Jambi

10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Temukan Beragam Pilihan Wisata Kuliner di Jambi. Makanan Khas yang Terkenal Lezat dan Wajib Anda Cicipi saat Berada di Kota Bertuah.

Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam suku dan budaya tentunya menghasilkan aneka macam hasil kulturnya. Setiap provinsi dan daerah-daerahnya pasti memiliki ciri khas dan keunikan. Mulai dari bahasa, lagu, pakaian adat, rumah, senjata, alat musik, hingga yang paling menarik untuk dicicipi yaitu makanan.

Salah satunya yaitu aneka kuliner melayu dari Provinsi Jambi yang terletak di Sumatra. Ragam cita rasa dipadukan dalam setiap masakan disana. Bahkan tak hanya masakan tradisionalnya saja yang terkenal. Berbagai olahan daerah lain yang dijajakan juga ada yang melegenda dan sangat populer.

Oleh karena itu, saat berwisata ke Jambi tak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba aneka santapan disana. Apalagi banyak sekali tempat yang menjajakan makanan. Namun, Anda tidak perlu bingung harus memilih yang mana. Karena disini ada rekomendasi 10 tempat wisata kuliner di Jambi yang harganya murah dan siap memanjakan lidah.

1. Pondok Kelapo

Pondok Kelapo

Image Credit: Garnesia.com

Restoran ini merupakan pilihan pas untuk bersantap santai dengan keluarga. Tempat duduknya lesehan, suasanya nyaman dan sangat romantis. Ada tempat makan meja dan kursi dalam ruangan, juga banyak saung lesehan yang bisa dipilih sebagai tempat makan. Suasananya juga sangat romantis untuk makan berdua dengan pasangan.

Aneka seafood disediakan disini. Jika Anda ingin mencoba menu andalan, maka bisa memesan pindang patin. Cita rasa makanan disini adalah asam dan pedas, sesuai dengan ciri khas makanan di Jambi dan daerah sekitarnya.

Pondok Kelapo buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Makanan disini dibanderol dengan harga mulai Rp 10.000 saja. Harga yang murah untuk semua fasilitas dan makanan enak yang disajikan.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Jelutung, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

2. Kei Kopitiam

Kei Kopitiam

Image Credit: Pariwisataku.com

Seluruh masyarakat Jambi pasti mengenal kedai satu ini. Alasannya karena Kei Kopitiam merupakan pusatnya masakan khas dari Jambi. Mulai dari aneka mie pangsit, lauk pauk tradisional Jambi dan lain-lain.

Saat berkunjung disini, Anda bisa memesan Nasi Gemuk Daging. Menu sarapan ini disajikan dengan nasi, suwiran daging, dan telur rebus. Tak lupa sebagai pelengkap, ditambah juga dengan sambal manis ciri khas masakan melayu, Jambi.

BACA JUGA:  12 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Selain tempat yang pas untuk makan, Kei Kopitiam juga sangat cocok untuk bersantai sambil ngopi saat malam hari. Sempatkan juga untuk meneguk susu kacang yang sensasinya sangat enak dan harganya hanya Rp 10.000.

Lokasi: Rajawali, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

3. Rumah Makan Wong Jogja

Rumah Makan Wong Jogja

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Disini Anda tidak perlu bingung hendak makan apa, soalnya disediakan sekitar 40 lebih menu makanan yang bisa dipesan. Tentunya tidak hanya makanan khas Jambi saja, namun juga ada aneka makanan Nusantara lainnya yang siap mengisi perut Anda.

Disediakan dua lantai di restoran ini. Lantai satu untuk tempat makan dengan meja kursi, kemudian lantai dua untuk makan lesehan. Lokasi ini sangat cocok untuk acara makan besar hingga buka bersama karena tempatnya luas.

Buka setiap hari mulai pukul sepuluh pagi sampai sepuluh malam, sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Harga setiap masakan disini beragam, namun yang paling murah hanya berkisar belasan ribu saja.

Lokasi: Jl. Gr. Djamin Datuk Bagindo No.60, Budiman, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

4. Aroma Cempaka

Aroma Cempaka

Image Credit: Tripadvisor.com

Pecinta kuliner pasti akan langsung mengincar tempat satu ini. Aroma Cempaka menjajakan aneka masakan minang dengan bumbu istimewa dan cita rasa yang khas. Mulai dari udang goreng, ayam goreng, aneka ikan, rendang, pindang, dan masih banyak lagi. Harganya juga relatif murah. Nasinya disajikan dalam bakul dari anyaman bambu yang sangat tradisional,

Tempatnya yang bersih, nyaman, dan luas membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Jam bukanya juga mulai pagi hingga malam hari. Jadi disinilah tempat yang cocok untuk menikmati aneka menu dari Pulau Sumatra.

Lokasi: Jl. Jend. Basuki Rahmat No.68, Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.

5. Mie Pangsit Butkaw

Mie Pangsit Butkaw

Image Credit: Sharontravelogue.com

Berkunjung ke Jambi tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba mie pangsit. Salah satu restoran yang bisa menjadi rekomendasi untuk mencicipi makanan ini, yaitu di Mie Pangsit But Kaw yang sudah sangat terkenal.

