Sumatra Selatan

10 Oleh-Oleh Khas Lahat yang Populer

Inilah daftar oleh-oleh khas dari Lahat yang populer dan paling diburu wisatawan. Buah tangan unik mulai dari makanan khas hingga souvenir wajib Anda beli saat berkunjung.

Lahat adalah salah satu wilayah di Sumatera Selatan yang memiliki motto Bumi Seganti Setungguan yang berarti persatuan, gotong royong, kesetiaan serta bertanggung jawab terhadap sesama dan Bangsa Indonesia. Awalnya hanya ada 7 kecamatan saja, setelah pemekaran Kabupaten Lahat menjadi 22 kecamatan.

Lahat menyimpan banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Seperti Sumber air panas Tanjung Sakti, Sekolah Gajah Pengarai, Batu Macan, Air Terjun Bidadari, dan masih banyak lagi destinasi menarik lainnya.

Setelah berwisata, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas Lahat yang menarik untuk dibawa pulang. Berburu buah tangan menjadi momen yang paling ditunggu oleh sebagian orang. Berikut ini daftar oleh-oleh yang populer dapat menjadi referensi Anda.

1. Kue Maksuba

Kue Maksuba Lahat

Image Credit: Tribunnews.com

Kue Maksuba atau kue lapis legitnya Lahat begitu orang menyebut kudapan ini. Konon dahulu, hanya kaum raja dan tamu terhormat saja yang dapat menikmati kue ini, tetapi sekarang siapapun dapat menikmatinya. Kue Maksuba ini selalu ada pada saat hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, acara pernikahan, dan sebagai hantaran pernikahan juga.

Sekarang, warga lokal mengkreasikan kue ini dengan cara menambahkan rasa seperti coklat, buah-buahan atau keju. Selain penambahan pada rasa, teknik memasak juga dikembangkan dengan cara adonan kue maksuba di bakar menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan tekstur dan aroma yang menggugah selera.

Warna kuning dengan garis hitam yang tidak beraturan di tengah membuat tampilannya semakin unik. Saran penyajian kue ini sebaiknya dipotong tipis karena rasa manis legit yang ditimbulkan sangat kuat, dan pas jika dihidangkan bersama segelas teh hangat.

Masyarakat Lahat mempunyai perumpamaan yaitu jika seorang wanita sudah pandai membuat kue maksuba ini berarti sudah ideal untuk menjadi seorang istri. Kue ini mudah Anda jumpai di beberapa tempat pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Lahat.

2. Kemplang

Kemplang

Image Credit: Firdausartikel.com

Oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang di Lahat selanjutnya adalah Kemplang. Kerupuk yang berbahan dasar dari ikan tengiri dan tepung tapioka ini selalu menjadi buah tangan yang paling di cari pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Nama kemplang di ambil dari cara membuatnya yaitu dengan di kemplang atau di pukul. Kemplang sengaja di bentuk bulat pipih agar teksturnya renyah dan tetap gurih. Alih-alih digoreng, kudapan ini dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api.

3. Hehancang Tehung

Hehancang Tehung

Image Credit: Okezone.com

Hehancang terong atau yang berarti masakan terong ini adalah makanan rumahan khas Lahat. Walau termasuk dalam masakan rumah, namun hehancang tehung sangat jarang Anda temui di tempat makan daerah Kabupaten Lahat karena makanan ini hanya dibuat ketika ada acara besar atau akhir pekan saja.

Sesuai namanya, bahan dasar makanan ini adalah terong. Terong dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai, dan garam. Olahan terong ini terasa lengkap dengan penambahan ikan asap dan daun kemangi sebagai aroma.

Bagi Anda yang mempunyai selera makanan pedas, maka hehuncang tehung ini sangat cocok. Walaupun pedas, citarasa masakan ini sangat menggoyang lidah. Hehuncang tehung dapat dinikmati pada pagi, siang ataupun malam hari.

4. Tempoyak

Tempoyak

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Olahan dari durian ini sudah menjadi makanan wajib yang harus Anda cicipi jika berkunjung ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Lahat ini. Bagi warga Lahat, tempoyak merupakan makanan pelengkap yang wajib karena mampu membangkitkan selera makan.

Tempoyak merupakan hasil fermentasi durian beberapa hari. Durian yang digunakan adalah dagingnya saja kemudian diolah dengan bumbu. Olahan durian ini biasanya di masak menjadi sambal tempoyak atau dimasak bersama olahan ikan patin, ikan nila, atau lainnya.

Memiliki citarasa yang asam manis, dan aroma tajam dari duriannya dapat menjadi penambah terhadap masakan. Tempoyak dikemas menggunakan botol sehingga aman dan praktis untuk dijadikan buah tangan yang tak bisa dilewatkan.

5. Kopi Robusta Khas Lahat

Kopi Robusta Khas Lahat

Image Credit: Instagram.com @kopitanahpuyang

Lahat merupakan penghasil kopi terbesar dan terbaik di wilayah Sumatera Selatan. Kopi robusta adalah produk menjadi unggulan dari daerah ini dengan didukungnya iklim, tekstur dan struktur tanah.

Pengolahan kopi robusta Lahat juga masih menggunakan alat yang sederhana dan tradisional. Sehingga rasa dan tekstur yang dihasilkan dari kopi sangat khas.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Prabumulih yang Murah dan Enak

Setelah kopi dipanen, lalu di sangrai setelah itu masuk ke proses penggilingan kemudian dikemas ke wadah yang telah disiapkan. Kopi khas Lahat cocok Anda nikmati di mana saja untuk menghilangkan penat.

6. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Bukalapak.com

Jika di Pulau Jawa ada dodol, maka Sumatera Selatan memiliki lempok. Kedua kudapan ini sangat mirip cara mengolah dan bahan dasarnya. Hanya menggunakan 2 bahan dasar, yaitu daging durian dan gula.

Adonan lampok di masak dengan suhu yang terjaga selama kurang lebih 4 jam di atas tungku api. Memiliki tekstur lembut, manis legis yang pas, aroma nikmat serta rasa yang khas menjadikan kudapan ini cocok untuk buah tangan.

Lempok durian di buat karena banyaknya stock daging durian yang melimpah. Karena Sumatera merupakan penghasil durian terbesar di Indonesia.

7. Lenggang

Lenggang

Image Credit: Detik.com

Anda tidak asing dengan nama Lenggang bukan? Ya, Lenggang merupakan salah satu dari jenis pempek. Bentuk lenggang ini sekilas seperti telur dadar, namun makanan ini adalah pempek lenjer yang dilumuri dengan telur kocok lalu di goreng.

Banyak yang berasumsi jika lenggang merupakan lawan dari pempek kapal selam. Jika kapal selam, telur seperti di bungkus oleh adonan. Namun, lenggang, adonan yang seolah dibungkus oleh telur.

Sejak dahulu memasak lenggang selalu di goreng, namun sekarang banyak pembuatannya dengan cara di bakar diatas arang atau kayu agar memperkuat aroma pada makanan serta menambah rasa yang khas.

Disajikan layaknya pempek, bersama cuko, mentimun, dan mie semakin melengkapi lenggang ini. Jika Anda berkunjung ke Lahat, Lenggang menjadi kuliner yang tak boleh terlewatkan.

8. Gulai Rebung

Gulai Rebung

Image Credit: Cookpad.com

Rebung merupakan bambu muda atau tunas bambu yang sering dijadikan bahan dasar masakan. Di Lahat, rebung diolah dengan bumbu gulai sehingga memiliki citarasa yang unik.

Masakan rumahan yang sangat lezat. Diolah menggunakan kaldu bisa dari daging sapi atau udang yang dimasak dengan bumbu gulai. Tidak hanya rebung yang Anda temui di dalam gulai, ada beberapa bahan juga yang dapat ditambahkan seperti kacang panjang atau sayuran wortel dan brokoli.

Makanan bersantan ini sangat mudah Anda temui khususnya di Kabupaten Lahat, seperti di rumah makan padang atau di warung-warung milik warga lokal. Disajikan dengan nasi hangat dan beberapa sayuran menjadi lengkap dan istimewa.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Pagaralam yang Paling Enak

9. Kue Lumpang

Kue Lumpang

Image Credit: Kompasiana.com

Kue tradisional ini sudah sangat dikenal dengan kelezatannya. Nama lumpang karena kue ini mempunyai bentuk yang sama dengan lumpang atau alat penumbuk padi yang terbuat dari kayu atau batu.

Memiliki rasa yang manis menjadikan jajanan favorit untuk warga lokal. Selain dari rasanya, kue lumpang ini sangat padat sehingga mengenyangkan meskipun hanya memakan 1 saja.

Kudapan ini berbahan dasar tepung beras, perisa pandan, gula pasir, dan santan. Adonan kemudian dicampur dengan sedikit air kapur untuk mendapatkan tekstur yang kenyal. Disajikan dengan parutan kelapa di atasnya sehingga menambah rasa gurih.

Dimasak dengan di kukus, menjadikan kue ini sehat dan cocok bagi Anda yang sedang diet. Sekarang, kue lumpang tidak hanya memiliki warna hijau yang berasal dari daun suji dan daun pandan, tetapi ada yang berwarna coklat dari gula merah, atau warna ungu dari ubi.

10. Souvenir Pulau Panjang

Souvenir Pulau Panjang

Image Credit: Binatasti.business.site

Selain kuliner, buah tangan berupa souvenir khas Lahat juga tidak dapat Anda lewatkan. Di Kabupaten Lahat tepatnya daerah Pulau Panjang menjadi sentra souvenir wilayah tersebut.

Pemanfaatan akar batang kopi yang melimpah di daerah sekitar tidak di sia-siakan begitu saja. Untuk meningkatkan nilai ekonomis pada akar batang kopi maka pengrajin Lahat mengubah menjadi souvenir yang cantik dan unik.

Souvenir yang dihasilkan seperti kalung, gelang, gantungan kunci, cangkir, botol dan kerajinan kayu lainnya. Pasar souvenir ini sudah merambah luar negeri, banyak permintaan yang datang dari Negeri Seberang yaitu Malaysia dan Eropa.

Selain souvenir tersebut, pengrajin juga berinovasi dengan membuat hiasan rumah seperti miniatur rumah pohon yang menjadi buah tangan paling dicari oleh wisatawan lokal maupun internasional.

Para pengrajin Lahat tidak menjual di wilayah lain di Kabupaten Lahat. Karena jika produk tersebut di jual di luar daerah Pulau Panjang maka tidak lagi menjadi identitas dari daerah tersebut.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Lahat yang dapat Anda jadikan referensi. Dengan membeli oleh-oleh atau produk asli Lahat maka Anda telah berkontribusi untuk mengembangkan serta memajukan UMKM daerah. Jadi, mari beli, pakai dan banggalah dengan produk asli daerah, semoga informasi ini bermanfaat.