengan jumlah berapa saja.

10. Pantai Mutun

Pantai Mutun

Lokasi: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran. – Image Credit by Ksmtour.com

Ombak yang ada di pantai ini cukup tenang dan tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Terutama bagi Anda yang sedang membawa anak kecil, tentu ombak yang kecil dan tenang akan membuat wisata menjadi lebih asik dan seru. Pantai ini juga memberikan beragam fasilitas seperti banana boat, jet sky, waterboom, kano dan ban apung. Beragam wahana tersebut bisa Anda gunakan dengan menyewa bersama keluarga atau sahabat.

11. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Lokasi: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pantai ini memang memberikan pesona yang sangat unik dan menarik. Tentu saja tidak hanya dari Namanya saja. Sebuah batu besar yang mirip dengan deretan gigi hiu menjadi ikon dan nama dari pantai. Mulai dari batu besar itulah pantai ini menjadi incaran tersendiri bagi para pengunjung terutama mereka yang suka dengan hal unik. Batu karang yang mirip gigi hiu ini memang sangat eksotis sehingga cocok dijadikan wallpaper untuk latar foto saat berlibur. Tentu akan banyak orang yang iri akan foto tersebut.

12. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung

Lokasi: Jl. Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran. – Image Credit by Travellampung.id

Baru pada tahun 2015 lalu pantai ini resmi dibuka sebagai tempat wisata. Pantai Sari Ringgung ini menjadi salah satu pantai unik lainnya yang ada di Lampung. Tidak seperti pantai gigi hiu, pantai ini memiliki fenomena pasir timbul pasa saat air laut surut. Biasanya, setelah dzuhur barulah air yang ada di pantai ini pasang. Jadi jika ingin menyaksikan pasir timbul sebaiknya datanglah sebelum jam 12 siang. Ada beragam fasilitas menarik dari pantai ini antara lain bisa melihat gunung Krakatau, boat café resto, masjid apung dan lapangan futsal.

13. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Satriamadangkara.com

Tempat wisata yang satu menghadirkan ombak yang pas untuk berselancar. Bagi Anda yang suka dengan rima ombak yang bergelombang agak besar maka pantai ini sangat cocok dan pas. Konon, ombak yang ada di pantai ini merupakan ombak terbaik di dunia untuk para peselancar. Sebuah kehormatan bagi Nusantara karena memiliki pantai yang sangat indah ini. Beberapa spot juga pas untuk kegiatan memancing, ada ikan blue marlin yang bisa Anda dapatkan jika beruntung. Banyaknya pengunjung yang datang membuat banyak orang tertarik untuk membuat penginapan di sekitar pantai.

14. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu

Lokasi: Banjit, Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan. – Image Credit by Detik.com

Tempat wisata lain yang tak kalah menariknya dari keindahan alam Nusantara khususnya kota Lampung. Sebuah air terjun dengan tinggi hampir 80 meter ini mampu menyedot perhatian banyak orang karena pesonanya yang sangat luar biasa. Konon, jika mandi di bawah air terjun ini maka segala macam penyakit akan sirna. Ini lantaran airnya yang bersih dan bening plus dengan sengatan dingin yang berasal dari alam. Usai berenang cobalah sesekali menengok dekat hutan yang ada di sebelah air terjun, jika Anda beruntung maka bisa merasakan strawberry liar yang asam dan segar. Bisa terbayangkan berapa derajat kiranya dinginnya udara yang ada di sekitar air terjun karena strawberry saja bisa tumbuh dengan bebas.

15. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi

Lokasi: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus. – Image Credit by Malahayati.ac.id

Berikutnya, masih ada air terjun lain yang tidak kalah dari air terjun putri malu. Meski tidakseindah air terjun putri malu namun air terjun ini tetap memberikan pesona alamyang luar biasa.bukan hanya karena keberadaannya yang berada tepat di batas tebing namun karena jernihnya air yang mengalir membuat air terjun ini memiliki potensi untuk dikunjungi. Barulah pada tahun 2015 lalu air terjun ini sempat heboh dan seketika menjadi terkenal. Awalnya, air terjun ini beranama air terjun Pondok Rejo. Dengan nama tersebut rupanya pengunjung tidak jua banyak yang datang. Setelah viral karena sering muncul di media social barulah nama air terjun ini diganti dengan nama yang lebih modern agar makin banyak orang tertarik untuk datang.

16. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh

Lokasi: Marga Jaya, Kec. Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah. – Image Credit by Rahayuningasri.blogspot.com

Apabila pergi secara berkelompok maka Anda dapat melakukan kegiatan seru seperti kemah, panjat tebing atau trekking. Beragam aktivitas tersebut pasti akan sangat menarik jika dilakukan secara berkelompok.