Digadang sebagai mie pangsit paling enak seantero Jambi, tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Tekstur mie nya sangat kenyal, dan disajikan dengan taburan daging babi dan kuah yang sangat lezat. Akan sangat pas apabila disantap selagi masih hangat.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Akan tepapi untuk bisa menikmatinya, Anda perlu datang pagi. Pasalnya But Kaw hanya buka mulai pukul setengah enam pagi hingga jam sebelas siang saja. Harganya sangat murah sekali.

Lokasi: Jl. Sam Ratulangi, Pasar Jambi, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

6. Mie Celor Xaverius

Mie Celor Xaverius

Image Credit: Galerijambi.com

Masih tak jauh-jauh dari olahan tepung yaitu mie. Berikutnya ada mie celor. Makanan khas Jambi satu ini disajikan dengan aneka toping. Jika mie pangsit But Kaw menggunakan taburan daging babi, maka berbeda dengan Mie Celor Xaverius. Mie ini disajikan dengan topping suwiran daging sapi.

Perpaduan rasa mie yang kenyal dan kuah kental dari kaldu pasti sanggup membuat Anda ketagihan. Apalagi toppingnya tidak hanya daging sapi, melainkan ada telur dan perkedel. Disajikan dengan taburan bawang goreng, daun bawang juga sambal. Harganya yang pas dikantong membuat siapa saja ingin mencobanya, sehingga harus datang sebelum siang.

Lokasi: Pasar Jambi, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

7. Pindang Sarinande

Pindang Sarinande

Image Credit: Garnesia.com

Tempat untuk menikmati olahan hasil laut Jambi ada di Pindang Sarindane atau ada yang menyebutnya Pondok Pindang Sarindane. Tempat ini buka hingga malam hari, jadi Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati masakannya.

Menu andalan disini ada tempoyak dan pindang ikan. Tempoyak sendiri sejenis sambal yang terbuat dari durian dan merupakan makanan khas Palembang. Cara mengolahnya yaitu daging durian difermentasi, lalu diolah agar menjadi sambal. Rasanya pasti sangat unik dan khas, membuat siapa saja penasaran untuk mencobanya.

Kemudian pindang ikan yang banyak disukai di Sarindane adalah Pindang ikan Patin yang mana rasanya sangat enak. Meski banyak restoran yang menjual makanan ini, akan tetapi rasanya juga tidak kalah mantap.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.4, Beringin, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

8. Rumah Makan Pak Haji Munir

Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah makan ini merupakan surganya penggemar masakan padang. Menu andalannya ada rendang yang dimasak dengan 27 bumbu rahasia yang rasanya sangat nikmat. Tak hanya rendang daging, pengunjung juga wajib mencicipi rendang bebek yang tidak dijual di tempat lain.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bungo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Selain rendang, masih ada banyak menu lainnya juga, seperti ayam goreng dan lain-lain. Bumbu-bumbu yang digunakan telah turun temurun sejak 1950an, sehingga kualitas rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kemudian tempatnya juga nyaman dan luas, jadi sangat bisa untuk makan bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Lorong Pinang Sebatang, Tambak Sari, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

9. Pempek Selamat Sipin

Pempek Selamat Sipin

Image Credit: Bukalapak.com @Vofi fitriana

Tidak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk bisa menikmati aneka pempek. Anda juga bisa menemukan makanan dengan kuah asam ini di Jambi. Tempatnya ada di Pempek Selamat Sipin yang berada di Kota Jambi.

Tersedia beraneka ragam empek-empek, mulai dari lenjer, keriting, kapal selam, hingga pempek kulit semua ada. Harganya juga sangat murah, hanya berkisar Rp 4.000 hingga Rp 25.000 saja. Meski terbilang murah akan tetapi rasanya dijamin membuat Anda ketagihan.

Tempat ini tergolong dalam rumah makan legend karena sudah berdiri sejak 1974 dan masih laris hingga sekarang. Bukanya setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai 10 malam. Kemudian disini juga tidak hanya bisa melayani makan ditempat, pengunjung bisa membeli pempek untuk dibungkus, atau pempek mentah untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Sumantri Brojonegoro No. B5, RT 02, Payo Lebar, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

10. Batagor dan Siomay Mang Aceng

Batagor dan Siomay Mang Aceng

Image Credit: Foursquare.com

Berdiri sejak 1980an rumah makan ini sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Meski telah lama, akan tetapi cita rasa batagor dan siomay disini sangat dipertahankan. Sehingga tidak diragukan lagi apabila tempat ini menjadi tujuan banyak orang yang sedang mencari makanan dengan bumbu kacang.

Tempat makan yang legendaris ini buka mulai pukul delapan pagi hingga lima sore di setiap harinya. Meski terbilang enak, namun harganya tetap pas dikantong. Cukup dengan minimal Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati betapa sedapnya batagor dan siomay yang dibuat oleh Mang Aceng

Lokasi: Jl. Putri Pinang Masak No.19, Pasar Jambi, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

Aneka wisata kuliner Jambi diatas tentunya sangat menarik bukan, tapi akan lebih enak apabila dikunjungi langsung ke Jambi agar tidak hanya ada di angan-angan. Soal rasa, masakan melayu dan aneka makanan lain yang dijual pasti sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Hanya saja sedikit percampuran bumbu yang berbeda akan sedikit berbeda, namun tetap nikmat dan mengenyangkan.