Riau

10 Wisata Pantai di Pekanbaru yang Paling Hits

Ingin Berlibur di Pekanbaru? Periksa Daftar Wisata Pantai Terbaik di Pekanbaru, Provinsi Riau. Objek Wisata Bahari Terindah dan Memukau yang Paling Hits Disinggahi oleh Wisatawan.

Ketika memutuskan pergi liburan ke Pulau Sumatera, maka tidaklah lengkap jika belum berkunjung ke Pekanbaru. Pekanbaru merupakan ibu kota dari Riau yang sekaligus merangkap menjadi kota terbesar. Riau terkenal akan kebun kelapa sawitnya dan tambang minyak. Sedangkan Pekanbaru juga ramai dikunjungi karena termasuk kota dagang yang besar.

Selain itu, Pekanbaru juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam dengan pemandangan alam menyegarkan, juga objek wisata air seperti air terjun dan pantai. Ada juga beberapa taman yang cantik dan wahana yang seru untuk menambah kesenangan liburan Anda.

Saat sedang berlibur, pasti tidak terasa lengkap jika belum pergi bermain di pantai. Objek wisata satu ini cukup banyak di Pekanbaru sehingga Anda wajib mendatangi minimal salah satunya. Berikut 10 rekomendasi wisata pantai terindah di Pekanbaru yang paling hits untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga Anda. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

1. Pantai Cinta, Teluk Jering

Pantai Cinta, Teluk Jering

Image Credit: Jejaktrip.com

Pantai ini cukup terkenal jika Anda sedang berpergian ke Pekanbaru. Aslinya, teluk jering adalah sebuah nama dari sebuah desa yang ada di Kabupaten Kampar. Jarak desa ini dengan pusat kota Pekanbaru terbilang cukup dekat. Membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit untuk sampai.

Desa Teluk Jering terkenal unik karena mempunyai pasir sungai yang warnanya putih seperti pasir pantai. Sedangkan, warna lautnya pun sangat biru dengan gelombang ombak yang terbilang tenang. Disana Anda bisa melakukan olahraga air seperti menaiki banana boat, berenang, dan lain sebagainya. Disisi lain pantai juga terdapat hamparan rumput hijau yang membentang dan menambah sejuk suasana.

Lokasi: Teluk Jering, Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar.

2. Pantai Lapin

Pantai Lapin

Image Credit: Wisatalengkap.com @zulmahadira

Deru ombak yang tenang, semilir angin sejuk pasir pantai putih nan halus, serta tumbuh deretan pohon kelapa yang menjadi alasan mengapa Pantai Lapin wajib dikunjungi. Meskipun terbilang sebagai pantai baru dalam wisata Riau tetap saja keindahan pantainya mampu memikat setiap pengunjung untuk datang. Hanya saja pada hari – hari biasa, Pantai Lapin terbilang sepi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kebanyakan pengunjung yang datang kemari bukan hanya dari warga Bengkalis saja, namun orang – orang dari luar daerah sampai mancanegara juga datang kesini. Anda bisa menyaksikan sunset dari Pantai Lapin. Tunggu hingga matahari akan terbenam dan cahaya oren akan menyerebak dari ufuk barat sana. Pada akhir pekan, pantai ini ramai pengunjung yang datang bersama teman dan keluarga.

Selain itu, hal menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai Lapin ini yaitu dengan menyewa kapal dari penduduk di sekitar untuk digunakan berkeliling di kawasan pantai. Hal ini tentunya menambah mood Anda ketika liburan.

Lokasi: Desa Tanjungpunak, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

3. Pantai Purnama

Pantai Purnama

Image Credit: Wisatalengkap.com

Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib di kunjungi ketika berkunjung ke Pekanbaru, Riau yaitu Pantai Purnama. Kawasan wisata pantai ini ada di sekitaran daerah Dumai. Sebenarnya, nama pantai ini sama dengan salah satu pantai di Bali yang juga mempunyai Pantai Purnama.

Namun, jika Anda pergi ke Pantai Purnama di Dumai maka tidak bisa turun ke bibir pantai untuk menikmati pasir dan air lautnya. Hal ini terjadi karena pasir yang ada di Pantai Purnama masih terbilang lembek dan berlumpur. Meskipun begitu, hal ini tidak mempengaruhi keseruan untuk bermain dan menikmati keindahan pantai ini..

Lokasi: Kel. Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

4. Pantai Selat Baru

Pantai Selat Baru

Image Credit: Bapenda.inhukab.go.id

Pekanbaru, Riau memang menjadi salah satu bagian dari destinasi wisata bahari yang ada di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan kenampakan alam pantainya pun juga memukau. Nah, salah satu pantai dengan penampilan menarik yaitu Pantai Selat Baru.

Selalu saja ramai dengan pengunjung sudah biasa terjadi di pantai ini. Puncaknya adalah ketika hari – hari libur atau saat weekend. Maka sudah bisa dipastikan pantai ini padat pengunjung. Para wisatawan rela jauh-jauh datang kemari hanya demi melihat kecantikan Pantai Selat Baru.

Suasana segar dan aura menenangkan dari pantai ini akan sukses membuat Anda merasa betah serta nyaman. Anda bisa mengisi waktu dengan bermain pasir yang lembut nan halus. Juga, menikmati ombak yang tidak terlalu kencang.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Siak yang Paling Enak

Lokasi: Desa Selat Baru, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis.

