Pulau Ranoh, Pulau Cantik Tempat Berkemah ala Glamping di Batam

Pulau Ranoh, Pulau Cantik Tempat Berkemah ala Glamping di Batam

Pulau Ranoh salah satu objek wisata bahari yang menawan di gugusan Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. Pulau yang menawarkan liburan layaknya berada di pulau pribadi, berkemah ala glamping dengan panorama alam yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Abang, Kec. Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau

Pulau Ranoh merupakan wisata yang menawarkan ketenangan, kesejukan, dan keindahan. Tempat ini sangat cocok dijadikan sarana melepas penat setelah hari-hari yang melelahkan akibat pekerjaan. Keberadaannya belum begitu populer sehingga tak pelang menghadirkan lingkungan bersih dan terjaga. Berada di ujung Pulau Batam, termasuk juga dalam bagian gugusan Pulau Abang.

Ciri khasnya menonjolkan hamparan pasir putih dengan bentuk layaknya cekungan piringan cakram. Setiap sisinya dikelilingi oleh deretan pohon kelapa tinggi menjulang. Tak hanya itu, kondisi air lautnya amat jernih memungkinkan Anda melihat hingga ke dasar lautan. Belum lagi, gejolak ombak tak terlalu kencang sehingga cukup aman untuk dipakai bermain air sesuka hati.

Pulau Ranoh juga menghadirkan liburan seru ala perkemahan. Namun, bukan sembarang kemah karena suasananya benar-benar mewah. Barangkali Anda tidak terlalu asing dengan istilah glamour camping atau glamping. Di tempat ini Anda dapat memenuhi keinginan untuk merasakan sensasi tamasya mewah, tetapi tarif tetap bersahabat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ranoh

Daya Tarik Pulau Ranoh
Image Credit: Instagram.com @skyscrapercity.batam

1. Keramahan Warga

Anda akan menerima pelayanan yang ramah dari setiap karyawan sekaligus penduduk setempat. Berlibur di sini rasanya seperti bersantai di pulau pribadi. Sebaiknya hindari datang seorang diri agar semakin seru. Namun, jika Anda datang sendirian tak perlu khawatir karena para staf di Adventure Ranoh Island cukup profesional sehingga akan memberikan kenyamanan.

2. Aneka Wahana Air

Jika mencari keseruan dalam bentuk aktivitas air, Pulau Ranoh merupakan pilihan yang paling tepat. Pihak pengelola menyediakan sewa perahu kano, spead boat, peralatan snorkeling, dan masih banyak lagi. Anda tinggal menyesuaikan dengan keinginan hati dan dijamin rasanya akan sangat menyenangkan. Menyelami keindahan bawah laut di sini juga patut untuk dijajal.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Ranoh
Image Credit: Facebook.com @Balindotourtravel

3. Fasilitas Berjemur

Kurang lengkap jika menjalani liburan wisata bahari tanpa diikuti aktivitas berjemur. Terlebih, tempat yang Anda datangi dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang dan tinggal menyesuaikan kebutuhan saja. Saat ingin berada di lokasi yang cenderung tinggi, Anda hanya perlu menyewa hammock dan menikmati sensasi berjemur di antara jajaran pohon kelapa.

Alternatif lainnya, tersedia bean bag bagi Anda yang ingin kursi empuk di pesisir pantai, tentunya selain kursi berjemur itu sendiri. Jangan lupa siapkan kacamata, pemutar musik, dan kenakan tabir surya agar pengalaman Anda semakin sempurna. Angin lembut akan bergerak sepoi-sepoi bersama hawa udara yang cenderung hangat, ditemani deburan ombak bagai nyanyian alam.

