Pulau Payung, Wisata Bahari Eksotis & Spot Snorkeling Favorit di Dumai

Pulau Payung, Wisata Bahari Eksotis & Spot Snorkeling Favorit di Dumai
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Kapal, Kec. Rupat, Kab. Bengkalis, Riau.

Pulau Payung di Dumai memiliki jumlah penduduk yang relatif sedikit, hal ini akan memberikan suasana alam yang lebih tenang dan asri saat Anda berlibur ke pulau ini. Anda dapat berlibur di pantai yang pastinya sangat indah dengan keadaanya yang masih terjaga. Karena suasananya yang tenang Pulau Payung juga bisa menjadi tempat relaksasi bagi Anda yang bosan akan keramaian.

Suara hembusan angin pantai yang berbaur dengan deburan ombak dapat memanjakan telinga siapa saja yang mendengarnya. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan hamparan pasir lembut yang tersebar di sepanjang pantai. Selain itu pulau ini juga ditumbuhi pepohonan rimbun yang membuat suasana pantai di pulau ini semakin nyaman.

Pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata saat sedang libur panjang, misalnya saja libur hari raya atau libur akhir tahun. Sebelum Anda berangkat ke Pulau Payung pastikan cuaca terlihat cerah agar perjalanan Anda tidak mengalami gangguan apapun. Karena biasanya perjalanan akan sedikit terganggu apabila cuaca kurang baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Payung

Daya Tarik Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Ratih Febrianty)

1. Keindahan Bawah Laut dan Spot Snorkeling

Perpaduan warna antara warna biru muda dan biru tua membuat perairan di pulau ini terlihat sangat indah. Selain keindahan warna, keadaan bawah laut pulau ini juga layak diacungi jempol dengan menawarkan keindahan batu karangnya.

Para wisatawan biasa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Bagi Anda yang masih awam dalam dunia snorkeling Anda tak perlu khawatir, sebab di sini Anda bisa snorkeling dengan dibimbing langsung oleh ahlinya.

2. Pemandangan Senja yang Mempesona

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan saat berkunjung ke sebuah pulau adalah ketika senja datang. Pada sore hari di kala senja sudah mulai tiba, pantai Pulau Payung Dumai kian mempesona dengan hamparan pasir putih, hembusan angin sejuk, dan panorama laut warna biru yang bertemu dengan pantulan warna jingga dari matahari. Warna yang eksotis akan dihasilkan dari pertemuan laut dan matahari tenggelam ini.

Pemandangan pun berubah menjadi lebih damai dan romantis. Keindahan senja ini bisa membuat siapapun yang melihatnya terpukau. Pemandangan indah dan mempesona dari senja di sore juga merupakan salah satu daya tarik dari pantai nan cantik ini. Banyak wisatawan yang memanfaatkan momen indah ini untuk mengambil gambar.

3. Perkemahan Pinggir Pantai

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda saat berlibur, Anda bisa berkemah di pinggiran pantai di Pulau Payung. Di sana tersedia fasilitas area camping atau camping ground di pinggir pantai. Pulau ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berkemah, karena memiliki banyak pohon rindang juga lahan yang datar.

Anda juga bisa membuat api unggun untuk semakin melengkapi perkemahan pantai di malam hari. Hal ini pastinya akan sangat menyenangkan apalagi pulau ini memiliki ombak pantai yang tidak terlalu besar.

Lagipula Anda tidak perlu khawatir akan bahaya yang sewaktu waktu bisa terjadi, sebab sudah terdapat petugas khusus yang bertugas menjaga dan membantu ketika Anda mengalami masalah.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Payung

Alamat Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Ratih Febrianty)

Pulau Payung merupakan salah satu pulau yang terletak di Provinsi Riau. Pulau ini berada di pesisir Pantai Timur Sumatera tepatnya menghadap ke arah Selat Malaka.

Untuk menuju lokasi pulau, Anda terlebih dahulu harus menyeberangi Teluk Rupat dengan menggunakan kapal motor yang jaraknya dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Baru baru ini pemerintah telah melakukan pembangunan untuk mempermudah akses jalan menuju pulau ini.

Saat ini sudah terdapat jembatan antara Dumai dan Rupat untuk memudahkan akses masyarakat juga wisatawan yang ingin berwisata. Dengan dibangunnya jembatan ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa menyeberang dari Rupat ke Dumai dan menuju Pulau Payung.

Ketika akan memasuki obyek wisata seperti pantai pastinya Anda akan dikenai biaya masuk. Namun lain halnya dengan wisata pulau ini, Anda tidak akan dikenai biaya atau tiket masuk atau dengan kata lain gratis. Anda dapat langsung menikmati keindahan pemandangan yang terdapat di pulau ini tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki Kawasan pulau.

