11 Tempat Wisata di Krui Lampung Barat Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Krui Lampung Barat Terbaru, Hits & Populer

Lampung memang telah tersohor dengan destinasi wisatanya yang begitu mempesona. Salah satu tempat di Provinsi Lampung dengan destinasi wisata yang begitu mempesona adalah Krui di Lampung Barat.

Kota pesisir barat Lampung ini selain terkenal dengan kopi yang dimiliki juga tersohor dengan berbagai destinasi wisata yang sangat menawan. Sebagian besar tempat wisata di Krui didominasi oleh wisata alam.

Banyak sekali destinasi wisata bertema alam yang bisa anda kunjungi di Krui, mulai dari pantai, danau, hingga pulau yang patut dikunjungi saat kesini. Pesona alam yang sangat menawan di pesisir barat Lampung akan menyihir perhatian wisatawan yang mengunjunginya.

1. Gua Matu

Gua Matu
Image Credit: Google Maps Andrian Story

Kekayaan alam yang dimiliki Kota Krui membuat daerah tersebut dikaruniai banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Gua Matu adalah salah satu destinasi wisata yang patut anda kunjungi saat ke Krui.

Destinasi wisata yang bertema religii ini terkemas rapi dengan berbagai cerita mistis di dalamnya. Anda akan dibuat penasaran dengan cerita mistis yang diutarakan juru kunci Gua Matu ini.

Cerita mistis itu semakin tampak nyata ketika anda akan masuk ke dalam gua. Terdapat dua ekor ular Sanca yang sedang berdiam di masing-masing sudut pintu gua seolah sedang menunggu dan menyambut para pengunjung.

Anda juga akan menemui sebuah batu besar berbentuk kepala naga yang dipercaya sebagai jelmaan penunggu gua tersebut. Selain mengemas cerita mistis, gua matu juga menawarkan pesona alam yang sangat menakjubkan.

Dinding gua pada pintu keluar yang berbatasan langsung dengan pantai dan laut menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Deburan ombak yang menabrak dinding gua semakin menambah nilai estetika yang diberikan oleh Wisata Gua Matu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi, Kec. Karya Penggawa, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

2. Rhino Camp Sukaraja Atas

Rhino Camp Sukaraja Atas
Image Credit: Twitter Latifah Desti Lustikasari

Rhino Camp Sukaraja Atas sebenarnya adalah sebuah tempat yang digunakan untuk kegiatan pengamatan potensi flora dan fauna. Keberagaman flora dan fauna yang ada disini membuat Rhino Camp menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Terdapat sekitar 514 pohon, 126 jenis anggrek dan 26 jenis rotan, terdapat pula 15 jenis bambu di dalam hutan. Tidak hanya itu, di Rhino Camp juga terdapat flora langka yakni bunga Rafflesia sp dengan 2 jenis bunga yang tumbuh disini.

Di antara berbagai flora yang ada, bunga Rafflesia sp menjadi primadona wisata ini. Bunga yang terbilang langka dan dilindungi ini selalu menarik perhatian pengunjung untuk berswafoto di dekatnya. Bagi anda yang ingin melihat bunga ini, pastikan anda datang pada bulan bunga ini mekar, yakni antara bulan Maret hingga Juni.

Selain flora, disini juga terdapat banyak sekali jenis fauna, diantaranya mamalia yang terdiri dari 90 jenis, primata 7 jenis, burung 322 jenis. Terdapat pula 9 jenis, reptil dan amphibi 52 jenis dan 51 jenis ikan yang ada di dalam hutan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukaraja, Kec. Semaka, Kab. Tanggamus, Lampung.

3. Penangkaran Tembulih

Penangkaran Tembulih
Image Credit: Twitter hie-reeen

Penangkaran Penyu Tembulih ini bisa dijadikan referensi wisata edukasi yang menarik untuk berlibur. Hal yang menarik di Penangkaran Penyu Tembulih ini adalah jumlah jenis penyu yang ada cukup banyak, yakni 7 jenis penyu yang ada di dunia dan 6 jenis penyu yang ada di Indonesia.