4. Paket-Paket Wisata yang Memudahkan Kunjungan

Kabar baik lainnya, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Ini karena pihak pengelola Pulau Ranoh menyediakan sejumlah paket liburan dengan harga kompetitif. Dilengkapi oleh fasilitas memadai dan pelayanan profesional. Anda tidak akan bingung lagi mencari sarana transportasi, penginapan, dan bahkan makanan

Bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah, Anda sudah bisa bersantai ria di objek wisata satu ini. Tentu, bagi para wisatawan yang sengaja mengambil jeda dari padatnya aktivitas kerjaan, situasi demikian merupakan penawaran menggiurkan. Daripada pusing memikirkan akomodasi dan segala spesifikasinya, lebih baik serahkan kepada agen perjalanan terpercaya.

Alamat, Rute Lokasi dan BIaya Wisata ke Pulau Ranoh

Alamat ke Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @radioelshinta

Terletak di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, objek wisata satu ini dapat Anda akses menggunakan jalur darat maupun lautan. Jika perjalanan berpatok pada Kota Batam, maka Anda harus bergerak menuju Pelabuhan Pulau Labuan dengan melintasi Jembatan 6 Barelang. Berangkat dari sini, butuh setidaknya 20 menit untuk bersandar di dermaga Pulau Ranoh.

Jam operasional dimulai pukul 12.00 sampai 00.00 WIB, ini khusus bagi para wisatawan yang telah menyewa paket liburan sebelumnya. Sementara itu, jika Anda hanya tertarik bersantai sambil menikmati poin unggulan di sini, bisa datang kapan pun. Durasi liburan singkat sekitar 3 jam dan akan semakin seru saat Anda memilih menginap sekalian.

Anda secara khusus perlu menyiapkan biaya liburan menyesuaikan paket-paket yang ditawarkan pihak pengelola. Untuk paket trip satu hari tarifnya diperkirakan mulai dari Rp 300.000 per orang untuk WNI, sementara WNA Rp 780.000. Alternatif lebih rinci yakni paket A senilai Rp 550.000, paket B senilai Rp 450.000, dan paket C Rp 300.000.

Ada pula paket dua hari satu malam dengan tarif mulai dari Rp1 juta per orang untuk WNI, sementara WNA senilai Rp 1,23 juta. Jika ingin melaksanakan glamping, maka akan dikenai biaya tambahan per tenda mulai dari Rp 450.000. Bagi para backpacker tersedia ruangan penginapan khusus dengan harga Rp 350.000-an per malam.

Tidak hanya itu, jika ingin menyewa speed boat satu kali, maka akan dikenakan retribusi sebesar Rp 700.000 hingga Rp 900.000. Masih ada lagi wahana water sport lain di Pulau Ranoh dengan harga berkisar Rp 70.000 sampai Rp 400.000. Kabarnya harga-harga paket yang disediakan sudah termasuk biaya masuk dengan kisaran mulai dari Rp 115.000 per orang.

Itu artinya Anda juga akan diantar jemput oleh pihak pengelola jika memesan paket wisata tertentu. Tingginya tarif perjalanan menyesuaikan fasilitas yang nantinya akan dinikmati. Dengan kata lain, semakin besar biaya yang dikeluarkan, maka semakin mewah fasilitas serta pelayanannya. Harga tersebut rasanya cukup sebanding untuk memanjakan diri dari tumpukan beban kerja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Ranoh

Kegiatan di Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @wisata_bintan

1. Mengikuti Glamour Camping

Pihak pengelola menyediakan 20 item pendukung glamour camping atau glamping dengan kapasitas 2 orang dewasa per item. Rasakan sensasi bermalam seperti di pulau pribadi dalam balutan suasana romantis. Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi para pasangan, di mana Anda dan kekasih bisa menghabiskan waktu tenang berduaan.

2. Mengelilingi Pulau

Apabila Anda menyukai petualangan, maka anggaplah berkeliling pulau merupakan sebuah tantangan. Ukuran Pulau Ranoh tidak terlalu luas, salah satu sisinya bisa diakses hanya dalam waktu sekitar 15 menit. Menariknya lagi, sejauh mata memandang Anda akan menyaksikan jajaran pohon kelapa dan hamparan pasir putih.

