Pantai Penyusuk, Pesona Pantai Indah & Batuan Granit Eksotis di Bangka

Pantai Penyusuk, Pesona Pantai Indah & Batuan Granit Eksotis di Bangka
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Keberagaman tempat wisata di Indonesia tersebar luas di berbagai daerah dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing sehingga tak pernah luput menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata alam di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Penyusuk.

Pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini menyuguhkan eksotisme alam dengan ciri khas berupa hamparan bebatuan jenis granit. Keunikan itulah yang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Meskipun lokasi pantai cukup terpencil, namun keindahan alam yang memukau tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Menginjakkan kaki di Pulau Bangka memang terasa kurang lengkap jika tidak mengekplorasi kawasan wisata alamnya. Pemerintah setempat mengelola berbagai tempat wisata disana, melakukan penataan bekerjasama dengan masyarakat. Pantai ini termasuk destinasi baru di Pulau Bangka yang masih terus dilakukan pengembangan oleh pemerintah setempat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Penyusuk

Daya Tarik Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps Adji Prihananto

1. Memiliki Ciri Khas Berupa Hamparan Bebatuan Jenis Granit

Pantai yang masih perawan ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan susunan bebatuan jenis granit dengan variasi ukuran kecil dan besar. Meskipun pantai lainnya di Pulau Bangka juga ada yang dihiasi dengan bebatuan jenis granit, namun pantai inilah yang memiliki jumlah bebatuan jenis granit lebih banyak.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa hampir 70% Pantai Penyusuk tertutupi oleh bebatuan jenis granit. Pantai tersebut membentang sepanjang kurang lebih 4 km dan didominasi oleh bebatuan jenis granit. Sehingga pemandangan yang disuguhkan tidak hanya pasir pantai putih dan laut saja, namun juga bebatuan jenis granit.

2. Terdapat Bebatuan Jenis Granit di Tengah Pantai

Daya tarik lain yang dimiliki salah satu pantai di Pulau Bangka ini adalah adanya bebatuan jenis granit yang memiliki ukuran sangat besar dan menjulang tinggi. Bebatuan tersebut tampak seperti membelah lautan dalam 2 bagian dimana ombak di bagian utara sangat besar sementara ombak di bagian barat lebih tenang.

Karena bentuknya menjulang tinggi dan berukuran sangat besar, maka banyak pengunjung yang penasaran dan kemudian mendaki bebatuan tersebut. Di atas bebatuan tersebut, mereka duduk bersantai sambil menikmati ombak lautan di bagian utara dan di bagian barat yang saling menghantam bebatuan.

3. Menyuguhkan Pemandangan Berupa Pulau-Pulau Kecil

Saat berkunjung, wisatawan akan ditakjubkan dengan pemandangan berupa pulau-pulau kecil yang berada di depan Pantai Penyusuk. Salah satu pulau kecil yang populer bernama Pulau Lampu. Kemudian di sebelah baratnya terdapat Pulau Putri. Wisatawan bisa menyewa perahu milik nelayan jika ingin mengunjunginya.

Di Pulau Lampu terdapat sebuah mercusuar yang digunakan sebagai pemandu kapal-kapal saat melewati lautan di malam hari. Ada petugas Kemenhub dari unit Palembang yang menjaga mercusuar tersebut. Selain itu, ada juga makam tua penjaga pertama Pulau Lampu dan bangunan tua dari peninggalan Belanda disana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps LILIK MUNRAHARJO

Pantai yang memiliki ciri khas berupa hamparan bebatuan jenis granit ini terletak di bagian utara Pulau Bangka. Lokasinya berada di Kecamatan Belinyu, tepatnya di Kelurahan Remodong Indah. Jika diukur dari Kota Pangkal Pinang, jarak ke lokasi kurang lebih 104 kilometer yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 2 jam.

Pantai Penyusuk termasuk pantai yang masih perawan karena letaknya jauh dari lokasi keramaian dan tampak sepi. Jika wisatawan berangkat dari pusat Kabupaten Bangka atau daerah Sungailiat, waktu tempuh perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 50 menit. Pantai ini berdekatan dengan wisata Pulau Putri, Pulau Lampu, dan Pantai Romodong.

Perjalanan menuju ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan kendaraan sewaan atau pribadi. Hal ini dikarenakan tidak terdapat angkutan umum yang melaju ke lokasi pantai. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama yang berbeda. Ada panorama berupa perkampungan penduduk khusus etnis Tionghoa, ada juga perkampungan melayu.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung lokasi tambang timah, perkebunan jambu mete dan perkebunan cengkeh. Bahkan, sebelum sampai di lokasi, wisatawan akan menyaksikan panorama lautan biru yang ada di kanan dan panorama pantai ketika masih dalam perjalanan di atas jalan daerah perbukitan.

