Pantai Takari, Pantai Cantik dengan Pasir Putihnya yang Menawan di Bangka

Pantai Takari, Pantai Cantik dengan Pasir Putihnya yang Menawan di Bangka
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rebo, Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang keindahan alamnya sudah tidak bisa diragukan lagi. Pantai Takari yang berlokasi di Kabupaten Bangka adalah salah satu contohnya. Tempat wisata alam ini sangat digemari oleh wisatawan baik yang tua maupun muda.

Dengan pasir putihnya yang cantik dan lembut dapat membuat anda terpesona. Selain itu ada juga pohon cemara yang tumbuh di sepanjang bibir pantai, dimana hal tersebut membuat suasana asri di pantai cantik ini semakin terasa. Pantai hits ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di Kabupaten Bangka.

Bahkan wisatawan yang mengunjungi Pantai Takari nan indah ini ada yang berasal dari luar daerah Pulau Bangka. Hal tersebut juga dikarenakan terdapat beberapa spot foto menarik dan instagramable yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berfoto sepuasnya. Berikut adalah sedikit review mengenai tempat wisata alam yang berasal dari Desa Rebo tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Takari

Daya Tarik Pantai Takari Bangka
Image Credit: Google Maps Dwi Hastuti

1. Pasir Putih Pantai Takari

Daya tarik pertama adalah hamparan pasir putihnya. Sepanjang bibir pantai hits ini anda akan menemukan pasir putih yang sangat cantik dan lembut, dimana dengan adanya pasir putih tersebut dapat membuat anda bermain sepuasnya atau berfoto dengan latar belakang bibir pantai yang memukau.

2. Air Laut

Namanya pantai pasti akan ada air laut dan di pantai cantik asal Kabupaten Bangka ini anda akan menemukan air laut yang sangat jernih dengan ombak yang tergolong kecil. Jadi kegiatan seperti bermain air dan berenang adalah beberapa kegiatan yang diminati oleh wisatawan ketika berlibur ke wisata alam tersebut.

3. Pohon Cemara

Terdapat banyak sekali pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai berpasir putih ini. Pohon-pohon tersebut kemudian menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan terkhusus bagi mereka yang hobi berfoto. Selain berfoto wisatawan juga bisa berteduh dibawah pohon cemara tersebut atau melakukan aktivitas seperti bakar ikan hingga bermain bersama anak.

4. Spot Foto

Beralih ke daya tarik selanjutnya yaitu spot foto. Memang salah satu hal yang membuat Pantai Takari begitu populer adalah terdapat banyak spot foto menarik dan instagramable seperti ayunan kayu, kata-kata baper yang ada di pohon-pohon, hingga sebuah spot foto berbentuk love yang ada di pinggir pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Takari Bangka
Image Credit: Google Maps Hanifa Dwi Santi

Lokasi dari Pantai Takari berada di Kecamatan Sungailiat, Desa Rebo, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk rute perjalanan anda bisa menggunakan Kantor Pemerintahan Kota Pangkalpinang di Jl. Basuki Rahmat sebagai patokan. Jadi dari Jl. Basuki Rahmat ambil jalur menuju Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (KIM).

Setelah menemukan perempatan Jl. Depati Hamza silahkan terus lurus untuk memasuki Jl. Depati Hamza dan melewati Jl. Jembatan Emas Baturusa kemudian masuk ke Jl. Lintas Timur Bangka. Terus ikuti Jl. Lintas Timur Bangka sampai memasuki Jl. Ir. Eko Maulana Ali dan menemukan lokasi tujuan anda yang berada di sebelah kanan jalan.

Panjang rute perjalanan dari Kantor Pemerintahan Kota Pangkalpinang ke pantai di Desa Rebo tersebut diperkirakan sekitar 27,3 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 34 menit menggunakan kendaraan bermotor. Pantai populer ini terletak setelah Pantai Batu Ampar jadi gunakan lokasi tersebut sebagai patokan jika anda merasa bingung.

Untuk bisa memasuki Pantai Takari anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Namun tiket masuk ini belum termasuk retribusi parkir kendaraan, dimana untuk retribusi parkir sepeda motor adalah Rp. 2.000 per kendaraan sedangkan retribusi parkir mobil adalah Rp 5.000 sampai 10.000 per kendaraan tergantung jenis mobil.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Lokasi Wisata Pantai Takari

Aktivitas Pantai Takari Bangka
Image Credit: Google Maps Nata Bangka

1. Bermain Air Laut atau Berenang

Kegiatan menarik paling pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Takari adalah bermain air laut atau berenang. Hal ini bisa dilakukan karena ombak di pantai menawan ini cukup kecil jadi cocok untuk segala usia bermain air atau berenang sepuasnya. Meskipun begitu bagi anak-anak diharapkan untuk tetap dalam pengawasan orang tua atau wali.

Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan kepada si anak. Selain itu bagi anda yang ingin menggunakan pelampung juga bisa dilakukan dengan mendatangi tempat penyewaan yang ada di sekitar bibir pantai.

