Kolam Abadi Langkat, Wisata Air Nan Jernih yang Menyegarkan

Kolam Abadi Langkat, Wisata Air Nan Jernih yang Menyegarkan

Kolam Abadi Langkat, objek wisata wisata air yang asri di Langkat, Sumatera Utara. Kolam alami di tengah hutan menyuguhkan keindahan air terjun Teroh-Teroh, air kolam kebiru-biruan dan dinding curam berbatu.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Kolam Abadi Langkat merupakan kolam renang alami yang letaknya berada di kawasan hutan. Untuk menikmati segar dan alaminya suasana di destinasi wisata satu ini pengunjung harus melalui jalur hutan dengan medan yang menurun.

Keindahan tempat ini menjadi daya tarik wilayah Kabupaten Langkat untuk menarik berbagai pengunjung. Menariknya kedalaman kolam ini cukup bervariasi di titik tertentu sehingga pengunjung bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat tersebut dan dijamin pengunjung enggan untuk meninggalkan kolam indah ini. Selain itu, Kolam Abadi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang baik untuk menunjang kegiatan pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Kolam Abadi Langkat

Daya Tarik Kolam Abadi
Image Credit: Google Maps (Jery Setepu12)

Kolam alami ini merupakan salah satu destinasi wisata di kabupaten Langka dengan yang memiliki pemandangan alam nan indah. Destinasi wisata ini menjadi andalan masyarakat setempat karena memiliki suasana asri dan tidak banyak dijamah manusia.

1. Air yang Jernih dan Kebiruan

Kolam Abadi Langkat banyak dikenal berkat air sungai yang jernih. Bahkan karena jernihnya air tersebut mempunyai warna kebiru-biruan dan dasar sungai terlihat dengan jelas. Maka tidak heran banyak pengunjung yang sulit menahan godaan untuk menikmati jernih dan segarnya air pada objek wisata ini.

2. Arus Sungai Tidak Terlalu Deras

Selain air yang jernih, objek wisata ini juga didukung dengan aliran yang tidak terlalu deras sehingga cukup aman untuk berenang. Aliran yang cukup tenang ini karena kolam ini merupakan sebuah hulu sungai. Jadi, Anda jangan kaget jika banyak wisatawan baik anak-anak maupun dewasa berenang di sungai ini.

3. Alamnya yang Asri

Daya tarik yang dimiliki Kolam Abadi adalah suasana alam yang masih alami dan asri. Objek wisata ini dikelilingi oleh pepohonan hijau nan rindang sehingga memberi hawa yang cenderung sejuk. Suasana tersebut sangat mendukung dengan panorama keindahan sekitar kolam alami yang memanjakan mata.

Daya Tarik Dimiliki Abadi Langkat
Image Credit: Google Maps (Pelaruga)

4. Dikelilingi Tebing Berbatu

Selain dipenuhi dengan pohon-pohon hijau menjulang tinggi, objek wisata ini dikelilingi oleh batuan tebing. Tebing tersebut yang membuat tempat ini semakin unik karena umumnya hulu sungai memiliki tepian berupa tanah. Tebing tersebut juga membuat air tetap jernih dan pinggir sungai tampak lebih natural.

5. Air Terjun Teroh-Teroh

Kolam ini merupakan hulu sungai dari air terjun yang bernama Teroh-Teroh. Jika ditelusuri mengikuti arus sungai maka pengunjung bisa menemukan air terjun yang tidak kalah indah dengan kolam alami ini. Tidak jauh berbeda, air terjun tersebut memiliki pemandangan dan arus air yang tidak terlalu deras.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Kolam Abadi

Alamat Kolam Abadi
Image Credit: Travel.kompas.com

Kolam Abadi ini berada di provinsi Sumatera Utara, tepatnya di desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, kabupaten Langkat. Lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat dari Medan selama kurang lebih 2 jam. setelah sampai perjalanan dilanjutkan dengan tracking.

Rute perjalanan yang dapat dipilih yaitu melalui rute Medan – Binjai selama 45 menit dengan jarak sekitar 20km. setelah dari Binjai, perjalanan dilanjutkan selatan menuju Desa Rumah Galuh kurang lebih selama 1 jam.

Saat sampai di kawasan wisata Anda dapat parkir kendaraan dengan menjelajah area wisata terlebih dahulu sekitar 15 menit. Untuk menuju ke tempat parkir ini banyak petunjuk jalan yang mengarahkan ke tempat tersebut agar wisatawan tidak salah jalan.

Dari posko parkir, perjalanan menuju kolam cantik ini dilanjutkan dengan trekking menelusuri hutan. Perjalanan ke kolam tersebut tidak terlalu lama namun membutuhkan stamina yang cukup. Selain itu, rute menuju lokasi cukup terjal sehingga pengunjung harus hati-hati. Saat sampai di kawasan wisata semua lelah dan haus akan terbayar dengan indahnya panorama Kolam Abadi ini.