Kemudian dari pintu masuk wisatawan masih harus melalui perjalanan kurang lebih 15 menit melewati jalanan beraspal hingga sampai ke lokasi. Ketika telah tiba di Pantai Penyusuk, wisatawan akan melihat indahnya panorama pulau-pulau kecil yang berada di seberang pantai karena memang lokasi pantainya tidak berhadapan dengan laut lepas.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps rudi yonata

Untuk bisa menikmati keindahan panorama pantai perawan ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3.000 saja per orang untuk tiket masuk. Wisatawan juga bisa mengeksplor pulau-pulau kecil yang ada di seberang pantai dengan menyewa perahu milik nelayan. Biaya sewa kapal milik nelayan adalah Ro 10ribu per orang untuk sekali jalan.

Untuk biaya lainnya, wisatawan juga perlu menyiapkan budget dalam jumlah tertentu untuk menikmati sajian kuliner yang dijajakan di warung-warung makan sekitaran pantai. Adapun harga-harganya adalah kelapa muda Rp 10.000 per porsi, cumi atau ikan kakap bakar dengan pelengkap terasi, sayur ubi, dan sambal belacan dihargai Rp 30.000-60.000 per porsi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Penyusuk

Aktivitas Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps Servicecell Network

1. Hunting Foto

Kegiatan wajib yang biasanya dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Penyusuk adalah hunting foto. Panorama yang disuguhkan pantai ini memang sungguh eksotis dimana pasir pantainya putih bersih berpadu dengan lautan biru ditambah lagi dengan adanya bebatuan jenis granit yang ukurannya bervariasi.

Menariknya, 70% pantai didominasi oleh hamparan bebatuan jenis granit tersebut sehingga menjadi daya tarik utamanya. Memang sebenarnya kawasan pantai yang ada di Pulau Bangka mayoritas terhampar bebatuan jenis granit di pinggir pantainya, namun di pantai inilah jumlah bebatuannya yang paling banyak.

2. Mendaki Bebatuan di Tengah Pantai

Di tengah pantai terdapat bebatuan jenis granit yang ukurannya sangat besar dan menjulang tinggi sehingga siapapun yang berkunjung pasti penasaran untuk mendakinya. Pemandangan yang disuguhkan dari hasil pendakian begitu menakjubkan karena wisatawan bisa menikmati panorama pantai dari atas.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan secara langsung beberapa pulau kecil seperti Pulau Lampu dan Pulau Putri dari atas bebatuan tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan ketika musim kemarau saja karena ketika musim hujan bebatuan jenis granit yang ada di pantai ini sangat licin dan membahayakan.

Aktivitas Seru Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps KL ENZO

3. Menikmati Sajian Kuliner

Tak perlu khawatir soal warung-warung makanan karena di pinggir pantai banyak terdapat warung makan yang menyajikan sajian kuliner lezat. Wisatawan bisa mencoba memesan ikan bakar dan kelapa muda untuk mengisi kekosongan perut dan melepas dahaga. Ada juga menu-menu lainnya yang tersedia disana.

Semua makanan yang dijajakan di warung-warung makan di pinggir Pantai Penyusuk ini diolah menggunakan resep khusus khas Bangka. Bahkan, bahan-bahan yang digunakannya seperti sambal dan ikannya pun dihasilkan sendiri oleh masyarakat setempat. Dari makanannya saja sudah sangat terasa khasnya Bangka seperti apa.

4. Mengeksplor Pulau-Pulau Kecil Menggunakan Kapal Nelayan

Di kawasan pantai tersedia tempat penyewaan kapal milik nelayan. Wisatawan yang mengunjungi pantai ini pasti merasa penasaran dengan pulau-pulau kecil yang lokasinya berseberangan dengan pantai. Sehingga kesempatan emas bagi wisatawan untuk mengeksplor pulau-pulau kecil tersebut dengan menyewa kapal nelayan.

Pulau Putri dan Pulau Lampu merupakan dua pulau yang letaknya berseberangan dengan pantai. Di pulau-pulau tersebut wisatawan bisa menjelajah menggunakan transportasi kapal yang disewa dari nelayan. Kegiatan eksplore pulau ini banyak diminati oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Penyusuk Bangka
Image Credit: Google Maps Stevy Liura

Pantai Penyusuk nan cantik ini termasuk salah satu tempat wisata yang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Oleh karena itu, pemerintah bekerjasama dengan masyarakat setempat menyediakan beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Salah satunya adalah warung-warung kecil yang ada di pinggir pantai.

Makanan yang paling banyak disukai wisatawan adalah ikan bakar yang disajikan dengan sambal khas Bangka. Untuk minumannya yang paling favorit adalah kelapa muda. Selain warung-warung kecil, disana juga tersedia tempat penyewaan kapal milik nelayan. Wisatawan hanya perlu membayar sejumlah uang untuk menyewanya dalam sekali jalan.

Ada juga fasilitas berupa toilet umum, tempat berkemah, tempat penginapan, dan beragam fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Jika menikmati pemandangan pantai kurang membuat puas dalam sehari saja, wisatawan bisa menginap di tempat penginapan yang ada di sekitaran pantai atau menggelar tenda di pinggir pantai.

Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu berpikir dua kali jika ingin mengunjungi Pantai Penyusuk karena kawasan pantai mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah setempat meskipun lokasinya cukup terpencil. Fasilitas yang ada di pantai pun cukup lengkap dan memadai sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan dengan baik.