10 Air Terjun Terindah di Sekitar Kota Padang

10 Air Terjun Terindah di Sekitar Kota Padang

Padang menjadi kota paling besar yang berada di pantai barat Pulau Sumatra, juga merupakan ibukota Provinsi Sumatra Barat. Terkenal dengan novel Sitti Nurabaya dan juga legenda Malin Kundang, kota Padang juga memiliki seni dan budaya sebagai sektor pariwisata. Bahkan untuk menunjang sektor pariwisata ini, setiap tahunnya selalu diadakan berbagai festival.

Selain itu, kota yang terkenal dengan kulinernya yang lezat juga memiliki potensi wisata lain yang sangat beraneka ragam. Ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik dikunjungi untuk sebagai tempat menghabiskan waktu liburan. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Padang juga memberikan berbagai pilihan destinasi yang akan memanjakan Anda.

Salah satu wisata alam di Padang dapat menjadi pilihan adalah air terjun. Padang memang memiliki banyak sekali air terjun. Dengan beragam bentuk dan ketinggian, air terjun yang selalu menyajikan keindahannya tersendiri. Dari banyak wisata alam yang menawan, berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata air terjun cantik di sekitar Kota Padang.

1. Air Terjun Pincuran Tujuah

Air Terjun Pincuran Tujuah
Image Credit: Travel.Detik.com

Sama seperti namanya, Air Terjun Pincuran Tujuah ini juga memiliki 7 tingkatan dan berada di ketinggian sehingga Anda dapat melihat panorama Kota Padang dan juga lautan. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon-pohon tropis sehingga suasana menjadi sejuk dan asri. Anda juga akan menemukan berbagai hewan pengerat, capung, kupu-kupu, dan bahkan monyet hutan.

Lokasinya berada kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota atau 1 jam perjalanan. Biaya retribusi wisata ini cukup terjangkau, hanya Rp 8.000 saja untuk tiket masuk dan parkir. Dari penitipan kendaraan menuju air terjun juga harus ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 sampai 20 menit. Berada di tengah hutan, Anda tidak akan menyesal mengunjungi air terjun cantik ini.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat.

2. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut
Image  Credit: Facebook.com @endry.endry

Air terjun ini memiliki bentuk yang unik karena sekilas tampak seperti piramida. Dengan pemandangan alam yang eksotis di antara hutan yang belum banyak terjamah, destinasi wisata ini cocok untuk tempat menenangkan diri. Air terjun ini juga sangat segar dan dingin dengan air yang jernih sehingga akan menghilangkan penat saat berendam di dalamnya.

Air Terjun Ulu Gadut hanya berjarak 17 kilometer saja dari Kota Padang. Kurang lebih selama 30 menit perjalanan menggunakan motor atau 50 menit menggunakan mobil. Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke lokasi. Tiket masuknya juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image  Credit: Google Maps (Agung Prastio)

Tidak seperti air terjun lain, Air Terjun Lembah Anai berada di pinggir jalan raya menuju arah Bukuttinggi. Meski berada di pinggir jalan, air terjun yang merupakan aliran dari Gunung Singgalang ini memiliki pemandangan yang indah di sekitarnya. Airnya juga jernih sehingga menjadi ikon dari Kota Padang.

Air terjun Lembah Anai banyak disukai pengunjung yang menyukai kegiatan fotografi. Karena keindahannya, wisata ini menyajikan spot-spot yang keren sebagai latar foto atau video kekinian. Jika Anda melewati air terjun ini, Anda bisa mampir untuk merasakan keindahannya. Apalagi Anda juga tidak akan ditarik biaya retribusi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

4. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Image  Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Air Terjun Nyarai yang berada di Lubuk Alung ini merupakan destinasi wisata alam yang cukup populer dan menjadi favorit di Kota Padang. Destinasi wisata ini dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Terdapat juga batu-batu besar yang membuat suasana menjadi lebih alami. Air yang sangat jernih menjadi daya tarik wisata ini untuk berenang dan bermain air.

Lokasi Air Terjun Nyarai hanya 20 kilometer dari Kota Padang, kurang lebih hanya satu jam perjalanan. Biaya retribusi hanya Rp20.000 saja. Cukup terjangkau untuk banyak keseruan yang dapat Anda lakukan di air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat.

5. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang
Image  Credit: Google Maps (Fredy Kurniawan)

Air Terjun Lubuak Tampuruang menjadi destinasi wisata alam yang sangat indah. Nama Lubuak Tampuruang sendiri diambil dari kolam yang mirip tempurung kelapa dengan kedalaman 2 sampai 3 meter berwarna hijau lumut. Wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan sehingga membuat pemandangan menjadi indah dan suasana yang asri.

Lokasi air terjun ini hanya 20 kilometer dari pusat kota. Biaya retribusi juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000 untuk masuk ke destinasi wisata ini. Anda dapat berenang di kawasan air terjun ini sambil melihat pemandangan alam yang indah dan masih alami di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Sarik, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai
Image  Credit: Instagram.com @rama_kesatria

Air Terjun Baburai merupakan destinasi wisata yang memiliki fasilitas yang memadai. Kawasan ini juga dilengkapi dengan tangga-tangga sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat air air terjun lebih dekat. Selain Anda dapat melihat air terjun dan pemandangan alam di sekitarnya, Anda juga dapat melihat bendungan PDAM dan PLTA di kawasan ini.