Pengunjung tidak perlu khawatir bosan di tempat ini, pemandangan alam yang disuguhkan akan membuat siapa saja betah disini. Tempat penangkaran yang diapit dengan rumah-rumah kayu warga setempat dengan pemandangan laut lengkap dengan nyiur-nyiiur yang digoyang angin kian menambah eksotis panorama alam.

Bagi anda yang ingin melihat penyu bertelur, bisa datang pada bulan Februari hingga Juni. Anda juga bisa menyaksikan kegiatan pelepasan tukik-tukik yang dilakukan oleh Penangkaran Penyu Tembulih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Tembulih, Kec. Ngambur, Kab. Lampung Barat, Lampung.

4. Ekowisata Pemerihan

Ekowisata Pemerihan
Image Credit: Facebook Rohiim Boim

Ekowisata Pemerihan merupakan wisata edukasi yang berupa tempat penangkaran gajah-gajah yang berada di di kawasan hutan lindung. Jika anda pernah berkunjung ke Way Kambas, anda akan menemukan pemandangan yang tidak jauh berbeda dengan Way Kambas.

Gajah-gajah di Ekowisata ini terbilang cukup jinak. Anda bisa menaiki gajah-gajah di tempat ini dan berkeliling hutan melewati sungai-sungai kecil di dalamnya. Lingkungan alma yang masih sangat terjaga dan asri memberikan panorama alam yang menarik perhatian siapapun yang berkunjung kesini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pemerihan, Kec. Krui Selatan, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

5. Pantai Tembakak

Pantai Tembakak
Image Credit: Google Maps Shoffan Al-Haq

Sebagai wilayah pesisir tentu memiliki banyak destinasi wisata laut didalamnya. Salah satu pantai cantik yang dimiliki Krui adalah pantai Tembakak.

Panorama alam yang khas menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. pasir pantai yang hitam dan halus, serta batu-batu karang yang tertanam kokoh di sekitar pantai menambah eksotisme pemandangan pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi Utara, Kec. Karya Penggawa, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

6. Pantai Melasti

Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps kakak Zack

Pesona laut Krui selanjutnya dimiliki oleh Pantai Melasti. Pesona pantai yang berpadu dengan nuansa kental Bali bisa anda nikmati disini.

Suguhan pemandangan air laut yang biru dan sangat jernih dengan pasir putih yang menghiasi bibir pantai kian menambah kecantikan panorama alam Pantai Melasti. Nyiur-nyiur dan pepohonan yang berada di sekitar pantai juga memberikan kesan rindang dan sejuk.

Suasana pantai yang masih asri dan tenang sangat cocok untuk anda yang mendambakan ketenangan saat berlibur. Bangunan pura berwarna merah yang menghadap ke laut semakin mempermanis panorama alam Pantai Melasti ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bengkunat – Krui, Marang, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Lampung Barat, Lampung.

7. Pantai Mandiri

Pantai Mandiri
Image Credit: Google Maps Exaudio Siregar

Pantai cantik di Pesisir Barat berikutnya adalah Pantai Mandiri. Keindahan alam yang dimiliki pantai ini cukup unik dan berbeda dengan pantai pada umumnya.

Anda akan menjumpai warna pasir pantai yang lebih gelap dari pasir pantai pada umumnya. Tidak hanya itu, pantai ini juga menyuguhkan dua keindahan alam di satu tempat, dan kemungkinan tidak anda temui di pantai manapun.

Suguhan pemandangan sunrise dan sunset yang diberikan Pantai Mandiri tidak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali. Keindahan Sunrise dan Sunset yang dimiliki Pantai Mandiri mampu memanjakan mata anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balai Kencana, Kec. Krui Selatan, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

8. Pantai Labuhan Jukung Krui

Pantai Labuhan Jukung Krui
Image Credit: Instagram Melly Ayunda

Pantai yang terkenal dengan keindahan sunsetnya ini memiliki panorama alam yang tidak kalah indah dari pantai di Bali. Keindahan pantai ini mampu menarik perhatian wisatawan untuk mampir dan berlibur kesini.