Tidak ada perbukitan atau sejenisnya di tempat ini. Sangat memudahkan para wisatawan yang tertarik menyusuri sisi-sisi pantai. Tekstur pasir yang relatif lembut seolah memanggil untuk dipijak. Belum lagi, kedamaian dan kebersihan yang ditawarkan akan semakin memanjakan Anda. Sedikit disayangkan jika bertandang ke sini tanpa mengeksplorasi seluruh kawasan.

Kegiatan Menarik di Pulau Ranoh
Image Credit: Twitter.com @SobatIM3Batam

3. Bermain Air

Ombaknya tenang, airnya jernih, dua perpaduan sempurna untuk bermain-main di perairan. Jika tak punya cukup biaya untuk menyewa peralatan menyelam, cobalah membawa kacamata air sedari rumah dan saksikan keindahan ekosistem di dasar lautan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau

Penginapan Lokasi Pulau
Image Credit: Traveloka.com

1. Sahid Batam Center Hotel & Convention

Tarif per malam dibanderol senila Rp 387.000 dengan fasilitas publik berupa AC, kolam renang, restoran, parkir, resepsionis 24 jam, WiFi, dan lift. Penginapan ini sangat ramah keluarga di mana tersedia khusus kolam renang untuk anak. Lingkungannya bersih dan rapi sehingga akan membuat Anda beristirahat dengan nyaman.

2. Harmoni One Convention Hotel & Service Apartments

Fasilitas dan pelayanan umumnya antara lain kolam renang, AC, resepsionis 24 jam, sarapan gratis, restoran, lift, parkir, dan WiFi. Tarif per malamnya dipatok senilai Rp 400.000. Lingkungannya indah dan luas sehingga besar kemungkinan membuat Anda terkesan. Lokasinya strategis tak jauh dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, cocok bagi para pelancong dari luar Pulau Batam.

3. Best Western Premier Panbil

Menyediakan fasilitas umum berupa restoran, resepsionis 24 jam, kolam renang, parkiran, WiFi, dan lift. Tarif per malam dibanderol mulai dari Rp 600.000-an dengan layanan bar di kolam renang. Mengusung suasana romantis dalam lingkungan yang bersih dan tertata rapi. Dilengkapi oleh staf profesional sehingga bisa membuat Anda betah.

Perlu diketahui, hotel-hotel di atas terletak di pusat Kota Batam dan bisa dipesan melalui aplikasi atau situs perjalanan. Pihak pengelola Pulau Ranoh sendiri belum menyiapkan hotel mewah. Namun, jika Anda ingin menginap di lokasi destinasi, telah tersedia glamping serta backpacker room yang tidak kalah menarik. Pilihan pada akhirnya kembali kepada individu wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ranoh Batam

Fasilitas di Pulau Ranoh Batam
Image Credit: Facebook.com @Paketwisatabatamdanpulaubintan

Sejumlah fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah cukup memadai meski belum semewah dan selengkap pulau populer serupa di Pulau Batam. Terutama para pecinta aktivitas glamping, tempat ini bisa dibilang seperti harta karun berharga.

Di samping itu, tersedia pula penginapan ala backpacker. Fasilitas penunjang lain meliputi mini bar, wahana water sport, api unggun, barbeque set, dan gazebo.

Anda juga bisa secara khusus mengumpulkan foto instagramable karena spot untuk itu telah disediakan. Jika ingin bersantai sambil menikmati udara segar, hammock bisa dijadikan pilihan. Ada pula kursi berjemur, restoran, toilet, speed boat, dan lain sebagainya. Bahkan, pengelola pulau ini turut memfasilitasi arena bermain khusus anak-anak.

Pulau Ranoh merupakan objek wisata tepat yang mampu mengakomodir beragam keperluan hiburan. Baik orang dewasa maupun anak-anak, semuanya bisa merasa puas dan bersenang-senang ketika datang ke tempat ini. Menyajikan eksotisme alami di ujung Pulau Batam, memang butuh sedikit upaya untuk menempuh perjalanan sebelum benar-benar menikmati segala daya tariknya.