10 Oleh-Oleh Khas Sijunjung yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Sijunjung yang Paling Populer

Sijunjung memiliki beragam oleh-oleh khas yang diburu wisatawan dan wajib Anda beli ketika berkunjung. Inilah rekomendasi buah tangan daerah Sijunjung yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sijunjung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki potensi pada sektor pariwisata karena ada beberapa tempat yang keren dan menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara. Anda dapat menemukan pemandian air panas, melihat keindahan air terjun, dan wisata lainnya.

Kabupaten yang memiliki julukan Lansek Manih ini juga memiliki aneka kuliner makanan yang dijamin akan memanjakan lidah Anda. Anda dapat menemukan makanan yang lezat di setiap sudut kabupaten ini. Jangan lupa untuk membeli banyak makanan di kabupaten ini untuk dibawa pulang ke daerah asal Anda.

Ketika Anda berlibur atau hanya sekedar berkunjung ke kabupaten Sijunjung, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas kabupaten ini karena Anda akan sangat menyesalinya bila melewatkan hal ini. Berikut daftar oleh-oleh khas yang populer di Sijunjung yang wajib Anda bawa pulang.

1. Rendang Bilalang

Rendang Bilalang
Image Credit: Youtube.com (Topikini)

Jika Anda ingin mencoba pengalaman makan makanan yang baru maka Anda harus mencoba rendang bilalang. Rendang bilalang sangat berbeda sekali dengan rendang yang Anda temukan pada umumnya. Rendang ini terbuat dari daging belalang sesuai dari namanya. Daging belalang sangat gurih bagi Anda yang belum pernah mencobanya.

Masyarakat di kabupaten Sijunjung memang gemar menangkap belalang. Belalang ini akan mereka makan atau dijual untuk diolah menjadi makanan. Pada umumnya masyarakat setempat akan mengolah belalang ini menjadi rendang bilalang, gulai, dan balado.

Makanan ini juga dijamin halal sehingga Anda tidak perlu merasa takut bila ingin mencoba makanan ini. Harganya cukup murah dan rasanya sangat gurih seperti udang. Oleh karena itu, Anda harus membeli rendang bilalang jika Anda berkunjung ke kabupaten Sijunjung.

2. Galamai Khas Sijunjung

Galamai Khas Sijunjung
Image Credit: Sumbar.travel

Galamai Sijunjung merupakan makanan lezat yang menjadi khas dari Sumatra Barat. Galamai merupakan jenang atau dodol bila Anda tidak familiar dengan nama makanan ini. Jika Anda menyukai dodol atau jenang pasti Anda juga akan menyukai makanan ini karena memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama.

Makanan ini sangat enak dan memiliki aroma yang sangat wangi. Terbuat dari santan, tepung beras ketan, dan gula merah membuat makanan ini terasa kenyal dan lembut di mulut.

BACA JUGA:  12 Pakaian Adat Sumatera Barat & Keunikannya

Kelezatan yang dimiliki makanan ini membuat banyak turis yang datang selalu membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Namun, kuliner ini tidak bisa bertahan tidak terlalu lama, jadi harus disantap ketika sampai di rumah.

3. Batik Ceta Bacorak

Batik Ceta Bacorak
Image Credit: Facebook.com @abqari.alanzo

Batik merupakan salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Kabupaten Sijunjung juga memiliki batik yang selalu dibanggakannya yaitu batik ceta bacorak. Batik ini juga sudah terkenal sampai mancanegara karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya.

Ada 3 cara dalam membuat batik ini. Cara pertama adalah ceta tulis yang menggunakan tangan dan canting untuk membentuk motif. Cara kedua adalah ceta cap yaitu membuat motif dengan menggunakan cap dari tembaga. Cara ketiga adalah ceta lukis yang menggunakan kain putih lalu diberi warna sesuai selera.

Batik ceta bacorak ini sudah ada sejak abad ke-13. Motif pada batik ini menggambarkan tentang proses dari lahirnya nama kabupaten Sijunjung. Pastikan untuk membeli batik ini selagi Anda berkunjung ke kabupaten Sijunjung untuk menambah koleksi batik Anda.

4. Rendang Cuk Bi

Rendang Cuk Bi
Image Credit: Liputan6.com

Rendang Cuk Bi merupakan rendang yang diolah dari daun singkong sebagai bahan dasarnya. Rendang ini sangat unik karena tidak menggunakan daging seperti rendang pada umumnya.

Rendang Cuk Bi juga memiliki daya tahan yang sangat lama sehingga Anda tidak perlu khawatir bila membeli makanan ini untuk oleh-oleh karena tidak akan mudah busuk. Rendang Cuk Bi juga memiliki beberapa varian rasa seperti petai, original, dan pedas. Harganya yang cukup murah membuat makanan ini selalu diborong oleh para turis.

Rendang ini juga dikemas dalam bentuk kemasan sehingga memudahkan Anda untuk membawanya pulang ke daerah asal Anda. Anda juga dapat memesan makanan ini secara online bila tidak bisa berkunjung ke kabupaten Sijunjung.