5. Pantai Pulau Jemur

Pantai Pulau Jemur

Image Credit: Menyapariau.com

Pulau Jemur merupakan pulau yang terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil. Pulau-pulau ini membentuk lingkaran dan bagian tengahnya berisi laut yang cukup tenang. Ketika musim angin barat, maka gelombang laut di Selat Malaka cukup besar sampai membuat para nelayan mengungsi ke tengah Pulau Jemur.

Karena laut bagian tengah Pulau Jemur termasuk tenang, maka terdapat pantai disana. Banyak biota laut yang hidup di bawah laut. Misanya saja banyak penyu yang menyimpan telurnya pada bawah lapisan pasir pantai.

Lokasi: Pulau Jemur, Kec. Pasir Limau Kapas, Kab. Rokan Hilir.

6. Pantai Solop

Pantai Solop

Image Credit: Bataritours.com

Kawasan di sekitar Pantai Solop kerap kali dilewati oleh kapal ferry yang menghubungkan kepulauan Batam dan Kabupaten Indragiri Hilir. Pada saat hari raya besar, pantai ini sangat ramai dikunjungi sampai pemerintah setempat mengusulkan pantai ini menjadi wisata unggulan “Dondang Tandak”.

Pasir di pantai ini bewarna coklat muda dan teksturnya pun halus. Anda bisa bermain pasir atau turun ke bibir bawah pantai untuk bermain air. Kondisi di sekitar Pantai Solop tumbuh beberapa jejeran pohon sehingga suasana di sana begitu teduh.

Lokasi: Pulau Cawan, Kec. Mandah, Kab. Indragiri Hilir.

7. Pantai Rupat

Pantai Rupat

Image Credit: Riau.go.id

Para wisatawan sering datang ke Pantai Rupat terutama pada bulan Shafar. Karena pada bulan itulah, warga sekitar melakukan ritual mandi Shafar. Lebar pantai ini sekitar 7 meter saat pasang dan 30 menter saat sedang surut. Sedangkan untuk panjang Pantai Rupat hampir sebesar 11 kilometer.

Keindahan dari pantai ini yaitu keadaan air lautnya yang sangat jernih. Sehingga Anda bisa langsung melihat ke dalam laut. Para wisatawan bisa melakukan olahraga air dan bersantai dengan berjemur di atas pasir pantai yang lembut. Pantai ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan teman untuk melakukan rekreasi.

Lokasi: Teluk Rhu, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

8. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Linasasmita.com

Objek wisata ini berada di Pulau Rupat tepatnya di Kabupaten Bengkalis. Pemberian nama pada pantai ini dinamakan panjang karena pantainya sangat panjang yaitu mencapai 13 kilometer. Pantai ini termasuk ke dalam kategori pantai terpanjang yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Pulau Rupat langsung berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Bahkan diperkirakan, jika pantai ini benar-benar bisa diurus dengan baik maka bisa menyaingi pantai-pantai yang ada di Bali. Di sekitar pantai ini tumbuh deretan pohon kelapa yang teduh dan asri. Ombak lautnya pun terbilang tenang sehingga aman untuk bermain air dalam radius jarak tertentu.

Lokasi: Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Kab. Pekanbaru.

9. Pantai Pasir Putih, Pulau Tilan

Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu pantai yang mempunyai pasir putih adalah Pantai Pasir Putih yang berada di kawasan Pulau Tilan. Tekstur pasir dari pantai ini sangat lembut dan halus seperti bedak. Sehingga Anda bisa bermain pasir dengan permainan membangun istana pasir atau mengubur bagian tubuh.

Kenampakan alam dari pantai pasir putih ini sungguh memukau. Lautnya jernih dan ombaknya tidak terlalu kencang. Sehingga Anda bisa melakukan aktivitas olahraga air. Daerah di sekitarnya juga asri dan banyak ditumbuhi tumbuh-tumbuhan hijau. Bahkan Anda bisa melihat satu dua bukit berukuran kecil. Hawa di pantai ini sangat sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: Ujung Tanjung, Kec. Tanah Putih, Kab. Rokan Hilir.

10. Pantai Kuala Terusan (Kute)

Pantai Kuala Terusan (Kute)

Image Credit: Travelplusindonesia.blogspot.com

Ketika hari libur tiba atau weekend maka Pantai Kute akan padat pengunjung. Bahkan sampai parkirannya tidak bisa memuat semua kendaraan. Objek wisata pantai ini terbilang murah dan terjangkau. Sehingga seringkali menjadi pilihan sebagai tempat rekreasi anak-anak.

Disini tersedia puluhan payung yang bergelantungan, bunga-bungaan, sewa tenda pantai, dan beragam pernak-pernik yang unik. Tidak seperti air laut yang biru, air di Pantai Kute cukup gelap dan terkesan keruh. Padahal itu berasal dari faktor tanah dibawahnya. Orang-orang suka pergi ke pantai ini karena merakyat dan murah.

Lokasi: Desa Kuala Terusan, Kec. Pangkalan Kerinci, Kab. Pelalawan.

Itulah rekomendasi wisata pantai terbaik di Pekanbaru yang paling hits dan wajib untuk Anda kunjungi ketika mempunyai waktu luang. Melepas penat dengan bermain ke pantai bukanlah pilihan yang buruk. Anda bisa bersenang-senang hanya dengan sekadar bersantai atau bermain air di laut. Tentunya tak lupa selalu menjaga kebersihan pantai selepas bermain di sana.