17. Taman Kupu Gita Persada

Taman Kupu Gita Persada

Lokasi: Taman Kupu-kupu Gita Persada, Jl. Wan Abdurrahman, Kec. Hutan, Kota Bandar Lampung.- Image Credit by Destinasipariwisata.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menjadi penangkaran berbagai spesies kupu-kupu. Sesuai dengan habitatnya maka lokasi ini ditanami banyak bunga. Aneka bunga yang ada di lokasi ini harus berkembang dan tumbuh dengan subur agar aneka kupu-kupu yang hidup bisa terbang bebas dan mengisap madu untuk makan. Jika ada kupu-kupu tentu saja pada watu tertentu akan banyak ulat yang berkeliaran. Tentu saja aneka ulat tersebut tidak dibunuh agar tetap bisa berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Setidaknya ada 180 spesies yang hidup dan tumbuh di tempat ini.

Lokasinya yang dekat dengan kota dan terletak di pinggir jalan,membuat taman kupu ini mudah untuk dikunjungi. Tidak hanya menjadi surga bagi anak kecil namun juga surganya kaum hawa yang suka dengan keindahan bunga dan kupu-kupu. Tiket masuknya juga cukup murah, hanya berkisar Rp. 10.000,- saja untuk sekali masuk. Jika ingin berkunjung silakan saja datang pada pukul 09-00 hingga 17.00 WIB. Dengan nilai tersebut Anda dapat berkeliaran bebas dengan fasilitas yang sesuai. Ada pendopo untuk istirahat, apabila Anda membawa bekal maka bisa menikmati di dalam pendopo ini tanpa takut terkena hujan atau panas. Jika ingin duduk santai sambil minum teh maka Anda dapat mencari Tea House untuk menghilangkan penat.

18. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau

Lokasi: Jl. Raden Imba Kusuma Ratu No.21, Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. – Image Credit by Lampung.antaranews.com

Wahana air yang banyak dikunjungi karena lokasinya yang sangat indah dan menarik. Banyak permainan yang bisa Anda mainkan Bersama sahabat atau keluarga berupa water boom, seluncur air dan boom air. Jika Anda tidak suka dengan air maka bisa berjalan di sekitar kebun binatang mini yag ada di lokasi.

19. Slanik Waterpark

Slanik Waterpark

Lokasi: Jl. Raya Karang Anyar Jl. Karang Turi, Karang Anyar, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Traveloka.com

Tempat wisata ini merupakan wahana air yang tersbesar di Lampung. Terdapat beragam wahana permainan seperti Crazy Slide, Olympic Pool, Dragon River, Octopus Kids Fun dan Eagle Wave. Beragam permainan tersebut sangat seru dan menarik.

20. D’mermaid Waterpark

D’mermaid Waterpark

Lokasi: Campang Raya, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung. – Image Credit by Pikiranlampung.com

Wahana air yang kalah menarik dari sebelumnya. D’mermaid Waterpark ini menawarkan beragam permainan seperti royal mermaid, big mermaid, little mermaid, green mermaid, ocean mermaid dan sun beach. Tema yang diusung memang sesuai dengan lokasinya yang sangat seru dan menarik.

21. Waterpark Citra Kedaton

Waterpark Citra Kedaton

Lokasi: Jl. DR. Setia Budi No.170, Negeri Olok Gading, Kec. Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung. – Image Credit by Instanbooking.id

Tempat ini menawarkan beragam permainan seperti kolam arus, waterboom dan pancuran air.hanya saja tidak setiap hari buka karena tiap senin dan selasa tutup untuk perawatan.

22. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Lokasi: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran. – Image Credit by Tfamanasek.com

Pantai yang ada di pulai ini memang mirip dengan teluk yang tidak memiliki dataran yang cukup luas sehingga para pengunjung langsung dapat bermain air di tepi pantai yang penuh air. Meski demikian, air pantai yang ada di tempat tidak terlalu tinggi.

23. Pulau Condong Sulah

Pulau Condong Sulah

Lokasi: Gunung Sulah, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung. – Image Credit by Ksmtour.com

Memang kurang pas rasanya jika berkunjung ke pulau ini tanpa melihat dan menyaksikan Pantai Pasir Putih dari jarak dekat. Dengan melihat keindahan ciptaan Tuhan sekaligus kita dapat menyaksikan dan mensyukuri betapa bumi Nusantara ini sangat memesona. Kurang pantasnya rasanya jika kita tidak mencintai alam dengan merusak, seperti membuang sampah sembarangan.

24. Pulau Sebuku

Pulau Sebuku

Lokasi: Bumi Sari Natar, Kec. Rajabasa,  Kab. Lampung Selatan. – Image Credit by Triptrus.com

Pulau ini sangat indah dan menawan, terdapat di tengah antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Lokasinya sangat pas untuk diving dan snorkeling.

25. Danau Ranau

Danau Ranau

Lokasi: Pilla, Kec. Warkuk Ranau Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan. – Image Credit by Okuselatankab.go.id

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan secara mandiri tentu saja berenang di air bebas. Sebab di bawah air terjun terdapat sungai yang berupa kolam besar sehingga cocok untuk berenang.

Itulah daftar tempat wisata di Lampung terbaru dan yang paling hits dari Andalas Tourism. Anda bisa menikmati beragam destinasi terbaik disini bersama keluarga ataupun teman-teman.