Citraland Waterpark, Tempat Rekreasi Air Seru Favorit Warga Pekanbaru

Citraland Waterpark, Tempat Rekreasi Air Seru Favorit Warga Pekanbaru

Meski terletak di kompleks perumahan elit, Citraland Waterpark di Pekanbaru bisa diakses masyarakat umum. Tempat rekreasi air yang bagus untuk refreshing dan menjadi tujuan favorit warga Pekanbaru.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tengkerang Barat, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Citraland Waterpark Pekanbaru dibangun di atas lahan seluas 1 hektare. Lokasinya terbilang strategis, berdiri megah di tengah kota. Dibuka pada pukul 09.00-18.00 WIB setiap hari kecuali Senin.

Memiliki tagline, “Everytime is Fun”, objek wisata ini cocok untuk seru-seruan bareng keluarga. Aneka wahana permainan tersedia untuk anak-anak maupun dewasa. Namun, sebagian besar wahananya memang menyasar anak-anak.

Kelengkapan fasilitas tidak perlu diragukan. Mulai dari ruang ganti, gazebo, toilet, kantin, hingga loker untuk menyimpan barang. Semua yang Anda butuhkan sudah tersedia.

Daya Tarik yang Dimiliki Citraland Waterpark

Daya Tarik Dimiliki Citraland Waterpark
Image Credit: Google Maps (Melani)

1. Keamanan Terjamin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Citraland Waterpark berada di kawasan perumahan elit. Ini merupakan jaminan keamanan bagi pengunjung secara tidak langsung. Pasalnya, setiap komplek biasanya memiliki security yang kredibel.

Anda tidak perlu khawatir kecolongan. Paling tidak, brand Citraland bisa Anda jadikan jaminan. Di samping itu, pihak pengelola juga menyediakan loker sejumlah 60 buah. Pastikan Anda menyewanya untuk menaruh barang bawaan. Loker tersebut dilengkapi kunci yang akan dipegang sendiri oleh si penyewa.

2. Suasana Megah dan Nyaman

Sebelum memasuki area wisata, Anda akan menemukan aneka pepohonan hijau tumbuh subur di sekitarnya. Potret rumah mewah berjajar di sepanjang jalan. Jalanannya dilapisi aspal, lengkap dengan petunjuk arah yang memadai.

Citraland Waterpark dibangun di atas tanah yang landai. Ini akan memudahkan Anda ketika menyetir kendaraan sendiri. Seolah masih belum cukup, sejumlah patung kuda berwarna putih turut menjadi penambah kemegahan.

Pintu masuk menuju kawasan Waterpark berdekatan dengan sebuah masjid. Apabila Anda seorang muslim, tidak perlu susah payah mencari tempat ibadah. Tampaknya, masjid tersebut juga digunakan oleh penghuni komplek. Dengan demikian, lingkungannya sudah pasti bersih dan terawat.

3. Tersedia Gazebo untuk Bersantai

Bosan bermain air, Anda bisa beristirahat sejenak di gazebo. Tentu, Anda harus tetap mengawasi anak-anak. Jika tempat wisata pada umumnya menjadikan gazebo sebagai sarana komersial, maka sedikit berbeda dengan di  sini. Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Hanya saja, objek wisata yang satu ini selalu ramai terutama di akhir pekan. Di sisi lain, yang namanya fasilitas umum pasti punya batasan. Tak ayal, situasi demikian membuat para pengunjung saling berebut. Istilahnya, pendatang pertama yang berhak mengambil kesempatan. Oleh karena itu, pastikan Anda berkunjung sejak pagi.

Nantinya, Anda dan keluarga tidak perlu repot mencari tempat berkumpul lagi. Gazebo tersebut bisa juga difungsikan untuk menyimpan barang bawaan. Namun, jangan sampai lupa untuk menjaganya secara bergantian.

Daya Tarik Citraland Waterpark
Image Credit: Goole Maps (Lamitur Duha)

4. Area Parkir Luas dan Tertata

Ada pemisahan ruang yang jelas bagi para pengendara mobil dan motor. Sulur-sulur tanaman hias setinggi pinggang orang dewasa diberdayakan sebagai pembatas. Beberapa pohon palem dan beringin kecil mengelilingi tempat parkir.