Untuk menikmati suasana yang ditawarkan wisata ala mini, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk lokasi wisata kolam ini yaitu sekitar Rp 50.000 per orang. Namun perlu diketahui bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Harga tersebut sudah termasuk dengan beberapa fasilitas seperti parkir kendaraan, toilet, ruang ganti, tour guide, akses kolam alami, air terjun serta rafting. Dengan begitu setiap pengunjung tidak perlu membayar lagi apabila ingin menggunakan sarana tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kolam Abadi

Kegiatan Menarik di Kolam Abadi
Image Credit: Google Maps (Ilyndra Hayu)

1. Berenang

Datang ke Kolam Abadi tentu tidak lengkap jika tidak berenang. Kejernihan air yang berwarna kebiruan seakan menghipnotis setiap pengunjung agar cepat-cepat mandi dan berenang ke dalamnya.

Sungai tersebut cukup dangkal karena pengunjung bisa melihat dasar sungai dengan jelas. Bahkan yang lebih menarik, pengunjung dapat berenang dengan mata terbuka. Air yang terdapat pada kolam ini dingin sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang baru saja sampai dan merasa gerah atau kepanasan.

2. Berendam

Selain berenang, pengunjung juga bisa berendam di kolam untuk relaksasi pikiran. para pengunjung umumnya berendam bersama baik dengan keluarga atau teman sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar. Tak perlu khawatir dengan kedalaman sungai, karena tempat ini cukup dangkal dengan kedalaman maksimal sekitar 3m.

3. Body Rafting

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di objek wisata ini adalah body rafting beramai-ramai. Pengunjung dapat menikmati sensasi berenang dengan menghanyutkan diri di hulu sungai dan dilengkapi dengan pelampung sehingga aman dilakukan. Olahraga menantang ini dapat dilakukan bersama keluarga karena arus sungai cukup tenang dan ideal untuk body rafting.

Pengunjung dapat menikmati body rafting sekitar 20 sampai 30 menit. Dalam kurun waktu tersebut Anda tidak akan sendirian karena ditemani oleh tour guide yang bertugas untuk memandu sekaligus menjamin keselamatan pengunjung.

4. Foto Dalam Air

Berkunjung ke tempat yang indah seperti Kolam Abadi di Langkat tentu kurang lengkap jika tidak diabadikan dalam foto. Anda dapat memfoto setiap pemandangan yang terdapat di kawasan wisata tersebut sebagai kenang-kenangan atau diunggah di sosial media.

Salah satu spot foto yang banyak direkomendasikan adalah berfoto di dalam air. Kejernihan air di bawah sungai membuat beberapa pengunjung tertarik dengan background foto air biru dan dasar sungai yang berupa bebatuan. Pantulan cahaya dari atas memberikan efek yang eksotis sehingga hasil foto menjadi lebih menarik.

Kegiatan di Kolam Abadi
Image Credit: Google Maps (Alan Sukatendel)

5. Melompat dari Tebing

Selain body rafting, pengunjung yang gemar olahraga ekstrim bisa melompat dari atas tebing lalu mendarat ke sungai. Di beberapa aliran sungai terdapat titik yang memiliki perairan cukup dalam sehingga wilayah tersebut dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang dengan melompati tebing terlebih dahulu, tinggi tebing tersebut sekitar 4m.

6. Menikmati Indahnya Air Terjun

Pengunjung juga bisa menikmati air terjun Teroh Teroh yang masih satu kawasan dengan kawasan Kolam Abadi. Saat sampai di air terjun ini pengunjung akan disambut dengan air yang mengalir deras dan dikelilingi tumbuhan hijau. Masyarakat setempat menyebut lokasi wisata ini dengan Air Terjun Teroh yang artinya tidak tinggi, hal ini selaras dengan air terjun yang tingginya hanya 5m.

Jika bisanya air terjun memiliki debit yang deras, maka tidak demikian dengan Air Terjun Teroh Teroh ini. Debit arus di tempat ini tidak terlalu deras serta memiliki air yang jernih seperti halnya di kolam alami.

7. Trekking

Kegiatan yang bisa dilakukan berikutnya adalah trekking menuju Kolam Abadi Langkat. Trekking hutan ini dilakukan wisatawan untuk mencapai objek wisata dengan menelusuri hutan tropis yang dipenuhi pohon tinggi. Trekking ini memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit dari posko parkir. Selama trekking pengunjung bisa menikmati suasana alam Langkat dan udara segar di sekitar.

8. Menyusuri Sungai

Ingin kegiatan yang menarik dan berbeda? Pengunjung bisa menyusuri sungai di kolam ini. Untuk menyusuri sungai pengunjung akan diajak menelusuri tepi sungai dengan mendaki jalur bukit. Saat sampai pada ujung sungai, pengunjung akan bertemu dengan muara air terjun Teroh-Teroh.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kolam Abadi Langkat

Fasilitas di Kolam Abadi Langkat
Image Credit: Google Maps (Agus Surya 2000)

Kolam cantik di Langkat ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang ditujukan untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Untuk menjamin dan memandu tamu di tempat ini sudah disediakan tour guide sehingga pengunjung tidak perlu takut tersesat saat trekking.

Sementara itu, untuk mendukung aktivitas berlibur di tempat tersebut sudah disediakan perlengkapan rafting berupa jaket pelampung dan helm. Dan fasilitas untuk kebutuhan lain seperti tempat parkir, ruang ganti dan toilet. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai menu makan dan minuman khas Langkat yakni Nira di warung makan terdekat.

Itulah informasi mengenai daya tarik dan kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di Kolam Abadi, Langkat. Meskipun berada di kawasan hutan tropis, tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga tidak heran jika menjadi pilihan keluarga untuk berlibur.