Pulau ini hanya mengenakan biaya sewa boat motor saat perjalanan. Tetapi apabila saat perjalanan Anda menggunakan kendaraan pribadi maka Anda tidak perlu lagi membayar biaya sewa boat motor. Anda hanya dikenai biaya parkir untuk kendaraan sekitar Rp 2000,- sampai Rp 10.000,-

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Payung

Kegiatan di Pulau Payung
Image Credit: Facebook.com @aday.irel

1. Snorkeling

Pulau ini memiliki kekuatan ombak yang relatif tenang dan pesona bawah laut yang menakjubkan, sehingga pulau ini bisa dijadikan sebagai spot snorkeling yang dapat memanjakan mata. Kegiatan snorkeling ini dikelola langsung oleh pengelola pulau. Anda bisa masuk langsung ke dasar laut dangkal dan menikmati keindahan biota laut juga terumbu karang yang ada.

2. Menikmati Sunset

Kegiatan menarik lain yang dapat dilakukan di Pulau Payung yakni menikmati momen sunset. Anda dapat menikmati warna kemerahan sunset yang membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Selain itu Anda juga bisa menikmati momen sunset yang sangat romantis ini bersama pasangan atau juga keluarga. Walaupun hanya sekejab namun banyak orang yang sangat menunggu nunggu momen sunset ini, sebab keindahannya dapat membuat hati damai.

3. Bermain Voli

Anda juga bisa bermain voli dengan teman atau keluarga agar tubuh tetap bugar. Anda juga memiliki kesempatan berkenalan dengan orang baru dan bisa mengajaknya bermain voli. Hal ini bisa semakin menambah relasi Anda dengan sekitar. Pastikan juga Anda memakai pakaian yang nyaman saat bermain voli, karena pastinya di pulau ini akan sangat panas.

4. Berkemah

Kegiatan berkemah juga merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Payung Dumai. Anda bisa menikmati matahari tenggelam saat masih sore dan bisa menikmat suara ombak tenang pada malam harinya. Pastinya akan seru sekali bila Anda bisa bermalam di pesisir pantai sambil menikmati suara ombak, membuat api unggun dan membangun tenda.

5. Pesta Barbeque

Berwisata ke pulau rasanya kurang lengkap tanpa pesta barbeque sambil berkumpul dengan teman atau keluarga. Saat akan barbeque an pastikan Anda memilih tempat yang teduh dan terlindungi agar makanan yang Anda masak tidak terkena pasir dari tiupan angin pantai. Kegiatan ini menawarkan sensasi yang berbeda saat Anda berada di pulau eksotis ini.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pulau

Penginapan Dekat Pulau Payung
Image Credit: Booking.com

1. Taman Home Stay Syariah

Salah satu penginapan yang dekat dengan Pulau Payung yakni Taman Home Stay Syariah. Penginapan ini menawarkan berbagai layanan dan fasilitas yang menarik diantaranya, tempat parkir gratis, wifi gratis, AC di setiap kamar, sampai tempat gym pun ada di dalam penginapan ini. Uniknya lagi di penginapan ini Anda juga diperbolehkan membawa peliharaan.

2. Sonaview Hotel

Soniview Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas mewah yang bisa Anda dapat. Seperti fasilitas keamanan yang ketat, tempat parkir gratis, wifi gratis, sampai sarapan gratis. Hotel dengan arsitektur yang mewah ini menyediakan beberapa kamar yang memiliki fasilitas lengkap. Walau terbilang sebagai hotel mewah, penginapan ini tidak mematok harga yang terlalu tinggi bagi penyewanya.

3. Andys Nur Penginapan

Andys Nur Penginapan ini adalah salah satu penginapan murah yang letaknya dekat dengan lokasi pulau. Walaupun dikatakan murah, namun fasilitas yang ditawarkan di penginapan ini cukup lengkap. Diantaranya AC, wifi, dan tempat parkir. Penginapan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghemat budget saat berlibur.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Payung Dumai

Fasilitas Pulau Payung Dumai
Image Credit: Google Maps (Ratih Febrianty)

Berbicara soal fasilitas, Anda tak perlu khawatir. Beberapa fasilitas sudah mulai dibangun di pulau ini. Fasilitas yang disediakan sebagai penunjang kegiatan wisatawan diantaranya, area camping atau camping ground yang bisa Anda manfaatkan untuk berkemah di pesisir pantai. Juga spot snorkeling dan beberapa fasilitas lain.

Fasilitas pendukung yang lainnya di Pulau Payung seperti tempat makan atau restoran yang menjual berbagai macam makanan, tempat parkir yang cukup luas, kapal penunjang perjalanan dan beberapa penginapan yang dapat dengan mudah ditemukan di pulau ini. Jadi wisatawan tak perlu lagi khawatir akan fasilitas dan layanan yang ada.

Akses jalan seperti jembatan yang sudah dibangun pun dapat memperlancar perjalanan Anda. Beberapa bangunan yang sudah diperbarui juga semakin menambah kenyamanan. Walaupun fasilitas dan layanan tersebut belum bisa dikatakan kelas berbintang, namun paling tidak sudah mampu menunjang dan mencukupi kenyamanan Anda di pulau ini.

Itulah beberapa daya tarik, kegiatan menarik, penginapan terdekat, fasilitas, dan rute menuju Pulau Payung di Dumai, Riau. Overall, berlibur di pulau ini memang benar benar mengesankan. Anda dapat dimanjakan oleh panorama dan pemandangan sekitar yang mempesona. Pikiran juga bisa menjadi lebih rileks dengan berlibur ke pulau ini.