Secara keseluruhan, lingkungannya luas dan tertata. Jalanannya mulus dan ada pos penjaga tidak jauh dari sana. Setiap kendaraan yang masuk melewati proses pemeriksaan ketat.

Anda tidak akan merasa berdesak-desakan. Tidak perlu takut kendaraan yang Anda bawa mungkin mengalami goresan atau lecet. Parkiran di sini benar-benar memberikan keleluasaan.

5. Terdapat 7 Slide Seluncuran

Seluncuran utama terbagi atas kategori, yakni family slide, body slide, serta funny slide. Termasuk di antaranya berupa empat diperuntukkan bagi anak-anak, lalu tiga khusus dewasa. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan orang dewasa tetap bisa memakai slide untuk anak-anak.

Ini dikarenakan anak-anak kerap kali masih butuh pengawasan ketika bermain. Jangan sampai Anda lengah hingga menyebabkan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan untuk senantiasa mengawasi si kecil.

6. Kolam Renang dengan Berbagai Kelompok Usia

Jika berkunjung ke sini, Anda tidak perlu berebutan kolam renang dengan anak kecil. Tidak perlu takut kehabisan tempat. Sebagaimana papan seluncuran, kolam renang pun dikelompokkan atas anak-anak dan dewasa. Bahkan, kolam khusus anak masih terbagi lagi ke dalam dua kategori, yaitu umur 6-12 tahun serta umur 5 tahun.

Agaknya, untuk anak berusia 12 tahun ke atas sudah dianggap dewasa. Dengan kata lain, kolam khusus dewasa mampu menampung seluruh kalangan, baik lanjut usia maupun remaja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Citraland Waterpark

Alamat dan Harga Tiket Citraland Waterpark
Image Credit: Goole Maps (Angung Prabowo)

Berpatok pada Kantor Walikota Pekanbaru, Anda bisa mengambil arah selatan menuju Jalan Jendral Sudirman. Beranjak dari sini, Anda harus menempuh sejauh 3,5 kilometer sampai di Jalan Nangka. Selanjutnya, Anda tinggal mengambil lajur kiri menuju Jalan Soekarno-Hatta.

Setiba di Jalan Soekarno-Hatta, sejauh 1 kilometer dari titik kedatangan Anda, Citraland Waterpark berada di sisi kiri jalan. Tepatnya, beralamat di Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Anda dapat mencapainya kurang lebih 15 menit asal memanfaatkan kendaraan pribadi.

Pada hari-hari biasa, pihak pengelola mematok harga tiket masuk sebesar Rp 30.000. Sementara itu, saat akhir pekan naik menjadi Rp 40.000. Ini merupakan penawaran yang boleh dibilang cukup terjangkau. Mengingat, ada banyak fasilitas yang dapat pengunjung nikmati.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Citraland Waterpark

Kegiatan di Citraland Waterpark
Image Credit: Goole Maps (Rafasya Depi)

1. Ngopi Sambil Melihat Keseruan Permainan Air

Bosan ngopi di kafe kekinian yang menyajikan panorama alam? Anda bisa menjadikan Citraland Waterpark sebagai alternatif pilihan. Ada sebuah kafe bernama The Cofee Break di sini.

Kafe berlokasi di sebuah bangunan tingkat dua. Dari lantai teratas, Anda dapat menyaksikan aktivitas di wahana permainan. Lalu lalang para pengunjung, suara sorak sorai, kolam renang, dan sejenisnya merupakan pemandangan lazim yang akan Anda temui. Barangkali, kunjungan Anda berpotensi menghadirkan inspirasi tertentu.

2. Mengajari si Kecil Berenang

Penyediaan kolam renang khusus anak sayang bila Anda lewatkan untuk sarana edukasi. Ajari si kecil berenang di tempat yang sesuai usianya. Biarkan dia mengenal air tidak hanya sebatas arena untuk menyemplung saja.

Anda dapat melakukannya secara bertahap. Mulailah dari gerakan dasar yang mudah untuk dimengerti. Biasakan anak mengenal lingkungan berair.