2. Berfoto

Berfoto adalah salah satu kegiatan wajib yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berada di lokasi wisata alam Pantai Takari. Bagaimana tidak dengan keindahan alam yang luar biasa cantik mulai dari pasir putih, air laut yang jernih, hingga banyaknya pohon cemara yang tumbuh di bibir pantai akan membuat jiwa narsis anda bergejolak seketika.

Selain itu, ada juga beberapa spot foto instagramable seperti ayunan kayu, kalimat-kalimat baper di pepohonan, hingga bentuk hati yang berada di atas pasir putih. Semua spot tersebut bisa anda gunakan sebagai tempat berfoto sepuasnya.

3. Bermain di Atas Pasir Putih

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan di pantai asal Desa Rebo ini adalah bermain di atas pasir putihnya bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan tersebut bisa mencakup beberapa jenis permainan seperti kejar-kejaran, sepak bola pantai, voli pantai, hingga membangun istana pasir.

Karena pasir putih yang ada di bibir pantai cantik ini sangat lembut jadi anda bisa bermain sepuasnya tanpa perlu menggunakan alas kaki. Anda juga bisa berbaring diatas pasir putih tersebut sambil berjemur di sinar Matahari.

Aktivitas Lain Pantai Takari Bangka
Image Credit: Google Maps Coba Review Aja

4. Bersantai Sambil Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Pantai Takari adalah bersantai sambil menikmati indahnya alam sekitar. Kegiatan ini bisa anda lakukan sambil duduk dibawah pohon cemara atau di sekitar bibir pantai sambil melihat indahnya pemandangan pasir putih dan laut yang biru didepan mata.

Angin laut yang berhembus pelan juga akan membuat anda merasa lebih santai. Jika anda ingin lebih bersantai maka silahkan sebarkan badan dibawa pohon cemara dan tutup mata anda sambil dengarkan suara ombak dan suara angin yang berhembus di sela dedaunan.

Dengan semua suara alam tersebut bisa dipastikan perasaan anda bisa lebih jauh lebih tenang. Maka dari itu bagi anda yang merasa capek dan butuh liburan silahkan berkunjung ke pantai cantik yang terletak di Kabupaten Bangka ini.

5. Snorkeling

Bagi anda yang ingin melihat indahnya pemandangan bawah laut maka pantai yang sedang naik daun asal Pulau Belitung ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Hal tersebut dikarenakan pantai ini masih baru dan masih sangat asri baik dari daratan maupun lautnya, jadi indahnya terumbu karang serta habitat bawah air lainnya masih sangat alami.

6. Camping

Bermalam di alam bebas atau camping merupakan salah satu cara untuk melepaskan beban pikiran dan menjauh sejenak dari keramaian kota. Kegiatan ini juga bisa dilakukan di Pantai Takari karena ada beberapa tempat kosong yang bisa anda digunakan untuk mendirikan tenda.

Meskipun begitu pastikan anda sudah meminta izin kepada pihak pengelola. Selain itu siapkan juga peralatan camping anda sebaik mungkin agar waktu bermalam di pantai cantik ini bisa menjadi salah satu pengalaman paling berharga yang dimiliki.

7. Menggelar Aktivitas Bersama Komunitas atau Kelompok

Di kawasan tempat wisata alam ini terdapat sebuah lahan yang cukup luas, dimana lahan tersebut bisa digunakan oleh wisatawan dalam jumlah banyak seperti komunitas atau sebuah kelompok dalam melakukan aktivitas mereka. Berbagai aktivitas seperti makan bareng, berjoget bareng, hingga melakukan aktivitas seperti outbound.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Pantai Takari

Fasilitas Pantai Takari Bangka
Image Credit: Google Maps Dedi Harianto

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda jumpai dan gunakan di Pantai Takari adalah area parkir kendaraan. Fasilitas ini cukup luas dan dapat menampung beberapa jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil bahkan bus pariwisata. Meskipun area parkir kendaraan tersebut cukup aman namun sebaiknya jangan tinggalkan barang berharga di dalam kendaraan anda.

2. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Beralih ke fasilitas selanjutnya yaitu kamar mandi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berganti pakaian sebelum dan sesudah bermain air laut serta bisa juga digunakan untuk membasuh badan dengan air bersih. Ada juga toilet umum yang dapat anda gunakan untuk membuang air besar dan air kecil.

3. Pondok

Fasilitas terakhir adalah sebuah pondok yang dapat digunakan oleh wisatawan namun anda harus membayar biaya sewanya. Pondok tersebut dapat menampung sekitar 8 orang dewasa dan dibanderol dengan harga Rp 35.000 sampai Rp 50.000 tergantung ukurannya. Anda bisa menggunakan pondok tersebut selama berada di pantai cantik ini.

Demikian review singkat tentang Pantai Takari yang sedang populer di Kabupaten Bangka tersebut. Ketika berlibur ke lokasi wisata alam cantik ini pastikan anda membawa kamera karena spot foto yang tersedia akan membuat jiwa narsis anda langsung keluar.