Lokasi Air Terjun Baburai dari Padang memang cukup jauh. Jaraknya sekitar 78 kilometer. Meski demikian, di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pegunungan dan sawah-sawah hijau yang memanjakan mata. Dengan fasilitas yang memadai, Anda tidak ditarik biaya retribusi untuk memasuki kawasan ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikucur, Kec. V Koto Kp. Dalam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

7. Air Terjun Sarasah Bunta

Air Terjun Sarasah Bunta
Image  Credit: Facebook.com @Pakej-percutian-padang-bukit-tinggi

Destinasi wisata ini merupakan air terjun yang berada di Lembah Harau. Dinamakan Sarasah Bunta karena bentuknya yang berunta atau bertingkat. Air yang mengalir dari air terjun ini sangat segar dan jernih. Selain itu, air terjun ini juga memiliki nilai sejarah karena adanya prasasti sebagai tanda dibukanya kawasan ini pada tahun 1926.

Berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, perjalanan dari Kota Padang menempuh jarak kurang lebih 3 jam. Harga tiket masuk kawasan Sarasah Bunta sendiri hanya Rp 10.000. Selain Air Terjun Sarasah Bunta, di kawasan ini Anda juga dapat mengunjungi air terjun lainnya seperti Sarasah Aie Luluih, Sarasah Murai, Sarasah Donat, dan Sarasah Aie Angek.

Air terjun di sekitar kawasan Sarasah Bunta ini juga tidak kalah cantik. Pemandangan yang alami dan juga air yang dingin menyegarkan dapat Anda nikmati. Selain itu Anda juga bisa berkeliling Lembah Harau. Untuk memasuki kawasan lembah, Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Harga yang sangat terjangkau untuk liburan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Air Terjun Ngungun Saok

Air Terjun Ngungun Saok
Image  Credit: Facebook.com @pesonasumaterabarat

Air Terjun Ngungun Saok berada di Bukit Lubuak Minturun. Air terjun ini tampak cantik karena tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Aliran air terjun ini sangat bening hingga dapat terlihat bebatuan yang ada di dasar yang kedalamannya satu sampai dua meter. Air ini juga sangat sejuk sehingga sangat nyaman untuk menyegarkan badan.

Air Terjun ini berada di Koto Tangah, Padang. Harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja dan parkir Rp 3.000. Dari tempat memarkirkan kendaraan, Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang cukup sulit. Anda akan dibawa berpetualang dan rasa lelah Anda akan terbayar kemudian dengan keindahan alam di sekitar Air Terjun Ngungun Saok.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Air Terjun Lubuak Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang
Image  Credit: Google Maps (ADYA PUNYA CERITA)

Air terjun indah selanjutnya adalah Lubuak Rantiang. Wisata ini banyak menarik perhatian dari para pengunjung karena panorama yang ditawarkan sangat memikat mata. Selain itu, ada banyak aktivitas-aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di kawasan ini. Anda dapat berenang, cliff jumping, bahkan bermain motor trail dan mobil offroad.

Lokasi Lubuak Rantiang ada di Koto Tangan, Kota Padang. Jaraknya kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota. Untuk harga tiket masuk sendiri, Anda hanya akan ditarik biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Dengan harga yang terjangkau ini, Anda bisa menikmati liburan Anda dengan berbagai kegiatan menarik di wisata alam ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Bendungan Niagara Koto Pulai

Bendungan Niagara Koto Pulai
Image  Credit: Google Maps (Hicler Sihombing)

Bendungan ini dijuluki Niagara mini yang dimiliki oleh Kota Padang. Awalnya bendungan ini berfungsi untuk menahan arus deras sungai yang mengalir ke muara. Akan tetapi, bendungan ini justru membentuk air terjun yang bertingkat dan menyerupai tirai sehingga tampak sangat indah dan menarik banyak pengunjung untuk datang.

Pemandangan dari bendungan sendiri ditambah dengan keindahan alam di sekitarnya, apalagi saat matahari terbenam. Udara di sekitar juga khas pegunungan, terasa dingin menyejukkan. Destinasi wisata ini kemudian semakin populer saat banyak orang yang mengenalkannya melalui sosial media.

Destinasi wisata Bendungan Niagara Koto Pulai ini cukup dekat dengan Kota Padang. Jaraknya kurang lebih hanya 18 kilometer atau 30 menit perjalanan saja. Kini lokasi wisata ini menjadi destinasi favorit yang banyak dikunjungi. Jika Anda berada di Padang, maka destinasi wisata satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Panjang Ikua Koto, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Padang memang memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak akan membuat Anda bosan. Menghabiskan waktu liburan di Padang, Anda dapat memilih destinasi wisata sesuai dengan kesukaan Anda. Jika menyukai wisata alam, maka daftar air terjun cantik di sekitar Padang ini dapat Anda kunjungi untuk membuat liburan Anda jauh lebih berkesan.