Jika Anda belum berkeluarga, tetap bisa melakukan aktivitas ini. Caranya, ajaklah kerabat Anda yang masih kecil dan belum bisa berenang. Sembari menyegarkan diri, Anda melakukan hal bermanfaat lainnya.

3. Mencoba Seluruh Perosotan

Selanjutnya, bermain perosotan bisa dibilang wajib untuk dilakukan. Mayoritas orang berkunjung ke sini memang atas dasar tujuan tersebut. Jadi, Anda pun tidak boleh mengabaikannya begitu saja.

Fakta bahwa tersedia 7 jenis seluncuran, sungguh informasi yang sangat menarik. Anda bisa mengalami berbagai sensasi mendebarkan dalam satu waktu. Namun demikian, Anda harus tetap berhati-hati. Terapkan kiat-kiat keselamatan selama meluncur. Nikmatilah wahana sesuai usia Anda.

Kegiatan Menarik di Citraland Waterpark
Image Credit: Goole Maps (Fuja Irvan Syarazqi)

4. Berendam

Pihak pengelola menyediakan kolam olympic khusus pengunjung dewasa. Anda dapat memberdayakan fasilitas tersebut. Apabila Anda malas berenang namun ingin basah-basahan, maka berendam adalah solusinya.

Selepas berendam, Anda bisa naik ke daratan. Akan lebih apik jika ada es kelapa di dekat Anda. Sensasi bagai berjemur di tepi pantai siap memanjakan Anda. Tidak usah terlalu pusing dengan keramaian yang ada, cukup nikmati momen Anda sendiri.

5. Hunting Foto

Kawasan Citraland Waterpark bisa menjadi salah satu sumber inspirasi bagi para pecinta fotografi. Terlebih, bagi Anda yang sekiranya seorang pengguna aktif media sosial. Anda sangat bisa memamerkan foto-foto cantik d feeds Instagram.

Sebaiknya, bawalah peralatan fotografi memadai dari rumah. Jika Anda tipe orang yang suka mengekspos wajah sendiri, jangan lupa siapkan tongsis. Selain itu, jika Anda lebih suka memotret pemandangan, alangkah bagus ketika memiliki drone. Anda dapat menjelajahi destinasi wisata dari segala sisi.

6. Olahraga

Ada sebuah aula olahraga di kawasan ini. Selain berenang, Anda bisa mencoba mengunjungi aula tersebut. Nikmati saat-saat berlibur Anda dengan tetap memerhatikan pola hidup sehat. Disarankan untuk membawa earphone agar Anda tidak terlalu terganggu dengan suara berisik.

Fasilitas yang Tersedia di Citraland Waterpark Pekanbaru

Fasilitas di Citraland Waterpark
Image Credit: Goole Maps (Rosmauli Saragi)

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah cukup lengkap. Dipastikan seluruh kebutuhan Anda sekeluarga terakomodir dengan baik. Untuk fasilitas dasar seperti toilet, ruang ganti, dan rumah makan digabung dalam kawasan Citraland Waterpark.

Fasilitas penunjang lain juga tak kalah variatif. Beberapa buah gazebo dan sejumlah kursi yang dilengkapi oleh payung pelindung cuaca. Ada pula space kurang lebih sepanjang tiga meter terletak tidak jauh dari kolam anak. Untuk loker sendiri, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk bisa menggunakannya.

Ketika melewati gapura, Anda akan langsung menemukan sebuah gedung bertingkat. Tingkat pertama difungsikan sebagai minimarket dan kantin. Tingkat kedua menjadi lokasi Kafe The Coffee Break. Di samping itu, masih tersedia fasilitas lain berupa family club dan aula olahraga.

Pada dasarnya, Citraland Waterpark di Pekanbaru memang didesain sebagai wahana liburan keluarga. Terbukti dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Keunggulan paling menonjol, yaitu kemudahan akses yang akan pengunjung rasakan. Tidak perlu menempuh perjalanan jauh hingga ke luar kota, Anda kini mungkin bisa bertamasya di dekat rumah.