5. Lamang Tongkat

Lamang Tongkat
Image Credit: Historyzulmaneli.blogspot.com

Lamang tongkat atau sering disebut juga dengan Guguih merupakan makanan khas Sijunjung yang tidak boleh Anda lewatkan. Masyarakat setempat menganggap makanan ini sebagai tongkat menuju surga oleh karena itu makanan ini hanya dibuat pada saat lebaran haji. Anda akan sulit menemukan makanan ini pada hari biasa.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Bahan-bahan dari makanan ini juga sangat sederhana dan dapat dengan mudah Anda temukan seperti tepung beras, gula merah, kelapa parut, garam, daun pisang, tali rafia dan vanili. Jika Anda sedang berkunjung ke kabupaten Sijunjung pada saat lebaran haji maka Anda tidak boleh melwatkan makanan ini karena rasanya yang enak dan sulit ditemukan.

6. Tenun Unggan

Tenun Unggan
Image Credit: Kumparan.com

Tenun unggan merupakan kerajinan tenun dengan bahan dasar dari kain tenun unggan. Tenun ini biasanya dibuat untuk membuat baju pesta. Tenun ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Sijunjung.

Keindahan pada tenun ini terletak pada motifnya yang khas. Motif dari tenun ini biasanya menceritakan tentang filosofi kehidupan dan alam. Salah satu motif dari tenun unggan yang sangat terkenal adalah tenun unggan saribu bukit yang memiliki makna kekompakan dalam bekerja sama, kegigihan dalam berusaha, keinginan untuk maju dan sukses bersama-sama.

Pada tahun 2016, sebanyak 30 motif kerajinan tenun unggan resmi dipatenkan oleh pemerintah kabupaten Sijunjung. Dengan dukungan kuat dari pemerintah setempat membuat kerajinan tenun ini menjadi Andalan kabupaten Sijunjung.

Keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh tenun ini membuat banyak turis membelinya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh lupa membeli tenun unggan pada saat berkunjung atau berlibur di kabupaten Sijunjung.

7. Kerupuk Ikan Khas Sijunjung

Kerupuk Ikan Khas Sijunjung
Image Credit: Tokopedia.com

Pemerintah daerah kabupaten Sijunjung sering sekali membuat pasar kuliner pada setiap hari senin untuk melestarikan berbagai macam makanan khas kabupaten ini agar tidak punah dan dilupakan oleh masyarakat. Di pasar kuliner tersebut, Anda juga dapat menemukan kerupuk dari berbagai olahan ikan.

Rasa dari kerupuk ikan khas Sijunjung sangatlah enak dan renyah sehingga cocok dimakan pada saat bersantai. Sangat disayangkan apabila Anda tidak membeli kerupuk ini pada saat berlibur di kabupaten Sijunjung. Anda juga dapat memesan kerupuk makanan ini secara online.

8. Madu Lebah Hutan Paru

Madu Lebah Hutan Paru
Image Credit: Shopee.co.id

Terdapat hutan lindung di kabupaten Sijunjung yang bernama hutan Nagari Paru. Pemerintah daerah setempat sering memberikan pelatihan pada masyarakat sekitar di hutan ini untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang hidup di sekitar hutan ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Padang Panjang yang Paling Populer

Salah satu dari pelatihan yang diberikan adalah budidaya lebah madu. Madu dari kabupaten ini sangat terkenal sehingga selalu diminati oleh turis lokal maupun mancanegara.

Rasanya sangat enak dan memiliki berbagai macam manfaat seperti menguatkan otak dan syaraf, meningkatkan imun, mengobati penyakit lambung, paru-paru, dan jantung. Jika Anda mengunjungi hutan Nagari Paru maka Anda wajib membeli madu yang sangat bermanfaat ini. Anda juga dapat membeli madu ini secara online.

9. Godok Obuih

Image Credit: Wikipedia.org

Godok obuih merupakan makanan khas minangkabau dari kecamatan Lubuk Tarok, kabupaten Sijunjung. Makanan ini biasanya dapat ditemukan pada saat ada orang menikah sehingga Anda akan sulit menemukannya pada saat hari biasa.

Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diaduk dan dicampur dengan pisang batu. Kemudian hasil dari campuran tersebut akan dibuat bentuk bulat-bulat. Setelah itu adonan tersebut akan dicampur dengan santan yang sudah dididihkan terlebih dahulu.

Godok oboih biasanya disajikan dalam porsi yang sangat banyak. Makanan ini seringkali dihidangkan pada sebuah piring yang ditemani dengan sepotong lidi sebagai pengganti sendok.

Oleh karena itu, Anda perlu mencoba makanan ini pada saat berkunjung ke kabupaten Sijunjung. Rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan.

10. Kue Talam Khas Sijunjung

Kue Talam Khas Sijunjung
Image Credit: Facebook.com @mahda.lena.1428

Kue talam merupakan salah satu makanan tradisional yang dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Kue talam juga merupakan makanan yang sering dicari pada saat musim lebaran karena cocok dihidangkan pada waktu berbuka puasa.

Jika Anda berkunjung ke Logas Muaro Sijunjung maka Anda harus mencoba kue talam yang dijajakan. Biasanya para turis akan menyantap makanan ini sambil ditemani secangkir kopi hitam. Tempat ini juga terkenal akan kue talam yang disajikannya sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda mencoba kue ini disini sambil mencoba kopi hitam.

Anda juga dapat membeli kue ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Walaupun tidak ada perbedaan yang mencolok dari kue talam khas Sijunjung dengan kue talam lainnya, Anda tetap harus mencoba kue ini karena kelezatannya akan membuat Anda ketagihan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas kabupaten Sijunjung yang bisa Anda bawa pulang. Aneka ragam buah tangan yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri sehingga Anda wajib untuk membelinya.