Ombak pantai yang begitu aduhai ditambah dengan halusnya pasir putih di sekitar pantai mampu membuat para wisatawan merasa rileks saat berada disini. Semilir angin laut dan pemandangan laut berwarna biru kehijauan semakin memanjakan mata dan pikiran anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Jawa, Kec. Pesisir Tengah, Kab. Lampung Barat, Lampung.

9. Pantai Karang Nyimbor

Pantai Karang Nyimbor
Image Credit: Google Maps Web Net Pro

Berbeda dengan pesona yang ditawarkan pantai-pantai sebelumnya, Pantai Karang Nyimbor justru menawarkan kegiatan olahraga dengan ombak besar yang dimilikinya. Terkenal dengan ombak besarnya, Pantai Karang Nyimbor menjadi destinasi favorit para pecinta selancar air untuk menghabiskan waktu berlibur.

Tidak hanya ombak besarnya saja yang menjadi primadona, Pantai Karang Nyimbor juga terkenal dengan panorama sunset yang sungguh mempesona. Perpaduan antara sunset dan gulungan ombak kian menambah eksotis panorama alam Pantai ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Setia, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Lampung Barat, Lampung.

10. Pulau Pisang

Pulau Pisang
Image Credit: Google Maps Muhamad Marwedi

Jika anda belum puas menikmati keindahan wisata pantai di Pesisir Barat, anda bisa mencoba berkunjung ke salah satu pantai yang berada di pulau pisang. Keindahan alam di Pulau Pisang siap memanjakan mata anda.

Meskipun bernama pulau pisang, anda tidak akan menjumpai banyak pisang yang tertanam disini. Hal itu tidak lain karena nama pisang dari pulau ini bukan karena banyaknya pohon pisang, melainkan bentuk pulau yang menyerupai pisang.

Suasana pantai disini masih cukup tenang dan sepi, sangat cocok bagi anda yang suka dengan ketenangan. Jernihnya air laut dengan warna kebiruan bersanding dengan putihnya pasir pantai memberikan gradasi warna yang begitu menawan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Krui, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

11. Danau Ranau

Danau Ranau
Image Credit: Google Maps Dayu Jati

Wisata eksotis yang dimiliki Kota Krui selanjutnya adalah Danau Ranau. Banyak yang mengatakan bahwa Danau Ranau merupakan duplikat dari Danau Toba. Bagaimana tidak, sama seperti Danau Toba, danau ini juga memiliki pulau di tengah danau bernama Pulau Marisa.

Keindahan alam yang dimiliki danau ini mampu memukau siapa saja yang datang kesini. Air danau yang jernih dan berwarna kebiruan membuat wisatawan ingin langsung menceburkan diri dan berenang di Danau Ranau.

Sayangnya, bagi wisatawan yang ingin berenang di danau ini hanya bisa pada pagi dan sore hari. Pengaturan waktu berenang pengunjung wisata ini tidak lain disebabkan oleh ombak Danau Ranau yang tidak menentu di siang hari, sehingga bisa mengakibatkan bahaya bagi para pengunjung wisata.

Tidak sampai disitu saja, anda juga bisa menyeberang dan berkunjung ke Pulau Marisa. Di pulau ini terdapat sumber mata air hangat yang bisa digunakan untuk berendam. Menikmati pesona panorama alam Danau Ranau sembari berendam air hangat di Pulau Marisa akan membuat liburan anda terasa begitu sempurna.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Agung Ranau, Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Pesona alam yang dimiliki Kota Krui ini membuatnya dijuluki sebagai ‘Bali’-nya Lampung. Panorama alam pesisir yang begitu menawan mampu membuat siapa saja terpesona olehnya. Suasana wisata yang cenderung masih tenang dan asri membuat siapapun betah berlama-lama disini.